Ini Dia Cara Broadcast WhatsApp, Penting Buat Bisnismu!

27 Desember 2022 Cara Broadcast Whatsapp

Cara broadcast WhatsApp sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan oleh siapapun, bahkan kalau kamu ingin melakukannya sendiri juga bisa lho. Tapi, ada beberapa hal yang perlu kamu perlu ketahui terlebih dahulu sebelum mengirimnya, terutama kalau kamu ingin menggunakannya untuk kepentingan bisnis.

 

Tidak bisa dipungkiri, saat ini WhatsApp telah menggantikan fungsi SMS untuk dapat mengirim pesan ke orang lain ataupun kepada beberapa kontak yang kita punya. Hanya bermodalkan kuota Internet, kita bisa mengirim pesan, gambar, hingga video dengan lebih murah ketimbang melalui SMS. 

 

Hal ini yang membuat WhatsApp dipilih jadi salah satu platform yang digunakan oleh pemilik bisnis sebagai media untuk berjualan, mengirimkan informasi kepada pelanggan, promosi, hingga memberikan layanan purna jual. 

 

Sudah tahu belum kalau ada fitur broadcast di WhatsApp? Nah, pada artikel kali ini kamu akan mengetahui lebih dalam mengenai fitur ini, lengkap dengan cara broadcast WhatsApp dan beberapa tips untuk membuatnya. Pemilik bisnis wajib tahu! Yuk, simak sampai tuntas.

 

Mengenal Fitur Broadcast di WhatsApp

Sebelum kamu tahu cara broadcast WhatsApp itu bagaimana, yuk kenali terlebih dahulu fitur ini lebih jauh!

 

Broadcast adalah fitur yang dimiliki WhatsApp yang memungkinkan kita sebagai penggunanya untuk dapat mengirimkan pesan ke beberapa kontak dalam satu waktu. Yap, ini berarti kamu bisa secara serentak memberi informasi ke banyak orang sekaligus. 

 

Kontak-kontak yang kamu tuju tersebut akan menerima isi pesan yang sama. Tapi balasan yang mereka kirim tidak akan terkirim kepada kontak lain. Hal ini yang membuat cara broadcast WhatsApp bisa dibilang simple dan mudah dilakukan.

 

Namun, untuk dapat melakukan cara broadcast WhatsApp, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi terlebih dahulu. Syarat mengirim broadcast WhatsApp adalah sebagai berikut.

 

  • Kontak yang akan kamu tuju harus disimpan terlebih dahulu pada smartphone yang digunakan.
  • Jumlah maksimum kontak untuk satu kali broadcast adalah 256 kontak.
  • Kalau kamu ingin mengirimkan beberapa pesan, pastikan bahwa waktu pengirimannya tidak dalam waktu yang berdekatan untuk menghindari pemblokiran karena spam.
  • Waktu penerimaan pesan oleh kontak tidak akan sama, tergantung dari koneksi dan jaringan masing-masing device.

 

Baca Juga: Mengenali Ciri-Ciri WA Diblokir dan Cara Mengatasinya

 

Cukup mudah untuk kamu penuhi bukan persyaratan di atas? Nah, selanjutnya yuk simak cara broadcast WhatsApp di bawah ini!

 

Cara Broadcast WhatsApp yang Bisa Kamu Ikuti

Langkah pertama dalam cara broadcast WhatsApp sebelum kamu dapat mengirim pesan broadcast adalah membuat daftar kontak yang akan dikirimkan pesan broadcast atau dalam aplikasi WhatsApp disebut sebagai “Daftar Siaran”.

Cara Membuat Daftar Siaran WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pilih Opsi lainnya atau tanda menu.
  3. Pilih Siaran baru.
  4. Lalu, kamu bisa memilih kontak yang ingin ditambahkan ke dalam Daftar Siaran.
  5. Kalau sudah, kamu bisa menekan tanda centang.

 

Kamu juga bisa menambahkan atau menghapus beberapa kontak baru ke dalam Daftar Siaran tersebut lho. Berikut adalah caranya.

 

Cara Mengedit Daftar Siaran WhatsApp

  1. Buka Daftar Siaran tersebut.
  2. Pilih Opsi lainnya atau tanda menu.
  3. Pilih Info Daftar Siaran.
  4. Untuk menambah kontak ke dalam Daftar Siaran, pilih menu Tambah Penerima.
  5. Untuk menghapus kontak di dalam Daftar Siaran, pilh Edit Penerima. Pilih kontak yang ingin kamu hapus. Lalu, klik tanda centang.
  6. Kamu juga bisa mengubah nama Daftar Siaran di dalam menu Edit.

 

Nah, kalau ada Daftar Siaran yang sudah tidak kamu gunakan, kamu juga menghapusnya. Berikut adalah cara menghapus Daftar Siaran.

 

Cara Menghapus Daftar Siaran

  1. Klik dan tahan Daftar Siaran.
  2. Pilih Hapus Daftar Siaran. Terdapat opsi pilihan apakah kamu ingin menghapus media (foto, video)  di dalamnya atau tidak.

 

Kalau kamu sudah memiliki Daftar Siaran yang ingin kamu tuju untuk broadcast, sudah waktunya kamu ikuti cara broadcast WhatsApp di bawah ini! Cara broadcast WhatsApp di bawah ini dibedakan menurut jenis OS, yaitu Android dan iOS.

 

Cara Broadcast WhatsApp di Android

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Buka menu Chat, lalu klik tombol Opsi atau ikon titik tiga pada bagian atas.
  3. Pilih Siaran Baru atau New Broadcast.
  4. Pilih Daftar Siaran.
  5. Kalau sudah, kamu bisa membuat pesan yang ingin dikirimkan melalui broadcast WhatsApp.
  6. Untuk mengirimkan pesan broadcast, klik tombol Kirim atau Send.

 

Cara Broadcast WhatsApp di iOS

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Buka menu Chat, pilih opsi Broadcast List atau Daftar Siaran.
  3. Pilih Daftar Siaran.
  4. Buat pesan yang ingin kamu kirimkan sesuai dengan kebutuhan.
  5. Klik tombol Kirim atau Send untuk mengirim broadcast.

 

Gampang kan cara broadcast WhatsApp di atas? Berikut juga ada beberapa tips dalam membuat pesan broadcast buatmu lho!

 

Tips Membuat Pesan Broadcast untuk Menarik Minat Pelanggan

Agar pesan yang kamu kirimkan melalui fitur WhatsApp ini tidak terkesan spam atau mengganggu customer-mu, kamu bisa ikuti tips-tips dalam membuat pesan broadcast.

 

1. Menentukan Tujuan Pesan Broadcast

Karena pesan melalui WhatsApp dapat menjangkau pelanggan dengan ‘dekat’, pesan yang dikirimkan sebaiknya berisi tujuan yang jelas kenapa kamu mengirimkan pesan tersebut. Misalnya, bisnismu meluncurkan produk baru dan mengadakan promo spesial yang bisa pelanggan nikmati untuk periode tertentu.

 

Tips ini juga untuk menghindari pelanggan merasa terganggu terhadap pesan yang kamu kirimkan. Jadi, pastikan kamu melakukan riset dan menentukan tujuan dari broadcast tersebut ya.

 

2. Membuat Pesan yang Singkat, Padat, dan Jelas

Memang tidak ada batasan jumlah karakter yang bisa kamu tulis di WhatsApp, tapi jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk menulis pesan yang panjang lebar ya. Tidak semua pelanggan akan membaca semua pesan yang kamu tulis. Oleh karena itu, buatlah pesan yang sederhana saja.

 

WhatsApp memungkinkanmu untuk melakukan kustomisasi tulisan, seperti format bold, italic, atau yang lainnya. Nah, kamu bisa memanfaatkan ini untuk menegaskan kalimat-kalimat yang penting. Gunakan format penulisan yang dibagi dalam beberapa paragraf, dengan ketentuan satu paragraf tidak lebih dari 1 atau 2 baris.

 

3. Sertakan Call-to-Action (CTA)

WhatsApp juga menyediakan format kustomisasi lain, seperti pembuatan tombol CTA atau penyematan link lho. Kamu bisa gunakan fitur ini juga untuk dapat mengarahkan pelanggan ke situs web, laman e-commerce atau pun marketplace di mana kamu berjualan. CTA dapat membantu upaya broadcast lebih maksimal.

 

4. Memilih Waktu Pengiriman yang Tepat

Nah, mengirim pesan broadcast juga perlu riset perilaku dari pelanggan atau target pasarmu lho, misalnya seperti waktu-waktu di mana mereka paling aktif membuka aplikasi WhatsApp. Waktu pengiriman akan berpengaruh terhadap pertimbangan mereka untuk membuka pesan broadcast yang kamu kirimkan.

 

Baca Juga: Manfaat Menggunakan Bot WhatsApp dalam Bisnis Online

 

Itulah beberapa tips yang dapat kamu pertimbangkan sebelum menerapkan cara broadcast WhatsApp untuk mengirimkan pesan kepada kontak pelangganmu. Gimana? Mudah bukan cara broadcast WhatsApp di atas? Membuat broadcast WhatsApp memang mudah, tapi kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum mengirimnya, seperti, tujuan pesan, isi, dan waktu pengiriman.

 

Nah, kamu juga bisa melakukan broadcast WhatsApp melalui platform di luar WhatsApp lho, seperti Kokatto! Melalui platform Kokatto, kamu bisa melakukan penjadwalan kirim pesan broadcast WhatsApp dengan lebih mudah dan efisien. Penasaran? Yuk, cobain platform Kokatto untuk bisnismu sekarang!

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved