Chatbot Bisa Membuat Bisnis Lebih Sukses? Ini Alasannya!

Published By: achmad.firdaus,   23 August 2022   whatsapp    64

Mungkin belum banyak usaha kecil yang mendengar chatbot padahal chatbot adalah salah satu alat luar biasa yang bisa meningkatkan penjualan dan mengantarkan sukses usaha. Tidak hanya itu saja, chatbot adalah salah satu komponen yang bisa membantumu lebih mudah dalam hal mengatasi permasalahan pelanggan. Dengan chatbot, perusahaan bisa mendapatkan banyak sekali keuntungan.

Hanya saja, tidak semua usaha menggunakan chatbot. Karena sebagian besar chatbot adalah teknologi yang mungkin terasa rumit untuk pemilik usaha kecil. Sebaliknya, perusahaan besar atau pemilik usaha yang sudah sadar teknologi menggunakan chatbot agar usaha mereka jauh lebih lancar. Untuk memahami lebih lengkap tentang chatbot, artikel ini akan menjelaskan pengertian dan manfaat dari chatbot.


Pengertian dari Chatbot

Chatbot adalah sebuah kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang meniru percakapan selayaknya manusia biasa dengan menggunakan proyeksi kalimat dan sinyal pendengaran atau berbasis teks. Chatbot adalah salah satu alat yang sangat berguna untuk bisnis yang memerlukan pelayanan selama 24 jam. Jenis kecerdasan buatan seperti chatbot adalah bentuk yang sangat cocok untuk digunakan sebagai asisten virtual.

Istilah lainnya dari chatbot adalah artificial conversational entity (ACE), chat robot, talk bot, chatterbot atau chatterbox. Meskipun memiliki banyak istilah, chatbot adalah alat yang memiliki fungsi yang sama. Dengan pengaturan yang tepat, chatbot bisa menjadi pendamping usaha untuk melayani pelanggan hingga menjadi asisten virtual.

Saat ini, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sering menggunakan chatbot untuk interaksi yang membutuhkan respon cepat. Cara kerja chatbot adalah dengan membalas pesan dengan cepat dan juga merekomendasikan apa yang pelanggan cari atau butuhkan.

Cara kerja chatbot sering dijumpai pada sistem pengiriman pesan yang ada di dalam marketplace. Misalnya saat pembeli bertanya seputar produk, pihak yang menjawab adalah chatbot sesuai dengan yang sudah diatur oleh pemilik toko. Respon yang cepat ini membantu penjual untuk menjawab pertanyaan dalam waktu singkat tanpa harus membuat pelanggan menunggu.

Baca Juga: Apa itu Marketing Mix dan Manfaatnya Bagi Bisnis?

Manfaat Menggunakan Chatbot untuk Bisnis

Menggunakan chatbot adalah salah satu pilihan yang bisa membantu pemilik usaha untuk lebih mudah mengelola pelanggan dan memberikan pelayanan yang cepat. Tetapi tidak semua usaha berpikir untuk menggunakan chatbot karena pengelolaan yang terbilang rumit. Padahal saat ini ada banyak sekali chatbot yang mudah digunakan.

Berinvestasi pada chatbot adalah salah satu cara agar bisnis bisa semakin lancar. Karena chatbot banyak memberikan manfaat untuk pengelola usaha dan untuk bisnis itu juga. Manfaat yang bisa diberikan chatbot adalah sebagai berikut.

1. Memberikan Wajah untuk Perusahaan

Manfaat pertama yang diberikan oleh chatbot adalah memberikan wajah untuk perusahaan. Chatbot mampu memberikan tampilan tentang bagaimana suatu perusahaan melayani pelanggannya. Karena saat pelanggan menghubungi perusahaan, chatbot adalah poin pertama yang dilihat dan dirasakan oleh pelanggan.

Chatbot juga terasa lebih nyaman bagi pelanggan dibandingkan dengan menggunakan email atau telepon yang terkesan terlalu agresif. Chatbot juga memberikan pengaruh pada keputusan pelanggan tentang bagaimana interaksi yang terjadi. Ini karena chatbot adalah alat yang menggunakan kecerdasan buatan untuk memprediksi apa yang mungkin diperlukan oleh pelanggan. Sehingga pelanggan juga merasa lebih terbantu dengan adanya chatbot yang merekomendasikan dengan halus.

2. Chatbot Selalu Tersedia 24 Jam

Dibandingkan dengan sistem pelayanan pelanggan dengan cara yang lama, chatbot adalah jenis pelayanan pelanggan yang lebih modern. Karena chatbot bisa selalu tersedia selama 24 jam setiap harinya. Sehingga pelanggan yang membutuhkan bantuan di saat hari libur sekalipun bisa berhubungan dengan chatbot.

Meskipun ada pertanyaan yang mungkin tidak bisa dijawab oleh chatbot, pertanyaan tersebut akan dikirimkan kepada pelayanan pelanggan yang sebenarnya. Tetapi kasus ini cukup jarang terjadi mengingat chatbot sudah diatur sedemikian rupa untuk memberikan jawaban kepada pelanggan.

3. Meningkatkan Penjualan

Manfaat selanjutnya dari chatbot adalah meningkatkan penjualan. Fungsi dari chatbot sendiri adalah untuk bisa berhubungan dengan pelanggan kapanpun dan dimanapun. Fungsi ini bisa digunakan untuk mengirimkan pesan atau ajakan untuk berbelanja produk lebih banyak lagi. Dengan strategi yang tepat, cara ini kemungkinan berhasil mengajak pelanggan untuk melakukan pembelian ulang.

Strategi yang bisa digunakan agar manfaat ini bisa berhasil adalah dengan memberikan penawaran berupa diskon, potongan harga, hingga informasi spesial seputar produk lainnya. Chatbot akan membantu mengirimkan hal tersebut kepada pelanggan sehingga para pelanggan bisa mendapatkan informasi lebih awal. Ini membuat perusahaan mampu meraih pelanggan lebih cepat dan mudah dibandingkan dengan cara tradisional.

4. Strategi Pemasaran Menggunakan Percakapan

Chatbot adalah salah satu strategi pemasaran yang juga ampuh untuk digunakan dalam bisnis. Strategi pemasaran ini bisa berhasil dengan lancar ketika obrolan dengan pelanggan juga berjalan dengan lancar. Kelancaran percakapan ini bisa terjadi ketika chatbot dilengkapi dengan penyelesaian masalah yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing pelanggan.

Ini adalah tugas dari pemilik usaha untuk mengatur agar chatbot yang digunakan mampu memberikan jawaban sesuai dengan pengalaman dan kebutuhan pelanggan. Karena chatbot adalah kecerdasan buatan, maka pengaturan untuk hal tersebut juga tidak terlalu rumit. Sehingga ketika pelanggan mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka, maka chatbot bisa dengan mudah merekomendasikan produk yang mungkin mereka sukai.

5. Analisis Perilaku Pelanggan

Manfaat yang juga sangat penting dari chatbot adalah bisa digunakan untuk menganalisis perilaku pelanggan. Chatbot menyimpan setiap informasi dari pelanggan. Mulai dari yang mereka sukai hingga apa saja yang mungkin menarik minat mereka. Sehingga kamu bisa menggunakan informasi tersebut untuk analisis seputar pelangganmu.

Misalnya, kamu bisa mempelajari tentang komplain apa yang diajukan oleh pelangganmu. Kemudian kamu bisa menggunakan informasi tersebut untuk meningkatkan kualitas produkmu. Cara ini bisa digunakan agar produkmu menjadi lebih maju dan diterima oleh pelanggan.

6. Banyak Implementasi

Sejauh ini, manfaat dari chatbot hanya sebagai pelayanan pelanggan. Padahal manfaat dari chatbot bisa lebih dari itu semua. Misalnya, chatbot bisa digunakan sebagai HR atau Human Resource. Dimana tenaga kerja bisa mengajukan pertanyaan seputar Human Resource kepada chatbot. Cara ini lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan cara tradisional.

Manfaat lainnya adalah IT Service Helpdesk. Contoh penggunaan ini sering ditemukan di Support untuk service desk application. Sehingga para developer bisa bertanya seputar pelayanan dan mendapatkan jawaban dengan cepat.

7. Bisa Untuk Bisnis yang Berbeda-Beda

Manfaat dari chatbot adalah bisa digunakan oleh bisnis yang berbeda-beda. Apapun jenis bisnis yang dijalankan, bak itu edukasi, jasa, makanan, dan lain lain semua bisa menggunakan chatbot untuk melancarkan usaha mereka. Penggunaannya pun juga bermacam-macam, mulai dari pelayanan pelanggan hingga promosi produk.

Setelah memahami apa definisi dari chatbot, kamu bisa menentukan apa penggunaan yang terbaik untuk usahamu. Chatbot adalah sebuah alat yang bisa kamu kelola agar pekerjaanmu lebih mudah. Contoh chatbot yang bisa kamu gunakan adalah Kokatto. Kokatto adalah platform komunikasi yang bisa mengirimkan pesan teks maupun suara ke seluruh pelanggan kapanpun dan dimanapun. Langsung cek saja Kokatto sekarang!