Ini Dia Cara Membuat Iklan untuk Optimalkan Bisnismu

29 November 2022 Cara Membuat Iklan

Belakangan ini, banyak pemilik bisnis yang ingin mengetahui cara membuat iklan yang dapat mendongkrak penjualan mereka.

Pasalnya, iklan adalah termasuk dari bauran promosi yang dapat menyebarluaskan pesan melalui media, baik itu media cetak dan media yang populer saat ini seperti media online. Nah, pemilik bisnis dapat memanfaatkan bauran promosi ini untuk membantu perkembangan bisnisnya, seperti menyebarkan brand awareness atau pun promosi yang nantinya dapat meningkatkan penjualan.

Namun, tidak sedikit juga pemilik bisnis yang masih skeptis mengenai pemanfaatan iklan, terutama pemilik bisnis online. Bisnis online memang memiliki jangkauan pelanggan yang luas, tapi dengan memanfaatkan fitur iklan seperti ads di Google atau media sosialnya secara tepat dapat lebih mengoptimalkan upaya promosi bisnismu. 

Oleh karena itu, sebagai pemilik bisnis online kamu perlu mengetahui cara membuat iklan! Lantas, bagaimana sih cara membuat iklan di platform media sosial yang benar?

Tidak usah khawatir. Di dalam artikel ini, kamu akan mengetahui serba-serbi tentang iklan, alasan pentingnya pemilik bisnis untuk tahu cara membuat iklan hingga langkah-langkah dalam cara membuat iklan. Yuk, simak sampai tuntas!

Pengertian Umum Tentang Iklan

Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai cara membuat iklan, yuk ketahui dulu apa itu iklan secara umum!

Iklan adalah informasi atau pesan yang disebarluaskan melalui media yang digunakan untuk dapat membujuk pembaca atau target pasar dan menarik minat mereka untuk membeli barang, memakai jasa, atau tujuan yang lainnya.

Namun, iklan bukan hanya berfungsi untuk digunakan secara komersial saja lho. Iklan juga dapat digunakan untuk hal-hal selain komersial, seperti iklan ajakan, himbauan, atau larangan.

Nah, dalam hal komersial dan jika digunakan sebagai upaya pemasaran sebuah bisnis, iklan dapat memegang peran penting untuk menyebarluaskan brand awareness kepada khalayak umum secara masif. 

Hal ini karena iklan dapat dimuat di berbagai media, seperti media sosial, televisi, radio, majalah, koran, baliho, media out-of-home, LED, dan channel lainnya yang digunakan untuk beriklan. Dengan banyaknya media yang dapat digunakan untuk memasang iklan ini, tentu kamu perlu memahami betul cara membuat iklan yang dapat menarik minat audiensmu.

Jenis-jenis Iklan

Cara membuat iklan tentu berbeda-beda mengikuti jenis iklan yang akan kamu gunakan. Nah, untuk mengetahui cara membuat iklan yang pas, kamu perlu mengetahui jenis-jenis iklan berikut ini.

Jenis iklan dapat terbagi menjadi dua berdasarkan media yang digunakan, yaitu periklanan online dan offline. Berikut ini adalah penjelasan singkatnya masing-masing.

 

1. Periklanan Online

Seperti namanya, periklanan online adalah segala aktivitas periklanan yang dilaksanakan di media digital, seperti televisi dan Internet. 

Ranah media digital saat ini sudah menjadi media yang mainstream digunakan oleh hampir seluruh populasi manusia di dunia. Hal inilah yang menjadi alasan utama adanya eksistensi periklanan online. Karena banyak pengguna media digital ini, dengan menggunakan periklanan online, pengiklan dapat dengan lebih mudah menemukan audiensnya.

Keunggulan dari periklanan online lainnya adalah biayanya yang lebih murah, pemasangan, dan pemeliharan yang mudah.

Namun, dengan segala kemudahan tersebut, kamu perlu paham betul cara membuat iklan yang pas untuk dipasang di periklanan online. Umumnya, iklan yang dimuat di media digital berbentuk gambar atau video.

 

2. Periklanan Offline

Di sisi lain, periklanan offline adalah segala aktivitas periklanan yang berbentuk gambar tidak bergerak, yang dimuat di dalam media cetak, seperti koran dan majalah. Selain di media cetak, periklanan offline juga bisa ditemukan di media lainnya, seperti banner, baliho, atau billboard

Meski kini banyak orang yang menggunakan media digital, tetapi media cetak juga masih eksis berdampingan di sebelahnya. Media cetak masih merupakan media yang ampuh untuk menyebarkan pesan untuk jangkauan yang terbatas di wilayah dan waktu tertentu. 

Nah, dengan hal tersebut, audiens yang melihat iklan tersebut dapat dengan cepat dan mudah mengingatnya. Selain itu, periklanan offline dapat lebih menyampaikan pesan lebih jelas dan menambah kredibilitas bisnis. 

Bagaimana cara membuat iklan offline? Tentu, cara membuat iklan di media cetak berbeda dengan cara membuat iklan di media digital.

Sebelum kamu mengetahui cara membuat iklan yang dapat mendongkrak penjualan, yuk simak pembahasan alasan mengapa iklan penting untuk bisnis.

Baca Juga: Iklan Penawaran Adalah: Arti, Manfaat, dan Tipsnya

 

Alasan Mengapa Iklan Penting Bagi Perkembangan Bisnis

Iklan adalah salah satu bauran pemasaran yang berguna untuk mempromosikan produk yang kamu jual secara luas. Semakin banyak audiens yang mengetahui brand-mu, maka semakin besar kemungkinan bahwa mereka akan mengingatnya pula. 

Oleh karena itulah, sebagai pemilik bisnis, kamu perlu mempertimbangkan untuk menggunakan iklan sebagai alat promosi dan mengetahui cara membuat iklan yang benar.

Selain hal-hal di atas, terdapat alasan lain mengapa iklan penting bagi perkembangan bisnis, yaitu:

  • Iklan merupakan bauran pemasaran yang mampu menyampaikan pesan secara berulang kepada audiens. Sehingga, audiens secara tidak langsung mengingatnya.
  • Dapat menunjukkan integritas dan skala bisnis yang dijalankan. Terutama untuk iklan cetak besar yang memiliki harga pemasangan yang umumnya mahal. 
  • Dapat meningkatkan kredibilitas bisnis.
  • Mempermudah positioning produk. 
  • Mempermudah penyampaian pesan yang ingin disampaikan sesuai dengan tujuan iklan. Misalnya, membuat audiens lebih paham akan produk yang dijual.

 

Cara Membuat Iklan yang Perlu Kamu Ketahui

Sudah penasaran belum dengan bagaimana cara membuat iklan? Nah, baik itu media online atau offline, kamu bisa mengaplikasikan cara membuat iklan secara umum di bawah ini. 

 

1. Pahami Target Audiens 

Iklan memang dapat dilihat oleh audiens yang luas. Tapi sebelum kamu membuat iklan, ada baiknya bagi pemilik bisnis untuk mengenal target audiens. Hal ini dikarenakan pembuatan iklan, seperti gaya bahasa, desain, dan pemilihan warna akan bergantung pada buyer persona atau karakter dari target audiensmu. Karakteristik ini dapat mencakup gender, umur, kebiasaan, dan lainnya.

 

2. Menyusun Brief Iklan

Setelah memahami betul seperti apa audiens yang kamu target, kamu bisa mulai untuk menyusun brief iklan yang akan dibuat. Isi yang biasa dimuat dalam brief iklan adalah tujuan, isi pesan, rincian desain, dan di media manakah iklan akan dimuat.

 

3. Membuat Judul atau Pesan yang Menarik

Tidak semua audiens akan membaca semua isi iklan. Iklan yang ideal pun tidak mungkin memuat kata-kata yang banyak. Oleh karena itu, judul atau pesan yang kamu tulis hendaknya bisa menggaet perhatian target audiens dengan cepat. Kamu bisa menggunakan bahasa sehari-hari sehingga audiens dapat paham dan pesan juga tersampaikan dengan baik.

Selain itu, dalam iklan tersebut kamu bisa menutup iklan dengan menambahkan kata-kata call-to-action untuk mengarahkan audiens untuk melakukan aktivitas sesuai dengan tujuan pembuatan iklan tersebut. 

Baca Juga: Contoh Promosi Menarik untuk Meningkatkan Penjualanmu

Itulah sedikit cara membuat iklan yang bisa kamu lakukan! Iklan adalah bauran pemasaran yang perlu kamu pertimbangkan jika ingin menjangkau audiens dengan lebih luas untuk mendongkrak penjualan. Tapi, untuk dapat membuat iklan yang dapat menggaet perhatian audiens luas diperlukan pemahaman cara membuat iklan yang cocok dengan media yang digunakan.

Nah, iklan juga dapat disebar melalui email dan SMS lho. Kalau kamu ingin menyebar iklan melalui kedua media tersebut, kamu bisa memanfaatkan fitur dari Kokatto! Melalui fitur tersebut, kamu bisa melakukan broadcast dengan mudah dan cepat lho.Yuk, coba fitur ini di Kokatto!

whatsapp facebook instagram
KokattoLogo Jakarta Metropolitan Tower 10th floor Jl. TB Simatupang No.Kav. 14, DKI Jakarta - 12430 +6221 3972 3972 | sales@kokatto.com
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2023 by Kokatto. All Rights Reserved