Manfaat Menggunakan Bot WhatsApp dalam Bisnis Online

21 November 2022 Manfaat Menggunakan Bot WhatsApp dalam Bisnis Online

Dalam sebuah bisnis online, kebutuhan aplikasi pesan instan sebagai layanan customer service sangatlah penting. Salah satu aplikasi pesan instan yang dibutuhkan sebagai interaksi antara pelaku bisnis dan calon customer adalah WhatsApp. Pada aplikasi WhatsApp, terdapat fitur chatbot WhatsApp yang akan mempermudah layanan informasi untuk setiap bisnis online.

chatbot WhatsApp dapat mempermudah layanan informasi tentang produk bisnis online yang kamu jalankan. Terutama jika kamu sering kewalahan dengan chat calon customer yang menumpuk, chatbot WhatsApp akan sangat membantu. Selain itu, chatbot WhatsApp dapat menjadi solusi dalam meningkatkan penjualan.

Menggunakan chatbot WhatsApp tidak mengeluarkan biaya sama sekali alias gratis. Terdapat beberapa manfaat yang menguntungkan jika kamu menggunakan bantuan chatbot WhatsApp dalam layanan customer service bisnis online mu. Nah, apa saja sih manfaat dari chatbot WhatsApp? Yuk, baca artikel ini sampai habis biar kamu tau lebih banyak!

Sekilas Tentang WhatsApp dan Chatbot WhatsApp

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang digunakan untuk melakukan komunikasi antara perorangan dan grup. Sebagai platform chat, WhatsApp menjadi aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan di Indonesia. Berdasarkan data dari Kominfo, ada 171 juta atau 64,4% pengguna internet di Indonesia, dimana 83% dari 171 juta itu adalah pengguna aplikasi WhatsApp.

Sekarang ini, WhatsApp tidak hanya digunakan sebagai aplikasi pesan instan untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman, atau kerabat lainnya saja. Namun, seiring berkembangnya era teknologi, WhatsApp dapat digunakan untuk membantu menjalankan sebuah bisnis online, yang bertujuan untuk memberikan informasi detail mengenai produk yang ditawarkan beserta cara membayarnya.

Pada aplikasi WhatsApp, terdapat fitur chatbot WhatsApp yang salah satu tujuannya yaitu agar memudahkan para pelaku bisnis untuk berinteraksi dan memberi informasi kepada calon customer. Biasanya, layanan customer service pada bisnis online membutuhkan waktu sekitar 2-5 menit untuk merespon customer, maka chatbot hanya membutuhkan hitungan detik saja untuk merespon chat dari customer.

chatbot WhatsApp merupakan AI (artificial intelligence) atau program kecerdasan buatan yang dimiliki oleh WhatsApp Business API atau WhatsApp bisnis. Sistem bot di WhatsApp bisnis ini berperan sebagai asisten virtual yang membalas pesan masuk secara otomatis hanya dalam hitungan detik saja.

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Manfaat Penggunaan Aplikasi Whatsapp Ganda!

 

Manfaat chatbot WhatsApp dalam Bisnis Online

Chatbot WhatsApp banyak sekali diminati oleh pelaku bisnis online karena dapat memberikan balasan hanya dalam hitungan detik saja ketika ada chat yang masuk. Oleh karena itu, pelaku bisnis online bisa fokus dengan masalah yang lain dalam melakukan penjualan. Berikut beberapa manfaat chatbot WhatsApp dalam bisnis online.

 

1. Melayani Pelanggan Selama 24 Jam

Manfaat pertama penggunaan chatbot WhatsApp dalam bisnis online yaitu dapat menjawab setiap pesan yang masuk selama 24 jam tanpa henti. Namun, jangan lupa untuk mengaktifkan fitur chatbot agar bisa menjawab pesan secara otomatis. Hal ini dapat membantu bisnis online untuk menyediakan layanan informasi yang maksimal tanpa ada batas waktu.

 

2. Menjalin Hubungan Baik dengan Calon Customer

Dengan menggunakan bot WhatsApp pada layanan customer service bisnis online, dapat memungkinkan untuk menjalin komunikasi dua arah antara pelaku usaha bisnis online dengan calon customer. Meskipun chatbot dijalankan oleh mesin, isi percakapan dalam bot WhatsApp dapat dibuat senatural mungkin seperti ketika melakukan interaksi chat dengan manusia pada umumnya.

 

3. Menghemat Biaya Operasional dan Waktu

Jika kamu merupakan pemula dalam bisnis online, menggunakan bot WhatsApp akan sangat membantu dalam memberikan layanan kepada calon customer. Dengan menggunakan chatbot, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya terlebih dahulu di awal merintis bisnis online untuk mencari orang sebagai customer service yang akan membantu kamu dalam menjawab chat.

Selain itu, chatbot juga dapat menghemat waktu calon customer dalam menunggu balasan dari pelaku usaha bisnis online. Calon customer tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk mendapat balasan tentang produk yang mereka inginkan, dan pelaku bisnis online juga tidak perlu menjawab satu-satu chat calon customer secara manual.

 

4. Mengumpulkan Penilaian dari Customer

Untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan dalam usaha bisnis online, kamu membutuhkan penilaian dari customer. Dengan adanya bantuan chatbot WhatsApp, kamu tidak perlu membuat form feedback lagi karena terkadang customer malas untuk mengisinya. Kamu bisa langsung mengajukan pertanyaan secara otomatis dengan bantuan chatbot, dan customer hanya tinggal menjawabnya pada kolom chat.

 

Baca Juga: Chatbot Bisa Membuat Bisnis Lebih Sukses? Ini Alasannya!

 

Langkah-Langkah Membuat Chatbot WhatsApp

Terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu agar para pelaku bisnis dapat menggunakan fitur chatbot pada WhatsApp. Yuk, simak langkah-langkahnya biar kamu bisa bikin chatbot sendiri untuk usaha bisnis onlinemu!

  • Download aplikasi WhatsApp Business terlebih dahulu. Kamu bisa download aplikasi tersebut di playstore atau appstore.
  • Setelah itu, buka aplikasi WhatsApp Business dan buatlah akun. Dalam membuat akun, pastikan dahulu nama akun bisnismu beserta nomor telepon yang akan didaftarkan. Hal yang perlu diingat, nama akun bisnis tidak bisa dirubah-rubah.
  • Dalam membuat akun bisnis, lengkapi juga data pendukungnya, seperti jenis usaha, jam operasional bisnis, website, email resmi akun bisnis, NPWP/SIUP bisnis, daerah operasional, dan lain sebagainya untuk kepentingan pembuatan chatbot.
  • Setelah mengisi data dengan lengkap, WhatsApp Bisnis akan meninjau semua kelengkapan yang sudah kamu isi. Setelah proses disetujui, kamu sudah bisa menggunakan WhatsApp Bisnismu dan bisa membuat chatbot melalui opsi business tools.
  • Dalam pembuatan chatbot di WhatsApp, pikirkan tentang percakapan seperti apa yang kamu inginkan untuk menyapa dan memberi layanan serta informasi kepada customer. Selain itu, pikirkan alternatif jawaban ketika pertanyaan customer tidak bisa dijawab oleh bot.
  • Pada penggunaan chatbot di WhatsApp, tidak semua pertanyaan customer dapat terjawab. Kamu juga harus turut menjawab secara manual sesekali. Tetapi, dengan bantuan chatbot, kamu tidak akan kewalahan menjawab satu-satu. Maka dari itu, tulislah secara detail semua informasi dan alur percakapan yang sekiranya bisa dijawab oleh chatbot.
  • Setelah kamu membuat alur percakapan, informasi layanan produk, harga yang ditawarkan, dan lain sebagainya dengan detail, jangan lupa untuk menguji coba chatbot dengan mencoba melakukan chat ke akun WhatsApp bisnismu. Terus lakukan improve jika dirasa masih kurang memuaskan.

 

Nah, itu tadi penjelasan mengenai beberapa manfaat dan langkah-langkah untuk membuat chatbot WhatsApp sebagai layanan customer service untuk bisnis onlinemu.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan platform Kokatto yang bisa bantu kamu untuk mengelola bisnis online dan berkomunikasi dengan customer melalui fitur WhatsApp API-nya. Dengan menggunakan fitur chatbot pada WhatsApp, kamu tidak perlu khawatir lagi pesan tidak akan terbalas dengan alasan tidak adanya tenaga SDM untuk membantu. Selamat mencoba, ya!

whatsapp facebook instagram
KokattoLogo Jakarta Metropolitan Tower 10th floor Jl. TB Simatupang No.Kav. 14, DKI Jakarta - 12430 +6221 3972 3972 | sales@kokatto.com
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright 2022 by Kokatto. All Rights Reserved