Apa Itu Up Selling: Pengertian dan Tips Menerapkannya

22 Juni 2023 Up Selling Untuk Bisnis

Sebagai seorang pengusaha, tentu saja menerapkan beragam teknik pemasaran, salah satunya up selling agar produk atau layanan yang dijual bisa cepat terjual dan diminati oleh konsumen. Teknik ini juga menjadi salah satu yang umum digunakan oleh para pebisnis. Teknik up selling biasanya akan menawarkan produk ataupun layanan tambahan kepada konsumen. Bisa juga dengan memberikan penawaran produk dengan nilai jual yang lebih tinggi.

Penerapan teknik up selling ini guna meningkatkan nilai jual dan tentu saja untuk mendapat keuntungan. Tak hanya itu, up selling juga bisa meningkatkan loyalitas pelanggan serta reputasi dari perusahaan. Karenanya, para pebisnis sering menggunakan teknik pemasaran satu ini. 

Baca Juga: Harus Tahu! Pengertian Marketing Mix 7P dan Contohnya

Apa Itu Up Selling?

Sebagai pebisnis, kamu perlu mulai memahami apa itu up selling untuk bantu bisnis. Sebab, up selling bisa menjadi salah satu teknik yang mampu mendorong banyak pembelian dari pelanggan.

Up selling bisa dikatakan strategi dagang yang berfokus menjual produk atau layanan yang lebih upgrade kepada pelanggan. Up selling juga bisa disebut sebagai teknik dagang yang mendorong pelanggan untuk membeli barang dengan nilai yang lebih tinggi dari produk yang diinginkan di awal. Tentu saja, teknik ini menjadi salah satu strategi yang bisa melihat minat dari konsumen.

Umumnya, barang yang dijual dengan harga lebih tinggi memiliki kualitas produk yang lebih baik. Misalnya, ketika pelanggan ingin membeli suatu ponsel, kamu bisa menawarkan ponsel lainnya dengan kualitas dan fitur yang lebih lengkap kepada pelanggan. Nantinya, kamu bisa melihat minat dari pelanggan tersebut, apakah akan tergoda dengan membeli ponsel lainnya dengan harga lebih tinggi atau tidak.

Manfaat Up Selling

Seperti diketahui, up selling berperan penting bagi perusahaan lantaran dapat meningkatkan nilai jual, meningkatkan keuntungan, serta kepuasan konsumen. Jadi, bagi kamu yang sedang berbisnis penting untuk pahami apa itu up selling untuk bantu bisnis.

Yuk, simak manfaat up selling berikut ini.

  1. Tingkatkan Keuntungan Perusahaan
    Salah satu memanfaatkan up selling adalah mampu meningkatkan keuntungan bagi perusahaan. Selain itu, teknik ini juga rupanya mampu mengurangi biaya penjualan, terutama menghabiskan waktu untuk mencari konsumen baru.
     
  2. Tingkatkan Nilai Jual
    Manfaat lain yang dirasakan ketika menerapkan up selling tentu saja mampu meningkatkan nilai penjualan. Hal ini lantaran pelanggan bisa saja terpengaruh dengan produk yang sales tawarkan, dengan harga yang lebih tinggi.
     
  3. Meningkatkan Kepuasan Konsumen
    Manfaat ketiga dari up selling adalah mampu meningkatkan kepuasan pelanggan. Hal ini lantaran kamu bisa memberikan penawaran produk atau layanan yang lebih baik dan tentunya sesuai dengan apa yang konsumen butuhkan. Jika pelanggan puas, tentu citra perusahaan akan semakin meningkat dan dinilai baik di mata pelanggan.
     
  4. Mempertahankan Pelanggan
    Dengan menerapkan teknik ini, perusahaan dapat mempertahankan serta meningkatkan loyalitas pelanggan. Hal ini mampu mengurangi kemungkinan konsumen akan beralih ke tempat lain.
     
  5. Mengoptimalkan penjualan
    Teknik membujuk pelanggan ini memiliki manfaat yang mampu mengoptimalkan setiap penjualan. Sebab, nantinya kamu bisa meningkatkan jumlah transaksi yang lebih tinggi dari sebelumnya. Tentu saja dengan cara menawarkan beragam pilihan produk yang terbatas.
     

Strategi Teknik Up Selling

Setelah memahami pengertian dan juga manfaat dari up selling. Kamu juga perlu mengetahui apa itu strategi dari teknik merayu pelanggan ini. Yuk, simak berikut ini.

  1. Memahami Target Pasar
    Salah satu strategi dari teknik pemasaran ini adalah mampu membantu perusahaan mengetahui target pasar. Nantinya, dengan cara ini, perusahaan akan terbantu dengan menentukan produk atau layanan yang baik untuk ditawarkan kepada konsumen. Kemudian, pahami juga apa yang menjadi kebutuhan pelanggan, sehingga peluang penawaran produk atau layanan dapat diterima menjadi lebih terbuka lebar.  
     
  2. Mampu Mengedukasi Pelanggan
    Selanjutnya, kamu bisa memberikan edukasi kepada pelanggan. Misalnya, tentang risiko yang bisa dihindari jika mereka memperoleh layanan atau produk yang kamu tawarkan. Nantinya, dengan melakukan pendekatan ini, pelanggan bisa menerima informasi serta bantuan dengan memaksimalkan pengalaman belanja.
     
  3. Gunakan Teknik Penjualan
    Kamu juga perlu menentukan teknik penjualan ketika akan menawarkan produk atau layanan kepada pelanggan. Misalnya, hal ini meliputi pertanyaan terbuka, penggunaan contoh, atau teknik pemasaran lainnya
     
  4. Evaluasi
    Salah satu strategi penting ialah tentu dengan terus memonitor dan mengevaluasi teknik pemasaran yang digunakan. Tentu, hal ini dapat membantu apakah strategi pemasaran yang digunakan efektif atau tidak.

Baca Juga: Apa Saja Strategi Pemasaran yang Bisa Mensukseskan Bisnis

Tips Menerapkan Up Selling

Bagi kamu yang ingin menerapkan teknik up selling, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar memudahkanmu. Yuk, simak tipsnya berikut ini.

  1. Pahami Kebutuhan Konsumen
    Tips pertama yang perlu kamu mengerti adalah dengan memahami kebutuhan konsumen. Walau, pada dasarnya teknik pemasaran ini dilakukan dengan cara menawarkan produk atau layanan yang memiliki nilai tinggi, tetapi bukan berarti kamu sembarangan menawarkannya.
    Kamu tentu saja perlu memahami kebutuhan dari konsumen terlebih dahulu. Kemudian, kamu bisa mengajak pelanggan berdiskusi mengenai produk atau layanan yang mereka inginkan. Setelah itu, barulah kamu dapat menawarkan produk atau layanan yang lebih mahal, tetapi mampu memberikan solusi dari kebutuhan konsumen. Tips ini selain membuat konsumen menjadi lebih nyaman, juga membuka kemungkinan penawaran diterima. 
     
  2. Berikan Saran
    Selanjutnya, pada teknik up selling seorang sales perlu memberikan saran yang meyakinkan kepada konsumen. Nantinya, ketika kamu menawarkan produk dengan harga yang lebih tinggi, pastikan fitur dari produk itu lebih berkualitas dari lainnya. Tak hanya itu, agar lebih meyakinkan, kamu perlu menjelaskan keunggulan serta membuat konsumen tertarik dengan produk yang ditawarkan.
     
  3. Jangan Agresif!
    Penting bagi kamu menghindari perilaku agresif ketika menawarkan produk atau layanan kepada konsumen. Sehingga, menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan itu penting. Kemudian, apabila mereka tidak jadi membeli produk, pastikan mereka mendapatkan brosur atau informasi tentang produk. Barangkali, mereka akan tertarik di kemudian hari.
     
  4. Tawarkan Perbandingan
    Konsumen biasanya cenderung membeli produk atau layanan ketika melihat keunggulan yang didapatkan. Jadi, menunjukkan perbandingan produk bisa membantu mendorong mereka untuk memilih produk yang kamu tawarkan.
     
  5. Harga yang Kompetitif
    Terakhir, ketika kamu menerapkan teknik up selling pastikan untuk menawarkan harga yang kompetitif. Kamu perlu menghindari merekomendasikan produk atau layanan yang jauh lebih tinggi dari barang yang sebelumnya mereka ingin beli. Sehingga, penting bagi kamu untuk melakukan riset di pasaran. 

Nah itulah pengertian dan beberapa tips untuk menerapkan teknik up selling yang bisa kamu ikuti sebagai pebisnis pemula. Selain teknik menawarkan produk dengan nilai jual yang lebih tinggi, kamu bisa menggunakan fitur SMS Blast guna memasarkan produk dan memberikan penawaran berupa diskon atau produk terbaru kepada para pelanggan setia. Untuk menggunakan fitur satu ini, kamu bisa menggunakan jasa Kokatto karena platform omnichannel ini telah dipercaya oleh banyak perusahaan besar. Selain itu, Kokatto juga menyediakan berbagai fitur lainnya, seperti Whatsapp Businnes. Langsung cek di sini ya. 

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved