Alasan Media Promosi adalah Hal Penting untuk Bisnis

3 November 2022 Alasan Media Promosi adalah Hal Penting untuk Bisnis

Media promosi adalah salah satu hal yang bisa kamu gunakan untuk membantu penjualan produk kamu. Baik sebagai pemilik usaha atau sebagai sales, media promosi adalah hal yang perlu dilakukan agar produk-produk yang dijual dapat lebih dikenal oleh calon pelanggan potensial dari bisnis tersebut.

Salah satu faktor semakin banyak orang yang berjualan merupakan imbas dari pandemi yang terjadi beberapa tahun ini. Pandemi memaksa perusahaan untuk memotong gaji hingga memutuskan hubungan kerja. Hal itu membuat para korban dari dampak tersebut harus memutar otak untuk mencari nafkah. Salah satunya adalah berjualan.

Berjualan tidak lagi serumit dahulu. Hal tersebut dikarenakan semakin berkembangnya teknologi sehingga membantu seseorang lebih mudah untuk memasarkan produknya. Karena itu, jualan online semakin banyak peminatnya. Administrasi yang tidak rumit, biaya lebih murah serta lebih hemat waktu membuat banyak orang yang memutuskan untuk berjualan online.

Baca juga: Digitalisasi adalah: Pengertian dan Manfaatnya bagi Bisnis

Berjualan online menjadi pilihan utama sebagian masyarakat karena kemudahannya. Meskipun proses menjualnya tetap tidak mudah, tapi hal-hal lainnya jauh lebih mudah dilakukan daripada sebelumnya. Meledaknya e-commerce serta beberapa media sosial yang menyediakan lapak bisnis juga membuat pertumbuhan penjualan online semakin bertambah. Apalagi belanja online juga memberikan kemudahan bagi pembeli. Hanya perlu melihat katalog secara online dan membayarnya, kemudian barang tersebut sampai di tujuan.

Tapi sampai di titik hingga produk yang kamu jual laku hingga ratusan atau ribuan per hari tentu tidak mudah. Selalu ada kerja keras dan kerja cerdas di balik perkembangan tersebut. Apalagi bisnis melalui beberapa proses seperti riset pasar untuk menentukan calon pelanggan yang ingin kamu tuju atau melakukan promosi melalui media promosi. Media promosi adalah media yang digunakan untuk kegiatan komunikasi untuk pengembangan baik produk atau merek yang dilakukan seseorang atau perusahaan. Menggunakan media promosi adalah salah satu hal yang wajib dilakukan perusahaan agar promosi produk maupun merek itu sendiri dapat terlaksana dengan baik. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu dapatkan dari menggunakan media promosi.

Manfaat dari Media Promosi


Menggunakan media promosi adalah salah satu cara untuk meningkatkan brand awareness. Brand awareness sendiri penting bagi suatu merek karena semakin baik berarti masyarakat sudah semakin mengenal merek tersebut maupun produk-produk yang dihasilkan. Menggunakan media promosi adalah salah satu cara agar jangkauan promosi semakin luas. Apalagi jika bentuk promosi yang kamu gunakan ternyata unik dan inovatif seperti sms blast misalnya.

  • Meningkatkan Awareness

Menggunakan media promosi adalah salah satu yang paling jitu untuk memperluas jangkauan bagi suatu merek. Penggunaan media promosi yang mempunyai cakupan yang luas akan membuat suatu merek dapat meraih jangkauan yang lebih baik sehingga masyarakat yang sebelumnya belum mengenal merek atau produk tersebut akan mendapatkan pesan dari promosi yang digunakan.

  • Jangkauan Semakin Luas

Penggunaan media promosi adalah salah satu cara meningkatkan penjualan bagi suatu merek. Dengan menggunakan media yang tepat serta bentuk promosi yang jitu, suatu merek dapat meningkatkan penjualan secara signifikan. Biar bagaimanapun, kamu tidak dapat meningkatkan penjualan jika tidak ada yang mengenal merek ataupun produkmu. Di situ mengapa peran media promosi adalah penting untuk membantu mendongkrak penjualan.

  • Meningkatkan Penjualan

Poin-poin di atas merupakan alasan kenapa menggunakan media promosi adalah hal yang perlu dilakukan jika kamu mempunyai sebuah usaha. Seiring berkembangnya zaman, media promosi juga ikut berkembang. Media promosi yang dilakukan sekarang mungkin bisa berbeda dibanding 10 tahun lalu. Berikut adalah beberapa contoh media promosi:

Baca Juga: Apa Saja Contoh Media Promosi yang Bisa Kamu Gunakan?


Contoh Media Promosi


Media Promosi Online

  • Media Sosial

Semakin berkembangnya zaman, peran media sosial juga semakin besar pada pengguna dan masyarakat. Platform media sosial terus bertambah, namun hampir setiap platform tersebut bisa mendapatkan awareness dan meningkatkan engagement. Apalagi penggunaan media sosial gratis dan mudah sehingga kamu dapat berkreasi sesukamu. Namun tetap harus bijak karena banyaknya pengguna sosial. Jika kamu menggunakan cara yang tidak tepat, promosi bisa menjadi hal yang tepat.

  • Ads

Penggunaan ads sebagai media promosi adalah salah satu hal yang bisa digunakan oleh merek. Ads seperti Facebook ads, Google ads dan lain-lain. Ads-ads ini tidak hanya muncul ketika kamu membuka aplikasi tertentu, namun juga ketika membuka situs-situs tertentu. Hal itu membuat sesuatu yang kamu promosikan akan membuat orang mengingatnya.


  • Forum Online

Kamu bisa mempromosikan dagangan kamu di forum online. Apalagi forum-forum tersebut biasanya berisikan sebuah komunitas yang mempunyai ketertarikan yang sama satu sama lain. Jika kamu mempromosikan produk yang relevan dengan komunitas tersebut, bisa jadi kamu dapat memperoleh keuntungan. Kamu harus menentukan forum yang tepat agar target market yang dituju tidak salah sasaran.

  • E-mail Marketing

Menggunakan media promosi seperti email marketing cocok jika kamu ingin mempromosikan produk kamu kepada pelanggan yang sudah pernah melakukan transaksi. Email marketing membutuhkan email pengguna sehingga kamu tidak asal-asalan mengirim email. Jangan sampai email promosi yang kamu kirim dianggap spam. Biasanya, email didapat ketika melakukan transaksi dengan pembeli tersebut.

Baca juga: Apa Saja Contoh Media Promosi yang Bisa Kamu Gunakan?

Media Promosi Offline

  • Televisi

Salah satu media promosi offline yang masih sering digunakan. TV tetap bertahan di tengah gempuran teknologi media. Masih banyak masyarakat Indonesia yang menonton tv. Karena itu, menggunakan tv sebagai media promosi adalah suatu langkah yang logis. Namun nyatanya, tidak murah untuk menggunakan tv sebagai media promosi. Biaya per 30 detik iklan di TV saja sudah memakan biaya yang cukup besar.

  • Media Cetak

Kamu bisa menggunakan majalah sebagai salah satu media promosi. Namun saat ini penggunaan media cetak sudah jauh lebih sedikit dibandingkan sebelumnya.

  • Layar LED

LED merupakan media promosi yang sering digunakan oleh beberapa merek. Macam-macam juga ukuran dan tempat layar LED tersebut berada. Mulai di jalan raya hingga perkantoran. Jika kamu meletakkan di kerumunan yang tepat, penggunaan layar LED sebagai media promosi adalah hal yang tepat.

  • Baliho

Banyak perusahaan yang menggunakan baliho sebagai media promosi. Berada di lokasi yang strategis, biasanya baliho bisa dilihat dari berbagai politik. Tak jarang para politisi menggunakan baliho untuk mempromosikan dirinya untuk suatu kampanye

  • Banner

Menggunakan banner sebagai media promosi adalah hal yang bagus dilakukan jika menggunakan visual yang tepat. Masyarakat Indonesia masih sering melihat banner terutama ketika melakukan perjalanan ke kantor. Harganya juga cukup mahal dibanding promosi online namun bisa menggunakan hasil yang bagus jika dilakukan dengan cara yang tepat.

Demikian penjelasan singkat mengapa media promosi adalah salah satu aspek penting untuk digunakan. Dengan penggunaan media promosi yang tepat, kamu dapat memperoleh hal baik bagi bisnismu. Namun konten yang kamu promosikan juga tidak boleh kalah berkualitasnya. Selain promosi yang tepat, ada hal-hal lain yang kamu harus perhatikan dalam bisnis. Seperti membalas chat pelanggan dengan cepat. Banyak hal yang bisa membantu kamu di bisnis dalam diri Kokatto! Dengan Kokatto, kamu bisa mengembangkan bisnis kamu dengan bantuan teknologi yang dimiliki. Yuk, langsung pakai Kokatto!

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved