Apa Itu CRM? Panduan Seputar CRM untuk Pemula Bisnis

4 Desember 2022 Apa Itu Crm

Sebagai seorang pemilik usaha, kamu perlu mengetahui secara lengkap tentang apa itu CRM. karena CRM merupakan salah satu strategi yang bisa digunakan untuk mengelola hubungan dengan pelanggan. Tanpa adanya CRM, pengelolaan pelanggan bisa berantakan. Tidak hanya itu saja, pengelolaan pelanggan yang tidak tepat bisa membuat kepuasan pelanggan menurun dan merugikan usaha.

 

Jadi kamu perlu mempelajari seputar apa itu CRM dan bagaimana CRM bisa membantu pengelolaan pelanggan usahamu. Simak lengkap panduan seputar apa itu CRM untuk pemula bisnis di artikel berikut ini.

 

Pengertian CRM

CRM merupakan singkatan dari Customer Relationship Management atau dalam bahasa Indonesia artinya adalah pengelolaan hubungan pelanggan. CRM adalah suatu sistem perangkat lunak yang akan membantu pemilik usaha untuk mengukur seluruh hubungan dengan pelanggan dan juga menjaga hubungan tersebut dengan target pasar dan juga pelanggan. 

 

CRM yang merupakan pemrograman komputer, memudahkan penggunanya untuk memakai CRM saat mengelola pelanggannya dibandingkan dengan menggunakan Ms Excel, Spreadsheet, database, dan juga aplikasi yang bermacam-macam dan sering sekali digunakan oleh bisnis. Karena CRM lebih cepat dan mudah digunakan, prosesnya mempersingkat pemilik usaha untuk mengelola hubungan dengan pelanggan mereka.

 

CRM bisa memudahkan pengelolaan pelanggan karena setiap CRM bisa menyimpan data-data pelanggan dengan aman, mengelola transaksi dengan pelanggan, dan juga pengelolaan komunikasi dengan pelanggan dalam satu platform. Mulai dari pengaturan telepon, email, sms, dan lainnya bisa dilakukan dalam satu platform yang memudahkan pemilik bisnis. Setiap dokumen, quotation, pembelian, dan tugas lain bisa dihubungkan lewat CRM sehingga proses kerja usaha bisa lebih mudah.

 

Pengertian apa itu CRM merupakan pengetahuan penting dalam suatu bisnis. Menggunakan CRM akan jauh lebih memudahkan proses usaha dibandingkan dengan menggunakan cara manual. Baik usaha kecil maupun usaha yang berskala besar akan memerlukan CRM untuk melakukan pengelolaan usaha yang lancar. Dengan mengetahui apa itu CRM, kamu bisa membuat rencana pengelolaan pelanggan dan usaha yang tepat.

 

Baca Juga: Alasan Kenapa Soft Selling adalah Trik Sukses Bisnismu

 

Tugas Utama CRM dalam Suatu Usaha

Pengelolaan pelanggan adalah tujuan utama dari CRM. sesuai dengan pengertian dari apa itu CRM, penggunaannya juga seputar mengelola komunikasi dengan pelanggan dan apa saja yang berhubungan dengan hubungan pelanggan. Selain itu, tujuan utama dari apa itu CRM adalah menyimpan data-data pelanggan mulai dari target pasar hingga pelanggan tetap.

 

Meningkatkan kualitas kerja dengan menggunakan CRM adalah solusi yang mudah dilakukan. Jika kamu memiliki banyak pelanggan, mengelola pelanggan tersebut akan memerlukan usaha yang lebih besar. Semakin besar skala suatu usaha, maka semakin besar juga proses pengelolaan pelanggannya. Dibandingkan dengan menggunakan cara manual yang bisa memungkinkan terjadi human error, menggunakan sistem yang jelas seperti apa itu CRM bisa sangat memudahkan prosesnya. CRM akan secara otomatis memperbaharui data pelanggan jika terdapat perubahan. Kamu juga tidak perlu melakukan dengan cara manual yang memakan waktu lama dan memerlukan proses panjang.

 

CRM juga menyediakan fitur lain untuk membantu proses usahamu. Meskipun tidak semua CRM memiliki fitur lengkap, tapi CRM dengan fitur yang bagus akan menyediakan fitur lain seperti dashboard untuk pengelolaan komunikasi pelanggan. Dashboard tersebut akan lebih mudah diakses oleh pemilik usaha dan proses kerja menjadi lebih mudah.

