5 Cara Membuat Pesan Otomatis di WA Untuk Bisnis Kamu

3 November 2022 5 Cara Membuat Pesan Otomatis di WA Untuk Bisnis Kamu

Cara membuat pesan otomatis di WA atau WhatsApp dapat dilakukan langsung tanpa aplikasi. Namun untuk membuat pesan otomatis, pastikan WA kamu sudah terhubung ke WhatsApp Bisnis, ya. Dengan cara membuat pesan otomatis di WA ini, kamu ternyata bisa terhubung dengan konsumen, mengirimkan notifikasi penting, dan mengumpulkan banyak feedback, lho.

Fitur ini disebut dengan WhatsApp Business. WhatsApp Business merupakan aplikasi gratis di Android dan iPhone yang didesain buat pemilik bisnis kecil. WhatsApp Business ternyata juga bisa membuat interaksi kamu dengan konsumen lebih mudah. Dengan didukung adanya fitur-fitur buat menyortir, mengautomasi, dan membalas pesan dengan cepat. Aplikasi ini juga didesain sama seperti WhatsApp Messenger. Fitur yang disediakan dalam aplikasi WhatsApp Business ini termasuk:

  • Profil bisnis adalah untuk mencantumkan informasi penting seperti tentang bisnis, alamat toko, email toko, dan website toko kamu.
  • Label adalah untuk mengorganisasi, menemukan chat dan pesan konsumen dengan mudah.
  • Fitur pesan adalah untuk merespons segala pertanyaan konsumen dengan super cepat.

Khusus kamu yang ingin memulai merintis bisnis, fitur ini memang sangat cocok. Kamu juga bisa mengunduh WhatsApp Business ini dengan mudah di Google Play Store dan App Store, lho. Nggak cuma untuk bisnis, kamu juga bisa terus menggunakan akun WhatsApp Messenger dengan gratis untuk berbicara sama teman, maupun dengan keluarga. Nah, sebelum mengetahui cara membuat pesan otomatis di WA, kamu perlu menyimak apa itu WhatsApp Otomatis.

 

Apa yang dimaksud dengan WhatsApp Otomatis?

 

WhatsApp Otomatis merupakan fitur WhatsApp yang memungkinkan bisnis buat mengirimkan pesan balasan dengan otomatis. Balasan yang dimaksud dapat berupa greeting message, harga produk, gambar produk, dan lain-lain sesuai kebutuhan bisnis. Pesan balasan biasanya otomatis terkirim ke pelanggan ketika ada pesan masuk sesuai dengan pola yang dibuat sebelumnya. Saat tim support dari WhatsApp nggak lagi beroperasi, auto WhatsApp sender akan mengirimkan pesan seperti pemberitahuan jika tim nggak lagi tersedia yang disampaikan lewat fitur Away Message.

 

Baca juga: Cara Membuat Link WhatsApp agar Bisnis Makin Lancar

 

Cara membuat pesan otomatis di WA ini juga bisa membantu kamu saat offline, jadi konsumen bisa senang soalnya pesan langsung direspons. Langkah pertama kali buat step ini yaitu kamu bisa memutuskan siapa yang bakal menerima pesan otomatis. Selain itu, kamu bisa menentukan pesan apa saja yang dikirim ke semua konsumen mana saja. Langkah kedua yaitu kamu bisa menjadwalkan pesan balasan otomatis di waktu tertentu. Waktu yang disetel buat balasan otomatis ini mungkin disarankan selama jam tutup bisnis kamu. Nah, berikut adalah cara membuat pesan otomatis di WA yang wajib kamu ketahui:

  1. Cara membuat pesan otomatis di WA, kamu bisa membuka setelan, pilih ‘titik tiga’ di pojok kanan atas. Lalu, klik menu ‘Setelan’. Jika telah selesai, lanjutkan dengan masuk ke ‘setelan bisnis’, dan pilih ‘pesan di luar jam kerja’.
  2. Selanjutnya, kamu bisa aktifkan opsi ‘Send Away Message’ atau kirim pesan di luar jam kerja. Klik tombol di bawah tombol titik tiga pada pojok kanan atas yang semula gelap lalu ketuk supaya tombol itu jadi terang. Saat sudah terang, artinya pesan otomatis sudah aktif.
  3. Edit pesan yang akan dikirim ke konsumen secara otomatis. Caranya, klik tombol bergambar pensil, dan tuliskan pesan otomatis yang ingin dikirim. Akhiri dengan klik tombol ‘OK’.
  4. Atur jadwal pengiriman, dengan memilih tiga opsi, ‘Selalu Kirim’, ‘Jadwal Khusus’, dan juga ‘Di luar jam kerja’. Jika sudah, otomatis pesan bakal terkirim ke konsumen sesuai waktu yang kamu pilih. Sebelum memilih opsi ini, kamu bisa menyetel jam kerja terlebih dahulu.
  5. Langkah terakhir cara membuat pesan otomatis di WA, yaitu mengatur penerima. Ada empat opsi yang bisa kamu pilih, yaitu ‘untuk semua orang’, ‘semua orang yang tidak ada di buku alamat’, ‘semua orang kecuali’, maupun ‘hanya kirim kepada’. Semua opsi ini bisa dipilih sesuai kebutuhan. Jika sudah mengaturnya, langkah berikutnya yaitu dengan klik ‘Simpan’. Kini kamu dapat mengirim pesan otomatis di WA meskipun sedang di perjalanan atau sibuk.

 

Mengapa Cara Membuat Pesan Otomatis di WA Penting?

Setelah mengetahui cara membuat pesan otomatis di WA, kamu perlu tahu juga mengapa pesan otomatis di WhatsApp itu penting. WhatsApp adalah aplikasi messenger yang paling banyak dipakai di dunia. Besar kemungkinan, konsumen menghubungi kamu lewat WhatsApp. Tetapi, apa yang akan terjadi jika kamu telat atau bahkan nggak merespon mereka? Apakah mereka tetap berminat dengan bisnis kamu?

Customer experience yang buruk akan membuat konsumen kecewa, nggak bahagia, bahkan marah. Sebanyak 65% konsumen juga mengatakan jika akan beralih ke brand lain karena pengalaman buruk. Hal ini sering terjadi, namun kamu dapat mencegahnya dengan cara membuat pesan otomatis di WA.

 

Baca juga: Atur WhatsApp Masking dan Jangkau Konsumen Lebih Banyak

 

Peluang bisnis online sekarang menjadi incaran banyak orang, lho. Apalagi, ketika pandemi corona terjadi, aktivitas masyarakat nggak sebebas sebelumnya dan sebagian sektor ekonomi terpuruk. Bahkan, para pengusaha besar pun juga mau nggak mau memanfaatkan ranah online supaya tetap bertahan. Selain media sosial, para pebisnis online biasanya memanfaatkan layanan pesan instan buat menyokong operasional usaha miliknya, misalnya dengan menggunakan WhatsApp Business.

Platform pesan instan yang dinaungi Facebook ini adalah aplikasi dari WhatsApp yang mempunyai fitur sama, namun dengan penambahan khusus untuk para pengusaha. Fitur WhatsApp Business yang dimaksud adalah Pesan Otomatis, Profil Bisnis, Pesan Cepat maupun Label. Pesan Otomatis adalah salah satu fitur utama Whatsapp Business. Cara membuat pesan otomatis di WA ini memungkinkan para user WhatsApp Business mengirim pesan otomatis yang sudah diatur sebelumnya. Ketika user berada di luar, ia bisa menyetel pesan di luar jam operasional yang dikirim otomatis ke semua maupun sebagian kontaknya.

 

User juga dapat mengatur jadwal pesan di luar jam kerja buat dinyalakan di kesempatan atau waktu tertentu seperti saat toko sedang tutup. User bisa mengetahui kapan ia akan menerima balasannya. Cara membuat pesan otomatis di WA ini juga dapat digunakan saat membuat ucapan perkenalan bisnis ke user yang baru dengan menambahkan kontak atau memulai percakapan.

 

Jadi, kamu sudah mengetahui cara membuat pesan otomatis di WA, bukan? Jika sudah, berarti saatnya kamu mempraktikkan cara membuat pesan otomatis di WA langsung, ya. Selain membuat pesan otomatis di WA, kamu juga bisa menggunakan fitur komunikasi yang canggih dan simpel untuk mem-blast pesan ke konsumen secara otomatis. Dengan Kokatto, kamu bisa dapatkan WhatsApp Blast, WhatsApp Masking, dan lainnya. Yakin nggak mau coba Kokatto sekarang?

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved