Alasan Customer Engagement adalah Poin Penting untuk Usaha

3 November 2022 Alasan Customer Engagement adalah Poin Penting untuk Usaha

Customer engagement adalah poin penting untuk usaha. Karena pengertian dari customer engagement adalah interaksi berkelanjutan antara pelanggan dan perusahaan yang ditawarkan oleh perusahaan dan dipilih oleh pelanggan. Pengertian tersebut berdasarkan Paul Greenberg .

Pengertian dari customer engagement berbeda-beda dari setiap sudut pandang. Contoh lain lagi untuk pengertian customer engagement adalah perkiraan tingkat dan kedalaman interaksi pengunjung terhadap serangkaian tujuan yang ditetapkan dengan jelas. Pengertian tersebut berdasarkan Eric Peterson.

Dari banyaknya pengertian customer engagement, semua pengertian tersebut selalu berhubungan dengan interaksi antara pelanggan dan perusahaan apapun bentuknya. Semua jenis interaksi yang berhubungan dengan pelanggan dan perusahaan bisa disebut sebagai customer engagement selama interaksi tersebut berhubungan dengan usaha.

Maka dari itu, customer engagement adalah poin penting dalam suatu usaha karena terdiri dari aktivitas antara pelanggan dan perusahaan. Artinya, customer engagement membantu suatu perusahaan berkembang menjadi lebih pesat dengan menilai seberapa dalam interaksi perusahaan dengan pelanggan yang merupakan penggerak usaha.


Manfaat Customer Engagement untuk Perusahaan

Dengan menjaga hubungan antara perusahaan dan pelanggan, tentunya perusahaan akan mudah mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Ini bermanfaat jika perusahaan ingin mengeluarkan produk baru atau menaikkan penjualan.

Adapun manfaat lain dari customer engagement adalah:

1. Membuka Kesempatan Penjualan Baru

Fungsi utama dari customer engagement adalah menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Jika hubungan terjaga dengan baik, perusahaan bisa membuka kesempatan baru untuk penjualan mereka. Dengan customer engagement yang baik tentunya pelanggan bisa menjadi lebih loyal untuk perusahaan. Kesempatan ini bisa dijadikan perusahaan untuk membuat pelanggan melakukan pembelian ulang. Cara ini jauh lebih mudah dibandingkan dengan mencari calon pembeli baru.

2. Meningkatkan Penjualan dan Pendapatan Usaha

Manfaat yang paling dirasakan dari terjalinnya customer engagement adalah meningkatnya penjualan dan pendapatan usaha. Pelanggan dan perusahaan yang memiliki kepercayaan terjalin dengan baik akan lebih mudah saat perusahaan perlu meningkatkan penjualan. Bahkan saat perusahaan merilis produk terbaru, mereka tidak kesulitan mencari pembeli karena pelanggan bisa dengan mudah didapatkan.

Pelanggan setia juga lebih banyak berbelanja dibandingkan dengan pembeli baru. Ini karena kepercayaan pelanggan sudah terbentuk dengan baik sehingga mereka tidak perlu meragukan kualitas produk yang telah mereka pilih.

3. Melancarkan Setiap Penjualan

Siklus penjualan yang pendek cenderung memberikan banyak manfaat di akhir. Alasannya adalah ketika kamu berhasil menarik target pasar untuk membeli suatu produk dengan cepat, kamu juga akan menemukan lebih banyak cara untuk menarik pelanggan baru. Proses ini akan dimudahkan dengan customer engagement.

Customer engagement adalah kunci kelancaran penjualan ini. Ketika kamu secara aktif menghubungi pelanggan seputar produk atau informasi terbaru tentang usahamu, kamu juga bisa mendapat kesempatan pelanggan setia yang melakukan pembelian ulang. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menawarkan mereka dengan kupon, voucher, diskon, dan potongan harga lainnya karena customer engagement adalah hal yang perlu dilakukan perusahaan kepada pelanggan.

4. Mendapatkan Timbal Balik dari Pelanggan

Mendapatkan pelanggan setia memberikan timbal balik yang baik juga untuk perusahaan. Ini merupakan salah satu manfaat customer engagement yang bisa membuat perusahaan semakin berkembang selain dari sisi pendapatan.

Peran customer engagement adalah menjaga kepercayaan antara pelanggan dan perusahaan. Ketika kepercayaan telah terbangun dengan baik, maka pelanggan akan lebih mudah memberikan timbal balik. Misalnya memberikan kritik dan saran terhadap pelayanan atau produk mereka. Timbal balik tersebut bisa menjadi informasi tambahan untuk produk dan perusahaan bisa meningkatkan kualitas berdasarkan kritik dan saran tersebut.

Meskipun hanya sekedar kritik dan saran, pelanggan akan merasa lebih dihargai jika kritik dan saran mereka lebih didengarkan. Ada banyak contoh perusahaan yang merubah produk mereka berkat masukan dari pelanggan setia. Selanjutnya produk dan perusahaan mereka semakin berkembang karena kualitas semakin meningkat. Inilah mengapa customer engagement adalah bagian penting dari berkembangnya perusahaan.

Baca Juga: Apa Itu Social Media Marketing? Simak Strateginya

5. Menambah Jumlah Pelanggan Setia

Manfaat lain dari customer engagement adalah bertambahnya jumlah pelanggan setia perusahaanmu. Strategi customer engagement bertujuan untuk menjaga agar pelanggan setia bisa tetap setia pada perusahaan. Mereka bisa merekomendasikan produk ke orang yang terdekat sehingga jumlah pelanggan setia akan bertambah.

Dengan semakin banyak pelanggan yang merasa didengar dan diperhatikan oleh perusahaan, tentunya akan membuat pelanggan tersebut tetap setia. Ini merupakan strategi customer engagement yang wajib dilakukan setiap perusahaan jika ingin perusahaan berkembang dengan pesat.

6. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Manfaat yang juga utama dari customer engagement adalah meningkatkan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan memberikan dampak positif untuk perusahaan. Pelanggan yang puas dengan produk maupun pelayanan perusahaan bisa dipastikan akan kembali melakukan transaksi ulang.

Untuk membangun hal tersebut, customer engagement perlu dijalankan oleh perusahaan. Mulai dari mendengarkan kebutuhan pelanggan hingga memberikan solusi terbaik untuk mereka. Bagian penting dari customer engagement adalah menyediakan solusi yang solutif bagi pelanggan. Pelanggan akan senang dengan perusahaan yang menyediakan solusi tepat untuk permasalahan mereka.


Strategi Customer Engagement yang Bisa Dilakukan Perusahaan

Customer engagement adalah poin penting dari perusahaan sehingga tidak sembarangan dilakukan. Dibutuhkan strategi agar customer engagement bisa terbangun dengan baik dan memberikan manfaat kepada perusahaan. Strategi yang bisa dilakukan perusahaan untuk suksesnya customer engagement adalah:

1. Buat Bagian Khusus Customer Engagement

Penanganan pelanggan tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Maka dari itu, customer engagement adalah bagian perusahaan yang memerlukan divisi sendiri. Tujuannya adalah agar divisi tersebut bisa fokus melayani pelanggan dan mendengarkan kritik dan saran dari mereka.

2. Dekati Pelanggan

Selalu dekat dengan pelanggan adalah salah satu strategi customer engagement yang baik. Customer engagement adalah interaksi, jadi kamu bisa mendekati pelanggan lewat telepon, iklan, bahkan sosial media. Era digital akan memudahkan perusahaan untuk lebih dekat dengan pelanggan.

3. Buat Konten untuk Setiap Pelanggan

Pelanggan suatu perusahaan pastinya terdiri dari berbagai macam latar belakang. Salah satu strategi untuk suksesnya customer engagement adalah merangkul setiap latar belakang yang berbeda tersebut. Perusahaan bisa melakukan hal ini dengan cara membuat konten yang ditujukan untuk pelanggan yang berbeda. Pelanggan juga merasa lebih memahami perusahaan.

4. Personalisasi Pengalaman Pelanggan

Dibandingkan dengan mengirim email dalam jumlah banyak kepada pelanggan, strategi yang sukses untuk customer engagement adalah personalisasi pengalaman pelanggan. Perusahaan perlu mengetahui apa yang diperlukan dan diinginkan pelanggan agar bisa memberikan pelayanan yang sesuai dengan harapan mereka.

Penting sekali bagi perusahaan untuk memahami customer engagement. Karena customer engagement adalah salah satu pembangun perusahaan yang bisa memperlancar pendapatan perusahaan. Membangun interaksi antara perusahaan dan pelanggan bisa menjadi langkah awal untuk membangun customer engagement tersebut. Agar interaksi perusahaan dan pelanggan terjalin dengan mudah, kamu bisa menggunakan Kokatto. Kokatto adalah platform komunikasi yang bisa mengirimkan pesan teks maupun suara kepada pelanggan dalam jumlah banyak. Kokatto dapat membantumu membangun interaksi dengan pelanggan kapan pun dan di mana pun.

whatsapp facebook instagram
KokattoLogo Jakarta Metropolitan Tower 10th floor Jl. TB Simatupang No.Kav. 14, DKI Jakarta - 12430 +6221 3972 3972 | sales@kokatto.com
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2023 by Kokatto. All Rights Reserved