Kenali Beberapa Penyebab WA Error dan Cara Menanganinya

26 Mei 2023 Penyebab WA Error

WhatsApp, atau yang lebih familiar disebut dengan WA, merupakan salah satu aplikasi pesan instan nomor satu yang paling banyak digunakan di Indonesia saat ini. Meski demikian, terkadang WA pasti akan mengalami trouble dalam penggunaannya. Oleh karena itu, kamu harus tau apa saja penyebab WA error agar bisa mengantisipasinya. 

Penyebab WA error sendiri bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti dari WhatsApp itu sendiri yang servernya sedang down atau dari smartphone yang kamu gunakan. Jadi, sangat penting untuk mengetahui penyebab WA error agar kamu bisa mengatasinya secara mandiri. Mengingat WA adalah aplikasi yang sering digunakan terutama untuk kepentingan kerja

Untuk mengetahui beberapa penyebab WA error yang lain, kamu sudah ada di artikel yang tepat! Yuk, scroll sampai bawah untuk penjelasan lebih lengkapnya.

 

Apa Saja Penyebab WA Error?

Karena WA merupakan aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan terutama di Indonesia, mengalami trouble atau error adalah hal yang wajar. Penyebab WA error dalam penanganannya bisa dibagi menjadi dua, yaitu bisa diselesaikan secara mandiri atau harus menunggu dari pihak WhatsApp itu sendiri.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab WA error yang paling sering ditemukan

  1. Terkendala Saat Mengirim Pesan
    Penyebab WA error pertama yang paling sering terjadi yaitu tidak bisa mengirim pesan. Tidak bisa mengirim pesan tersebut bisa dibagi lagi menjadi dua, yaitu pesan akan terkirim tapi membutuhkan waktu yang lama dan pesan tidak terkirim sama sekali. Hal ini ditandai dengan tidak adanya centang satu atau dua dalam WA dan akan muncul simbol jam.
    Baca juga : Anti Ribet, Ini Cara Broadcast WA Tanpa Save Nomor
    Munculnya simbol jam tersebut menandakan bahwa pesan yang kamu kirim sedang pending. Tidak hanya pending saja, jika simbol jam tersebut masih muncul dalam waktu yang lama, maka bisa dipastikan pesan tidak akan terkirim. Faktor utama penyebab WA error yang satu ini biasanya disebabkan oleh koneksi internet yang kurang bagus bahkan terputus. 
  2. Error Setelah Memperbarui Aplikasi
    Penyebab WA error kedua yaitu aplikasi tiba-tiba mengalami trouble setelah diperbarui. Biasanya, hal ini disebabkan oleh beberapa kendala, seperti kendala penyimpanan smartphone yang kurang memadai. Mengapa demikian? Karena sejatinya, jika memperbarui suatu aplikasi, maka ukuran aplikasi tersebut juga akan bertambah besar.  
    Karena bertambah besarnya ukuran aplikasi, maka akan membutuhkan space penyimpanan lebih di smartphone. Jika smartphone yang kamu miliki tidak mendukung memori yang besar, maka kemungkinan penyebab WA error juga akan semakin besar. Selain masalah penyimpanan, bisa juga disebabkan oleh Google Play atau Apps Store itu sendiri.
  3. WA Tidak Dapat Dibuka
    Penyebab WA error ketiga yaitu tiba-tiba aplikasi WA tidak bisa dibuka atau mengalami force stop. Terdapat beberapa penyebab mengapa WA mengalami force stop, salah satunya yaitu karena cache smartphone yang jarang dibersihkan. 
  4. Server WA yang Lumpuh
    Penyebab WA error yang terakhir yaitu disebabkan oleh server WA yang mengalami kelumpuhan atau sedang down. Jika hal ini terjadi, maka salah satu cara yang dapat kamu lakukan yaitu menunggu sampai server WA pulih total. 

 

Beberapa Cara Menangani WA yang Error

Jika ada penyebab dari suatu masalah, pastilah akan ada cara untuk menyelesaikannya. Sama halnya dengan adanya penyebab WA error, ada cara yang dapat kamu lakukan agar pengoperasian WA kembali normal seperti biasa. Berikut penjelasannya.

  1. Restart Smartphone
    Cara pertama yang sekaligus merupakan cara paling dasar yang dapat kamu lakukan ketika WA error yaitu dengan merestart smartphone. Bisa jadi WA error disebabkan oleh bug yang terdapat pada sistem smartphonemu. Biasanya, dengan merestart smartphone akan membuat aplikasi yang lain menjadi “segar” kembali sehingga pengoperasiannya jadi lebih lancar. 
  2. Hapus Cache WA beserta Datanya
    Cara selanjutnya untuk mengatasi WA error yaitu dengan membersihkan cache pada WA. Cache di WA ini dapat menghalangi notifikasi pesan yang masuk, sehingga dapat mempengaruhi performa dari WA itu sendiri.
    Cara mudah membersihkan cache WA yaitu dengan menekan logo WA yang lama pada smartphone-mu. Setelah itu, akan muncul beberapa opsi seperti share, app info, dan uninstall. Lalu, pilihlah opsi app info dan cari pilihan clear dataclear cache. Cache pada WA nantinya akan otomatis membersihkan sendiri. Setelah selesai, coba buka kembali WA di smartphone-mu. 
  3. Periksa Koneksi Internet
    Cara ketiga untuk menangani WA error yaitu dengan mengecek koneksi internet pada smartphone. Jika kamu menggunakan paket data, pastikan paket data aktif dan sudah berlangganan paket internet. Lain halnya jika kamu menggunakan wifi, jangan lupa untuk memastikan jaringan wifimu dalam keadaan baik dan tidak mengalami gangguan.  
  4. Jangan Lupa Update ke Versi Terbaru
    Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan ketika WA error yaitu dengan mengecek pembaruan WA di Google Play secara berkala. Siapa tau WA yang kamu gunakan error karena minta update ke versi yang terbaru. Pertanyaannya, apakah harus rutin melakukan cek berkala pada pembaruan aplikasi WA? Jawabannya sebaiknya iya.
    Mengapa iya? Biasanya, WA minta pembaruan ke latest version karena terdapat fitur baru yang ditawarkan. Selain itu, pembaruan juga bertujuan sebagai perbaikan sistem bug dari versi yang sebelumnya agar performa WA bisa berjalan lebih optimal.
  5. Perbarui Sistem di Smartphone
    Tidak hanya aplikasi WA saja yang butuh pembaruan, tapi smartphone yang kamu gunakan juga butuh pembaruan dalam sistemnya. Fungsinya sama, yaitu agar smartphone bisa berjalan dengan lebih optimal. Biasanya jika smartphone membutuhkan pembaruan, performanya tiba-tiba akan menurun. Hal ini menyebabkan beberapa aplikasi terutama WA mengalami error.
    Bagaimana cara memperbarui sistem smartphone? Caranya mudah! Kamu hanya perlu menuju menu setting atau pengaturan → about phone atau tentang telepon → check for update. Jika terdapat keterangan sistem butuh untuk diperbarui, maka segera perbarui. Hal ini akan memakan waktu sekitar dua sampai tiga menit. 
    Setelah berhasil memperbarui sistem, smartphone akan melakukan restart otomatis. Nah, ketika semua proses selesai, jangan lupa untuk membuka WA dan cek apakah WA masih error atau tidak. 

Baca juga : Ini Dia 3 Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus!

Nah, itu tadi penjelasan mengenai beberapa penyebab WA error dan cara mengatasinya. Karena WA adalah aplikasi pesan instan yang penggunaannya sangat penting, kamu harus bisa mengidentifikasi sendiri mengenai penyebab WA error agar bisa segera diperbaiki.

Untuk kamu yang merupakan para pelaku bisnis namun belum pernah menggunakan WA sebagai ajang untuk promosi dan memberikan customer experience yang baik kepada pelanggan, tidak ada salahnya untuk mencoba agar bisnis bisa berjalan lancar. Bagaimana caranya? Yaitu dengan menggunakan WhatsApp Business API.

Banyak manfaat yang dapat kamu rasakan ketika menggunakan WhatsApp Business API untuk bisnis yang kamu jalankan. Misalnya seperti kamu dapat memaksimalkan fitur broadcast message agar promosi bisnis bisa menjangkau lebih banyak orang. Selain itu, terdapat fitur chatbot yang dapat membalas pesan otomatis selama 24 jam nonstop!

Lalu, bagaimana cara menggunakan WhatsApp Business API? Kamu bisa menggunakannya melalui Kokatto! Selain WhatsApp Business API, terdapat beberapa fitur di Kokatto yang dapat kamu gunakan agar bisnismu bisa berjalan dengan lancar. Yuk, cobain Kokatto sekarang juga!

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved