Apa Saja Contoh Media Promosi yang Bisa Kamu Gunakan?

3 November 2022 Apa Saja Contoh Media Promosi yang Bisa Kamu Gunakan?

Banyak contoh media promosi yang bisa kamu gunakan. Promosi itu penting bagi produk kamu. Oleh karena itu, jika kamu berjualan atau bekerja di bidang penjualan, baiknya jika kamu terus melakukan promosi. Banyak contoh-contoh media promosi yang bisa kamu gunakan. Karena itu, sebaiknya kamu memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

Semakin banyak orang yang memilih untuk berjualan di media sosial. Mengapa begitu? Itu karena lapangan pekerjaan tidak seluas dulu. Imbas pandemi menyebabkan hal tersebut terjadi. Lagipula, berdagang juga menjadi pilihan yang rasional karena sulitnya lapangan pekerjaan. Selain itu, jika berdagang dengan skala kecil, tentunya kamu memerlukan modal yang tidak banyak. Kamu juga dapat memulai berjualan sesuai waktu yang kamu tetapkan.

Orang-orang mempunyai alasan yang berbeda untuk berjualan. Selain urusan ekonomi, biasanya orang memilih untuk berdagang sendiri karena waktu. Jika bekerja untuk seseorang, seringkali waktunya tak tentu. Kemungkinan lembur atau masuk di hari libur selalu ada. Hal itu membuat banyak momen-momen yang terlewatkan. Belum lagi jika bekerja untuk seseorang yang membuat tidak nyaman. Tentunya bekerja pun rasanya tidak enak. Dengan membuka usaha pribadi, ia menjadi bos atas dirinya sendiri. Hal itulah mengapa beberapa orang memutuskan untuk menjadi wirausahawan.

Saat membuka bisnis, orang tentunya melewati banyak proses, mulai dari riset, mencari modal dan supplier, hingga melakukan promosi. Apa sih sebenarnya promosi itu? Promosi sendiri artinya adalah kegiatan komunikasi untuk pengembangan sesuatu baik itu produk atau brand yang dilakukan oleh seorang individu maupun perusahaan. Promosi itu penting untuk dilakukan, baik untuk usaha baru maupun lama. Dengan promosi, sebuah usaha dapat memberikan informasi produk yang mereka jual ataupun menarik calon pembeli potensial untuk membeli produk tersebut. Berikut adalah beberapa tujuan dari promosi:

1. Membangun awareness dan branding suatu perusahaan pada target masyarakat yang dituju

Dengan promosi, kamu dapat mengenalkan seperti produk kamu. Selain itu, kamu juga dapat mengenalkan bisnis atau perusahaan yang kamu representasikan. Dengan begitu, awareness dari produk ataupun brand kamu semakin terbentuk di benak calon konsumen yang dituju. Hal tersebut akan membantu kamu. Belum lagi jika branding yang kamu lakukan ternyata menarik di mata masyarakat.

2. Meraih konsumen baru dengan memperkenalkan produk-produk perusahaan

Dengan mengenalkan produk-produk yang kamu atau perusahaan miliki dari promosi, kamu dapat meraih konsumen baru yang sebelumnya mungkin belum mengenal produkmu. Dengan promosi yang baik, kamu dapat meraih konsumen baru yang mungkin akan menjadi konsumen tetap.

3. Memberikan perbedaan dengan produk dari kompetitor

Melalui promosi, kamu juga dapat menunjukan baik secara implisit maupun gamblang tentang perbedaan produk yang kamu miliki dengan produk kompetitor. Tanpa menjatuhkan kompetitor, bisa jadi ternyata pengguna produk kompetitor jadi tertarik untuk mencoba produk yang kamu promosikan.

4. Meningkatkan penjualan dan memberikan pendapatan untuk perusahaan

Dengan promosi, tentunya kamu dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan tambahan untuk perusahaan. Melalui promosi tersebut baik konsumen baru maupun lama tentunya akan ada yang menjadi tertarik membeli jika ide dan konsep dieksekusi dengan baik. Semakin tertarik seseorang, semakin besar juga kemungkinan ia membeli produk. Dengan begitu, nantinya kamu dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan.

Kalau tadi promosi merupakan kegiatan komunikasinya, media promosi merupakan alat atau wadah yang digunakan untuk melakukan kegiatan tersebut. Media yang dapat digunakan sebagai alat promosi pun beragam. Semakin berkembangnya zaman, ada dua jenis media promosi yang kamu gunakan. Ada media offline dan online. Berikut contoh-contoh media promosi yang dapat kamu gunakan:

Baca Juga: Ini Alasan Proses Bisnis adalah Hal Penting untuk Usahamu


Media Promosi Online

1. Media Sosial

Seperti yang kita ketahui bersama, masyarakat tidak bisa lepas dari belenggu media sosial. Karena itu, media sosial menjadi contoh media promosi terbaik yang bisa kamu gunakan. Selain gratis, jangkauan media sosial juga besar. Selama kamu menggunakan foto yang menarik serta caption atau tulisan yang bagus, kamu dapat mendapatkan setidaknya banyak awareness dari media sosial. Menggunakan media sosial sebagai contoh media promosi juga tergolong mudah. Kamu dapat menentukan sendiri konsep dan ide yang ingin kamu gunakan untuk mempromosikan usaha maupun produk yang kamu jual.

2. Ads

Salah satu contoh media promosi yang digunakan belakangan ini adalah ads. Ads sendiri bermacam contohnya, ada Google ads, Facebook ads dan semacamnya. Ads ini akan muncul ketika kamu menggunakan sebuah aplikasi sehingga tanpa sadar, hal yang kamu promosikan akan teringat.

3. Marketplace

Ternyata, marketplace bukan hanya dapat kamu jadikan tempatmu berjualan. Tapi menjadi salah satu contoh media promosi yang baik. Kamu dapat menggunakan iklan pada marketplace tersebut. Saat kamu menggunakannya, produk atau toko kamu akan berada bagian depan halaman pencarian dengan keyword tertentu.

4. E-mail Marketing

Ini merupakan contoh media promosi yang bisa kamu gunakan untuk pelanggan eksisting. Kenapa begitu? Karena e-mail marketing sendiri biasanya digunakan dengan alamat e-mail tujuan. Dengan begitu, biasanya data yang dipunya oleh perusahaan adalah data e-mail pelanggan eksisting. Selain itu, promosi menggunakan e-mail eksisting cenderung lebih menargetkan demografi tertentu.


Media Promosi Offline

1. Televisi

TV juga dapat disebut sebagai contoh media promosi. Meskipun zaman semakin baju, tapi tetap banyak jumlah orang yang menonton tv sebagai bentuk hiburan. Apalagi di Indonesia, iklan sebuah program cenderung lama. Jika kamu menggunakan media promosi televisi, kamu tentu harus siap modal. Biasanya mengeluarkan biaya besar untuk promosi di TV.

2. Majalah

Majalah juga sering menjadi salah satu contoh media promosi. Namun dengan majalah, kamu tidak bisa meraih pasar sebanyak online karena majalah sudah mulai ditinggalkan.

3. Banner

Kamu dapat membuat banner sebagai salah satu contoh media promosi kamu. Banner biasanya mempunyai ukuran 80 x 200 cm agar orang-orang dari jarak yang tidak dekat dapat melihatnya. Dengan visual yang menarik pada banner, orang-orang yang melintas di sekitarnya tentu akan tertarik untuk melihatnya. Tapi kamu harus sedikit repot dengan mencetak di banner.

4. Layar LED

Pada masa yang semakin modern ini, layar LED juga dapat menjadi contoh media promosi. Dengan layar LED, kamu tidak perlu repot-repot mencetak. Yang kamu perlu lakukan hanya memasukkan soft copy dari poster promosi milikmu. Setelah itu, kamu tinggal menyesuaikan dengan dimensi layar LED yang kamu ingin gunakan.

5. Baliho

Salah satu contoh media promosi offline yang masih sering digunakan. Baliho biasanya berada di titik jalan raya yang ramai sehingga mudah dilihat oleh para pengguna jalan raya. Dengan begitu, banyak calon konsumen yang bisa kamu dapatkan.

Baca Juga: Ini 8 Cara Promosi Produk yang Ampuh untuk Bisnismu!

Di atas tadi merupakan contoh media promosi online dan offline. Dengan melakukan promosi yang tepat dan efektif, bisnis atau produk yang kamu pasarkan semakin besar kemungkinan berkembangnya. Dengan Kokatto, interaksi kamu dengan konsumen jauh lebih efisien. Banyak fitur yang bisa kamu dapatkan seperti mengirim email marketing terpadu, chatbot WhatsApp, pengelolaan pengiriman pesan ke pelanggan, dan lainnya. Kamu bisa cek info lebih lanjut disini.

whatsapp facebook instagram
KokattoLogo Jakarta Metropolitan Tower 10th floor Jl. TB Simatupang No.Kav. 14, DKI Jakarta - 12430 +6221 3972 3972 | sales@kokatto.com
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2023 by Kokatto. All Rights Reserved