9 Fitur WhatsApp Business dan Manfaatnya untuk Bisnismu

Published By: yudhi.anto,   21 March 2022   whatsapp    202

Jumlah pengguna aplikasi chat WhatsApp (WA) di Indonesia adalah ketiga terbanyak di dunia. Sampai Juni 2021, setidaknya ada 84,8 juta pengguna WA di negeri ini. Angka tersebut jelas sebuah kesempatan besar untuk siapa pun yang mau mulai berbisnis dengan menggunakan WhatsApp. Untuk itu, yuk cari tahu apa saja fitur WhatsApp untuk bisnis atau fitur WhatsApp Business yang bisa kamu manfaatkan!

Fitur WhatsApp yang dapat memberi kemudahan bagi para pebisnis ini dirilis pada 2018. Aplikasinya bisa diunduh secara gratis serta memang didesain khusus untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis kecil.

Apa itu WhatsApp Business?

Dengan WhatsApp Business, para pelaku usaha bisa lebih mudah terhubung dengan banyak pelanggan sehingga bisa mempromosikan produk dan jasa secara mudah serta berkomunikasi langsung dengan pelanggan.

Memanfaatkan beberapa fitur yang ada di dalam WhatsApp Business, urusan jualanmu akan sangat terbantu. Menggunakannya akan memberimu kemudahan dalam membuat katalog online untuk produk-produk yang kamu jual. Selain itu, fitur khusus yang dimiliki WhatsApp Business juga memungkinkan kamu untuk dapat menyortir, merespons, dan mengatur pesan secara otomatis dan cepat.

Sebelum merasakan berbagai benefit dari fitur WhatsApp Business, kamu tentu harus membuat akunnya lebih dulu. Caranya cukup mudah karena kamu tinggal mengunduhnya di Play Store atau App Store. Setelah itu, lakukan registrasi dengan menggunakan nomor telepon khusus yang akan dipakai.

Cara membuat WhatsApp Business

Langkah selanjutnya, lengkapi profil WhatsApp Business. Isi semua pertanyaan terkait toko online-mu, mulai dari alamat, nama bisnis, website, sampai kategori bisnis. Selesai mengisi kolom profile, atur menu balasan pesan secara otomatis. Hal ini akan memudahkanmu dalam memulai obrolan dengan calon konsumen.

Setelah sedikit mengetahui tentang WhatsApp Business, kamu pasti penasaran kan dengan fitur yang dimiliki aplikasi ini? Apa saja keuntungan yang ditawarkan fitur-fitur tersebut dan bagaimana mengaturnya agar manfaatnya bisa dirasakan secara optimal? Yuk, kita simak ulasannya!

Apa saja fitur WhatsApp Business?

1. Business Profile

Fitur pertama yang bisa digunakan untuk kemudahan bisnismu adalah Business Profile. Membuat profil bisnis, mengisinya dengan informasi bermanfaat akan sangat menguntungkan. Informasi yang dimaksud tentu saja info mengenai produk-produk atau jasa yang kamu tawarkan, penjelasan singkat mengenai bisnismu, alamat email, atau website toko online/marketplace bisnismu.

Akun bisnis akan membantu mendapatkan pengguna loyal. Business Profile memberi sebuah identitas atau wajah pada bisnismu. Akan semakin lengkap kalau kamu memiliki lencana ‘Terverifikasi’ di sebelah nama bisnis atau perusahaanmu. Sebelumnya, WhatsApp harus mengonfirmasi bahwa akun yang dipakai merupakan akun bisnis terverifikasi.

2. Fitur Pesan Otomatis

Menjadi pebisnis yang menggunakan media WhatsApp atau chatting akan mengharuskanmu untuk standby dan terus aktif atau fast response terhadap pembeli. Sayangnya, kamu juga tidak bisa selalu memenuhi kebutuhan pelanggan setiap saat. Beruntung, WhatsApp Business memiliki fitur berupa Pesan Otomatis. Setidaknya ada tiga jenis pesan otomatis yang bisa dimanfaatkan, yaitu:

a. Away Message: fitur pesan otomatis berupa balasan yang akan dikirim saat pelanggan menghubungi di luar jam kerja atau saat bisnis tidak beroperasi.

b. Greeting Message: fitur pesan otomatis ini merupakan pengaturan pesan balasan yang nantinya akan dikirim akun bisnismu pada para pelanggan baru yang menghubungimu. Dengan fitur ini kamu tetap bisa menyambut pelanggan baru dan memperkenalkan bisnismu pada mereka tanpa ada penundaan atau waktu untuk menunggu.

c. Quick Replies: fitur pesan pada WhatsApp Business yang selanjutnya sebuah pesan balasan untuk pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan konsumen. Kamu harus lebih dulu membuat pesan berisi jawaban-jawaban yang umum ditanyakan pelanggan mengenai bisnismu.

3. Label Contact

Fitur WhatsApp Business lain yang berguna dan akan membantu bisnismu adalah label contact, yaitu sebuah fitur yang memungkinkan pengguna akun WA bisnis mengatur kontak, mengategorikannya berdasarkan label untuk kemudahan akses. Dengan fitur ini, kamu bisa dengan mudah mencari konsumen berdasarkan label yang kamu buat. Misalnya, label ‘Orderan’, ‘Sudah Bayar’, atau ‘Belum Bayar’.

4. Katalog dan Koleksi

Sebagai akun bisnis, tentu penting untuk memiliki sebuah katalog produk atau jasa yang ditawarkan. Katalog berperan sebagai etalase produk yang dapat dilihat para konsumen saat bermain-main ke akun bisnismu. Jangan lupa untuk melengkapi katalogmu dengan informasi detail mengenai produk-produk yang kamu jual.

Memanfaatkan fitur katalog akan membuat waktumu lebih efisien sebagai pebisnis karena tidak ada lagi posting atau kirim foto produk satu per satu setiap hari dengan deskripsi yang jelas. Tentu menyenangkan bisa segera ganti pekerjaan setelah pekerjaan yang satu cepat selesai, kan?

5. Statistik Pesan

WhatsApp Business akan memberimu akses vital metrics untuk melihat berapa banyak pesan yang kamu kirim, diterima, dan dibaca. Fitur ini bermanfaat untuk memeriksa dan membantumu meninjau pesan mana saja dan pesan seperti apa yang efektif.

6. Interactive Business Message

Memanfaatkan fitur interactive business message memungkinkanmu memasukkan appealing buttons yang interaktif ke dalam pesan. Setidaknya ada dua pilihan, yaitu CTA dan quick reply. Dengan CTA, pelanggan akan diarahkan ke halaman web, sedangkan real quick memungkinkan pengguna untuk memilih dari beberapa pilihan yang telah ditentukan tanpa harus menjawab secara manual.

Interactive button akan membawa dampak baik untuk bisnismu karena pengalaman para pelanggan jadi lebih mudah dipahami. Fitur yang ditanamkan pada WhatsApp Business sejauh ini akan memberimu kenyamanan dalam berbisnis.

7. List Message and Reply Buttons

Pada Juni 2021, WhatsApp meluncurkan format baru untuk interactive message, yaitu List Message and Reply Buttons. List Message versi terbaru memungkinkan kamu menambahkan hingga 10 tombol pilihan sehingga konsumen cukup mengklik opsi yang diinginkan daripada mengetik secara manual. Fitur ini menawarkan cara yang lebih sederhana dan konsisten. Sementara itu, Reply Buttons memungkinkan pelanggan dengan cepat memilih opsi pesan.

8. Facebook Shops Integration

Ini adalah fitur atau alat yang memungkinkanmu untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang sesuai dengan bisnismu dan mengintegrasikannya ke seluruh aplikasi Facebook. Melalui toko online-mu, kamu dapat memamerkan produk dan jasa yang dijual serta terhubung dengan calon pelanggan.

9. Tanda Centang pada Akun Bisnis

Pihak WhatsApp akan melakukan verifikasi kepada akun-akun bisnis melalui nomor yang telah didaftarkan. Mereka akan memberikan tokomu tanda centang berwarna hijau jika sudah selesai memverifikasi. Jika akun bisnis sudah mendapat centang hijau, nama toko online-mu akan tetap muncul di ponsel pelanggan sekalipun dia tidak menyimpannya.

Keberadaan fitur WhatsApp Business yang banyak itu membawa beberapa keuntungan bagi bisnis. Pertama, komunikasi dengan pelanggan akan lebih mudah, kepercayaan pelanggan pada bisnismu meningkat, dan promosi produk melalui fitur katalog jadi lebih mudah.

Setelah mengetahui beberapa fitur dan keuntungan yang didapat jika memanfaatkannya dengan baik, WhatsApp Business sejauh ini adalah pilihan terbaik yang dapat membantu bisnis kecilmu. Dengan mengelola WhatsApp Business, kamu bisa belajar mengelola toko online-mu sekaligus menciptakan cara efisien dan praktis berkomunikasi dengan pelanggan.

Bisnismu sudah pakai fitur WhatsApp Business belum, nih? Dapatkan informasi penting lainnya terkait WhatsApp Business di sini.