Alasan Kenapa Customer satisfaction adalah Hal Penting

7 April 2023 Customer Satisfaction

Customer satisfaction adalah salah satu hal penting yang perlu dipikirkan oleh pebisnis, baik dalam skala kecil maupun besar. Hal tersebut dikarenakan pelanggan merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah bisnis. Jadi, kepuasan pelanggan merupakan salah satu faktor penting yang harus diutamakan oleh pebisnis.

Namun, pengertian customer satisfaction adalah hal yang tidak begitu familiar di mata para pebisnis baru. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas mengenai customer satisfaction, indikator yang dijadikan untuk mengukur kepuasan pelanggan serta manfaatnya bagi sebuah bisnis yang ada.

 

Pelanggan dan Bisnis

Pelanggan dan bisnis sendiri sejatinya tidak bisa dipisahkan. Setiap bisnis yang ada tentu membutuhkan pelanggan. Tanpa adanya pelanggan, sebuah bisnis tidak dapat bertahan apalagi berkembang. Itulah sebabnya mengapa ada ungkapan pelanggan adalah raja untuk menggarisbawahi betapa pentingnya keberadaan pelanggan.

Alasan tersebut pula mengapa banyak bisnis yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan pelanggan. Terkadang ada beberapa bisnis yang menggunakan cara tidak etis dalam melakukannya. Hal itu tentunya tidak dapat dibenarkan. Kamu harus melakukan cara-cara yang sesuai dengan etika dan norma yang ada.

Salah satu cara yang harus dilakukan oleh sebuah bisnis dalam mendapatkan pelanggan adalah dengan melakukan promosi. Tanpa melakukan promosi, sebuah produk atau bisnis akan lebih sulit dikenali oleh para pelanggan. Dengan kemajuan teknologi, saat ini bisnis kecil juga dapat melakukan promosi seperti di media sosialnya. Hal itu membuat produk atau bisnis mereka akan dikenali dan jangkauannya lebih luas.

Namun, apa yang harus dilakukan oleh pebisnis setelah itu? Apakah cukup melakukan promosi saja untuk memperoleh pelanggan. Jawabannya tidak. Kamu juga harus mampu untuk mempertahankan pelanggan loyal. Pelanggan loyal lebih besar kemungkinannya untuk melakukan repeat order karena mereka merasa puas dengan produk tersebut. Kepuasan pelanggan tersebut biasanya disebut juga customer satisfaction.

 

Pengertian Customer Satisfaction

Customer satisfaction adalah hal yang dicari oleh setiap bisnis. Mengapa begitu? Pengertian customer satisfaction adalah perasaan yang didapatkan oleh pelanggan setelah melakukan pembelian produk atau jasa. Seringkali, customer satisfaction adalah tolok ukur apakah suatu bisnis sudah dapat menyediakan produk dan melayani pelanggan dengan baik. Bisa dibilang, customer satisfaction adalah jawaban dari ekspektasi yang diharapkan pelanggan ketika melakukan pembelian.

Saat ini bisnis menjadi semakin kompetitif sebelumnya, baik bisnis besar maupun bisnis kecil. Segala inovasi yang ada tentu sangat berguna untuk memberikan keunggulan dibanding bisnis lainnya meskipun hanya sedikit. Inovasi dalam layanan atau produk juga bisa didapatkan oleh suatu bisnis dengan masukan dan tingkat kepuasan pelanggan. 

Mengawasi customer satisfaction serta menjadikannya sebagai dasar evaluasi juga sebaiknya dilakukan sebuah bisnis untuk selalu berkembang. Biar bagaimanapun, sebuah bisnis harus terus melakukan perbaikan secara konstan agar bisa selalu memuaskan pelanggan sehingga bisa membuat bisnis semakin berkembang.

 

Indikator Customer Satisfaction

Customer satisfaction adalah hal penting bagi sebuah bisnis, bahkan terdapat cara menghitung skor kepuasan pelanggan. Ada beberapa hal yang bisa kamu jadikan indikator apakah bisnismu sudah dapat memuaskan para pelanggan. Berikut ini adalah indikator customer satisfaction yang dimaksud

  • Kualitas Produk

Sebagai pelanggan, tentu mereka membeli suatu produk karena menginginkan barang yang mereka beli. Oleh karena itu tentu mereka mempunyai ekspektasi atas produk yang mereka beli. Sehingga wajar rasanya jika indikator pertama dalam customer satisfaction adalah kualitas produk. Jika ternyata produk yang dijual ternyata jauh di atas ekspektasi mereka, pasti mereka akan merasa senang. Begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, kamu harus terus memberikan produk dengan kualitas terbaik yang bisa kamu hasilkan dengan kemampuan yang kamu miliki.

  • Pelayanan yang Diberikan

Ternyata, kualitas sebuah produk saja tidak cukup. Indikator selanjutnya dari customer satisfaction adalah pelayanan yang diberikan. Saat ini bisnis-bisnis yang ada semakin menjamur dengan kualitas yang bersaing. Oleh karena itu, layanan yang kamu berikan bisa menjadi pembeda, apalagi pelanggan saat ini lebih peka dibandingkan sebelumnya pada pelayanan yang diberikan.

Jadi, jangan heran apabila kamu melihat brand-brand besar memberikan pelayanan kelas atas kepada setiap pelanggannya. Hal itu juga menjadi faktor yang membuat para pelanggan menjadi loyal dan memilih brand tersebut ketika membeli sebuah produk.

  • Cara Mendapatkan Produk

Indikator berikut dari customer satisfaction adalah cara mendapatkan produk. Saat ini, terdapat berbagai faktor yang membuat sebuah bisnis bisa lebih unggul. Salah satunya adalah dari cara mendapatkan produk. Kamu harus memastikan produk yang kamu jual mudah digapai oleh target pelanggan kamu. Dengan begitu, ia dapat membeli produk kamu tanpa menemui kesulitan. Hal tersebut diyakini dapat memberi rasa puas kepada dirinya.

  • Harga Produk

Harga suatu produk seringkali dianggap menjadi alasan mengapa suatu barang jarang dibeli orang. Maksud dari indikator customer satisfaction yang satu ini adalah harga yang dicantumkan seharusnya berbaring lurus. Terkadang, kualitas yang ditawarkan seringkali tidak merefleksikan harga yang diberikan kepada pembeli. Hal itulah mengapa sebaiknya dalam memberi harga suatu produk, bisnis harus melakukan proses yang adil.

Baca Juga: Mau Mengukur Indikator Kepuasan Pelanggan? Gini Caranya

  • Rasa Emosional pada Produk 

Indikator terakhir pada customer satisfaction adalah rasa emosional pada produk. Terkadang sebuah produk tidak selalu harus mahal untuk cocok pada seseorang. Bisa saja seseorang belum menemukan yang sesuai. Ketika menemukan produk yang sesuai, bisa saja ia terlihat bagus. Kepuasan pelanggan tersebut biasanya muncul ketika ia mendapat pujian dari orang lain di saat menggunakan produk yang kamu jual.

 

Manfaat Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan sangat berarti baik pada suatu bisnis. Selain artinya bisnis tersebut mulai dilirik, ada beberapa hal lain yang didapatkan dari banyaknya pelanggan yang puas. Berikut ini adalah manfaat dari customer satisfaction.

  • Pelanggan Menjadi Loyal

Ketika kamu sudah memenuhi indikator yang dibutuhkan untuk memuaskan pelanggan, bukan tidak mungkin para pelanggan tersebut berubah menjadi pelanggan yang loyal. Pelanggan loyal sama pentingnya dengan pelanggan baru. Oleh karena itu, kamu harus memberikan pelayanan dan produk yang berkualitas.

Baca Juga: Harus Tahu! Ini Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

  • Meningkatkan Pendapatan

Salah satu manfaat dari customer satisfaction adalah meningkatkan pendapatan. Hal ini tentunya diinginkan oleh semua bisnis. Dengan memenuhi indikator yang disebutkan sebelumnya, sebuah bisnis akan mendapatkan pelanggan secara reguler yang akan cukup berpengaruh pada peningkatan pendapatan.

  • Nama Bisnis Semakin Membaik

Bukan hanya materi saja yang didapat, manfaat lainnya dari customer satisfaction adalah reputasi bisnis yang akan semakin membaik. Ketika seorang konsumen merasa puas, mereka cenderung akan memberikan rekomendasi kepada orang lain. Hal itu yang nantinya akan perlahan mengangkat nama baik bisnis tersebut. 
Demikian adalah penjelasan singkat mengenai customer satisfaction serta indikator dan manfaatnya. Pelayanan yang terbaik turut menjadi salah satu indikatornya. Untuk meningkatkan indikator tersebut, Kokatto dapat membantu. Dengan fitur seperti chatbot dan broadcast, kamu dapat memberikan informasi penting mengenai produk kamu. Selain itu, kamu juga dapat menyediakan customer care untuk kepentingan melayani pelanggan. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi Kokatto!

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved