Account Manager adalah Aspek Vital Perusahaan, Kenali Tugas Pentingnya!

10 Desember 2022 Account Manager Adalah

Di dalam suatu bisnis, semua pihak yang terlibat tidak sepenuhnya bekerja sendiri baik di dalam bisnis mikro maupun makro. Istilah account manager adalah suatu hal yang tidak asing di dalam sebuah bisnis. Berasal dari bahasa Inggris, account manager memiliki arti harfiah manajer atau pengelola akun.

Namun, sebagai definisi singkatnya account manager berarti pihak yang mengelola hubungan antara perusahaan dan klien bisnis. Biasanya, seorang account manager lebih aktif bekerja sama dengan tim marketing dan tim penjualan sebuah perusahaan.

Peran penting beserta tugas seorang account manager sangat vital dalam keberlangsungan sebuah bisnis. Agar lebih jelas, pada artikel di bawah ini akan dijelaskan mengenai peran penting, fungsi dan tugas seorang account manager pada suatu perusahaan.

Account Manager adalah Aspek Penting Perusahaan!

Tanggung jawab seorang account manager sangatlah menantang dan penting bagi perusahaan. Dapat dikatakan bahwa peran account manager merupakan ujung tombak dari keberhasilan sebuah relasi antara perusahaan dan klien.

Jika performa seorang account manager baik, maka kesempatan perusahaan untuk membangun relasi yang lebih baik dengan klien juga tinggi. Memang sepenting itu peran dari account manager, sehingga ada beberapa kriteria atau skill yang wajib dimiliki seorang account manager, yaitu:

  • Proaktif
  • Wajib pintar melihat peluang yang ada
  • Memiliki kemampuan manajemen waktu yang andal
  • Selalu memperhatikan hal yang detail
  • Kemampuan berpikir kritis dalam menganalisis sesuatu

 

5 Fungsi dan Tugas Account Manager

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa account manager adalah suatu aspek yang vital dalam suatu perusahaan. Maka selanjutnya informasi tentang tugas dan fungsi dari account manager itu sendiri. Ada beberapa fungsi dan tugas dari pekerjaan tersebut yang pasti sudah familiar di masyarakat.

Selain memiliki skill yang mumpuni, fungsi dan tugas di bawah yang menjadi tanggung jawab seorang account manager di dalam suatu perusahaan. Tujuannya hanya satu, yaitu agar target yang dibuat antara perusahaan dan klien dapat tercapai. Berikut ini 5 fungsi beserta tugas seorang account manager, yaitu:

 

1. Melayani Kebutuhan Klien

Fungsi dan tugas paling vital dari seorang account manager yaitu melayani segala kebutuhan klien. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa account manager merupakan pekerjaan yang berhubungan langsung dengan klien, maka tugas utamanya adalah melayani kebutuhan klien.

Kebutuhan klien memiliki banyak macam, misalnya adanya permasalahan pada pasar dan sudah menjadi tugas seorang account manager untuk memberikan solusinya. Selain itu, tugas melayani klien yang dimiliki account manager juga mencakup lingkup membuat kebijakan yang menguntungkan bagi klien dan tentunya perusahaan.

 

2. Menganalisa Peluang Pasar Untuk Klien

Seorang account manager memiliki tugas vital yaitu menganalisa peluang pasar untuk klien dan perusahaan. Sudah disebutkan bahwa skill seorang account manager, adalah pintar untuk melihat peluang, maka ketika di lapangan sudah dapat menganalisa peluang pasar dengan baik.

Tujuannya adalah untuk membangun sebuah langkah atau strategi yang tepat sasaran. Tugas satu ini menjadi vital sekaligus utama yang dimiliki oleh seorang account manager. Jika tugas ini dijalankan dengan sebaik-baiknya, maka klien dan perusahaan akan mengalami keuntungan yang signifikan.

 

3. Membangun Strategi Marketing

Berkaitan dengan pembahasan poin sebelumnya, jika seorang account manager memiliki skill yang bagus dalam menganalisa peluang pasar, maka selanjutnya akan berpengaruh pada setiap strategi pemasaran atau marketing yang dibuat. Account manager juga bertanggung jawab untuk membangun sebuah strategi demi tercapainya tujuan.

Strategi marketing ini yang nantinya akan digunakan account manager untuk mencapai tujuan dari pihak perusahaan dan klien. Seorang account manager juga dapat bekerja sama dengan tim marketing atau pemasaran dalam membangun strategi ini.

 

4. Membangun Relasi Baik Antara Perusahaan dan Klien

Fungsi dan tugas keempat adalah membangun relasi yang baik antara perusahaan dan klien. Seorang account manager menjadi “jembatan” yang menghubungkan antara sebuah perusahaan dan klien. Account manager bertugas untuk membangun impresi baik sebuah perusahaan dengan kliennya.

Tujuannya, agar perusahaan terus bekerja sama dengan klien dan sebaliknya, demi mencapai sebuah target bisnis yang ditentukan masing-masing. Sudah menjadi tugas dari account manager untuk menentukan kenyamanan kedua belah pihak tersebut.

 

5. Membuat Laporan Analisa Secara Berkala

Tugas dan fungsi terakhir dari account manager yaitu membuat laporan analisa secara berkala. Membuat laporan menjadi aspek penting karena dengan menggunakan laporan yang diserahkan pada pihak internal dan eksternal perusahaan, dapat dilihat perkembangan bisnis yang berlangsung.

Laporan ini nantinya akan menjadi berbagai pertimbangan dalam menentukan strategi-strategi di kemudian hari. Maka dari itu, seorang account manager wajib membuat laporan pada setiap aktivitasnya dengan perusahaan dan klien.

Hadirnya Kokatto menjadi alternatif untuk dipilih jika sedang mencari account manager. Sebagai sebuah platform multifungsi dan terbaik, Kokatto akan menawarkan berbagai service yang akan memudahkan Anda dalam mengatur berbagai bisnis. Dijamin pelanggan akan terkesan dengan efisiensi dan ketepatan layanan dari Kokatto.

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved