Kenapa Target Market adalah Hal Esensial untuk Bisnis?

3 November 2022 Kenapa Target Market adalah Hal Esensial untuk Bisnis?

Mengidentifikasi dan memahami target market adalah bagian penting bagi rencana pemasaran dan bisnis kamu. Kamu harus menyadari bahwa tidak semua orang adalah pelanggan potensial bisnis, jadi penting untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang target market sejak dini.

Yuk, simak artikel Kokatto di bawah untuk mengetahui pengertian, manfaat, hingga cara menentukan target market untuk bisnis kamu.

Definisi Target Market

Target market adalah sekelompok pelanggan potensial yang kamu identifikasi dan yang menurut kamu paling cocok untuk produk atau layanan bisnis kamu. Setiap kelompok bisa terbagi menjadi segmen-segmen yang lebih kecil. Segmen ini biasanya dibagi berdasarkan usia, lokasi, pendapatan, serta gaya hidup.

Memahami target market berbeda dengan hanya membuat asumsi tentangnya. Kamu harus benar-benar mencoba mencari tahu kebutuhan dan motivasi sekelompok orang tersebut.

Apa yang orang-orang tersebut hargai? Bagaimana gaya hidupnya? Apa yang orang-orang tersebut lakukan saat waktu luang? Jawaban dari berbagai pertanyaan ini bisa membantu kamu untuk memahami target market bisnis kamu lebih mendalam.

Kenapa Target Market adalah Hal Esensial untuk Bisnis Kamu?

Target market adalah salah satu bagian yang membantu bisnis kamu berkembang. Dengan mengetahui potensial pelanggan secara rinci dan jelas, kamu bisa mempunyai cara yang jauh lebih efektif untuk menjangkau mereka. Kamu tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga pada orang-orang yang tidak akan tertarik dengan produk atau layanan bisnis.

Dengan memahami pasar, kamu dapat mempromosikan produk atau layanan kamu secara lebih efektif kepada kelompok pelanggan yang tepat. Kamu akan tahu:

• Lokasi pelanggan potensial

• Saluran media mana yang mereka gunakan

• Apa kebiasaan membeli mereka?

• Bagaimana menyesuaikan pemasaran kamu untuk memotivasi mereka membeli produk atau layanan kamu.

Baca juga: Brand Positioning adalah: Definisi dan Strategi Suksesnya

Cara Menentukan target market untuk Bisnis Kamu

Menentukan target market tidak sesederhana menebak siapa pelanggan kamu atau mengharapkan demografis tertentu. Justru, target market adalah tinjauan mendalam tentang produk dan layanan kamu, pasar, pelanggan potensial (atau saat ini), dan banyak lagi.

Kamu pernah dengar kan seorang pebisnis berkata, “Produk saya paling hebat! Produk ini pasti dapat menarik minat siapa pun.” Sebagian besar dari kita juga pernah melihat suatu yang mencoba menjadi segalanya bagi semuanya.

Padahal, target market adalah mendefinisikan siapa pelanggan utama kamu nantinya. Pasar harus dapat diukur, cukup besar dan dapat dijangkau.

Berikut adalah beberapa taktik yang membantu kamu menentukan target market bisnis kamu:

1. Analisis Penawaran Produk atau Layanan Bisnis

Hal yang pertama dalam menentukan target market adalah dengan menanyakan pada diri kamu sendiri masalah apa yang dipecahkan oleh produk dan layanan bisnis kamu dan siapa yang akan tertarik pada produk atau layanan tersebut.

Misalnya, jika kamu menjalankan bisnis taman, layanan kamu akan menarik bagi pemilik rumah dengan halaman rumah dan, lebih khusus lagi, orang-orang yang terlalu sibuk untuk merawat halaman mereka dan mampu membayar seseorang untuk melakukannya.

Jadi, target market kamu akan mencakup orang dewasa berpenghasilan lebih tinggi yang tidak punya waktu atau minat dalam perawatan taman tetapi tetap menginginkannya terlihat bagus.

2. Lakukan Riset Pasar

Analisis target market adalah hal yang lebih dari sekadar memahami pelanggan kamu, tetapi kamu juga harus memahami pasar. Bantuan alat analisis seperti Google Trends memberi kamu pandangan menyeluruh tentang lanskap dengan mengidentifikasi dan menilai kompetitor, membantu kamu menemukan pelanggan baru, dan memungkinkan kamu menentukan cara untuk meningkatkannya.

Jangan lupa juga bahwa data yang paling bermanfaat bisa berasal dari pelanggan saat ini. Kamu bisa melakukan survei dan diskusi langsung yang dapat membantu kamu memahami apa yang dibutuhkan pasar target kamu, mengapa (atau tidak) membeli produk atau layanan kamu, dan apa yang dapat kamu lakukan untuk membuat penawaran bisnis lebih menarik.

3. Buat Profil Pelanggan dan Segmen Pasar

Segmentasi pasar adalah proses dalam target market saat kamu mengelompokkan orang berdasarkan berbagai kategori, seperti demografi dan psikografis.

Seperti dibahas sebelumnya, demografi menggambarkan karakteristik dasar seperti usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, latar belakang etnis, serta status perkawinan dan keluarga. Berikut selengkapnya:

• Apakah target market bisnis kamu adalah seorang laki-laki atau perempuan?

• Berapa umur mereka?

• Di mana mereka tinggal?

• Apa status pernikahan mereka?

• Apakah mereka punya anak? Berapa umur anak-anak mereka?

• Apa tingkat pendidikan mereka?

• Apa yang mereka lakukan untuk mencari nafkah?

Berapa rata-rata pendapatan mereka?

Di sisi lain, psikografis memberi pandangan yang lebih dalam tentang siapa orang sebenarnya, seperti perilaku, nilai, kepribadian, dan gaya hidup. Berikut selengkapnya:

• Apa yang memotivasi pelanggan untuk melakukan pembelian?

• Apa kepentingan bersama pelanggan kamu?

• Siapa yang membuat keputusan pembelian?

• Seberapa sering mereka membeli produk?

• Apakah mereka berbelanja online atau lebih suka melihat produk mereka sebelum membeli?

• Berapa lama waktu yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan pembelian?

• Bentuk media apa yang diandalkan oleh target market kamu untuk mendapatkan informasi?

• Seberapa jauh mereka melakukan perjalanan untuk melakukan pembelian?

• Produk apa lagi yang mereka beli?

Penting untuk mempertimbangkan demografi dan psikografis ketika mencoba melakukan analisis penuh terhadap target market bisnis kamu.

Baca juga: Contoh Marketing Plan yang Bisa Berhasil untuk Usahamu

4. Menganalisis Kompetitor

Salah satu cara menentukan target market adalah dengan melaakukan analisis kompetitif untuk mendapatkan pandangan komprehensif tentang kompetitor bisnis kamu. Apa saja bisnis yang menawarkan produk dan layanan yang serupa? Berapa biaya yang mereka kenakan? Apa yang mereka lakukan secara berbeda?

Kecuali kamu yakin kamu akan memiliki keuntungan yang signifikan, hindari mengejar pelanggan yang sama, terutama di pasar kecil di mana bisnis pesaing kamu sudah lebih mapan dan terkenal.

5. Evaluasi Keputusan Kamu

Terakhir, hal yang tidak kalah penting dalam menentukan target market adalah kamu perlu memastikan kamu tidak melewatkan hal-hal berikut.

• Apakah ada cukup banyak orang yang sesuai dengan kriteria tersebut?

• Apakah target tersebut benar-benar mendapat manfaat dari produk/layanan kamu? Akankah mereka melihat kebutuhan untuk itu?

• Apakah kamu memahami apa yang mendorong target market untuk membuat keputusan?

• Bisakah mereka membeli produk/layanan bisnis kamu?

• Dapatkah kamu menjangkau mereka? Apakah mereka mudah dijangkau?

Ingat, kamu dapat memiliki lebih dari satu target market. Pertimbangkan apakah pesan pemasaran kamu harus berbeda untuk setiap niche.

Memang, menentukan target market adalah bagian yang cukup sulit. Setelah kamu mengetahui siapa yang kamu targetkan, jauh lebih mudah untuk mengetahui media mana yang dapat kamu gunakan untuk menjangkau mereka dan pesan pemasaran apa yang akan cocok dengan mereka.

Dalam hal pemasaran kepada pelanggan, kamu juga bisa memanfaatkan produk khusus Kokatto untuk menjangkau pelanggan potensial bisnis kamu. Kokatto menyediakan:

• Layanan Whatsapp Business untuk usaha kamu dan kamu bisa mengirim pemberitahuan ke pelanggan potensial melalui layanan ini.

• OTPM atau Kirim One-Time-Password (OTP) yang tidak statis dan aman melalui Panggilan Tidak Terjawab sehingga memudahkan pelanggan kamu.

• Bisnis kamu juga bisa melakukan SMS satu arah atau dua arah, termasuk pemberitahuan SMS dan otentifikasi dua faktor kepada pelanggan.

• Bahkan, kamu bisa membuat pemasaran email untuk pelanggan kamu dan memantau setiap prosesnya.

Baca juga: Automated Call Indonesia Jadikan Interaksi dengan Konsumen Lebih Mudah

Yuk, hemat anggaran bisnis dan dapatkan laba yang lebih baik dengan menentukan target market. Ingat, target market adalah hal esensial dalam bisnis. Jangan lupa gunakan aplikasi pemasaran yang tepat untuk bisnis kamu seperti Kokatto! Ketahui informasi lebih lanjut tentang produk Kokatto sekarang.

whatsapp facebook instagram
KokattoLogo Jakarta Metropolitan Tower 10th floor Jl. TB Simatupang No.Kav. 14, DKI Jakarta - 12430 +6221 3972 3972 | sales@kokatto.com
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright 2022 by Kokatto. All Rights Reserved