Pentingnya OTP Untuk Menghindari Penipuan Online

Published By: elever,   12 May 2020   whatsapp    29


Di era internet ini modus kejahatan juga semakin bervariasi saja. Salah satu tindak kejahatan yang paling sering terjadi yakni modus penipuan OTP. Pelaku memanfaatkan kode OTP untuk menipu pengguna dengan cara mengakses akun pribadi mereka. Terutama, yang paling sering dilakukan yakni membobol rekening pribadi pengguna.

OTP atau One Time Password sendiri merupakan sandi yang biasanya berupa nomor dari bank atau toko online yang dikirimkan kepada pembeli, untuk mengakses rekening bank mereka agar bisa melakukan transaksi seperti mendebet misalnya.

Maka dari itu, modus penipuan dengan menggunakan OTP ini kadang benar-benar tidak terdeteksi. Sebab, pelaku bisa saja meretas SMS atau email dan mengirimkan pesan kepada pengguna. Padahal, itu pesan palsu, dan jika nomor OTP dimasukkan, maka pelaku bisa mengakses rekening pribadi pengguna.

Keamanan OTP Juga Penting untuk Pemilik Toko Online

Jika kamu memiliki toko online maka mau tidak mau kegiatan bisnis kamu pasti selalu menggunakan OTP. Biasanya OTP ini dikirimkan kepada pembeli kamu. Oleh karena itu, coba simak lebih jelas mengenai modus penipuan OTP supaya kamu lebih memahaminya, dan bisa menerapkan cara yang tepat untuk mengantisipasinya.

Modus Penipuan OTP

Umumnya modus penipuan dilakukan dengan cara meminta data pribadi nasabah. Sementara, data pribadi bersifat rahasia dan merupakan milik seorang individu saja. Maka dari itu, hindari memberikan data pribadi kepada siapapun, jangan pernah sama sekali. Bahkan bagi Anda pemilik bisnis e-commerce, ini penting untuk diingat dan selalu berikan himbauan tersebut kepada pembeli.

Memahami Istilah Penting untuk Menghindari Penipuan

Modus penipuan biasanya dilakukan untuk menyalahgunakan data pribadi seseorang. Data pribadi tersebut umumnya berupa nomor-nomor akun penting.

Berikut adalah nomor-nomor penting yang sering dijadikan modus penipuan:

  1. PIN atau Personal Identification Number adalah angka yang menjadi kode rahasia yang digunakan untuk bisa masuk ke rekening pribadi.

  2. CVV atau Card Verification Code adalah tiga digit terakhir dari angka yang tertera di bagian belakang kartu kredit. Angka ini biasanya tercantum di tempat tanda tangan kartu kredit yang ada di bagian belakang.

  3. OTP atau One Time Password adalah sandi dari pihak bank atau situs toko online yang dikirimkan melalui email atau SMS, tujuannya meminta persetujuan terhadap akses ke rekening bank pembeli, misalnya untuk kepentingan mendebet. Kalau kamu memiliki usaha e-commerce toko online, maka kamu perlu mengutamakan keamanan pembeli kamu. Untuk itu, akan lebih baik jika kamu menggunakan layanan OTP dari pihak ketiga yang terpercaya seperti Kokatto. Kokatto memiliki produk OTP Miscall yang punya keunggulan sendiri. Mengapa pakai OTP Miscall Kokatto?

OTP Miscall dari Kokatto

Kamu bisa melindungi konsumen kamu dengan OTP Miscall. Prosesnya mudah, Kokatto akan mengirimkan OTP atau nomor 2FA melalui caller ID misscall. Jadi, nomor diterima bukan melalui teks short message service (SMS) atau email, melainkan berupa caller ID.

Sistem ini sendiri memudahkan konsumen untuk mengecek OTP tanpa harus membuka pesan. Ini tentu lebih aman karena tidak ada pesan OTP yang bisa diretas oleh pelaku kejahatan. Tidak hanya itu saja, OTP Miscall juga terbukti 70% lebih efisien dalam hal biaya dibanding pengiriman OTP melalui SMS.

Maka dari itu, dengan keunggulan dari OTP Miscall Kokatto, kamu bisa meningkatkan keamanan konsumen dari modus penipuan OTP. Prosesnya juga sangat mudah dan bahkan bisa menghemat biaya sampai 70%. Pakai OTP Miscall Kokatto saja!

Rangkuman Infografi Pentingnya OTP Untuk Menghindari Penipuan Online di Indonesia

Related Post