Beberapa Cara Mempromosikan Produk yang Bisa Digunakan

4 Desember 2022 Cara Mempromosikan Produk

Seorang pelaku usaha harus mengerti cara mempromosikan produk. Tidak peduli sebesar apapun bisnisnya, ia harus tahu agar bisa melakukan promosi. Sebuah produk atau merek tidak bisa berkembang jika tidak dipromosikan. Oleh karena itu, sebaiknya para pelaku usaha harus mempelajari cara mempromosikan produk secara tepat dan efektif.
Belanja online sudah banyak digunakan orang saat ini. Kamu bisa melihat banyaknya paket yang harus dikirim oleh para jasa ekspedisi. Kurir pun sering terlihat berlalu lalang di jalanan untuk mengantar paket-paket tersebut. Bahkan iklan mengenai e-commerce belanja online juga terlihat.

Keadaan pandemi juga menjadi salah satu alasan melonjaknya pengguna belanja online. Pembatasan mobilitas memaksa masyarakat berbelanja online sebagai salah satu bentuk solusi. Tak hanya itu, kemajuan teknologi juga menjadi bagian besar. Sekarang, banyak hal yang bisa dilakukan serba online. 

Belanja online sangat disukai karena begitu praktis. Kamu hanya perlu mencari barang yang kamu inginkan kemudian tinggal membayarnya dan kemudian barang tersebut akan dikirimkan ke tempatmu. Hal itu membuat para pelanggan jadi menghemat waktu, biaya bahkan tenaga. Apalagi bagi mereka yang mencintai kemudahan.

 

Baca Juga: Contoh Promosi Menarik untuk Meningkatkan Penjualanmu

 

Hal itu yang membuat mengapa banyak juga orang yang berjualan online. Platform online membuat para penjual juga menjadi mudah untuk berjualan. Apalagi saat ini, jangkauan online sangatlah luas. Jadi rugi jika para pelaku usaha tidak memiliki kanal online untuk menjual produk mereka. Berjualan online juga tidak dipungut biaya tertentu. Pelaku usaha tidak perlu membuka toko fisik dulu jika mereka ingin membuka usaha.

 

Namun tak berarti berjualan online jauh lebih mudah juga. Pelaku usaha tetap perlu melewati proses yang dilakukan oleh pelaku usaha offline pada umumnya. Seperti melakukan riset dan mencari supplier juga harus tetap dicari. Begitu juga menentukan segmen pasar dan melakukan promosi produk.

 

Promosi Produk

Promosi produk adalah salah satu bagian penting ketika kamu berjualan. Produk-produk dari perusahaan besar sekalipun memerlukan promosi. Tanpa promosi, sebuah produk atau merek bisa jadi tidak akan dikenali oleh para calon pelanggan. Jika mereka tidak mengenalinya, bagaimana mereka dapat membeli produk tersebut.

 

Promosi adalah bentuk komunikasi dari sebuah bisnis atau usaha kepada masyarakat. Dengan komunikasi tersebut, masyarakat mendapatkan informasi mengenai produk atau layanan tersebut. Selain itu, promosi akan mendorong calon pelanggan untuk melakukan pemberian di bisnis tersebut.

 

Tujuan Promosi 

Ada beberapa hal yang menjadi tujuan promosi, yaitu:

 

1. Meningkatkan Keuntungan

Bisnis didirikan oleh pelaku usaha untuk mendapatkan keuntungan. Begitu juga promosi. Promosi bertujuan untuk membantu meningkatkan keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan. Biasanya sebuah perusahaan mempunyai ekspektasi penjualan pada satu produk. Karena itu biasanya promosi dibutuhkan agar penjualan produk tersebut bisa terdongkrak sehingga keuntungan perusahaan meningkat.

 

2. Memberikan Informasi Produk

Sebuah produk harus diperkenalkan pada masyarakat agar mereka dapat mengenalinya. Oleh karena itu, promosi perlu dilakukan. Apalagi jika produk tersebut merupakan produk baru. Perusahaan besar sekalipun perlu melakukan promosi pada produk agar dikenali. Melalui promosi, calon pelanggan akan dapat mengetahui informasi terkait produk tersebut. Dengan begitu, mereka bisa mempunyai alasan untuk membeli produk tersebut.

 

3. Membangun dan Menjaga Citra Produk

Saat ini, citra sebuah perusahaan atau produk tidak kalah pentingnya bagi pada masyarakat. Oleh karena itu, perusahaan perlu membangun citra yang baik dan sesuai dengan bidang usaha tersebut. Promosi dapat dijadikan alat untuk mencapai tujuan tersebut. Barang dengan kualitas baik namun citra tidak bagus juga dapat menghambat penjualan. Oleh karena itu, dengan melakukan promosi, citra sebuah produk bisa ditampilkan secara baik.

 

Cara Mempromosikan Produk

Sejak dulu, kegiatan promosi sudah dilakukan. Tapi seiring berkembangnya zaman, media promosi juga bertambah. Mulai dari offline, online, cetak, gambar, konvensional dan lain-lain. Karena itu, pelaku usaha harus mencari cara mempromosikan produk secara menarik. Berikut beberapa di antaranya:

 

1. Manfaatkan Tren Media Sosial

Kekuatan sosial media sangat besar. Sering sekali terjadi gerakan-gerakan di media sosial menjadi besar berkat sosial media. Apalagi pengguna media sosial hingga milyaran jumlahnya. Karena itu, sayang sekali jika tidak memanfaatkan media sosial untuk kepentingan promosi dan pemasaran sebuah produk.

 

Kamu bisa memanfaatkan berbagai fitur yang terdapat di media sosial. Seperti Instagram, contohnya. Di Instagram, kamu dapat memanfaatkan fitur yang ada seperti Feed, Stories hingga Reels. Kamu dapat melakukan promosi melalui gambar atau poster, bisa juga melalui video di media sosial. 

 

Selain itu, media sosial juga mempunyai tren di waktu-waktu tertentu. Kamu bisa memanfaatkan momentum tren tersebut sehingga produk yang kamu jual juga bisa kamu promosikan. Tren-tren sering dilihat oleh para pengguna media sosial sehingga kemungkinan produk kamu dilirik juga semakin besar.

 

2. Memanfaatkan Influencer

Masih dari promosi di media sosial. Sejak dulu, video promosi sebuah produk seringkali berbentuk iklan yang dibintangi artis. Dengan menggunakan artis yang tepat, sebuah produk bisa jadi meledak dan diminati orang lain. Jadi tidak heran jika banyak artis yang mempromosikan sebuah produk.

 

Tapi, tidak semua merek dapat menggunakan artis. Selain biaya mereka mahal, biaya iklan yang dibuat juga mahal. Tetapi semenjak kemunculan sosial, ada istilah baru yaitu influencer. Influencer sendiri biasanya mempunyai jumlah pengikut di atas rata-rata pengguna dan laman profilnya kerap dikunjungi oleh para pengikut. 

 

Hal itu bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha. Dengan biaya yang lebih murah dibandingkan menggunakan artis, penggunaan influencer patut dipikirkan. Apalagi sistem endorsement yang biasa terlihat di media sosial juga lebih ekonomis dibandingkan membuat video iklan. Video iklan tentu lebih berpengaruh, namun penggunaan influencer juga cukup berpengaruh selama menggunakan orang yang tepat dengan konsep yang baik.

 

3. Memberi Potongan

Salah satu cara mempromosikan produk yang ampuh adalah dengan memberikan potongan. Jujur saja, siapa yang tidak menyukai potongan harga. Apalagi jika yang dipromosikan adalah produk baru atau produk yang sebelumnya kurang diminati. Potongan harga bisa jadi jalan keluar agar semakin laku.

 

Dengan memberikan potongan harga pada produk-produk tersebut, bisa saja produk tersebut menjadi semakin diminati. Terkadang produk tidak laku bukan karena kualitasnya tidak baik, namun promosi yang ada kurang menarik sehingga tidak dilirik oleh para calon pembeli yang ada di pasar tersebut.

 

Baca Juga: Alasan Media Promosi adalah Hal Penting untuk Bisnis

 

Contohnya, kamu bisa mengikuti flash sale. Flash sale sendiri adalah salah satu fitur di marketplace yang gemar diikuti oleh para calon pelanggan. Dengan memberikan harga yang lebih murah, para calon pembeli menjadi lebih tertarik. Bisa saja setelah itu para pembeli jadi merasa cocok menggunakan produk tersebut hingga akhirnya menjadi pelanggan loyal.

 

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai promosi dan cara mempromosikan produk. Masih banyak hal-hal lain dari promosi yang bisa dipelajari dan digunakan. Namun jangan sampai kualitas layanan jadi menurun. Kamu bisa memberikan layanan customer service yang baik dan juga fitur chatbot. Tunggu apalagi, yuk pakai Kokatto!

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved