Yuk, Cari Tahu Manfaat Penggunaan Aplikasi Whatsapp Ganda!

Published By: Dewi Maharani,   19 September 2022   whatsapp    24

Aplikasi whatsapp ganda makin sering digunakan oleh orang-orang. Biasanya aplikasi whatsapp ganda digunakan oleh mereka yang sibuk, baik itu pekerja atau pemilik bisnis. Kesibukan mereka biasanya menuntut mereka untuk memiliki beberapa whatsapp dalam satu akun.

Semakin banyak orang yang mencari nafkah dengan memulai sebuah bisnis atau usaha. Hal tersebut tak lepas dari keadaan pandemi yang melanda beberapa tahun belakangan. Pandemi memaksa banyak perusahaan harus memotong gaji karyawan atau bahkan hingga harus melakukan pemutusan hubungan kerja.

Hal itu tentu meresahkan, namun itu tidak hanya terjadi di Indonesia tapi juga dunia. Tapi tak berarti dunia berhenti berputar. Mereka yang kehilangan pekerjaan atau sebagian gajinya tetap harus memenuhi kebutuhan. Kebutuhan mereka tentu tidak menunggu dan mengerti. Oleh karena itu, banyak yang mulai untuk membuka bisnis atau usaha.

Membuka usaha sendiri tidak mudah, namun tetap harus dijalani. Semakin berkembangnya zaman, dunia usaha pun turut mengalami dampaknya. Membuka usaha terutama online menjadi lebih gampang. Hal tersebut tak lepas dari berbagai hal yang didigitalisasi. Coba bayangkan, sebagian besar hal bisa dilakukan secara online. Termasuk hal-hal dalam dunia usaha.

Sebelumnya, membuka usaha jauh lebih rumit. Kamu harus menyewa atau membeli tempat untuk berjualan, belum lagi administrasi yang perlu dilengkapi. Untuk sisi teknis juga sama rumitnya. Kamu harus mencari pemasok serta melakukan promosi di berbagai tempat. Promosi yang dilakukan juga biasanya berupa kabar dari mulut ke mulut, ataupun menyebarkan selebaran tentang bisnismu. Namun semua itu berubah dengan perkembangan teknologi.

Kamu dapat membuka bisnis secara online tanpa perlu membuka toko offline. Hal itu tentunya akan menghemat biaya. Sekarang kamu juga bisa mencari pemasok secara online tanpa perlu repot blusukan untuk mendapatkan bahan baku yang baik. Apalagi masalah promosi. Kamu dapat melakukan promosi secara gratis di media sosial milikmu. Kamu bahkan dapat menggunakan akun bisnis agar kamu dapat semakin gencar berbisnis.

Salah satu yang perlu kamu tekankan pada bisnis adalah kamu harus responsif. Pelanggan selalu menyukai penjual dengan responsif. Apalagi jika kamu menjual menggunakan platform selain e-commerce. Kamu harus fast response agar pelanggan tidak berpaling. Salah satu yang paling tepat adalah dengan menggunakan aplikasi chat instan seperti Whatsapp.

Whatsapp yang digunakan oleh 2 milyar orang di dunia serta kurang lebih 85 juta orang di Indonesia membuatnya menjadi pilihan tepat. Apalagi Whatsapp mempunyai interface yang ramah pengguna untuk semua umur. Karena itu, kita sering menemui banyak penjual yang mencantumkan nomor whatsapp terutama di Instagram.

Kamu juga bisa menggunakan Whatsapp bisnis jika fokus bisnis yang kamu lakukan membutuh Whatsapp secara signifikan. Pada whatsapp bisnis, akun kamu akan terverifikasi sehingga pelanggan maupun calon pelanggan kamu tidak akan merasa ragu. Selain itu, kamu akan mempunyai katalog yang bisa dilihat di profil kamu. Kamu juga dapat mendapatkan aplikasi whatsapp ganda dengan Whatsapp Business API.


Manfaat Aplikasi Whatsapp Ganda


Tidak Kewalahan

Jika bisnismu sedang berkembang dan banyak pesanan hingga ratusan atau bahkan ribuan perhari, tentu admin Whatsapp akan kewalahan dalam melayani jika hanya satu orang. Dengan menggunakan aplikasi Whatsapp ganda, kamu bisa mempekerjakan dua orang atau lebih sebagai admin. Dengan begitu, kamu bisa membalas pelanggan dengan cepat dan mereka tidak merasa diabaikan.

Menghindari Kesalahan

Jika kamu berbisnis dan mempunyai satu admin dengan ratusan dan ribuan pesanan, kemungkinan besar akan terjadi kesalahan jika tidak teliti. Tentu itu manusiawi mengingat banyaknya pesanan. Untuk menghindari kesalahan seperti itu, kamu bisa menggunakan aplikasi Whatsapp ganda sehingga setiap admin mempunyai porsi yang cukup.

Semakin Responsif

Salah satu keuntungan dari aplikasi Whatsapp ganda adalah kamu bisa dapat membalas konsumen dengan cepat. Dengan mempunyai aplikasi Whatsapp ganda, itu berarti kamu memiliki beberapa admin yang dapat dengan sigap membalas chat pelanggan. Reputasi kamu akan semakin baik dan kesempatan transaksi yang datang semakin besar.


Langkah Menggunakan Whatsapp di Beberapa Perangkat

Kamu bisa menggunakan Whatsapp Business secara bersamaan hingga empat perangkat dan satu telepon. Perangkat tersebut dapat dinamakan dan dilihat perangkat mana yang mengirim pesan. Selain itu, kamu juga bisa memakai WhatsApp Business di beberapa perangkat pada saat yang bersamaan lho. Dengan demikian, bisnis bisa:

  • Menautkan hingga empat perangkat dan satu telepon ke akun mereka.
  • Memberi nama perangkat tertaut mereka.
  • Melihat nama perangkat yang dipakai untuk mengirimkan pesan.

Berikut adalah cara-cara untuk menautkan perangkat akun Whatsapp for Business baik di Android maupun iOS

Android

  • Pilih Opsi lainnya dan klik Perangkat tertaut.
  • Klik tautkan perangkat lalu pilih OK.
  • Arahkan teleponmu ke layar perangkat yang ingin ditautkan, kemudian pindai kode QR. Pada perangkat yang ingin ditautkan, pindai kode QR di layar tersebut melalui handphone-mu.

iOS

  • Klik Pengaturan pada WhatsApp Business.
  • Pilih Perangkat Tertaut lalu klik Tautkan Perangkat.
  • Buka lock handphone kalau kamu menggunakan iOS 14 dan lebih baru
  • Pilih Touch ID atau Face ID untuk membuka lock.
  • Jika tidak menggunakan kedua hal tersebut, kamu harus memasukkan passcode yang digunakan untuk membuka handphone.
  • Pindai kode QR yang ada di layar perangkat yang ingin digunakan melalui handphone kamu.

Menamai Perangkat Tertaut


Android

  • Pilih Lainnya kemudian klik Perangkat Tertaut
  • Klik Perangkat Tertaut
  • Klik pada kolom Nama untuk mengubah nama perangkat tertaut

iOS

  • Pilih Pengaturan di Whatsapp Business
  • Pilih Perangkat Tertaut
  • Klik Perangkat Tertaut
  • Klik pada kolom Nama untuk mengubah nama perangkat tertaut

Kamu juga bisa melihat informasi dari perangkat yang kamu gunakan seperti jenis perangkatnya, lokasinya, bahkan waktu terakhir perangkat aktif.

Melihat Perangkat yang Digunakan Mengirim Pesan


Android

  • Buka chat
  • Tahan pesan, pilih Info
  • Lihat perangkat yang digunakan

iOS

  • Buka chat
  • Tahan pesan lalu pilih Selengkapnya
  • Lihat perangkat yang digunakan mengirim pesan

Tapi ada beberapa hal yang harus kamu garisbawahi, seperti handphone tidak perlu terhubung ke internet agar dapat menggunakan aplikasi Whatsapp ganda di perangkat yang tertaut. Kamu juga tetap memerlukan handphone untuk membuat tautan perangkat.

Demikian adalah sedikit penjelasan singkat mengenai aplikasi Whatsapp ganda serta manfaatnya bagi bisnismu. Tapi yang lebih penting lagi adalah memberikan kualitas produk dan layanan yang memuaskan bagi pelanggan kamu. Percuma jika kamu mempunyai aplikasi Whatsapp ganda namun kamu tetap membalas dengan lama dan tidak ramah. Hal itu lebih berpengaruh buruk untuk bisnismu.

Dengan Whatsapp Business API, masih banyak fitur-fitur lainnya yang bisa kamu dapatkan. Kamu juga bisa mengembangkan bisnis kamu ke level yang lebih baik dengan Whatsapp Business API. Di Kokatto, kamu tidak hanya bisa menggunakan Whatsapp Business API, namun juga fitur-fitur menarik lainnya seperti layanan IVR service dan OTP Miscall. Ingin tahu caranya? Langsung aja kunjungi Kokatto!