Mengenal Fast Respon Chat Artinya Apa dan Manfaatnya

31 Desember 2022 Mengenal Fast Respon Chat Artinya Apa dan Manfaatnya

Fast respon chat adalah salah satu istilah yang dikenal dalam berkomunikasi, termasuk dalam dunia komunikasi perbinisan. Bagi yang sering menggunakan aplikasi chat, baik untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis, pasti fast respon chat adalah salah satu istilah yang sering didengar. Kalau diartikan, fast respon chat artinya adalah membalas pesan dengan cepat.

Di zaman yang serba digital dan semakin maju sekarang ini, tiap orang pasti tidak bisa lepas dari yang namanya chatting. Dengan adanya aplikasi chatting dapat membantu kita untuk saling berkomunikasi dengan mudah dan cepat. Karena itu, diperlukan adanya suatu interaksi yang real time antara si pengirim pesan dan penerimanya agar proses chatting dapat berjalan dengan lancar.

Fast respon chat adalah hal yang penting. Bagi kamu yang memiliki suatu bisnis dan memiliki prinsip untuk selalu memberikan fast respon chat artinya adalah kamu orang yang tahu bagaimana cara memberikan pelayanan yang terbaik untuk konsumen.

Dalam bisnis, komunikasi yang baik dengan konsumen adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Ya, fast respon chat adalah salah satunya. Fast respon chat artinya merupakan hal yang sangat diperlukan agar calon konsumen tidak pindah ke bisnis saingan yang lebih cepat tanggap dalam membalas chat calon konsumen.

Misalnya ada konsumen yang menanyakan stok produk, kamu bisa dengan sigap langsung membalas pesan dari konsumen tersebut dengan memberitahukan ketersediaan produkmu.

Fast respon chat adalah lawan dari slow respon, atau tanggapan lambat yang dilakukan pada konsumen. Nah, dalam berjualan online, fast respon chat artinya tentu akan lebih bagus daripada slow respon. Memberikan tanggapan dengan cepat pada konsumen dapat mendatangkan keuntungan untuk bisnis kamu.

Untuk memahami lebih lanjut, yuk simak dulu arti dari fast respon chat dengan slow respon chat berikut ini!

Baca juga: Cara Broadcast WhatsApp: Solusi Kirim Pesan Efisien

Fast Respon Chat Artinya

Fast respon chat adalah saat pebisnis atau penjual memberikan tanggapan, respon, atau balasan kepada pesan atau pertanyaan dari konsumen dengan cepat. Jadi, secara sederhananya fast respon chat artinya respon cepat. Penjual yang memberikan fast respon biasanya cenderung akan membuat konsumennya jadi merasa senang dan percaya.

Contoh fast respon chat adalah saat konsumen mengirimkan pesan pertanyaan pada penjual, kemudian dibalas dalam jangka waktu pendek atau cepat, misalnya sekitar 10 menit atau kurang. Maka itu bisa dikategorikan sebagai fast respon.

Slow Respon Chat Artinya

Slow respon chat adalah saat pebisnis atau penjual memberikan tanggapan, respon, atau balasan kepada pesan atau pertanyaan dari konsumen dengan lambat. Jadi, secara sederhananya slow respon chat artinya respon lambat. Penjual yang memberikan slow respon biasanya cenderung membuat konsumennya jadi merasa was-was dan tidak percaya.

Contoh slow respon chat adalah saat konsumen mengirimkan pesan pertanyaan pada penjual, kemudian dibalas dalam jangka waktu lama, misalnya hingga berjam-jam. Maka itu bisa dikategorikan sebagai slow respon.

Seperti yang dijelaskan di atas, dengan memberikan fast respon chat adalah hal yang sangat penting dalam menjalankan bisnis. Karena, fast respon chat artinya menandakan bahwa kamu adalah penjual yang dapat dipercaya oleh konsumen.

Selain itu, dengan fast respon juga akan mendatangkan berbagai manfaat lainnya, seperti yang akan dibahas di bawah ini:

 

Manfaat Memberikan Fast Respon Chat

1. Membangun Rasa Percaya Konsumen

Untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap kamu, maka fast respon merupakan salah satu kuncinya. Saat kamu memberikan tanggapan cepat pada konsumen, maka artinya kamu sedang membangun kepercayaan mereka terhadap bisnismu. 

Respon atau tanggapan cepat yang kamu berikan kepada konsumen akan meyakinkan mereka bahwa bisnis atau tokomu bukanlah abal-abal. Dengan memberikan tanggapan yang sigap ini juga menunjukkan seberapa niat kamu dalam berjualan. Kalau sudah membangun rasa percaya konsumen pada bisnismu, maka mereka pun tidak akan ragu untuk melakukan pembelian. 

Hal ini berlaku untuk konsumen baru maupun lama. Bagi konsumen baru, saat mereka mendapat respon cepat dari penjual, maka mereka akan lebih yakin untuk membeli produk dari kamu. Sedangkan bagi konsumen lama, akan membuat mereka jadi setia dan melakukan pembelian ulang dari kamu.

Baca juga: Ini 8 Cara Promosi Produk yang Ampuh untuk Bisnismu

2. Memberikan Nilai Plus untuk Bisnis

Konsumen biasanya tidak suka menunggu, jadi memberikan fast respon akan memberikan nilai plus untuk bisnismu. Kalau bisnismu sudah punya nilai lebih di mata konsumen, maka bisa meningkatkan rating toko yang kamu miliki juga.

Rating ini merupakan tolok ukur penting saat kamu berjualan. Kalau rating toko mencapai bintang empat atau lima, maka konsumen akan berpikir bahwa tokomu sudah kredibel dan terpercaya. Biasanya, konsumen akan lebih tertarik untuk membeli di toko yang sudah mendapatkan rating tinggi dibanding yang rating-nya rendah.

3. Menciptakan Rasa Menghargai

Kamu pasti tahu bagaimana rasanya kalau pesan yang kamu kirimkan tidak kunjung dibalas oleh orang lain. Tidak enak, bukan? Nah, hal ini berlaku juga bagi para konsumen, di mana mereka akan merasa kesal kalau pesan yang mereka kirimkan ke toko tidak mendapatkan tanggapan dengan segera.

Niatnya ingin melakukan pembelian dengan menanyakan informasi produk dulu, tapi baru bertanya saja pesannya lama menerima balasan dari penjual. Bagaimana nanti kalau sudah masuk proses pemesanan dan pengiriman? Konsumen tentu jadi merasa ragu.

Selain itu, konsumen akan merasa tidak dihargai oleh penjualan karena pesannya ke yang tidak kunjung dijawab. Besar kemungkinan akan timbul pertanyaan seperti “Niat jualan apa nggak, sih?” bisa muncul kalau kamu tidak menanggapi pesannya dengan segera. Nah, saat konsumen sudah merasa tidak dihargai seperti itu, mereka biasanya akan memilih untuk membeli dari toko lain.

3. Sebagai Alat Promosi

Saat kamu memberikan fast respon kepada konsumen, pada waktu yang bersamaan berarti kamu sedang meningkatkan peluang untuk mempromosikan bisnismu. ya, konsumen yang merasa puas dengan pelayanan dalam bisnismu akan cenderung memberikan review baik untuk tokomu.

Review dari konsumen tersebut bisa kamu pakai untuk mempromosikan bisnis. Selain itu, ada kemungkinan juga kalau konsumen yang puas dengan pelayananmu akan merekomendasikannya ke orang lain. Jadi, respon yang baik bisa jadi alat jualan untuk mempromosikan bisnismu.

4. Meningkatkan Penjualan

Konsumen yang merasa dilayani dengan baik biasanya tidak akan merasa ragu untuk melakukan pembelian selanjutnya. Hal ini juga dikenal sebagai pembelian berulan atau repeat order. Kalau konsumen puas dengan pelayanan yang kamu berikan, maka mereka akan kembali lagi untuk melakukan pembelian.

Hal tersebut juga berlaku untuk calon konsumen yang baru pertama kali membeli produk di tokomu. Saat calon konsumen dilayani dengan baik, maka mereka akan merasa lebih yakin untuk melakukan pembelian. Dengan begitu kamu pun jadi bisa menghasilkan penjualan yang lebih.

 

Dari pembahasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa fast respon chat artinya merupakan salah satu kunci untuk membuat jualanmu semakin laris. Bagi kamu yang sedang menjalankan bisnis, kamu juga bisa tingkatkan penjualan dengan mengelola bisnismu melalui Kokatto.

Kokatto adalah platform komunikasi yang digunakan untuk mengirimkan pesan dalam jumlah banyak, baik berupa pesan teks maupun pesan suara. Dengan memakai platform ini, tentunya akan lebih mudah menghubungkan kamu dengan konsumenmu, dan kamu bisa memberikan fast respon kepada mereka. Yuk, gunakan Kokatto sekarang!

whatsapp facebook instagram
KokattoLogo Jakarta Metropolitan Tower 10th floor Jl. TB Simatupang No.Kav. 14, DKI Jakarta - 12430 +6221 3972 3972 | sales@kokatto.com
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2023 by Kokatto. All Rights Reserved