Sales Promotion adalah: Definisi, Contoh, Ide, dan Tipe

3 November 2022 Sales Promotion adalah: Definisi, Contoh, Ide, dan Tipe

Sales promotion adalah salah satu istilah pemasaran yang sering ditemukan dalam suatu usaha. Berdasarkan Wikipedia, sales promotion adalah salah satu elemen dari promotional mix. Elemen lain dalam promotional mix adalah periklanan, penjualan, direct marketing, dan publikasi.

Semua jenis usaha pasti memerlukan sales promotion. Alasannya karena sales promotion adalah salah satu cara untuk meningkatkan penjualan produk usaha. Sales promotion adalah solusi yang dipilih ketika suatu usaha memulai penjualan produk baru atau saat penjualan sedang mengalami penurunan.


Definisi dari Sales Promotion

Sales promotion adalah suatu bentuk strategi pemasaran yang digunakan oleh suatu bisnis untuk kampanye sementara atau penawaran agar bisa meningkatkan penjualan suatu produk atau jasa. Sales promotion bisa dilakukan kepada pelanggan secara langsung atau lewat agen, distributor, dan juga retailer.

Sales promotion adalah strategi pemasaran yang memiliki banyak target. Target yang disasar bisa pelanggan usaha tersebut atau retailer atau distributor. Sales promotion yang menargetkan pelanggan disebut consumer promotion sedangkan sales promotion yang menargetkan retailer atau pembeli dalam jumlah besar adalah trade sales promotion.

Banyak usaha memilih menggunakan strategi pemasaran ini, alasannya karena sales promotion adalah cara ampuh untuk meningkatkan penjualan dan menambah pemasukan usaha. Promo ini mampu memenuhi kuota penjualan yang diperlukan oleh suatu usaha dalam jangka waktu tertentu.


Tipe-Tipe Sales Promotion

Sales promotion adalah salah satu jenis strategi pemasaran yang cukup sering dilakukan sehingga ada banyak tipe sales promotion yang sering kita lihat. Paling tidak terdapat 12 tipe sales promotion yang diketahui di pasaran. 12 tipe sales promotion adalah:

1. Kompetisi dan Tantangan

Sales promotion dalam bentuk kompetisi dan tantangan biasanya terjadi di media sosial. Cara ini digunakan untuk meningkatkan keikutsertaan pelanggan serta menaikkan engagement rate. Hasil dari sales promotion adalah angka pengikut yang bertambah serta brand awareness yang semakin naik.

2. Bundel Produk

Bundel produk menawarkan banyak pilihan barang dalam satu harga. Ini adalah salah satu strategi sales promotion yang bisa meningkatkan penjualan karena cara ini membuat pelanggan membeli lebih banyak varian produk.

3. Flash Sale

Flash sale adalah bentuk lain dari sales promotion yang terjadi dalam waktu singkat dan harga yang sangat rendah. Ini membuat pelanggan merasa harus berbelanja pada saat itu juga.

4. Free Trials

Free trials atau percobaan gratis adalah salah satu metode sales promotion yang sangat umum digunakan jika kamu ingin fokus untuk membangun produk berdasarkan pelanggan. Strategi ini menawarkan penggunaan produk secara gratis dalam waktu tertentu.

5. Gratis Ongkos Kirim

Strategi selanjutnya sales promotion adalah strategi gratis ongkir. Dengan strategi ini, pelanggan yang selama ini menyimpan barang di troli akan merasa perlu untuk segera check out barang belanjaannya.

6. Gratis Produk

Bonus gratis produk adalah strategi sales promotion yang menawarkan produk gratis untuk minimal pembelian tertentu. Strategi sales promotion ini sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan tanpa harus menumpuk barang di gudang.

7. Early Bird

Strategi early bird adalah strategi pemasaran yang menyambut pelanggan pertama yang melakukan transaksi. Pelanggan lebih suka berbelanja saat ada diskon yang cukup banyak di awal sehingga perusahaan tidak mengalami banyak kerugian.

8. Buy One Get One

Promo buy one get one free atau yang juga dikenal sebagai BOGO sering digunakan untuk meningkatkan brand awareness. Promo ini cukup ampuh untuk menarik perhatian pembeli baru.

9. Kupon dan Voucher

Kupon dan voucher merupakan strategi pemasaran yang ampuh untuk membuat pelanggan kembali melakukan pembelian di lain waktu.

10. Upsell Special

Selanjutnya tipe sales promotion adalah upsell special. Strategi ini sangat cocok untuk mengenalkan produk baru di mana pelanggan akan diberikan sampel produk gratis untuk dicoba terlebih dahulu.

11. Langganan

Berlangganan pada suatu produk memang bukan sepenuhnya disebut sales promotion. Namun, ini bisa menjadi taktik untuk menjual produk yang serupa dengan banyak pilihan harga.

12. Donasi

Donasi bisa juga menjadi salah satu sales promotion. Dengan melakukan donasi akan meningkatkan citra perusahaan sehingga banyak pelanggan yang lebih mempercayai perusahaan tersebut.

Baca Juga: Customer Satisfaction adalah Rahasia Sukses Bisnismu

Keuntungan Sales Promotion

Adapun beberapa keuntungan dari sales promotion adalah:

1. Menarik Calon Pembeli Baru

Keuntungan dari sales promotion adalah mampu menarik calon pembeli baru sehingga target pasar dari suatu usaha akan menjadi semakin luas dan lebih banyak.

2. Memperkenalkan Produk Baru

Sales promotion adalah strategi yang tepat untuk memperkenalkan produk baru. Bahkan usaha yang sudah besar sekalipun memerlukan strategi saat mereka memperkenalkan produk baru. Oleh karena itulah, cara iji yang paling tepat untuk digunakan.

3. Menjual Sisa Stok Barang

Ada kalanya stok barang menumpuk karena tidak adanya pembelian. Sales promotion adalah solusi permasalahan tersebut. Karena bisa menjual sisa stok barang sampai habis dan tetap mendapatkan keuntungan.

4. Menghargai Pelanggan

Beberapa strategi sales promotion adalah strategi yang cocok untuk digunakan menghargai pelanggan. Pelanggan juga tentunya akan merasa senang dan puas dengan pelayanan yang baik.

5. Menaikkan Penjualan

Sales promotion adalah strategi yang paling tepat untuk digunakan menaikkan penjualan di saat-saat tertentu. Biasanya digunakan pada akhir kuartal laporan keuangan atau akhir bulan.


Kerugian Sales Promotion

Ada juga beberapa kerugian dari sales promotion, yakni:

1. Mendevaluasi Merek

Terlalu sering melakukan sales promotion membuat pelanggan berpikir bahwa produk tersebut tidak laku di pasaran sehingga ini akan berdampak pada citra merek yang telah dibangun. Sales promotion adalah cara yang meningkatkan penjualan, tapi jika terlalu sering dilakukan maka akan menimbulkan citra buruk.

2. Susah Mengembalikan Harga

Dengan melakukan sales promotion, maka harga yang digunakan berada jauh dibawah harga asli. Ini mengakibatkan suatu usaha akan mengalami kesulitan untuk menaikkan kembali ke harga normal. Tidak hanya itu saja, pelanggan juga bisa saja berkurang ketika harga dikembalikan dalam keadaan normal.


Contoh Sales Promotion dan Strateginya

Salah satu contoh sales promotion adalah promo Merdeka di setiap tanggal 17 Agustus yang merupakan hari kemerdekaan Indonesia. Ada banyak sekali usaha yang melakukan promo besar-besaran untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia tersebut.

Sedangkan strategi untuk sales promotion adalah:

1. Pull Strategy

Pull Strategy merupakan strategi sales promotion yang berusaha menarik produk dari usaha ke pelanggan. Bentuknya seperti BOGO, kupon, voucher, dan lainnya. Strategi ini membuat pelanggan membeli saat itu juga.

2. Push Strategy

Merupakan strategi sales promotion yang berusaha mendorong produk ke pembeli. Misalnya untuk pembeli B2B yang membeli dalam jumlah banyak. Strategi ini membuat pembeli melakukan pembelian dalam jumlah banyak agar harga semakin terjangkau.

3. Hybrid Strategy

Merupakan strategi gabungan dari push dan pull strategy.

Setelah memahami apa itu sales promotion sekarang kamu bisa mengelola usahamu dengan lebih lancar. Agar pengelolaan usaha lebih mudah, kamu bisa menggunakan Kokatto. Kokatto adalah platform komunikasi yang memudahkan komunikasi usaha dengan pelanggan lewat pesan suara atau teks dengan mudah. Yuk, langsung cek Kokatto sekarang.

whatsapp facebook instagram
KokattoLogo Jakarta Metropolitan Tower 10th floor Jl. TB Simatupang No.Kav. 14, DKI Jakarta - 12430 +6221 3972 3972 | sales@kokatto.com
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright 2022 by Kokatto. All Rights Reserved