Tips Mudah Memaksimalkan Penggunaan WhatsApp Business

Published By: Kokatto,   20 May 2020   whatsapp    2310

Kemunculan WhatsApp Business tentu disambut baik oleh para pemilik usaha. Bagaimana tidak, adanya aplikasi satu ini memungkinkan kamu berkomunikasi dengan konsumen dengan lebih mudah dan cepat. Di sisi lain, WhatsApp Business juga dilengkapi dengan berbagai fitur penunjang. Beberapa diantaranya seperti fitur balas pesan cepat, statistik pesan terkirim, label untuk menyortir kategori pesan, informasi perusahaan secara detail, dan lain sebagainya.

Banyaknya kelebihan yang dimiliki WhatsApp Business membuat para pemilik usaha semakin ingin menggunakan aplikasi satu ini. Terlebih untuk mendapatkannya juga sangat mudah, bisa diunduh secara gratis di App Store maupun Play Store. Lalu, yang menjadi pertanyaan yakni bagaimana memaksimalkan penggunaan dari WhatsApp Business itu sendiri? Jika kamu juga mempertanyakan hal tersebut, berikut ini beberapa tips memaksimalkan penggunaan WhatsApp Business.

Manfaatkan Fitur Balas Cepat dari WA Business

Balas cepat menjadi salah satu fitur unggulan yang ada di WhatsApp Business. Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan perusahaan untuk bisa membalas pesan konsumen secara langsung. Kecepatan dalam membalas pesan tentu akan berbanding lurus dengan tingkat kepuasaan konsumen. Sehingga pastikan kamu tidak lupa untuk memanfaatkan fitur satu ini.

Untuk bisa memanfaatkan fitur ini juga terbilang sangat mudah. Kamu hanya perlu mempersiapkan keyword apa saja yang sering dipertanyakan oleh konsumen dan mulai membuat pesan jawaban otomatis. Fitur ini akan memudahkan perusahaan untuk lebih menghemat waktu dalam menjawab pesan yang itu-itu saja. Kamu bisa langsung menuju bagian Setting - Business Settings - Quick Replies untuk mengaktifkan fitur ini.

Atur Pesan Sapaan di WA Business

Selain membuatmu bisa mengatur balasan pesan cepat, kamu juga bisa menentukan kalimat sapaan, lho. Kalimat sapaan tersebut akan secara otomatis diberikan kepada konsumen saat mengirimkan pesan kepada akun kamu. Kamu juga bisa mengirimkan pesan sapaan pada konsumen yang telah 14 hari lamanya tidak melakukan transaksi atau komunikasi. Dengan demikian, nantinya interaksi antara perusahaan dan konsumen akan tetap terjaga dengan baik. Untuk mengatur pesan sapaan ini, kamu bisa langsung menuju menu Setting - Business Setting - Greeting Message.

Gunakan Fitur Broadcast Pada WA Business

Tidak hanya terdapat pada aplikasi WhatsApp biasa, fitur broadcast juga bisa kamu temukan dalam aplikasi WhatsApp Business. Fitur ini akan memudahkan kamu dalam menyebarkan pesan kepada beberapa konsumen sekaligus. Penggunaannya yang optimal akan membuat fitur ini bisa meningkatkan penjualan kamu. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk menginformasikan mengenai adanya promo atau potongan harga spesial. Adanya promo juga bisa dijadikan cara untuk meningkatkan penjualan. Fitur broadcast juga bisa kamu manfaatkan untuk mengenalkan produk terbaru kepada konsumen.

Minta Konsumen Berikan Feedback kritik dan saran tentu menjadi hal yang dibutuhkan oleh para pemilik usaha. Terlebih jika kritik dan saran tersebut diberikan langsung oleh konsumen loyal. WhatsApp Business bisa dijadikan sebagai salah satu media bagi konsumen untuk bisa memberikan feedback secara langsung. Untuk membuat konsumen lebih bersemangat dalam memberi feedback, kamu bisa juga memberinya sebuah penawaran spesial. Di mana konsumen yang memberi feedback berkesempatan mendapatkan voucher belanja. Hadiah tersebut secara tidak langsung juga akan membuat mereka kembali berbelanja.

Dengan memanfaatkan keempat tips di atas, penggunaan WhatsApp Business kamu akan semakin optimal. Masih membutuhkan tips lainnya untuk mengembangkan WhatsApp Business? Kamu bisa mengajukan konsultasi dan kerjasama dengan Kokatto. Kokatto sebagai vendor whatsapp Indonesia siap memberdayakan komunikasi perusahaan dengan konsumen.

Related Post