 

Dari sini, kamu bisa mengetahui bahwa CRM bisa sangat membantu proses bisnis dari sisi pengelolaan pelanggan. Semakin banyak pelanggan yang kamu dapatkan, maka semakin tinggi juga kebutuhan pengelolaan usaha. Menggunakan CRM adalah solusi tepat untuk pengelolaan pelanggan agar kamu bisa lebih fokus pada proses usaha yang lainnya. Jadi usahamu bisa jauh lebih sukses tanpa ada kendala kecil.
 

Cara CRM Membuat Proses Bisnis Lebih Mudah

Setelah memahami apa saja tugas utama dari apa itu CRM dalam suatu usaha, kamu bisa mendapatkan gambaran seputar apa saja yang bisa dilakukan oleh CRM dalam suatu bisnis. Lalu apa saja yang membuat proses bisnis lebih mudah dengan menggunakan CRM? Berikut adalah beberapa diantaranya:

 

1. Penjualan

Secara tidak langsung, CRM memberikan dampak terhadap penjualan dalam suatu usaha. Meskipun dampak tersebut tidak dapat dilihat dan dirasakan secara langsung saat itu juga, proses panjang dari CRM dapat membantu penjualan menjadi lebih lancar. Alasannya adalah CRM memberikan data yang jelas siapa pelanggan suatu usaha.

CRM menyimpan data-data pelanggan dengan aman. Data tersebut dapat diolah dan dilihat mana pelanggan yang mungkin cocok dengan produkmu dan mana yang tidak. Kamu bisa dengan mudah menentukan target market usahamu jika kamu mengetahui siapa saja pelangganmu dengan jelas. CRM juga menyediakan siapa saja pelanggan yang menjadi prioritasmu. Kamu bisa melihat pelanggan yang berpotensi melakukan transaksi dari rekam data CRM yang telah kamu miliki.

Manfaat lainnya, kamu bisa menindaklanjuti hubungan dengan pelanggan dengan tepat. Jika kamu memiliki janji dengan pelanggan atau transaksi yang tertunda, kamu bisa langsung menindaklanjuti janji tersebut tepat waktu dengan bantuan dari CRM.
 

2. Pemasaran

Secara tidak langsung, CRM juga sangat membantu pemasaran dalam suatu usaha. Bahkan marketing yang juga memanfaatkan CRM bisa menjadi sangat akurat karena data pelanggan yang diberikan lebih lengkap dan detail. Insight dari CRM seputar data pelanggan bisa memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana strategi pemasaran yang harus dibuat.

Segmentasi pasar juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan CRM untuk kebutuhan pemasaran usaha. Segmentasi dan personalisasi data pelanggan akan sangat memerlukan data dari CRM yang lengkap dan juga detail. Data tersebut akan membantu proses segmentasi pasar dan bagaimana usaha mampu memberikan pengalaman personalisasi yang tepat kepada pelanggan.

CRM juga sangat tepat untuk digunakan sebagai percobaan saat usaha mengalami peningkatan. Karena data pelanggan sudah lengkap dalam CRM, kamu bisa melakukan tes pada pelanggan soal peningkatan yang dilakukan usahamu dan melihat bagaimana reaksi mereka terhadap peningkatan tersebut.

 

Baca Juga: Contoh Kalimat Promosi yang Menarik Perhatian Pembeli

Tips Memilih CRM untuk Usahamu

Memilih CRM untuk usahamu tidak bisa sembarangan. Setiap usaha memiliki kebutuhan CRM tersendiri yang tidak bisa disamakan satu sama lain. Jika kamu akan memilih CRM untuk usahamu, kamu perlu mempertimbangkan beberapa tips berikut ini:

 

  1. Kenali kebutuhanmu. Apakah kamu memerlukan CRM yang memiliki fitur tinggi atau sederhana untuk usahamu?
  2. Periksa apa saja fitur dan manfaat CRM tersebut.
  3. Jika memungkinkan, minta demo atau free trial dari CRM tersebut terlebih dahulu.
  4. Berkonsultasi dengan ahli sebelum memilih.
  5. Review setelah beberapa saat pemakaian. Apakah kualitas usaha meningkat dan apakah pelanggan merasa lebih puas?

 

Pentingnyamemahami apa itu CRM dalam suatu bisnis tidak bisa diabaikan. Tanpa adanya CRM yang berkualitas usaha akan mengalami kesulitan untuk mengelola hubungan dengan pelanggannya. Apalagi kunci lancarnya bisnis salah satunya adalah pada lancarnya hubungan dengan pelanggan. Kamu bisa menggunakan Kokatto untuk proses pengelolaan pelanggan usahamu. Dengan fitur OTP, dashboard CRM, dan pengaturan pesan broadcast, kamu akan lebih mudah mengelola usahamu. Langsung cek Kokatto sekarang.

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved