Ini Alasan Proses Bisnis adalah Hal Penting untuk Usahamu

Published By: achmad.firdaus,   15 June 2022   whatsapp    21

Dalam sebuah bisnis atau usaha, proses bisnis adalah salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Setiap proses yang dilakukan dalam sebuah bisnis atau usaha tentu memiliki risiko dan dampak yang berbeda.

Untuk itu, proses bisnis adalah salah satu upaya bisnis atau usaha untuk mengantisipasi adanya kesalah dalam operasional bisnis, dan juga mengoptimalkan setiap proses yang terjadi di dalam operasional suatu bisnis atau usaha.

Proses bisnis adalah salah satu hal krusial dalam operasional sebuah bisnis. Untuk itu, pemilik bisnis atau usaha penting untuk memahami dan memperhatikan proses bisnis atau business process yang diterapkan di dalam bisnis atau usahanya.

Biar lebih cermat dalam memperhatikan dan merancang proses bisnis atau business process di dalam bisnis atau usahamu, kita pahami lebih jauh tentang proses bisnis di bawah ini, yuk!

pengertian proses bisnis
pengertian proses bisnis


Pengertian Proses Bisnis

Secara umum, proses bisnis adalah sebuah rangkaian langkah-langkah yang berkaitan, dan rangkaian langkah-langkah tersebut ditugaskan kepada masing-masing pemegang tanggung jawab untuk pekerjaan tertentu. Hal ini bertujuan agar masing-masing pemegang tanggung jawab dapat memberikan kinerjanya dengan baik dan sesuai standar hingga produk atau layanan diberikan kepada pelanggan.

Dengan begitu, setiap proses yang terjadi selama operasional bisnis atau usaha berjalan dapat lebih terorganisir, sesuai standar, dan minim risiko.

Proses bisnis adalah salah satu komponen penting yang bisa diulang-ulang atau bahkan dioptimalkan di dalam sebuah bisnis atau usaha. Dengan adanya proses bisnis, setiap pekerja bisa melakukan pekerjaannya dengan lebih tertata dan lebih baik alur kerjanya.

Dengan kata lain, proses bisnis adalah salah satu template mengenai bagaimana setiap posisi berkontribusi dalam operasional bisnis mulai dari awal hingga produk atau layanan tersebut sampai ke pelanggan.

jenis proses bisnis
jenis proses bisnis


Tiga Jenis Proses Bisnis

Setelah mengetahui bahwa proses bisnis adalah sebuah rangkaian langkah-langkah yang berkaitan dari setiap tugas yang dikerjakan masing-masing pekerja, kamu juga perlu mengetahui jenis-jenis proses bisnis atau business process. Ketiga jenis proses bisnis yang umumnya digunakan adalah proses utama, proses dukungan, dan proses manajemen. Berikut penjelasan dari masing-masing jenis proses bisnis atau business process:

1. Proses Utama

Proses ini merupakan proses dasar di mana sebuah bisnis atau usaha mengirimkan produk akhirnya kepada pelanggannya. Seluruh langkah yang ada di dalam proses ini membantu meningkatkan nilai penawaran akhir.

2. Proses Dukungan

Pada proses ini, tidak memberikan nilai tambah langsung ke produk akhir, tetapi menciptakan lingkungan di mana proses utama berjalan secara efisien dan efektif. Proses ini dapat diterapkan untuk operasional sehari-hari bisnis atau usaha milikmu.

3. Proses Manajemen

Proses manajemen mengatur bisnis operasional, tata kelola perusahaan, dan manajemen strategis. Dengan proses ini, kamu harus menetapkan tujuan dan kriteria untuk menghasilkan pekerjaan yang efisien dan efektif dari kedua proses sebelumnya, yaitu proses utama dan pendukung. Bukan hanya perencanaan, proses manajemen juga mencakup adanya pemantauan atas proses bisnis lainnya.

Proses ini umumnya digunakan untuk memandu bisnis melalui tiga perencanaan, yaitu strategis, taktis, dan operasional.

manfaat proses bisnis
manfaat proses bisnis


Beberapa Manfaat Proses Bisnis

Karena proses bisnis adalah hal yang penting dimiliki oleh sebuah bisnis atau usaha, tentu perannya memiliki beberapa manfaat. Beberapa manfaat dari proses bisnis adalah mengurangi risiko dan human error, meningkatkan efisiensi, berfokus kepada pelanggan, dan lainnya. Biar lebih jelas, berikut beberapa manfaat dari sebuah proses bisnis atau business process:

  • Mengurangi Biaya dan Risiko

Metode yang matang dan terencana tentu bisa mengurangi biaya dan risiko melalui berbagai cara yang paling efisien untuk sebuah pekerjaan.

  • Mengantisipasi Kesalahan Manusia

Kamu bisa mengantisipasi dan meminimalisir kesalahan manusia atau human error dengan cara memberikan kewajiban kepada orang-orang yang ahli atau memiliki spesialisasi di bidang tersebut.

  • Meningkatkan Efisiensi Kinerja

Produktivitas setiap unit atau divisi bisnis dapat ditingkatkan dengan cara cara memetakan apa yang harus dilakukan dan langkah-langkah yang bisa diterapkan dengan efisien untuk unit atau divisi tersebut.

  • Berfokus pada Pelanggan

Proses atau metode yang baik dari sebuah bisnis atau usaha adalah yang berorientasi dan berfokus pada pelanggan. Dengan begitu, bisnis atau usahamu bisa terus memperbarui informasi tentang keinginan pelanggan hingga pendapat mereka mengenai produk atau jasa yang digunakan.

  • Mengatasi Kendala Komunikasi

Dengan adanya proses bisnis, kamu bisa mengatasi kendala komunikasi dengan menghadirkan penghubung atau perantara antara bisnis atau usahamu dengan pelanggan melalui berbagai review dan riset pasar.

  • Manajemen Waktu yang Efektif dan Efisien

Selain komunikasi, manfaat lain dari proses bisnis adalah kamu bisa meningkatkan efisiensi waktu dengan cara pengembangan strategi dan alur untuk mengurangi waktu yang diperlukan untuk mencapai suatu hasil tertentu.

  • Update dengan Teknologi

Perkembangan teknologi yang sangat pesat tentu jadi tantangan sendiri bagi bisnis atau usaha kamu untuk bisa beradaptasi. Oleh karena itu, proses bisnis adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini. Dengan adanya proses bisnis, kamu bisa mengevaluasi bagian-bagian mana yang bisa segera mengadopsi teknologi terkini.

tahapan proses bisnis
tahapan proses bisnis


Tahapan Proses Bisnis dalam Sebuah Usaha

Berikut beberapa tahapan dari proses bisnis di dalam sebuah bisnis atau usaha:

1. Analisis Kegiatan Usaha

Kamu harus berdiskusi dengan manajemen atau tim dan menganalisis kegiatan usaha apa yang dijalankan oleh bisnis atau usaha milikmu. Setelah mengetahuinya, kamu jadi bisa lebih mudah memilih proses bisnis yang lebih tepat untuk bisnismu.

2. Menentukan Proses Bisnis

Setelah itu, kamu dan manajemen bisnis atau usahamu akan membuat dan menentukan proses bisnis seperti apa yang dijalankan, mulai dari anggaran yang diperlukan sampai dengan bagaimana mendapatkan income dari bisnis yang dijalankan.

3. Pelaksanaan Proses Bisnis

Setelah proses bisnis dibuat dengan matang, seluruh unit yang berkaitan di dalam operasional bisnis atau usaha milikmu perlu menerapkannya dengan baik dan sungguh-sungguh. Hal ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan proses bisnis yang diterapkan.

4. Evaluasi Proses Bisnis

Setelah sebuah proses bisnis diterapkan dan dilaksanakan, proses bisnis tersebut penting untuk dievaluasi. Evaluasi proses bisnis adalah upaya kamu untuk memastikan operasional yang dijalankan sudah memberikan manfaat bagi bisnis atau usahamu dengan cara yang paling efisien dan efektif. Evaluasi ini bisa dilakukan secara berkala, baik itu secara harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan.

Nah, sekarang kamu jadi tahu, kan, bagaimana pentingnya proses bisnis atau business process dalam sebuah bisnis atau usaha? Proses bisnis adalah salah satu langkah penting yang membantu operasional bisnismu.

Untuk membantu proses bisnis kamu berjalan dengan lebih efektif dan efisien, ada layanan yang bisa kamu manfaatkan, lho, yaitu Kokatto. Dengan teknologi komunikasi otomatis yang disediakan Kokatto, kamu bisa memanfaatkannya untuk membantu operasional bisnismu, mulai dari chatbot WhatsApp bisnis, pengiriman email marketing terpadu, pengelolaan pengiriman pesan ke semua pelanggan, dan lainnya. Yuk, cari tahu disini fitur dan keunggulan Kokatto.