7 Contoh Promosi Produk agar Bisnis Makin Cuan Maksimal

29 Desember 2022 Contoh Promosi Produk

Penasaran dengan contoh promosi produk yang dapat menggaet minat calon pembeli agar mereka membeli produkmu? 

 

Rasanya, promosi adalah hal paling esensial yang perlu dilakukan oleh setiap bisnis masa kini agar dapat bersaing di ketatnya persaingan bisnis sekarang. Untuk dapat bertahan, pemilik bisnis perlu mencari cara dalam perlombaan menjangkau pelanggan dengan kompetitor. Nah, salah satu cara yang dapat ditempuh adalah melalui promosi. 

 

Promosi dapat membantu mengenalkan produk kepada calon pembeli dengan jangkauan yang lebih luas, sehingga harapannya angka penjualan bisnis pun juga ikut meningkat. Tapi, seperti apa contoh promosi produk yang ampuh menarik minat banyak pembeli?

 

Saat ini, ada banyak sekali contoh promosi produk dari bisnis-bisnis besar yang dapat kamu adopsi ke dalam upaya promosi yang akan kamu lakukan untuk bisnismu sendiri. 

 

Nah, pada artikel kali ini, Kokatto akan memberikanmu beberapa contoh promosi produk yang ampuh dalam menarik minat siapa saja yang membaca promosi tersebut!

 

Beberapa Contoh Promosi Produk yang Cocok untuk Bisnismu

Sebelum masuk ke pembahasan contoh promosi produk, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai promosi untuk bisnis.

 

Definisi promosi secara sederhana adalah aktivitas penawaran spesial yang diberikan oleh bisnis kepada pelanggan yang dilakukan pada suatu waktu. Tapi selain penawaran itu sendiri, untuk melakukan promosi ada sejumlah hal penting yang harus ditentukan, yaitu:

 

  • Durasi promosi. Biasanya, promosi dilakukan dalam waktu yang singkat. Bisa dalam hitungan jam atau hari.
  • Target pasar. Adanya target pasar promosi dapat membantu kamu mengukur apakah promosi yang dilakukan berhasil atau tidak. 
  • Jenis promosi. Terdapat beberapa contoh promosi produk yang menggunakan taktik psikologis, misalnya seperti mendesak urgensi pelanggan atau memancing rasa penasaran mereka.

 

Baca Juga: Kenapa Target Market adalah Hal Esensial untuk Bisnis?

 

Kalau ketiga aspek tersebut sudah kamu siapkan, kamu bisa mengambil contoh promosi produk di bawah ini!

 

1. Bonus Spesial untuk Pelanggan Baru

Contoh promosi produk pertama yang bisa kamu aplikasikan ke dalam aktivitas promosimu adalah dengan memberikan bonus kepada pelanggan yang baru melakukan pembelian produk pertama kali. Promosi ini memang pas kalau tujuan promosimu lebih ingin menarik pelanggan baru. 

 

Pemberian bonus untuk pelanggan baru dapat berdampak baik bagi bisnismu untuk jangka panjang lho. Hal ini karena promosi ini dapat menjadikan mereka pelanggan tetap. Jadi, angka repeat order pun juga meningkat. 

 

Kalau dimasukkan ke dalam kata-kata promosi, berikut adalah contohnya:

 

“Dapatkan sunsettia apple juice khusus pembelian pertamamu di Cat’s Tail Bar!”

 

2. Flash Sale Secara Berkala

Flash sale saat ini banyak digunakan oleh bisnis-bisnis untuk mendongkrak penjualan dalam waktu yang singkat. Yap, flash sale sendiri memiliki arti diskon terbatas yang hanya tersedia dalam waktu yang terbatas. 

 

Contoh promosi produk yang satu ini menggunakan taktik mendesak urgensi pelanggan untuk melakukan pembelian produk dengan segera. Dengan memasang produk yang didiskon dalam hitungan jam dapat secara ampuh mendatangkan cuan secara maksimal. 

 

Meski dilakukan dalam waktu yang terbatas, kamu bisa mengadakan flash sale secara berkala misalnya setiap bulan untuk merayakan tanggal kembar.

 

Contoh dari flash sale adalah sebagai berikut:

 

“Headphone Sony Noise Cancellation cuma Rp1.500.000 di Flash Sale 12.12 besok! Cuma di Instagram QiqiElectronic di jam 12.12 WIB! Stok terbatas!”

 

3. Promo Cashback

Teknik cashback juga tidak kalah trending-nya sekarang lho untuk digunakan sebagai promosi lho. Cashback adalah cara promosi di mana kamu memberikan pengembalian sejumlah nominal sesuai dengan besar persenan dan jumlah maksimal nominal yang bisa kamu tentukan sendiri.

 

Biasanya, contoh promosi produk ini sering ditemukan ketika kamu membeli produk dengan menggunakan pembayaran digital. Cashback tersebut diterima ke dalam bentuk saldo di dompet digital-mu. Contohnya seperti:

 

“Promo cashback 50%* untuk minimal pembelanjaan Rp150.000 pakai GoPay! (maksimal cashback Rp25.000)”

 

Baca Juga: Contoh Promosi Menarik untuk Meningkatkan Penjualanmu

 

4. Hadiah Kupon untuk Pelanggan yang Repeat Order

Untuk mempertahankan basis pelanggan lamamu juga ada cara promosi yang pas, yaitu dengan memberikan reward tertentu untuk pelanggan yang melakukan repeat order. Ada banyak contoh promosi produk melalui pemberian reward untuk pelanggan lama, seperti pemberian voucher diskon untuk pembelian kedua atau selanjutnya.

 

Kamu juga bisa menemukan bentuk lain dari trik marketing ini dari aplikasi-aplikasi saat ini yang menawarkan program keanggotaan bertingkat. Semakin tinggi tingkat atau levelmu, maka kamu bisa mendapatkan benefit-benefit yang lebih.

 

5. Promo Gratis Ongkos Kirim

Adanya opsi pengiriman produk, maupun itu jarak dekat atau jauh, dapat membuat calon pembeli tertarik untuk membeli produkmu. Hal ini karena tentu saja mereka tidak perlu keluar rumah untuk dapat merasakan produk yang kamu jual. Nah, apalagi kalau bisnismu menawarkan promo gratis ongkos kirim. Pastinya, calon pelanggan akan lebih tertarik!

 

Namun, contoh promosi produk ini tentu perlu dibarengi dengan syarat dan ketentuan berlaku. Misalnya, promo gratis ongkir kamu berikan untuk minimal nominal pembelian tertentu. Contohnya seperti:

 

“Dapatkan pengiriman Sweet Madame ke rumahmu, minimal pembelanjaan Rp75.000!”

 

6. Harga Spesial untuk Pembelian Pre-order

Nah, kalau bisnismu tengah meluncurkan produk baru, kamu bisa memakai taktik sistem pre-order, yaitu pemesanan sebelum produk itu launching. Promosi ini dapat diikuti dengan pemberian harga spesial buat orang-orang yang membelinya. 

 

Contoh promosi produk ini, selain dapat menarik minat calon pembeli, dapat meningkatkan kesadaran mengenai produk yang kita jugal kepada target pasar secara luas. Nah, agar promosi ini dapat berhasil, kamu bisa menentukan kuantitas produk pre-order tersebut. Hal ini dapat menumbuhkan rasa urgensi calon pembeli juga lho.

 

Contoh promosinya adalah sebagai berikut:

“Penasaran sama rasa creamy dari Slumber Dream Pudding baru dari NilouCake? Kamu bisa pre-order sekarang dengan harga Rp77.000! Terbatas cuma ada 50 lho!”

 

1. Promo Khusus Hari Besar

Mirip seperti flash sale, contoh promosi produk ini dilakukan pada waktu tertentu. Tapi, kali ini khusus kalau ada hari-hari besar yang sedang berlangsung. Ada banyak hari besar kan di Indonesia? Misalnya, hari kemerdekaan, lebaran, natal, atau tahun baru.

 

Kamu bisa menggunakan momentum ini untuk meningkatkan cuan bisnis dengan menawarkan harga spesial kepada calon pembeli. Misalnya, penentuan harga yang mirip dengan tanggal hari besar tersebut.

 

Contohnya, seperti:

“Spesial Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, nikmati Nilotpala Lotus Juice seharga Rp17.405!”

 

Kamu bisa menggunakan contoh promosi produk di atas sebagai ide untuk aktivitas promosi bisnis di masa depan! Tentu saja, kamu tidak terbatas menggunakan hanya satu ide di atas lho. 

 

Kalau kamu ingin mengkombinasikan dua atau lebih contoh promosi produk di atas untuk menarik minat calon pembeli lebih maksimal, kamu bisa melakukannya juga kok! Tapi, jangan lupa untuk pastikan target pasar, durasi promo, dan tujuan dari promosi tersebut ya agar promosi dapat berhasil dilakukan.

 

Nah, untuk masalah menyebarluaskan informasi promosi yang kamu lakukan, kamu bisa pakai platform Kokatto! Melalui fitur broadcast-nya, kamu bisa mengirimkan pesan promosi melalui WhatsApp ataupun email ke banyak kontak pelanggan dalam satu klik aja! Yuk, maksimalkan aktivitas promosimu bersama Kokatto!
 

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved