5 Media Promosi Masa Kini untuk Tingkatkan Penjualan

27 Desember 2022 Media Promosi

Saat ini, banyak pebisnis yang memanfaatkan kombinasi media promosi dan jenis-jenis promosi yang berbeda agar penjualan jauh lebih optimal ketimbang memanfaatkan satu media saja. Yap, berbagai cara ditempuh oleh pelaku usaha untuk dapat bertahan di tengah derasnya arus persaingan berjualan di masa yang serba cepat ini.

 

Ketika kamu memutuskan untuk membuka usaha sendiri, kamu tentu sadar terhadap risiko persaingan dalam menggaet minat dan perhatian calon pelanggan. Promosi menjadi salah satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan oleh karenanya.

 

Pasalnya, melalui kegiatan promosilah produk atau layananmu dapat dikenal secara luas oleh masyarakat, tidak hanya target pasarmu. Tapi, dengan banyaknya media promosi sekarang ini, kamu tentu tidak perlu khawatir dan bingung untuk memilih media mana yang cocok untuk kegiatan promosi bisnismu.

 

Namun, tentu saja pemilihan media promosi tersebut harus sesuai dengan banyak faktor, seperti karakteristik target pasarmu misalnya, agar memperoleh hasil yang maksimal. 

 

Nah, apa saja sih contoh dari media promosi yang ada? Yuk, simak aja artikel ini sampai tuntas untuk mengetahuinya. Ada juga informasi tentang jenis-jenis promosi untuk bisnis lho!

 

Pentingnya Promosi Bagi Bisnismu

Sebelum masuk ke contoh media promosi dan jenis-jenis promosi yang bisa kamu terapkan dalam bisnismu, yuk simak penjelasan singkat mengapa kamu harus melakukan promosi.

 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, promosi diperlukan dalam bisnis untuk menyebarkan awareness tentang brand kepada masyarakat luas. Tapi, ada manfaat lain yang dapat kamu peroleh ketika melakukan promosi lho. Beberapa manfaat promosi untuk bisnis yaitu:

 

  1. Media untuk memperkenalkan produk yang kita jual kepada target pasar.
  2. Mempertahankan loyalitas pelanggan.
  3. Meningkatkan angka penjualan.
  4. Salah satu cara untuk melakukan komunikasi dengan pelanggan.
  5. Upaya untuk bertahan dalam persaingan pasar untuk mendapatkan pelanggan baru.

 

Beberapa Media Promosi Kekinian yang Bisa Kamu Gunakan

Promosi dapat kamu lakukan melalui beberapa pilihan media yang tersedia. Seiring dengan berkembangnya zaman, pelaku usaha saat ini bisa lebih leluasa untuk melakukan promosi untuk menggaet pelanggan.

 

1. Media Sosial

Media sosial pada hakikatnya memang adalah platform yang digunakan  untuk dapat terhubung dengan pengguna lain untuk bersosialisasi tanpa batasan tempat dan waktu. Tapi, fungsi tersebut lama-kelamaan bertambah. Yap, bisnis dan perusahaan-perusahaan menggunakan media sosial untuk menyebarkan promosi mengenai brand mereka.

 

Facebook, Instagram, bahkan sekarang yang sedang naik daun, TikTok, digunakan sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan nama brand, produk yang dijual, hingga promo spesial kepada masyarakat luas. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Media sosial sudah melekat pada kehidupan manusia saat ini untuk terhubung dengan dunia luar.

 

Banyaknya orang yang menggunakan media sosial menjadi salah satu nilai plus mengapa platform-platform tersebut digunakan sebagai media promosi. Jangkauan luas  dan mudah untuk digunakan juga menjadi keunggulannya.

 

Baca Juga: Apa Itu Social Media Marketing? Simak Strateginya, Yuk!

 

2. E-commerce atau Marketplace

Adanya revolusi dalam perilaku konsumtif manusia masa kini yang lebih suka berberlanja online ketimbang harus datang ke toko offline mendorong pebisnis untuk membuka toko online di situs e-Commerce atau marketplace agar dapat mempromosikan produk yang mereka jual, di samping memiliki toko fisik.

 

Pasalnya, tidak hanya dapat menjajakan produk yang kita jual, platform e-Commerce atau marketplace memungkinkan penjual mengikuti promo yang diadakan di dalamnya. Hal tersebut tentu mampu meningkatkan penjualan secara signifikan sekaligus memperkenalkan brand kita.

 

3. WhatsApp

Tidak dapat dipungkiri, WhatsApp sudah menggantikan fungsi SMS sebagai cara untuk bertukar pesan dengan orang lain. Banyak keunggulan yang jelas mengapa WhatsApp lebih digunakan. Selain gratis, WhatsApp tidak memiliki batasan karakter pesan dan memungkinkan kamu mengirimkan gambar, foto, atau pun video.

 

Kini sebagian besar bisnis juga menggunakan WhatsApp sebagai salah satu cara untuk mempromosikan bisnisnya karena adanya fitur broadcast message yang bisa mengirimkan pesan ke banyak kontak. Selain promosi, WhatsApp juga merupakan media yang bisa kamu gunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan lebih dekat.

 

4. Email

Meski tergolong sebagai cara promosi yang kuno, tapi email masih digunakan oleh bisnis dan perusahaan besar untuk menjangkau target pasar yang potensial dan media Customer Relationship Management (CRM) mereka. Hal ini karena email bisa dibilang pioneer promosi secara online yang masih ampuh dalam urusan promosi.

 

Email juga saat ini masih dipergunakan oleh banyak orang. Salah satu contohnya, kamu pasti perlu email untuk dapat mendaftarkan diri ke platform media sosial atau pun yang lainnya. Hal tersebut yang membuat email masih relevan, orang-orang masih membuka email dalam basis harian.

 

5. Microsite

Microsite secara persis adalah situs web versi mini. Belakangan ini, banyak pelaku usaha yang menggunakan microsite untuk memasukkan berbagai informasi mengenai bisnisnya di dalam mini website tersebut. Biasanya, microsite digunakan oleh pebisnis sebagai laman web yang ‘merangkum’ link jualan pada platform lain. 

 

Tidak hanya link, microsite juga dapat kamu gunakan untuk memuat informasi terkait bisnis, misalnya produk jualan, promo yang kamu adakan, atau katalog produk.

 

Memahami Jenis-Jenis Promosi yang Ada

Nah, di samping contoh media yang sedang trending di atas untuk promosi, sebenarnya ada jenis-jenis promosi lainnya lho. Sebagai pemilik bisnis, tentunya kamu juga perlu tahu jenis promosi lainnya agar kamu juga mempunyai opsi lain kalau ingin lebih mengoptimalkan upaya promosi bisnis.

 

1. Traditional Marketing

Dalam urutan pertama jenis-jenis promosi terdapat traditional marketing. Secara harfiah dalam bahasa Indonesia adalah pemasaran tradisional, promosi ini adalah jenis promosi yang memanfaatkan media cetak untuk menyebarkan promosi, misalnya brosur, pamflet, dan koran.

 

Baca Juga: Iklan Penawaran Adalah: Arti, Manfaat, dan Tipsnya

 

2. Direct Marketing

Direct marketing atau pemasaran langsung adalah jenis promosi yang dilakukan dengan langsung berkomunikasi dengan pelanggan. Promosi ini juga tergolong tradisional. Salah contoh dari direct marketing adalah telemarketing.

 

3. Personal Selling

Jenis promosi ini juga mirip dengan direct marketing yang dilakukan dengan langsung kepada pelanggan. Tapi, bedanya personal selling dilakukan melalui tatap muka di mana penjual bertemu dengan pembeli secara langsung. Contoh dari personal selling adalah door-to-door selling dan toko retail.

 

4. Digital Marketing

Contoh dari media untuk promosi pada bagian sebelumnya dapat digolongkan dalam jenis promosi digital marketing. Seperti namanya, promosi jenis ini menggunakan media online, seperti media sosial, email, situs web, online advertising, dan lainnya.

 

Selain keempat jenis promosi di atas, ada juga jenis lain yang masih digunakan hingga sampai saat ini, seperti publisitas. Publisitas adalah ketika bisnis atau perusahaan melakukan rilis pers untuk memperkenalkan produk, promosi, atau melakukan demo produk.

 

Itulah penjelasan singkat mengenai contoh dari media promosi saat ini yang sedang trending begitu pula dengan jenis-jenis promosi selain yang menggunakan media online. Mana pun media dan jenis promosi yang kamu gunakan, pada intinya promosi perlu kamu pertimbangkan karena tidak hanya meningkatkan penjualan, tapi juga dapat mempertahankan loyalitas pelanggan.

 

Nah, tentunya kamu juga bisa melakukan promosi melalui fitur dari platform Kokatto, seperti WhatsApp API dan Email Broadcast! Fitur-fitur tersebut dapat membantumu menjangkau sekaligus membangun komunikasi dengan pelanggan. Yuk, cobain platform komunikasi lintas channel ini!

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved