Kelebihan WhatsApp Business API untuk Bantu Tingkatkan Penjualan Online

Published By: yudhi.anto,   05 April 2022   whatsapp    331

Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan berbagai aktivitas dilakukan secara online, termasuk dalam hal berbisnis. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak pelaku usaha yang menggunakan aplikasi chatting untuk memperluas jangkauan usaha dan meningkatkan penjualan.

Salah satu aplikasi yang sudah banyak digunakan, baik oleh online seller maupun perusahaan besar adalah WhatsApp Business API. Untuk lebih jelasnya, simak apa saja kelebihan WhatsApp Business API dan manfaatnya untuk jualan online berikut ini.

6 Kelebihan WhatsApp Business API untuk jualan online

Salah satu aplikasi chat yang biasa digunakan dalam berbisnis atau jualan online adalah WhatsApp Business API. Apa saja kelebihan WhatsApp Business API yang bisa digunakan oleh para pelaku usaha? Berikut penjelasannya.

1. Terintegrasi dengan sistem CRM

WhatsApp merupakan aplikasi chat yang sudah digunakan oleh banyak orang. Dengan menggunakan aplikasi yang sudah banyak digunakan, kamu akan lebih mudah berinteraksi dengan calon pelanggan. Hal ini menjadi salah satu kelebihan WhatsApp yang tentu saja bisa kamu manfaatkan sebagai pelaku usaha.

Menariknya, berbeda dengan WhatsApp reguler atau WhatsApp Business, WhatsApp Business API dapat terintegrasi secara otomatis dengan sistem customer relationship management (CRM) yang memungkinkan kamu untuk terhubung dengan pelanggan secara global dan menginformasikan beragam produk yang ingin kamu tawarkan ke berbagai pelanggan di seluruh penjuru dunia.

2. Bisa diakses melalui PC atau laptop

Sebagai pelaku usaha, kamu tentu memerlukan aplikasi yang mudah diakses. Nah, salah satu kelebihan WhatsApp Business API yang bisa kamu manfaatkan adalah bisa diakses melalui berbagai perangkat, mulai dari HP sampai PC atau laptop.

Dengan begitu, kamu akan menjadi lebih mudah dan cepat dalam membalas chat pelanggan sehingga pelanggan akan merasa senang karena kebutuhan mereka bisa terpenuhi dengan baik. Hal ini membuat para pelanggan jadi lebih setia menggunakan produk atau layananmu.

3. Respons terhadap pelanggan lebih cepat dengan beragam fitur

Beberapa fitur yang memungkinkan kamu untuk bisa segera merespons pelanggan antara lain adalah:

  • Dapat digunakan oleh banyak agen atau device
  • Dilengkapi sistem otomatisasi yang dapat membantu menyimpan dan mengunduh semua kontak, percakapan, serta informasi pelanggan lainnya
  • Dilengkapi rotator untuk membantu melayani pelanggan
  • Dilengkapi fitur chatbot untuk merespons pelanggan secara otomatis

4. Tersedia fitur Template Messaging

Berbeda dengan WhatsApp Business yang memungkinkan kamu untuk membuat satu grup WhatsApp khusus bagi para konsumen dengan jumlah member sampai 256 orang, pengiriman pesan promosi seperti ini tidak boleh dilakukan di WhatsApp Business API.

Tapi, bukan berarti kamu tidak bisa mengirim pesan ke banyak pelanggan! Kamu bisa mengirimkan pesan dalam jumlah banyak secara bersamaan meski kamu tidak menyimpan nomor pelanggan atau sebaliknya, pelanggan tidak menyimpan kontak bisnismu, melalui fitur Template Messaging yang terdapat dalam WhatsApp Business API. Bahkan, kamu juga bisa mendapat report terkait pengiriman pesan yang dilakukan tersebut.

5. Sistem keamanannya terjamin

Dengan perkembangan teknologi yang ada, sistem belanja online memang jadi lebih mudah. Sayangnya, banyak orang yang ragu untuk bertransaksi secara online karena sistem keamanannya.

Dengan menggunakan aplikasi WhatsApp Business API, pesan yang kamu kirimkan atau terima tidak mudah diretas sehingga transaksi akan berjalan lancar dan aman. Bahkan, untuk membuat akun Whatsapp API, kamu akan membutuhkan persetujuan dari Whatsapp Partner dengan fitur yang akan sepenuhnya bergantung pada WhatsApp Solution Provider.

6. Lebih profesional dan terpercaya

Dengan menggunakan WhatsApp API, kamu bisa mendapat tanda centang hijau (green tick) di samping display name bisnismu. Tanda ini membuktikan bahwa akun WhatsApp Business yang kamu miliki telah terverifikasi sehingga bisnismu terlihat lebih profesional dan terpercaya.

Manfaat WhatsApp Business API untuk jualan online

Selain bisa memudahkan transaksi dengan pelanggan, WhatsApp Business API juga sangat bermanfaat untuk menawarkan produk ke pelanggan tanpa harus menyimpan nomor mereka. Berikut ini adalah beberapa manfaat WhatsApp Business API untuk jualan online:

  1. Menjangkau calon konsumen dan pelanggan lebih efisien
  2. Menjalin hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan
  3. Memudahkan strategi pemasaran online
  4. Menyediakan layanan konsultasi selama 24 jam untuk pelanggan
  5. Merespons pertanyaan, keluhan, atau informasi lain dari pelanggan
  6. Bisa terhubung dengan official WhatsApp API untuk mengostumisasi fitur sesuai kebutuhan pengguna
  7. Dapat diakses oleh banyak pengguna dan perangkat dalam waktu yang bersamaan
  8. Dapat mengajukan verified account atau centang hijau sehingga bisnis lebih kredibel dan profesional
  9. Bisa melakukan pengiriman pesan ke banyak akun secara langsung tanpa perlu menyimpan daftar nomor ke kontak terlebih dulu
  10. Pengiriman pesan bisa dilakukan secara otomatis dan bisa terhubung ke sistem CRM atau sistem pihak ketiga lainnya

Cara menggunakan WhatsApp Business API untuk jualan online

Dengan menggunakan fitur WhatsApp yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa berjualan online dengan lebih mudah. Tapi, ada beberapa strategi yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan online di WhatsApp.

1. Tentukan target

Sebelum mengirimkan pesan ke pelanggan, pastikan kamu sudah mengetahui target yang jelas saat berkirim chat dengan mereka. Target yang dimaksud antara lain adalah:

  1. Memberikan info terkait produk atau layanan yang kamu tawarkan
  2. Mengajak mereka untuk membeli produk atau layanan yang kamu tawarkan
  3. Memberikan diskon untuk meningkatkan penjualan

Jika sudah menentukan target yang jelas, maka kamu bisa membuat kalimat yang tepat sesuai dengan tujuanmu.

2. Buat konten marketing

Salah satu strategi yang biasa digunakan untuk menarik pelanggan adalah dengan membuat konten marketing sesuai tren yang sedang diminati. Misalnya, konten tips yang berhubungan dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan. Dengan konten yang menarik, pelanggan akan merasa perlu untuk mengetahui profil bisnismu lebih lanjut.

3. Personalisasi pesan untuk pelanggan

Hindari mengirimkan pesan yang sama persis untuk pelanggan karena hal ini akan lebih mudah diabaikan ketimbang pesan yang sifatnya personal. Kamu bisa membuat pesan yang lebih memikat dengan cara menyebutkan nama pelanggan atau bertanya tentang kabarnya terlebih dulu sebelum memberikan informasi terkait produk dan layananmu.

4. Konsisten

Berjualan online di WhatsApp memang tidak akan langsung membuahkan hasil. Kamu perlu bersabar dan konsisten memberikan informasi terkait produk dan layananmu kepada pelanggan. Dengan begitu, pelanggan lambat laun akan tertarik karena sering terpapar informasi tersebut.

5. Gunakan layanan pihak ketiga

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, WhatsApp Business API berbeda dengan WhatsApp Business karena tidak memiliki pengelola kontak di dalamnya. Jika kamu ingin mengelola kontak WhatsApp dengan mudah, maka kamu perlu menggunakan layanan provider atau pihak ketiga.

Demikian informasi terkait apa saja kelebihan WhatsApp Business API dan bagaimana cara berjualan online di WhatsApp supaya bisa menarik banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan. Cari tahu lebih banyak tentang WhatsApp Business API untuk bantu tingkatkan penjualan bisnis di laman ini.