Contoh Promosi Menarik untuk Meningkatkan Penjualanmu

3 November 2022 Contoh Promosi Menarik untuk Meningkatkan Penjualanmu

Mencari inspirasi promosi dari bermacam-macam contoh promosi menarik bisa meningkatkan ide kreatif untuk promosi jualanmu. Jadi saat kamu melakukan berbagai macam promosi, kamu bisa melakukan jenis promosi yang berbeda dan unik agar bisa menarik lebih banyak calon pembeli.

Saat kamu melakukan promosi yang berbeda dari biasanya, pembeli pastinya akan berminat untuk mencoba. Ini bisa menjadi cara untuk meningkatkan penjualan usahamu. Pentingnya mencari contoh promosi menarik juga bisa menjadi salah satu cara agar usahamu terus bekembang. Semakin menarik promosi yang dilakukan, maka semakin banyak calon pembeli yang tertarik juga.

Contoh Promosi Menarik untuk Meningkatkan Penjualanmu.

Berikut ini adalah beberapa contoh promosi menarik yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan penjualanmu.

 

  • Beri Tambahan Bukannya Promosi Saja

 

Kata promo terdengar sangat membosankan untuk menjadi strategi penjualan. Saat ini, kata promo saja tidak terlalu efektif untuk menarik perhatian calon pembeli. Meskipun promo, sebagian besar calon pembeli pasti tetap akan berpikir ulang sebelum melakukan transaksi. Promo menjadi kurang efektif untuk pelanggan. Kamu bisa mengganti promo dengan tambahan produk. Dengan mendapatkan tambahan produk, calon pembeli lebih tertarik untuk melakukan transaksi.

Misalnya dengan memberikan gratis produk tertentu atau dengan menambahkan hadiah secara gratis kepada pelanggan. Contoh promosi menarik ini jauh lebih memikat calon pembeli dibandingkan dengan sekedar promosi. Kamu bisa mencoba cara ini untuk sedikit perubahan pada peningkatan penjualanmu.

  • Dukung Terus Loyalty Program

Loyalty program adalah contoh promosi menarik yang bisa bertahan jangka panjang. Ini merupakan jenis promosi yang bisa menyebar secara merata dan dapat bertahan dengan lama. Untuk itu kamu perlu terus mendukung loyalty program yang dijalankan oleh usahamu agar tetap bisa meningkatkan penjualan.

 

Baca Juga: Motivasi Manusia Pada Hierarki Teori Kebutuhan Maslow

 

  • Promosi dan Penjualan Tertarget

Dibandingkan dengan melakukan promosi secara besar-besaran, lebih baik kamu melakukan promosi yang lebih tertarget sasarannya. Dengan target sasaran yang jelas, kemungkinan promosi bisa berhasil lebih besar. Misalnya adalah jika kamu ingin memperluas jangkauan pasarmu, kamu bisa menyediakan pengiriman gratis ongkir untuk area yang kamu tuju. Cara ini memberikan jenis promosi yang lebih spesifik dan lebih tertarget sehingga calon pembeli menjadi lebih tertarik.

 

  • Manfaatkan Permainan

Tidak jarang contoh promosi menarik memiliki permainan seru dibaliknya. Cara ini akan sangat efektif jika kamu memiliki jenis usaha di bidang hiburan atau acara. Misalnya dengan menyelesaikan puzzle untuk mendapatkan bonus hadiah di acara. Cara ini selain meningkatkan keseruan juga menambah rasa penasaran para pelanggan untuk mengikuti permainan.

 

  • Tunjukkan Contoh Produk Secara Langsung

Berjualan secara online memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya adalah pelanggan tidak bisa memeriksa produk secara langsung dengan sendirinya. Jadi cara yang bisa kamu lakukan untuk menarik perhatian pembeli adalah dengan menunjukkan contoh produk secara langsung. Misalnya dengan mengikuti acara tertentu sehingga pembeli bisa mencoba produkmu secara langsung.

 

  • Bekerjasama dengan Influencer

Bekerjasama dengan influencer atau konten kreator bisa memberikan pengalaman promosi yang menarik. Setiap influencer dan konten kreator memiliki ciri yang khas tersendiri. Ini bisa menjadi contoh promosi menarik untuk usahamu. Pilih influencer yang sesuai dengan kriteria usahamu agar konten yang dibuat bisa tetap menarik.

 

  • Tunjukkan Sample

Jika kamu memiliki usaha makanan atau minuman, menunjukkan sample produk adalah cara promosi menarik yang bisa kamu lakukan. Ini merupakan cara paling mudah untuk memperkenalkan produkmu kepada pembeli. Mereka bisa mencoba secara langsung dan membuktikan sendiri apakah produk tersebut layak untuk dibeli atau tidak. Rasa makanan yang enak akan membuat calon pembeli mau melakukan transaksi dan meningkatkan penjualan usaha.

 

  • Menggunakan Public Figure

Jika ada seorang public figure yang menggunakan produkmu, maka kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk meningkatkan penjualanmu. Kamu juga bisa menyewa public figure sebagai brand ambassador dari produkmu agar bisa terus meningkatkan minat calon pembeli untuk produkmu. Menggunakan public figure juga merupakan salah satu cara efektif untuk endorsement produk

 

  • Manfaatkan Hari Spesial

Memanfaatkan hari spesial seperti Lebaran, Natal, Hari Kemerdekaan, dan lainnya bisa menjadi salah satu contoh promosi menarik. Ini karena di waktu-waktu tersebut adalah hari yang cukup spesial di Indonesia. Banyak sekali hari libur yang digunakan masyarakat untuk mengejar promo. Dibandingkan dengan promosi di hari biasa, promosi di hari spesial terbukti lebih efektif. Kamu juga bisa memanfaatkan hari spesial lain seperti hari ulang tahun pelanggan untuk memberikan promosi menarik khusus untuk mereka.

 

  • Mendukung Hal Tertentu

Menunjukkan dukungan untuk hal tertentu bisa meningkatkan citra baik usahamu di mata calon pembeli. Pembeli juga menggunakan empati untuk melakukan transaksi terhadap suatu produk. Misalnya mendukung penghijauan lingkungan untuk setiap pembelian produk tertentu. Hal ini akan meningkatkan empati calon pembeli dan para pembeli juga akan melakukan transaksi secara sukarela.

 

Contoh promosi menarik di atas merupakan jenis promosi yang umum digunakan. Kamu bisa menggunakan cara promosi lainnya seperti iklan di media sosial, billboard, dan lainnya juga untuk menarik perhatian calon pembeli. Saat melakukan promosi, pastikan jenis promosi yang kamu lakukan cukup tertarget. Promosi yang tertarget bisa lebih sukses dilakukan dan memudahkan proses penjualan.

Selain cara di atas kamu bisa juga meniru contoh promosi menarik yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar. Misalnya seperti Coca Cola yang merilis botol minuman khusus dengan nama pelanggan tertulis di botol. Ini membuat pelanggan yang memiliki nama tersebut tergerak untuk membeli produk. Cara yang dilakukan oleh Coca Cola ini bisa menarget pasar yang spesifik sehingga memudahkan penjualan yang dilakukan.

 

Cara lainnya adalah meniru cara SayurBox yang menjual berbagai macam sayuran dan kebutuhan lainnya. Saat mereka memasuki pasar di area Surabaya, mereka memberikan gratis pengiriman hanya untuk area Surabaya, Sidoarjo dan Gresik. Langkah awal tersebut dilakukan untuk meningkatkan minat calon pembeli di area tertentu. Setelah minat dimunculkan, para pelanggan bisa tetap rutin berbelanja di SayurBox setiap saat.

 

Baca Juga: Ini Alasan Customer Care adalah Pelayanan yang Penting

 

Contoh lainnya adalah Apple dan Go-Pro yang menggunakan user-generated content sebagai promosi mereka. Keduanya merupakan alat yang memiliki kualitas kamera cukup tinggi. Pengguna iPhone sering menggunakan kameranya dan memberikan hasil yang memuaskan untuk ketajaman gambar dan videonya. Sedangkan Go-Pro sering digunakan oleh para traveller. Mereka menunjukkan sisi travelling dari sudut pandang mereka lewat Go-Pro. Pembeli menjadi lebih tertarik untuk menggunakan device yang serupa agar bisa merekam pengalaman mereka selama berlibur.

 

Melakukan promosi produk tidak hanya dengan melihat berbagai pilihan contoh promosi menarik, kamu juga perlu melakukan promosi berulang-ulang dan terus mencoba mana jenis promosi yang sukses menaikkan penjualan usahamu. Pastikan kamu juga menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Hubungan komunikasi yang baik dengan pelanggan akan dibutuhkan saat kamu memiliki promosi terbaru atau merilis produk terbaru. Untuk itu kamu bisa menggunakan Kokatto untuk meningkatkan hubungan baik komunikasi dengan pelanggan. Langsung cek Kokatto sekarang!

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved