Cara untuk menambahkan data variabel kontak dan menambahkan kontak di Kokatto

1 Januari 2024

Mengapa Data Variabel Kontak itu penting?

Variabel data kontak menjadi kunci utama dalam era digital untuk meningkatkan efisiensi dan nilai bisnis. Dengan informasi kontak pelanggan, perusahaan dapat merancang strategi pemasaran yang terfokus dan mempercepat pengambilan keputusan bisnis. Melalui pemahaman terhadap kebutuhan pelanggan, perusahaan dapat membangun hubungan erat, meningkatkan kepercayaan, dan memenangkan persaingan di pasar. Dengan demikian, pentingnya variabel data kontak membawa dampak positif terhadap strategi pemasaran, hubungan pelanggan, keamanan data, dan pertumbuhan bisnis secara keseluruhan. Jadi, bagaimanakah cara membuatnya?

  • Pengaturan Kolom

Untuk menyimpan data kolom, kamu bisa melakukan pengaturan melalui pengaturan kolom yaitu dengan cara Kontak Pelanggan kemudian klik menu pengaturan kolom. 

Kkt Kontak Pelanggan (1)

 

  • Pengaturan Kolom

Untuk menyimpan data kolom, kamu bisa melakukan pengaturan melalui pengaturan kolom yaitu dengan cara klik menu Kontak Pelanggan kemudian klik menu pengaturan kolom dan nantinya akan muncul tampilan pengaturan kolom. Pada pengaturan kolom secara otomatis sudah tersedia 3 tipe kolom yaitu nama, No. whatsapp, dan kelompok pelanggan. Data kolom yang sudah ditambah tidak dapat dihapus, sehingga pastikan data kolom sudah sesuai. 

Kkt Pengaturan Kolom

 

  • Penggunaan tipe kolom 

Jika anda kesulitan untuk menambahkan kolom, pada halaman lihat detail di pengaturan kolom anda dapat melihat contoh penggunaan tipe kolom dengan klik menu lihat details. Adapun tipe kolom terdiri dari:

1. Single line, biasanya digunakan untuk data email

2. Text area atau Multi line, biasanya digunakan untuk data alamat pelanggan

3. Number, biasanya digunakan untuk data akun id berupa angka.

4. Dropdown select, biasanya digunakan untuk data kontak yang bersifat pilihan.

5. Multi-select, sama seperti dropdown select data kontak dapat disimpan yang bersifat pilihan dan lebih dari 1.

6. Date, biasanya digunakan untuk menyimpan data kontak seperti tanggal lahir

7. File upload, biasanya digunakan untuk menyimpan data berupa file.

Tambah Kolom Cara Pengunaan

 

  • Cara menambahkan data kolom kontak 

Untuk menambahkan data kolom kontak, pada menu pengaturan kolom klik menu tambah kolom kemudian akan muncul pop up untuk pengisian detail dari data kolom. Silahkan isi nama kolom dan tipe kolom dan pastikan untuk nama dan tipe sudah sesuai sebelum melakukan tambah kolom. Data kolom yang ditambahkan tidak dapat diedit dan dihapus setelah ditambahkan.

 
  • Menambahkan data kontak satu persatu

Setelah berhasil menambahkan data kolom, anda sudah dapat menambahkan data kontak dengan detail data kolom yang sudah ditambahkan. Untuk menambahkan kontak satu persatu pada halaman kontak klik menu tambah kontak dan pilih satu persatu. Isi data details kontak dan pastikan semua data detail kontak sudah terisi semua. 

Kkt Tambah Satu Kontak

 

 

 

  • Menambahkan data kontak sekaligus

Jika memiliki data kontak yang cukup banyak, anda juga dapat menambahkan data kontak sekaligus lewat file upload data. Dengan klik tambah kontak dan tambah banyak kontak. Pastikan data template sudah sesuai yaitu:

1. Pastikan download template terbaru setiap kamu akan menambahkan banyak kontak

2. Mohon tidak menambah, mengubah atau menghapus kolom  yang ada di template

3. Pastikan format file tetap berupa .xlsx

4. Data dengan nomor whatsapp yang sama, akan diperbaharui sesuai data terbaru. 

Kkt Tambah Banyak Kontak

 

 

 

5. Download template, lalu isi dan lengkapi data template kontak.

6. Terakhir, upload template yang sudah diupload dengan klik menu upload template. 

KKT Tambah Banyak Kontak History

 

 

 

Pada menu kontak yang sudah berhasil diupload, anda akan dapat melihat riwayat upload data kontak dengan status berhasil dan gagal. Untuk data gagal, anda dapat memeriksa data yang gagal kemudian melakukan update sesuai data yang benar dan melakukan upload kembali. 

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved