Pengertian dan Penjelasan Peran Project Manager dalam Bisnis

Published By: achmad.firdaus,   15 June 2022   whatsapp    25

Jika membahas tentang operasional suatu bisnis atau usaha, project manager adalah salah satu posisi yang memiliki peran cukup penting. Tapi tahukah kamu kenapa project manager adalah salah satu posisi yang berperan penting dalam operasional usaha? Alasan utamanya, project manager adalah kunci penting dari proyek yang dikerjakan oleh sebuah bisnis atau usaha.

Operasional sebuah bisnis atau usaha membutuhkan manajemen proyek yang baik agar tujuan yang diharapkan bisa tercapai dengan lebih efisien dan efektif. Untuk mendapatkan manajemen proyek yang lebih baik, tentu diperlukan salah satu posisi untuk memimpin jalannya sebuah proyek atau operasional bisnis. Oleh karena itu, project manager adalah salah satu posisi penting yang diperlukan untuk mengelola manajemen proyek sebuah usaha dengan lebih baik.

Pengertian Project Manager
Pengertian Project Manager


Pengertian Project Manager

Sebelum membahas lebih lanjut tentang peran seorang project manager dalam operasional bisnis atau usahamu, kamu perlu mengetahui lebih dulu pengertiannya. Project manager adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab penuh terhadap pelaksanaan sebuah proyek dalam sebuah usaha atau bisnis.

Tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang project manager adalah memimpin, merencanakan, mengkoordinasi, dan mengendalikan sumber daya yang ada dimulai dari kegiatan paling awal hingga proyek tersebut tuntas atau selesai.

Cakupan lain dari tanggung jawab seorang project manager adalah organisasi dalam sebuah proyek, proyek itu sendiri, hingga tim yang bekerja bersama untuk proyek tersebut.

Skill yang Penting Dimiliki Seorang Project Manager

Hal yang perlu diperhatikan dalam tanggung jawab seorang project manager adalah menyelesaikan suatu proyek bukan hanya sekedar selesai, tetapi tuntas dengan efektif dan efisien. Untuk dapat mengelola manajemen proyek dengan baik, yang perlu dimiliki seorang project manager adalah beberapa skill penting. Berikut beberapa skill yang penting dimiliki oleh seorang project manager:

1. Komunikasi

Kemampuan atau skill pertama yang penting dimiliki oleh seorang project manager adalah komunikasi. Skill ini penting dimiliki untuk dapat melakukan komunikasi dengan baik dengan anggota tim maupun klien atau pelanggan.

2. Kepemimpinan

Project manager tentunya menjadi pemimpin dari sebuah proyek yang dijalankan. Oleh karena itu, skill lain yang perlu dimiliki seorang project manager adalah leadership skill atau skill kepemimpinan. Project manager harus bisa mengarahkan, memotivasi, dan mengorganisir anggota tim untuk dapat bekerja dengan baik di bawah pimpinannya.

3. Negosiasi

Kemampuan atau skill selanjutnya yang perlu dimiliki seorang project manager adalah negotiation skill atau kemampuan bernegosiasi. Seorang project manager harus bisa bernegosiasi tidak hanya dengan pihak eksternal, tetapi juga pihak internal seperti negosiasi tugas, negosiasi keputusan, dan lainnya kepada anggota tim yang dipimpinnya.

4. Manajemen Risiko

Skill yang tidak kalah penting untuk dimiliki seorang project manager adalah risk management skill atau manajemen risiko. Dalam mengerjakan sebuah proyek tentunya menghadapi berbagai risiko yang dapat terjadi. Untuk itu, dengan skill ini, seorang project manager harus bisa menganalisis risiko-risiko apa saja yang mungkin dihadapi. Tidak hanya itu, dari analisis risiko tersebut, project manager harus bisa memberikan cara atau solusi untuk mengantisipasi risiko tersebut terjadi.

5. ‘Melek’ Teknologi

Kecanggihan teknologi saat ini bisa sangat membantu dalam menyelesaikan proyek sebuah usaha atau bisnis. Untuk itu, skill lain yang penting dimiliki oleh project manager adalah kemampuan dalam hal teknologi. Jika project manager sebagai pemimpin sebuah proyek mengerti dan memahami berbagai teknologi, maka project manager bisa memanfaatkannya untuk membantu meningkatkan produktivitas dan efektivitas kerja timnya.

6. Penyelesaian Masalah

Kemampuan atau skill selanjutnya yang juga penting dimiliki oleh project manager adalah problem solving skill atau kemampuan penyelesaian masalah. Skill ini sangat penting dan bermanfaat dalam pengerjaan sebuah proyek karena project manager bisa mengolah berbagai informasi dan pertimbangan untuk menyelesaikan berbagai hal yang dihadapi sebuah proyek.

7. Riset

Menggali, mengumpulkan, dan menganalisis berbagai informasi bisa sangat bermanfaat untuk kelangsungan proyek sebuah usaha atau bisnis. Oleh karena itu, skill lain yang penting dimiliki seorang project manager adalah research skill atau kemampuan riset. Dengan skill ini, project manager tidak hanya mengandalkan informasi yang didapat dari klien maupun anggota tim. Project manager dituntut untuk bisa melengkapi berbagai informasi mendalam yang dibutuhkan agar perencanaan hingga pelaksanaan sebuah proyek bisa berjalan dengan lancar.

8. Pengelolaan Biaya

Walaupun bukan termasuk dalam bagian keuangan, salah satu skill yang tidak kalah penting untuk dimiliki project manager adalah skill pengelolaan biaya. Dalam menjalankan proyek sebuah usaha atau bisnis, tentu memerlukan biaya yang dikeluarkan berdasarkan pertimbangan tertentu.

Namun, biaya tersebut tidak dikeluarkan secara begitu saja, perlu adanya pengelolaan dan pengawasan dalam penggunaannya. Project manager sebagai pemimpin sebuah proyek dituntut untuk bisa mengelola biaya yang dipercayakan tersebut agar proyek dapat berjalan dengan baik dan dengan pengeluaran yang dapat dipertanggungjawabkan.

Kinerja Project Manager
Kinerja Project Manager

Evaluasi Kinerja Project Manager

Ketika seseorang diberikan tanggung jawab memimpin sebuah proyek sebagai project manager, maka ada beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan evaluasi kinerjanya. Beberapa poin yang umumnya menjadi pertimbangan evaluasi kinerja seorang project manager adalah biaya, waktu, serta kualitas yang dihasilkan. Berikut penjelasan untuk setiap poin pertimbangan evaluasi kinerja project manager:

1. Biaya

Menjadi poin yang sangat penting, efektivitas biaya yang digunakan dalam menyelesaikan sebuah proyek menjadi poin pertama dalam evaluasi kinerja seorang project manager. Kesesuaian antara anggaran yang diajukan dengan aktualisasi di lapangan, serta pertanggungjawaban pada seluruh biaya yang digunakan adalah contoh dari poin yang bisa dijadikan bahan evaluasi.

2. Waktu

Selain biaya, waktu juga tidak kalah penting dalam evaluasi kinerja seorang project manager. Kesesuaian antara waktu yang diperkirakan dengan aktualisasi ketika menyelesaikan proyek, lengkap dengan informasi progres dan segala kendalanya adalah contoh penting dalam evaluasi kinerja project manager berdasarkan waktu.

3. Kualitas yang Dihasilkan

Jika biaya dan waktu sudah dievaluasi, jangan lupa untuk meninjau kembali bagaimana kualitas akhir yang dihasilkan setelah proyek dilaksanakan. Kualitas akhir menjadi penentu seberapa berhasilnya sebuah proyek diselesaikan.

Jangan sampai hanya karena mengejar biaya dan waktu yang sesuai, tapi kualitas akhirnya tidak memenuhi standar yang diharapkan. Ingat, hasil akhir ini sangat berpengaruh terhadap usaha atau bisnis yang kamu miliki!

Jika kemampuan-kemampuan di atas sudah dimiliki, maka orang tersebut sudah lebih siap diberikan tanggung jawab untuk menjadi project manager di usaha atau bisnismu.

Walaupun kemampuan atau skill yang penting untuk dimiliki seorang project manager terlihat banyak dan sulit, tetapi jika orang tersebut mau belajar dan mengasah diri, pasti perlahan bisa lebih matang menjadi project manager.

Seiring berjalannya waktu, skill dan pengalaman dalam mengelola proyek akan menunjukkan seberapa baik orang tersebut bisa bertanggung jawab sebagai project manager usaha atau bisnis milikmu.

Itulah pentingnya peran seorang project manager dalam sebuah bisnis atau usaha. Project manager adalah salah satu posisi penting yang dapat membantu operasional bisnismu.

Bukan cuma project manager, ada juga layanan yang bisa membantumu memudahkan dan memaksimalkan operasional bisnismu, lho, yaitu Kokatto. Teknologi komunikasi otomatis yang disediakan Kokatto bisa kamu manfaatkan untuk membantu operasional bisnismu, mulai dari pengiriman email marketing terpadu, chatbot WhatsApp, pengelolaan pengiriman pesan ke semua pelanggan, dan lainnya. Kamu bisa cari tahu fitur dan keunggulan Kokatto lainnya disini!