Slow Respon Chat Artinya: Penjelasan dan Akibatnya

31 Desember 2022 Slow Respon Chat Artinya

Tahukah kamu slow respon chat artinya apa? Bagi yang sering berkirim pesan lewat chatting, pasti tidak merasa asing dan tahu slow respon chat artinya apa. Slow respon chat artinya merupakan salah satu istilah yang dikenal dalam berkomunikasi, termasuk juga komunikasi dalam dunia perbinisan. Kalau diartikan secara sederhana, slow respon chat artinya adalah membalas pesan dengan lambat.

Seiring berjalannya waktu, teknologi sekarang ini semakin berkembang dengan cepat. Begitu juga dalam hal berkomunikasi, dengan adanya aplikasi chatting, kita jadi terbantu untuk saling berkomunikasi secara mudah dan cepat. Menghubungi seseorang yang berada jauh jaraknya pun bisa dilakukan  tanpa repot harus mendatanginya ke lokasi.

Tapi, karena kemudahan tersebut ditambah kesibukan yang dihadapi, terkadang kita jadi mengabaikan pesan-pesan yang dikirimkan tersebut. Nah, bisa dibilang slow respon chat artinya merupakan gambaran dari hal tersebut.

Slow respon chat artinya bisa membawa dampak negatif bagi kamu, baik dalam kehidupan sosial sehari-hari, apalagi dalam bisnis. Bagi kamu yang memiliki bisnis online, dalam menjalankan bisnis pasti kamu sering berkomunikasi dengan calon konsumen maupun konsumen tetap kamu, bukan?

Baca juga: Contoh Promosi Menarik untuk Meningkatkan Penjualanmu

Misalnya, ada konsumen yang info seputar produk yang kamu jual, atau mengajukan keluhan dan lainnya, tapi kamu tidak kunjung membalas pesan konsumen tersebut. Hal tersebut bisa membuat konsumen jadi jengah dan malas untuk menghubungi kamu lagi, dan bahkan batal membeli di tokomu.

Nah karena itulah, agar bisnis kamu berjalan dengan lancar, tentu slow respon chat artinya merupakan hal yang harus kamu hindari. Karena, kalau kamu sampai melakukan slow respon chat artinya kamu akan merasakan akibat yang berisiko bagi bisnismu.

Untuk memahami lebih lanjut, berikut kamu bisa simak pembahasan tentang slow respon chat artinya apa, dampaknya, dan bagaimana cara membalas chat yang sebaiknya dilakukan dalam bisnis online.

 

Memahami Slow Respon Chat Artinya Apa

Slow respon chat adalah situasi di mana penjual memberikan respon, balasan, atau tanggapan atas pesan dari konsumen dengan lambat. Jadi, sederhananya slow respon chat artinya merupakan respon lambat. Penjual yang memberikan slow respon biasanya cenderung membuat konsumennya jadi merasa was-was dan tidak percaya.

Contohnya, saat konsumen bertanya pada penjual, kemudian dibalas dalam jangka waktu yang lama, misalnya memakan waktu hingga berjam-jam. Maka hal tersebut bisa dikategorikan sebagai slow respon.

 

Akibat dari Slow Respon

1. Calon Konsumen Memilih Pergi

Coba bayangkan, kalau kamu bertanya kepada penjual karena tertarik dengan suatu produk, tapi pertanyaanmu dibalas dalam waktu yang lama atau bahkan tidak kunjung dibalas. Tentu tidak enak, bukan?

Calon konsumen yang merasakan hal tersebut biasanya akan memilih untuk mencari produk yang serupa dari toko lain. Dengan memberikan slow respon chat artinya calon konsumen jadi merasa tidak dihargai oleh kamu si penjual. Agar tidak kehilangan konsumen, balaslah pesan dari mereka dengan segera.

2. Pesanan Masuk Jadi Sedikit

Memberikan slow respon chat artinya kamu menghilangkan kesempatan bagi bisnismu sendiri. Kalau kamu tidak memberikan respon dengan cepat, konsumen biasanya cenderung jadi mengurungkan niat untuk membeli produkmu, karena mereka tidak mendapatkan kejelasan atas pertanyaan mereka.

Cobalah untuk selalu merespon dengan cepat, dengan begitu proses pesanan yang masuk pun akan jadi banyak.

3. Tidak Memiliki Konsumen Tetap

Calon konsumen akan jadi konsumen tetap yang setia kalau komunikasi dengan penjualnya bagus. Nah, kalau sampai kamu slow respon chat artinya tentu akan memberikan hasil yang berbeda. Yang ada mereka malah jadi ragu untuk membeli produk kamu untuk pertama kalinya, apalagi untuk seterusnya.

4. Reputasi Toko Jadi Menurun

Konsumen yang puas terhadap pelayanan sebuah toko pasti akan memberikan rating atau penilaian. Sebaliknya, kalau mereka tidak merasa dilayani dengan baik, maka penilaian yang diberikan pun akan buruk.

Karena itu, berikanlah respon chat yang cepat. Dengan begitu konsumen akan merasa puas dengan pelayananmu, dan bahkan ada kemungkinan mereka akan merekomendasikan produk dan toko online kamu ke orang lain. Dengan begitu, reputasi tokomu pun akan naik dan calon konsumen baru juga berdatangan.

 

Cara Membalas Chat yang Baik

Slow respon chat artinya bukan hal yang tidak bisa dihindari, kok. Kamu bisa menghindarinya dengan mengetahui cara-cara terbaik dalam berkomunikasi dengan konsumen. Seperti di bawah ini:

1. Gunakan Bahasa yang Menyenangkan

Bayangkan kalau kamu mengirimkan pesan ke suatu toko online, tapi penjualnya membalas pesanmu dengan tidak ramah, menggunakan bahasa yang sulit dimengerti, atau lain sebagainya. Pasti kamu merasa tidak nyaman, kan? Karena itulah, kamu perlu gunakan bahasa yang sopan dan dengan etika yang tinggi.

Konsumen itu tidak bisa ditebak kisaran umurnya, atau menebak-nebak apakah mereka terbiasa dengan bahasa-bahasa gaul atau tidak. Jadi, gunakanlah bahasa yang baik, sopan, dan mudah dipahami oleh semua orang.

Baca juga: Catat, Ini Dia 5 Cara Meminimalkan Risiko dalam Bisnis!

2. Balas Chat dari Urutan yang Paling Bawah

Kalu chat yang masuk ke tokomu ada banyak, balaslah dari urutan yang paling bawah. Kenapa? Karena chat yang berada di posisi terbawah adalah chat dari konsumen yang lebih dulu mengirimkan pesan kepada kamu.

Jangan biarkan mereka menunggu terlalu lama, karena bisa-bisa mereka malah pergi memilih toko lain nantinya. Jangan lupa juga untuk membalas setiap chat yang masuk dengan cepat, agar kamu bisa mempertahankan hubungan baik dengan konsumenmu.

3. Jangan Melenceng dari Topik Utama

Usahakan untuk selalu fokus, jangan sampai kamu melenceng dari topik seputar jual beli online. Jangan bertanya balik atau menjawab dengan jawaban yang tidak sesuai dengan pertanyaan yang terkait produk jualanmu, sistem pembayaranmu, atau kegiatan promosi online-mu. Kalau kamu melakukan hal-hal itu, tentu akan mengganggu konsumen dan bisa-bisa membuat mereka tidak nyaman saat berkomunikasi dengan kamu.

4. Perhatikan Penggunaan Tanda Baca dan Emoji

Kalau kamu adalah tipe yang suka chatting dengan menggunakan emoji atau stiker, selalu bedakan antara chat dengan kerabat dan konsumen ya. Tidak semua orang paham dengan arti emoji, jadi gunakanlah emoji sesekali saja jangan terlalu sering, untuk memberikan kesan ramah pada konsumen.

Perhatikan juga tanda baca yang digunakan di tiap jawaban. Masukkan tanda baca yang tepat agar tidak membuat konsumen bingung dan keliru mengartikan.

5. Gunakan Kokatto untuk Memudahkan Chat

Kalau kamu kesulitan untuk membalas semua chat yang masuk ke toko online-mu, kamu juga bisa memanfaatkan platform Kokatto. Platform satu ini menyediakan fitur yang membantu kamu dalam memberikan respon cepat kepada konsumen.

Kokatto merupakan platform komunikasi untuk lintas channel yang bisa digunakan untuk memudahkanmu untuk mengelola banyak pesan konsumen dari berbagai aplikasi. Kamu bisa memberikan respon cepat dengan fitur auto-reply dari Chatbot yang dimilikinya, melayani konsumen dengan dashboard pengaturan pesan Customer Service-nya, hingga menjangkau banyak konsumen di satu dashboard saja.

Slow respon chat artinya bukan suatu hal yang bisa membuatmu khawatir lagi, deh. Yuk, cobain Kokatto sekarang!

whatsapp facebook instagram
KokattoLogo Jakarta Metropolitan Tower 10th floor Jl. TB Simatupang No.Kav. 14, DKI Jakarta - 12430 +6221 3972 3972 | sales@kokatto.com
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2023 by Kokatto. All Rights Reserved