Ini Alasan Flash Sale Artinya Penting bagi Toko Online!

Published By: Dewi Maharani,   19 September 2022   whatsapp    24

Kalau kamu melihat tulisan notifikasi flash sale artinya kamu harus cepat-cepat. Soalnya flash sale artinya adalah berbelanja kilat. Tentu mungkin kamu sudah mengetahui informasi ini mengingat sudah banyak lapisan masyarakat yang berbelanja online. Tapi tak ada salahnya mengingat dan menjabarkan ulang tentang flash sale.

Belanja online sudah menjadi bagian hidup dari masyarakat beberapa tahun belakangan. Meskipun sebenarnya belanja online sudah bisa dilakukan bahkan sejak kurang lebih 10 tahun lagi. Hal itu karena saat pandemi melanda Indonesia, penggunaan layanan belanja online naik. Kok bisa?

Hal tersebut tak lepas dari masyarakat yang sangat takut akan pandemi. Info yang minim akan penyakit tersebut membuat banyak masyarakat yang takut keluar rumah. Bahkan interaksi satu sama lain menjadi menakutkan di awal-awal pandemi. Tak lama setelah itu, mobilitas pun dibatasi. Kekurangan hiburan, shopping pun menjadi salah satu jalan keluarnya.

Shopping bisa menjadi hiburan untuk beberapa orang, bahkan menjadi pelepas stres. Karena itu pada keadaan pandemi tersebut banyak yang berbelanja online. Yang dibelanjakan pun buka hanya kebutuhan tersier, namun juga kebutuhan sehari-hari seperti beras ataupun barang-barang lainnya. Belanja online juga semakin banyak karena pemerintah membatasi mobilitas masyarakat. Pengetahuan minim yang dimiliki dunia perihal penyakit baru ini membuat pembatasan menjadi cara utama di awal-awal pandemi.

Hal-hal di atas adalah sedikit dari beberapa faktor yang akhirnya membuat e-commerce ataupun belanja online semakin meledak belakangan ini. Hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya barang yang ada di kios-kios ekspedisi. Bahkan, semakin banyak juga toko ekspedisi baru. Meskipun sedikit sulit membeli tanpa melihat barang secara langsung, tapi lebih banyak kelebihan yang didapatkan. Selain promo yang sering ada dan aman, kamu tak perlu mengeluarkan ongkos untuk pergi membeli barang di suatu tempat. Selain itu, layanan belanja online biasanya mempunyai flash sale.


Tentang Flash Sale

Dalam bahasa Indonesia, flash sale artinya adalah belanja kilat. Tapi bukannya memang belanja itu tidak membutuhkan waktu lama? Kilat pada flash sale artinya adalah waktunya terbatas. Pada belanja online, flash sale artinya adalah potongan harga tertentu yang diberikan pada satu atau beberapa barang yang hanya terjadi dalam batas waktu tertentu. Pada flash sale di e-commerce, flash sale bahkan hanya berlangsung kurang dari 9 jam per periodenya.

Flash sale sendiri adalah salah satu fitur yang ditunggu oleh para pengguna. Karena pada flash sale, kamu bisa mendapatkan sebuah produk lebih murah dari harga pasaran. Bahkan pada keadaan tertentu, kamu bisa membeli gadget hanya dengan 1 Rupiah. Tapi jangan kamu pikir mudah, barang-barang dengan harga sangat miring biasanya akan hilang dalam waktu di bawah 5 menit. Hal tersebut tak lepas dari stok barang yang tidak begitu banyak pada flash sale. Lantas, apa sih sebenarnya kelebihan dan kekurangan flash sale tersebut?

Manfaat Flash Sale bagi Penjual

    Mempromosikan Toko Online

Waktu flash sale artinya waktu promosi bagi toko online. Banyaknya peminat flash sale membuat flash sale dapat menjadi ajang promosi oleh toko-toko online, terutama mereka yang namanya belum begitu besar. Jadi kamu tidak hanya melakukan promosi dengan menghubungi pelanggan. Dengan rutin mengikuti flash sale, tentu para pembeli akan merasa familiar dengan nama tersebut. Bahkan jika produk toko tersebut pada flash sale telah habis, bisa saja para pengguna mengunjungi toko tersebut untuk melakukan pembelian barang jenis lain.

    Sebagai Strategi Pemasaran

Kamu bisa menjadikan flash sale sebagai salah satu strategi pemasaran yang bisa dilakukan untuk toko online milikmu. Kamu bisa memilih barang yang cocok untuk dijual pada flash sale. Selain itu, kamu bisa menentukan margin harga barang yang ingin kamu jual. Tapi pastikan agar kamu tetap mendapat keuntungan.

Baca Juga: Manfaatkan Strategi Pemasaran 4P Untuk Marketing Bisnismu

    Untuk Memperbanyak Transaksi

Harga yang murah biasanya berbanding lurus dengan transaksi yang terjadi. Dengan mengikuti flash sale artinya kamu siap untuk mengurus transaksi yang lebih banyak dari biasanya. Hal tersebut merupakan hal baik karena semakin banyak transaksi, berarti toko milik kamu sering dikunjungi oleh para pembeli. Tapi pastikan kamu dapat mengatasinya agar rating toko online milikmu tetap bagus.

Kekurangan Flash Sale untuk Penjual

    Keuntungan Lebih Sedikit

Harga barang murah pada flash sale artinya keuntungan yang didapatkan juga semakin sedikit. Karena itu biasanya yang dijual pada flash sale adalah stok dari musim sebelumnya agar tetap laku. Memang saat flash sale, yang kamu bisa harapkan lebih ke arah kuantitas barang yang terjual. Selain itu, flash sale bagi para penjual lebih kepada media promosi online sehingga tokonya semakin dikenal.

    Situs Lebih Sulit Diakses

Waktu flash sale artinya adalah waktu ketika pengguna aplikasi tersebut ramai. Oleh karena itu, biasanya akan sulit untuk mengakses saat waktu-waktu tersebut karena membludaknya pengunjung kala itu. Namun, kamu akan bisa lebih mudah mengaksesnya ketika pengunjung perlahan berkurang.

Manfaat Flash Sale bagi Pembeli

    Harga Barang Murah

Untuk pembeli, flash sale artinya waktu berburu. Pada flash sale, pembeli sangat diuntungkan. Bagaimana tidak, pembeli disuguhkan berbagai barang yang bisa dibeli dengan bermacam-macam merek. Hal itu yang menjadi manfaat bagi para pembeli. Pembeli bisa membeli barang-barang yang selama ini diinginkannya dengan harga miring. Merek-merek yang dijual juga tidak selalu merek kecil, perusahaan besar juga terkadang mengikuti flash sale sehingga makin banyak produk yang bisa dibeli oleh para konsumen.

Selain itu, produk yang dijual juga tidak selalu produk murah atau produk yang jarang diminati. Masih sering terlihat barang-barang yang dijual di flash sale adalah barang-barang yang masih diminati di pasaran. Bahkan ada marketplace yang menjual handphone hingga 1 Rupiah. Tentunya banyak pesaing. Tapi anggapan bahwa barang flash sale adalah barang yang tidak laku adalah anggapan yang bisa dimentahkan.

Baca Juga : Apa Saja Contoh Media Promosi yang Bisa Kamu Gunakan?

Kekurangan Flash Sale bagi Pembeli

    Barang Terbatas

Barang yang dijual di flash sale terbatas sehingga kamu harus berebut dengan pengunjung lain seperti layaknya di diskon di toko. Yang membedakan di sini adalah kamu tidak hanya harus tepat waktu, namun koneksi internet dan performa handphone kamu harus baik untuk bisa membeli barang-barang terbatas tersebut.

    Menjadi Konsumtif

Pada flash sale, para pembeli cenderung menjadi konsumtif. Mengapa begitu? Karena ketika barang murah, maka seseorang akan berpikir dua kali untuk melewatkannya. Apalagi jika barang bagus dan waktu yang dimiliki singkat. Hal itu membuat seringkali barang yang dibutuhkan jadi terbeli hanya karena tergiur harga murahnya. Oleh sebab itu, harus bisa menahan diri dan selektif ketika flash sale.

Demikian penjelasan singkat mengenai flash sale serta artinya bagi pembeli maupun penjual. Pada berbelanja, kamu harus pintar-pintar dan selektif. Hal itu agar kamu tidak membuang uang secara percuma. Penjual juga harus responsif ketika flash sale, jangan sampai mengabaikan pelanggan. Untuk chat lebih responsif dan komunikatif dengan pelanggan, gunakan Kokatto! Di Kokatto, banyak fitur-fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk jualan dan kehidupan sehari-hari!