Cara Mempromosikan Produk Efektif agar Jualan Laris

31 Desember 2022 Cara Mempromosikan Produk

Mengetahui cara mempromosikan produk yang baik dan benar dalam suatu bisnis tentu merupakan hal yang sangat penting untuk kesuksesan bisnis tersebut. Dengan mengetahui cara mempromosikan produk yang baik, tentu akan membantu untuk menaikkan penjualan produk yang kamu tawarkan di dalam bisnismu.

Mengetahui cara mempromosikan produk merupakan langkah awal yang perlu kamu lakukan untuk menarik calon konsumen. Selain itu, dengan menerapkan cara mempromosikan produk yang baik juga akan memudahkan para calon konsumen untuk mengenal produk kamu sekaligus meyakinkan mereka untuk membelinya.

Lalu, bagaimana sih cara mempromosikan produk yang baik dan menarik itu? Nah, bagi kamu yang sedang ingin membangun atau tengah menjalankan bisnis, tentunya kamu ingin mendapatkan hasil yang menjanjikan dalam bisnismu, bukan? Tenang, kamu bisa langsung simak jenis-jenis promosi yang ada dan cara mempromosikan produk di dalam pembahasan berikut ini!

 

Jenis-Jenis Promosi yang Bisa Kamu Pilih

Untuk bisa melakukan cara mempromosikan produk dengan tepat, kamu perlu mengenal jenis-jenis promosi dulu sebelumnya. Dengan begitu, kamu pun bisa memilih jenis promosi mana yang paling sesuai untuk produk bisnismu. Berikut beberapa di antaranya:

1. Personal Selling

Personal selling adalah jenis promosi yang dilakukan dengan menggunakan SDM atau sumber daya manusia. Tujuan dari promosi jenis ini adalah untuk membangun hubungan dengan konsumen yang lebih akrab dan terpercaya. Biasanya, yang melakukan promosi ini adalah sales, agen, wiraniaga, dan banyak lagi. 

2. Sales Promotion

Sales promotion adalah jenis promosi jangka pendek yang berfungsi untuk meningkatkan permintaan akan suatu produk atau layanan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan penjualan dengan cepat. Jenis promosi ini biasa ditemukan dalam bentuk diskon, flash sale, dan penawaran singkat lainnya.

3. Advertising

Advertising atau periklanan adalah promosi melalui presentasi non-pribadi yang berbayar dan memiliki sponsor. Jenis promosi ini sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saat menonton TV dan terdapat iklan di sela acara, atau saat melihat papan iklan di jalan umum.

4. Direct Marketing

Sesuai namanya, direct marketing adalah jenis promosi secara langsung. Promosinya biasa dilakukan secara langsung ke calon konsumen dengan menggunakan saluran komunikasi, bisa melalui SMS, telepon, email, chat, dan channel lainnya.

Jenis promosi ini sudah banyak digunakan oleh para pebisnis dan pemilik perusahaan. Kenapa? Karena walau promosi dilakukan dari jarak jauh, konsumen tetap bisa memberikan respon secara langsung kepada pemilik bisnis atau perusahaan.

5. Public Relation

Public relation adalah jenis promosi yang dapat menghasilkan publisitas yang baik serta memperkuat citra merek atau perusahaan. Promosi ini sering dilakukan dalam bentuk pemberitaan, event, kolaborasi dengan stakeholder, dan banyak lagi. Dengan promosi ini, reputasi merek atau perusahaan dapat meningkat, yang berarti dapat memperkuat kesadaran publik terhadap produk dan bisnis kamu.

Baca juga: Contoh Promosi Menarik untuk Meningkatkan Penjualanmu

Tips dan Cara Mempromosikan Produk yang Efektif

Setelah mengetahui jenis promosi mana yang sekiranya paling cocok untuk bisnismu, berikut ada beberapa tips dan cara mempromosikan produk yang paling efektif untuk meningkatkan penjualanmu:

1. Buat Konsep yang Unik

Cara mempromosikan produk yang pertama adalah dengan membuat konsep yang unik. Kamu bisa mempromosikan produkmu dengan cara yang berbeda dari biasanya, misalnya dengan memberikan diskon, tapi diskonnya berdasarkan bulan ulang tahun atau nama konsumen.

Kamu juga bisa menerapkan strategi upper selling, cross selling, atau bundling, di mana kamu bisa memberikan nilai tambah pada produk yang dibeli oleh konsumen. Semakin unik promo yang kamu tawarkan, maka semakin mudah pula untuk menarik perhatian calon konsumen.

2. Manfaatkan Berbagai Platform

Cara mempromosikan produk yang kedua adalah dengan memanfaatkan berbagai platform untuk promosi. Kamu bisa manfaatkan berbagai platform online seperti media sosial, email marketing, WhatsApp, atau push notification, untuk meningkatkan jangkauan promosimu.

Selain itu, kamu bisa membuat banyak jenis konten untuk menarik konsumen, bisa berupa foto, video, infografis, Q&A, polling, dan lainnya. Kamu juga bisa membuat suatu campaign promo di mana konsumen harus me-repost informasi promo produkmu di akun media sosial mereka sebagai syarat untuk mendapatkan promonya.

Dengan begitu, akan semakin banyak orang yang mengetahui promomu. Selain untuk meningkatkan penjualan, cara ini juga tentu efektif untuk meningkatkan brand awareness.

Baca juga: Begini Cara Promosi Lewat WhatsApp API untuk Tingkatkan Penjualan!

3. Berikan Batas Waktu

Cara mempromosikan produk yang ketiga adalah dengan memberikan batas waktu pada promo untuk memberikan kesan urgensi. Dengan cara ini, konsumen yang tertarik dengan produkmu akan membelinya agar tidak ketinggalan. Jangka waktu promonya pun bisa beragam, bisa harian, mingguan, atau bahkan lebih pendek lagi seperti beberapa jam saja, contohnya seperti flash sale.

Selain memberikan batas waktu, kamu juga bisa memberikan batas jumlah konsumen yang bisa mendapatkan promomu.

4. Bekerja Sama dengan Influencer

Cara mempromosikan produk yang keempat adalah mengajak influencer untuk bekerja sama. Untuk memperluas jangkauanmu, kamu bisa bekerja sama dengan influencer melalui paid promote atau endorsement, sesuai dengan kebutuhan dan budget promosi yang kamu miliki.

Berikan kode promo khusus untuk influencer agar para followers influencer tersebut tertarik untuk membeli produkmu. Tapi ingat, pastikan untuk memilih influencer dengan followers yang sesuai dengan target audiens yang kamu incar dan jangan sampai salah pilih, ya.

5. Tetapkan Minimal Pembelian

Cara mempromosikan produk yang kelima adalah dengan menetapkan minimal pembelian. Agar konsumen mau melakukan jumlah transaksi yang besar, kamu bisa menetapkan minimal pembelian bagi konsumen yang ingin mendapatkan promo dengan keuntungan yang lebih besar.

Misalnya, memberikan diskon atau gratis biaya pengiriman dengan syarat konsumen membeli jumlah produk tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya. Cara promosi ini akan membuat konsumen yang awalnya hanya ingin membeli satu atau sedikit barang jadi menambah produk lainnya untuk mendapatkan promo.

6. Berikan Hadiah untuk Konsumen

Cara mempromosikan produk yang keenam adalah dengan memberikan hadiah atau reward kepada konsumenmu. Promo ini tidak hanya untuk konsumen baru saja, tapi juga bisa untuk konsumen yang sudah ada atau konsumen setiamu. Dengan memberikan hadiah kepada konsumen yang sudah ada, bisa jadi salah satu cara promosi yang efektif.

Menurut studi, untuk mendapatkan konsumen baru itu dibutuhkan biaya 5 kali lebih banyak. Karena itu, mempertahankan loyalitas konsumen adalah cara terbaik dalam bisnis. Tetaplah jaga kepuasan dan loyalitas konsumen yang sudah ada dan buat mereka untuk kembali melakukan pembelian produkmu.

Misalnya, memberikan promo khusus kepada konsumen yang sudah melakukan transaksi lebih dari 3 kali. Dengan begitu, konsumen setiamu pun akan merasa diapresiasi, dan bahkan mungkin akan membagikan pengalaman menyenangkan ini ke orang lain, yang artinya secara tidak langsung berpotensi untuk menarik konsumen baru.

Itulah tadi cara mempromosikan produk yang bisa kamu terapkan dalam penjualanmu. Satu hal lagi yang bisa membantu promosimu, kamu juga bisa gunakan Kokatto untuk pengiriman pesan promosi dalam jumlah banyak, lho. Mau pesan teks maupun pesan suara, semua bisa kamu kirimkan untuk konsumenmu dengan mudah dan praktis di platform Kokatto!

whatsapp facebook instagram
KokattoLogo Jakarta Metropolitan Tower 10th floor Jl. TB Simatupang No.Kav. 14, DKI Jakarta - 12430 +6221 3972 3972 | sales@kokatto.com
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2023 by Kokatto. All Rights Reserved