Iklan Penawaran Adalah: Arti, Manfaat, dan Tipsnya

3 November 2022 Iklan Penawaran Adalah: Arti, Manfaat, dan Tipsnya

Sebagai pemilik bisnis, memanfaatkan iklan penawaran adalah salah satu aktivitas promosi yang perlu dipertimbangkan karena berguna untuk perkembangan bisnis.

Pasalnya, butuh upaya lebih dari sekadar promosi konvensional untuk dapat memperkenalkan brand-mu dengan lebih luas. Semakin luas jangkauan aktivitas promosi yang bisnismu lakukan, maka kemungkinan mendapatkan pelanggan baru pun bisa meningkat. Nah, melalui iklan penawaran adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Iklan penawaran adalah pada dasarnya salah satu jenis dari media promosi iklan. Tapi, iklan jenis ini memiliki isi konten dan tujuan yang berbeda.

Lantas, apa yang membuatnya beda dari iklan biasanya? Bentuk iklan penawaran adalah yang seperti apa sih? Artikel ini mungkin bisa membantumu untuk memahami tentang manfaat dari iklan penawaran dan juga mengapa iklan penawaran adalah upaya promosi yang patut kamu lakukan.

Pengertian Iklan Penawaran adalah Sebagai Berikut

Pernahkan di saat kamu melihat Instagram story, kamu menjumpai story dari akun bisnis Instagram lain yang mengajakmu untuk membeli produk mereka melalui penawaran diskon atau promo yang terbatas? Nah, Instagram story tersebut termasuk dalam iklan penawaran.

Iklan penawaran adalah iklan yang memiliki pesan untuk mengajak target pembacanya membeli, mengkonsumsi, atau melakukan tindakan sesuai dengan tujuan yang ingin disampaikan. Seperti apa contohnya?

Sebagai contoh, kamu mendapatkan iklan dari salah satu perusahaan aplikasi pencari kos yang menawarkan harga promo untuk kos pilihan mereka. Perusahaan tersebut menginginkanmu untuk menyewa kos-kosan mereka melalui iklan penawaran kos yang dibanderol dengan harga yang lebih murah dari biasanya.

Namun, iklan penawaran tidak melulu soal pembelian barang atau jasa. Contoh lain dari iklan penawaran adalah pada iklan yang bersifat menawarkan kerja sama.

Misalnya, ada organisasi non profit yang membuat iklan penawaran untuk menyebarkan campaign gerakan penanaman 1000 pohon di kawasan perkotaan ibukota. Cara organisasi tersebut melakukan promosi melalui iklan penawaran adalah dengan menyelipkan pesan ajakan ikut dan fakta bahwa kesehatan udara ibukota sangat rendah.

Melalui pesan tersebut, organisasi tersebut mengharapkan bahwa target pembaca bisa ikut sadar akan fakta tersebut sehingga orang yang menerima pesan bisa tergerak untuk mengikuti campaign yang mereka adakan.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa iklan penawaran adalah iklan niaga yang bersifat untuk membangun kerja sama dengan target pembaca melalui penawaran benefit. Adapun tujuan dari penggunaan iklan penawaran adalah untuk mendorong target pembaca untuk melakukan tindakan sesuai dengan tujuannya.

Baca Juga: Alasan Media Promosi adalah Hal Penting untuk Bisnis

Manfaat dari Iklan Penawaran adalah Sebagai Berikut


Karena pada dasarnya iklan penawaran adalah salah satu dari jenis dari iklan, maka manfaat dari iklan penawaran bisa didefinisikan dalam daftar di bawah ini. Menurut Profesor Terence A. Shimp, mantan presiden di Association of Consumer Research, menjelaskan bahwa fungsi iklan secara hakikat yaitu:

  • Informing atau menyampaikan informasi

Iklan dapat digunakan oleh pemilik bisnis sebagai media untuk membagikan knowledge kepada target pembaca guna menumbuhkan kesadaran adanya produk bisnis baru, serta memberikan informasi kelebihan dan benefit produk tersebut.

  • Persuading atau membujuk

Iklan dapat berfungsi sebagai cara untuk membujuk target pembaca agar dapat melakukan tindakan yang diinginkan, seperti membeli, mencoba, atau mengkonsumsi produk. Dengan begitu, diharapkan dengan pemakaian iklan tersebut penjualan bisnis dapat meningkat sekaligus memperluas jangkauan pelanggan.


  • Reminding atau mengingatkan

Selain berguna sebagai wadah pembagian informasi dan pembujuk pelanggan, iklan juga memiliki kegunaan lain, yaitu untuk mengingatkan kepada pelanggan dan target pasarnya tentang adanya bisnis.

Selain itu, agar aktivitas promosi yang diadakan oleh sebuah bisnis dapat diketahui secara luas dan memberikan hasil yang efektif, dibutuhkan kanal wadah promosi yang dapat membantu. Nah, iklan juga berguna untuk mengingatkan pelanggan bahwa ada promo yang berlaku pada saat itu.


  • Adding value atau menambah nilai

Sebagai salah satu dari bauran komunikasi, manfaat lain dari iklan penawaran adalah menambah nilai produk yang dimiliki oleh bisnis. Iklan adalah kanal promosi tepat untuk dapat mempengaruhi persepsi pembacanya.

Dengan perpaduan gambar yang menarik dan tulisan yang mudah diingat, kamu dapat menggaet perhatian target pasar sekaligus membangun citra perusahaan dengan lebih baik.

  • Assisting atau membantu upaya komunikasi bisnis

Iklan dapat digunakan sebagai wadah yang membantu bisnis untuk melakukan komunikasi kepada pelanggannya. Sebagai contoh, bisnismu melakukan perubahan dalam branding misalnya logo atau nama perusahaan, kamu bisa menggunakan iklan untuk membuat pelanggan aware dengan perubahan tersebut.

Dengan kata lain, iklan juga dapat digunakan dalam upaya yang termasuk dalam public relation atau PR.

Baca Juga: Direct Selling adalah: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenisnya

Bagaimana Iklan yang Menarik? Tips dalam Membuat Iklan Penawaran adalah Sebagai Berikut

Setelah mengetahui manfaat dari iklan penawaran adalah seperti apa, apakah kamu tertarik untuk menggunakannya? Nah, tips dalam membuat iklan penawaran adalah berikut ini.

  • Membuat brief iklan

Membuat brief iklan penawaran adalah langkah pertama yang bisa kamu lakukan agar dapat menghasilkan iklan yang tidak hanya menarik, tapi juga efektif. Ibarat kerangka karangan sebuah tulisan, brief merupakan pedoman dalam produksi iklan. Apa saja isi dari brief iklan penawaran?

Biasanya, isi yang umum terdapat di dalam brief iklan penawaran adalah tujuan, tulisan yang akan dimuat, detail desain, dan kanal di mana iklan tersebut akan dipasang.

  • Menentukan highlight judul yang menarik

Judul dalam iklan adalah titik fokus utama yang akan dilihat oleh pembaca. Pasalnya, iklan hanya memiliki kesempatan beberapa detik saja untuk menggaet perhatian target pembaca, terutama iklan statis atau yang tidak bergerak.

Oleh karena itulah, ketika kamu membuat desain iklan, pilihlah kata-kata atau kalimat yang punya keterbacaan yang mudah dan mudah diingat oleh pembaca.


  • Memuat informasi keunggulan produk dan detail informasi lainnya

Bagian lain yang bisa kamu cantumkan ke dalam iklan penawaran adalah manfaat yang bisa didapat oleh target pembaca saat membeli atau mengkonsumsi produkmu. Trik yang dapat kamu coba adalah dengan menggunakan teknik copywriting yang dapat membuat seolah-olah target membaca perlu untuk membeli produkmu.

Dengan mengemas informasi keunggulan produk dengan kalimat kreatif, setidaknya pembaca akan mempertimbangkan untuk mencoba atau membeli produk yang kamu jual.

Di dalam iklan penawaran juga sebaiknya kamu cantumkan detail informasi terkait yang kamu iklankan. Misalnya, ketika iklanmu adalah mengenai promo, kamu bisa menambahkan detail tanggal periode promo dan harga yang jelas.

  • Mencantumkan call to action (CTA)

Jangan lupa pada bagian akhir iklan, cantumkan juga kalimat call to action. Kalimat CTA adalah ibarat ujung tombak dari iklan, di mana kalimat ini merupakan kalimat yang mengajak pembaca iklanmu untuk melakukan sesuatu sesuai dengan tujuan iklan tersebut.

Nah, itulah pembahasan singkat mengenai iklan penawaran dan manfaatnya untuk bisnismu. Kalau kamu ingin mendapatkan jangkauan pelanggan baru yang lebih luas, iklan penawaran bisa jadi solusinya.

Kalau soal mempertahankan pelanggan yang kamu punya, pakai aja fitur asisten chatbot WhatsApp otomatis Kokatto! Lewat fitur ini, kamu bisa mengirimkan pesan pemberitahuan keluar kepada pelangganmu tanpa perlu repot mengirimnya satu per satu. Yuk, kelola komunikasi dengan pelangganmu dengan Kokatto!

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved