Ini 8 Cara Promosi Produk yang Ampuh untuk Bisnismu!

3 November 2022 Ini 8 Cara Promosi Produk yang Ampuh untuk Bisnismu!

Dalam menjalankan sebuah bisnis atau usaha, cara promosi produk menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan. Dengan mengetahui cara promosi produk yang variatif dan sesuai dengan produk serta target audiens, transaksi pembelian barang atau jasa bisnismu bisa meningkat. Selain itu, mengetahui cara promosi produk yang tepat untuk bisnismu juga bisa membantumu menyusun strategi promosi yang lebih efisien. Untuk itu, yuk kita cari tahu beberapa cara promosi produk yang bisa kamu coba untuk bisnis atau usahamu!

Promosi Itu Apa Sih?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang berbagai cara promosi produk yang bisa kamu coba, kamu harus paham dulu tentang promosi. Secara sederhana, promosi merupakan salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan sebuah usaha atau bisnis untuk membujuk, mempengaruhi, menyampaikan suatu maksud pesan, hingga meningkatkan target market dari bisnis atau usaha tersebut. Kamu bisa mempelajari seputar segmentasi pasar untuk bisnis atau usahamu di artikel [ini]. Kegiatan promosi dilakukan sebuah bisnis atau usaha agar produk atau jasa yang dijual bisa diterima oleh publik sehingga mereka mau membeli dan menggunakannya.

Kalau kamu berpikir kegiatan promosi hanya bisa dilakukan oleh bisnis atau usaha besar, kamu keliru. Berbagai cara promosi produk bisa dilakukan oleh suatu bisnis atau usaha baik skala besar maupun kecil. Berbagai cara promosi produk dilakukan sebagai salah satu strategi pemasaran untuk mendatangkan pelanggan dan meningkatkan penjualan, sebesar apa pun skala bisnis atau usahanya.

Tujuan Bisnis Melakukan Promosi

Setelah paham tentang apa itu promosi, lalu, sebenarnya apa sih tujuan suatu bisnis atau usaha melakukan berbagai cara promosi produk? Beberapa tujuan dari dilakukannya promosi antara lain untuk menarik perhatian, membangun branding, bersaing dengan kompetitor, meningkatkan penjualan, hingga menyebarkan informasi mengenai produk bisnis atau usaha kita. Berikut penjelasan dari masing-masing tujuan promosi:

1. Menarik Perhatian

Dengan adanya berbagai cara promosi produk yang dilakukan, diharapkan target audiens yang bisnis atau usahamu tuju dapat tertarik dengan produk dari bisnismu. Bermula dari tertarik dengan produk bisnismu, berlanjut ke rasa ingin tahu, hingga diharapkan berhasil melakukan pembelian.

2. Membangun Branding

Tujuan kegiatan promosi yang kedua adalah membangun citra brand bisnismu atau biasa disebut branding agar kesan yang ingin kamu berikan di benak pelangganmu sesuai dengan harapan dan rencana bisnismu.

3. Bersaing dengan Kompetitor

Tantangan utama setiap kamu menjalankan bisnis atau usaha adalah banyaknya kompetitor yang menjual produk atau jasa sejenis atau bahkan sama. Untuk itu, berbagai cara promosi produk bisa kamu manfaatkan dan maksimalkan untuk membedakan bisnismu dengan kompetitor yang lain. Dengan begitu, bisnis atau usahamu akan tetap bisa menarik perhatian pelanggan di antara banyaknya kompetitor.

4. Meningkatkan Penjualan

Jika penjualan produk bisnis atau usahamu sebelumnya biasa saja atau bahkan kurang baik, mungkin kamu perlu mempertimbangkan beberapa cara promosi produk untuk bisnismu. Dengan adanya promosi, pelanggan akan lebih tertarik dan tergiur untuk melakukan pembelian produk atau jasa yang kamu tawarkan. Tapi ingat, pastikan cara promosi produk yang kamu jalankan sudah sesuai dan dengan perencanaan matang, ya!

5. Menyebarkan Informasi

Coba diingat-ingat, sudah berapa kali kamu mengenal brand baru karena promosi heboh yang mereka lakukan? Nah, itu adalah salah satu cara bisnis atau usaha tersebut menyampaikan informasi terkait produk hingga brand itu sendiri dengan cara promosi produk. Dengan adanya promosi yang dilakukan, secara tidak langsung bisnis atau usahamu juga menyampaikan informasi mengenai produk atau bahkan brand awareness dari bisnis atau usahamu. Jadi, produk dan bisnismu bisa dikenal dan diketahui lebih banyak orang.

Pahami juga apa itu Sales Force, Fungsi, dan Manfaatnya untuk Bisnismu

8 Cara Promosi Produk untuk Bisnismu

Setelah kamu paham tentang apa itu promosi hingga berbagai tujuannya, baru kamu bisa mempertimbangkan cara promosi produk seperti apa yang akan kamu jalankan. Ada beberapa cara promosi produk yang menarik untuk bisnis atau usahamu, mulai dari diskon, gratis ongkos kirim, beli 1 gratis 1, hadiah gratis, dan lainnya. Yuk, simak berbagai cara promosi produk satu-persatu!

1. Diskon

Cara promosi produk yang paling banyak digunakan adalah diskon atau pemberian potongan harga. Cara promosi produk yang satu ini cukup ampuh karena harga jadi salah satu pertimbangan utama ketika pelanggan akan melakukan pembelian. Kamu bisa memberikan potongan harga kecil-kecilan untuk waktu yang lama, atau bahkan potongan harga besar-besaran untuk periode promosi tertentu. Tapi ingat, perhitungkan dengan pasti, ya!

2. Gratis Ongkos Kirim

Selain diskon, cara promosi produk yang populer lainnya adalah gratis ongkir alias ongkos kirim. Cara promosi produk ini biasanya bisa menarik pelanggan dengan jangkauan yang lebih jauh dan luas berkat adanya subsidi ongkos kirim yang kamu berikan. Jadi, pertimbangan pembelian produk bisnismu tidak terhambat hanya karena ada biaya ongkos kirim tambahan.

3. Beli 1 Gratis 1

Siapa sih yang tidak suka dapat barang gratisan? Nah, cara promosi produk ini bisa memanfaatkan pertimbangan pelanggan untuk membeli produk atau jasamu karena mereka bisa mendapatkan kuantitas lebih dengan hanya membayar seharga satu item.

4. Hadiah Gratis

Bukan hanya dengan menggratiskan item yang sama, kamu juga bisa memberikan hadiah gratis dengan nilai yang berbeda. Cara promosi produk ini tetap diminati karena pelanggan bisa merasa senang karena mendapatkan item tambahan secara gratis dari transaksi yang mereka lakukan.

5. Cashback

Kalau bisnis atau usahamu memanfaatkan e-commerce atau marketplace untuk menjual produkmu, kamu bisa pertimbangkan cara promosi produk yang satu ini. Mirip dengan potongan harga, namun potongan harga akan diberikan ke pelanggan dengan cara mengembalikan saldo atau poin senilai potongan harga yang bisnismu berikan. Hal ini akan mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian terlebih dahulu agar bisa merasakan potongan harga yang diberikan.

6. Loyalty Program

Mau menjaga pelangganmu agar tetap setia bertransaksi di bisnis atau usahamu? Cara promosi produk yang satu ini solusinya! Dengan adanya penawaran khusus bagi pelanggan yang terdaftar sebagai pelanggan setia, mereka akan lebih senang bertransaksi kembali karena mendapatkan value tambahan yang spesial hanya untuk mereka.

7. Sampel Produk

Jangan biarkan pelanggan yang sudah membeli satu produk bisnis atau usahamu berhenti sampai situ saja! Dengan memberikan sampel produk lain secara cuma-cuma, pelanggan akan penasaran dan tertarik untuk membeli produkmu yang lainnya. Jadi, pelanggan bisa melakukan pembelian lagi dengan produk lainnya, deh!

8. Giveaway

Mau memberikan promo sekaligus meramaikan media sosial bisnis atau usahamu? Cara promosi produk yang terakhir ini cocok untuk kamu coba! Dengan mengadakan semacam kegiatan kontes atau kuis berhadiah di media sosial, kamu bisa sekaligus meningkatkan brand awareness untuk bisnismu. Hadiah yang diberikan bisa berupa produk-produk bisnismu, atau bahkan hadiah lain yang bernilai kecil atau bahkan besar-besaran.

Pelajari juga Pengertian, Manfaat, Cara Menghitung, dan Tips Market Share untuk bisnismu!


Itulah beberapa cara promosi produk yang bisa kamu coba untuk bisnis atau usahamu. Selain cara promosi produk di atas, kamu juga bisa memanfaatkan Kokatto, sebuah layanan yang bisa membantumu memudahkan dan memaksimalkan kegiatan promosi bisnismu. Kokatto menyediakan teknologi komunikasi otomatis yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan kegiatan promosi bisnis atau usahamu, mulai dari chatbot WhatsApp, pengiriman email marketing terpadu, pengelolaan pengiriman pesan ke semua pelanggan, dan lainnya. Kamu bisa cari tahu fitur dan keunggulan Kokatto lainnya disini!

whatsapp facebook instagram
KokattoLogo Jakarta Metropolitan Tower 10th floor Jl. TB Simatupang No.Kav. 14, DKI Jakarta - 12430 +6221 3972 3972 | sales@kokatto.com
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2023 by Kokatto. All Rights Reserved