Customer Relation adalah: Pengertian, Manfaat, dan Strategi

3 November 2022 Customer Relation adalah: Pengertian, Manfaat, dan Strategi

Customer relation adalah salah satu poin yang perlu dijaga agar perusahaan bisa semakin sukses. Memiliki customer relation yang baik tandanya perusahaan tersebut berjalan dengan lancar. Ketika suatu perusahaan memiliki customer relation yang baik, maka akan mudah bagi mereka untuk menarik perhatian pelanggan setiap ada produk terbaru. Maka dari itu customer relation adalah bagian penting dari pengelolaan suatu usaha.

Di artikel berikut akan dibahas seputar customer relation serta manfaat dan strateginya yang tepat.

Pengertian Customer Relation

Secara singkat, pengertian dari customer relation adalah suatu proses yang digunakan oleh perusahaan untuk mengajak pelanggan dan memelihara hubungan jangka panjang antara perusahaan dan pelanggan. Aktivitas perusahaan yang termasuk ke dalam customer relation adalah membantu melayani permintaan pelanggan setiap harinya hingga menciptakan kebijakan-kebijakan jangka panjang agar pelanggan dapat menikmati pelayanan perusahaan dengan nyaman.

Termasuk di dalam customer relation adalah serangkaian aktivitas dengan tujuan untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Dengan customer relation yang baik, hasilnya juga akan sangat bermanfaat bagi perusahaan. Misalnya pelanggan akan lebih setia dan meningkatkan Customer Lifetime Value (CLV).

Manfaat Customer Relation

Customer relation adalah salah satu investasi penting yang harus dibangun oleh perusahaan karena customer relation memiliki beberapa manfaat berikut ini:

1. Menciptakan Pelanggan yang Setia

Semua jenis perusahaan, baik kecil maupun besar pasti akan membutuhkan pelanggan yang setia. Manfaat customer relation adalah menciptakan pelanggan setia tersebut agar perusahaan bisa terus berjalan dengan lancar. Menciptakan hubungan baik dengan pelanggan lewat customer relation adalah cara untuk menginspirasi pelanggan agar mereka tetap menjadi pelanggan setia.

2. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Perusahaan yang memiliki customer relation yang baik tentunya juga menciptakan lingkungan yang baik untuk pelanggan. Lingkungan yang baik akibat terbangunnya customer relation adalah alasan kenapa pelanggan lebih nyaman dan tidak keberatan untuk membagi kritik dan saran.

Timbal balik pelanggan yang berupa kritik dan saran ini adalah informasi yang bisa dipelajari untuk memahami apa yang disukai oleh pelanggan terhadap produk perusahaan. Dengan mempelajari informasi ini, maka kamu bisa meningkatkan pelayanan yang membuat kepuasan pelanggan semakin naik.

3. Menghasilkan Bisnis Berulang

Tidak hanya untuk pelanggan saja, customer relation adalah cara untuk menjaga hubungan dengan pelanggan B2B lainnya. Dengan customer relation yang baik, maka perusahaan lain juga tidak segan untuk melakukan bisnis ulang dengan perusahaanmu.ini bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan.

4. Keunggulan Kompetitif

Manfaat lain dari customer relation adalah memiliki keunggulan tersendiri dibanding dengan kompetitor. Dengan adanya customer relation yang baik, pelanggan akan lebih menyukai produk dari perusahaanmu. Selain karena pelanggan menyukai customer relation yang tanggap, alasan lainnya karena customer relation-lah yang membangun pelanggan setia tersebut.

5. Meningkatkan Moral Perusahaan

Salah satu aktivitas dari customer relation adalah sikap terhadap komplain pelanggan. Perusahaan dengan customer relation yang baik akan bersikap profesional dan menomorsatukan pelanggan. Tindakan ini bisa meningkatkan nilai moral perusahaan yang mampu mengatasi permasalahan pelanggan.

Tidak hanya lima manfaat di atas, manfaat jangka panjang lain dari customer relation adalah semakin suksesnya suatu usaha. Perusahaan mendapatkan kepercayaan lebih dari pelanggan sehingga operasional perusahaan dapat berjalan dengan lancar. Perusahaan bisa dengan mudah menambah target pasar ataupun melakukan ekspansi ketika reputasi mereka cukup baik.

Baca Juga: Cara Membuat Link Whatsapp Agar Bisnis Makin Lancar

Strategi Membangun Customer Relation

Karena customer relation adalah bagian penting dari suksesnya sebuah perusahaan, maka prosesnya tidak boleh dilakukan secara asal. Berikut ini adalah strategi membangun customer relation yang tepat:

1. Komunikasi Konsisten dan Proaktif

Strategi pertama yang harus diterapkan untuk suksesnya customer relation adalah membangun komunikasi yang konsisten dan proaktif dengan pelanggan. Pelanggan tidak seharusnya melupakan pernah bertransaksi dengan perusahaanmu.

Agar komunikasi ini berjalan lancar, kamu bisa membangun komunikasi satu sama lain. Bukan hanya sekedar komunikasi tentang belanjaan pelanggan. Kamu bisa mulai dengan menghubungi pelanggan dan menanyakan jika mereka butuh produk lain yang serupa atau jika mereka perlu bantuan dengan produk yang telah dibeli.

2. Bertindak Melebihi Harapan Pelanggan

Meningkatkan standar pelayanan merupakan strategi customer relation yang cukup sukses. Sebagian besar pelanggan hanya meminta pelayanan yang baik dan produk yang berfungsi. Namun, ada baiknya jika perusahaan bertindak melampaui harapan pelanggan. Misalnya dengan membagikan produk gratis atau memberikan diskon spesial.

3. Ciptakan Pelayanan Tingkat Atas

Strategi selanjutnya dari customer relation adalah menciptakan layanan kelas atas atau layanan kelas dunia. Hal yang paling menyebalkan bagi pelanggan adalah saat mereka harus dilempar kesana-kemari untuk menghubungi banyak layanan pelanggan. Ini sangat menyebalkan karena membuang-buang waktu pelanggan. Jadi berikanlah layanan kelas atas, di mana waktu pelanggan tidak akan terbuang sia-sia.

4. Buat Pelayanan Berdasarkan Pelanggan

Strategi berikutnya yang juga cukup sukses untuk customer relation adalah membuat pelayanan berdasarkan pelanggan. Mulai dari apa yang disukai dan apa yang paling menarik minat pelanggan. Dengan begitu, pelanggan akan merasa lebih dekat dengan produk dan perusahaanmu.

5. Hargai Pelanggan

Salah satu strategi sederhana untuk customer relation adalah menghargai pelanggan. Pelanggan yang merasa dihargai tentunya akan lebih percaya pada perusahaan tersebut. Menghargai pelanggan bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Misalnya seperti ucapan terima kasih telah berbelanja, sambutan yang hangat, loyalty program, produk gratis, dan lainnya.

6. Pelatihan Karyawan

Semua strategi customer relation yang telah disusun tidak akan bisa sukses jika di lapangan tidak dijalankan dengan baik. Jadi strategi yang juga penting untuk suksesnya customer relation adalah pelatihan karyawan. Pelatihan ini dilakukan agar perusahaan memiliki standar pelayanan yang sama dan strategi customer relation yang telah disusun bisa lebih sukses.

7. Fokus pada Hal Kecil

Beberapa perusahaan yang sudah besar biasanya terlalu sibuk pada hal-hal besar seperti teknologi paling canggih dan inovasi paling baru. Padahal tidak semua pelanggan menginginkan hal tersebut. Ada baiknya untuk fokus pada hal kecil yang memang benar-benar dibutuhkan oleh pelanggan. Dengan begini strategi customer relation akan menjadi lebih sukses.

8. Meminta Maaf Jika Diperlukan

Kata maaf adalah salah satu kata yang sangat kuat. Ini juga berlaku untuk customer relation. Strategi penting dari customer relation adalah tahu kapan waktunya meminta maaf. Pelanggan akan mengapresiasi perusahaan yang mau meminta maaf ketika melakukan kesalahan.

Setelah memahami pentingnya customer relation maka sebaiknya kamu mulai membangun customer relation perusahaanmu. Karena customer relation adalah bagian penting suksesnya sebuah perusahaan. Dengan customer relation yang baik, pelanggan akan lebih setia terhadap perusahaanmu.

Untuk pelayanan usaha yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan Kokatto. Kokatto adalah platform komunikasi yang bisa mengirimkan pesan baik teks maupun suara dari usaha kepada pelangganmu. Kamu bisa tetap menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan membangun customer relation dengan menggunakan Kokatto. Yuk, langsung cek Kokatto sekarang juga.

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved