Mengenal Fitur WhatsApp Business App dan Business API Indonesia

Published By: Kokatto,   13 May 2020   whatsapp    2245

WhatsApp Business adalah aplikasi WhatsApp yang dirancang khusus untuk bisnis. WhatsApp Business terbagi menjadi dua, yakni WhatsApp Business App dan WhatsApp Business API. Mari mengenal perbedaannya dengan lebih seksama.

Cara Kerja WhatsApp

Business App – Aplikasi WhatsApp yang memudahkan pemilik bisnis kecil untuk memisahkan antara obrolan pribadi dan bisnis mereka. Aplikasi ini membantu mereka berinteraksi dengan pelanggan dan menjawab pesan lebih cepat.

Business API – Aplikasi WhatsApp untuk perusahaan yang lebih besar agar mudah berinteraksi dengan pelanggan secara global. Awalnya, hanya perusahaan besar seperti perseroan terbatas yang memperoleh akses ke WhatsApp API. Namun, kini perusahaan kecil sudah mulai diterima dan diberikan akses untuk membuat akun API.

Akun WhatsApp

Business App – Untuk membuat akun WhatsApp Business, kamu cukup mengunduh aplikasinya di smartphone yang berisikan kartu SIM aktif. Nomor SIM harus berbeda dengan akun WhatsApp pribadi. Setelah aplikasi terinstal, kamu tinggal mengikuti instruksinya dan akunmu sudah jadi.

Business API – Membuat akun Whatsapp API membutuhkan persetujuan dari Whatsapp partner atau rekan WhatsApp. Karena akunnya hanya merupakan akses menuju API, maka fitur akan sepenuhnya bergantung kepada WhatsApp Solution Provider.

Biaya Vendor WhatsApp Indonesia

Business App – Pembayaran WhatsApp Business App sederhana. WhatsApp tidak memberlakukan sistem berbayar untuk aplikasinya, tapi mungkin ada biaya tambahan. Dibutuhkan nomor telepon khusus karena menggunakan nomor yang sama untuk WhatsApp pribadi dan bisnis tidak diperbolehkan.

Business API – WhatsApp API memberlakukan sistem berbayar per pesannya. Pengguna harus membayar setiap pesan atau sesi percakapan yang dimulai oleh perusahaan atau pemilik bisnis.

Pesan Siaran WhatsApp

Business App – Pengguna WhatsApp Business App bisa mengirimkan broadcast atau pesan siaran ke maksimal 256 kontak.

Business API – Pengiriman broadcast atau pesan siaran yang bersifat promosional tidak boleh dilakukan. Pesan yang dikirimkan secara langsung dalam jumlah banyak ini bisa dilakukan melalui Template Messaging.

Otomatisasi WhatsApp (WhatsApp Blast)

Otomatisasi Business App – WhatsApp Business App memudahkan penggunanya untuk membuat pesan otomatis berupa ucapan salam selamat datang, pemberitahuan ketika pengguna sedang berada jauh dan tidak bisa membalas langsung, serta jawaban cepat untuk audiens yang mengajukan pertanyaan.

Otomatisasi Business API – Otomatisasi WhatsApp Business API bisa dilakukan namun tergantung pada apa yang dihubungkan pengguna ke akun API. Untuk layanan yang lebih optimal, pengguna bisa menggunakan provider yang menyediakan fitur otomatisasi dan berbagai fiturnya yang lain untuk aplikasi WhatsApp.

Kontak WhatsApp

Kontak Business App – Kontak di WhatsApp Business App mirip dengan yang ada di WhatsApp standar. Jika nomor tersebut ada di kontak telepon, maka kontaknya akan muncul di aplikasi WhatsApp.

Kontak Business API– WhatsApp Business App tidak memiliki pengelola kontak di dalamnya. Jika pengguna ingin mengelola kontak WhatsApp dengan lebih mudah, maka bisa menggunakan layanan provider atau pihak ketiga.

Kekurangan WhatsApp Business App

Ada beberapa kekurangan dari WhatsApp Business App yang perlu Anda ketahui seperti :

1. WhatsApp Business App:

Akun hanya bisa digunakan di satu perangkat oleh satu pengguna saja.

Otomatisasi terbatas yakni hanya untuk pesan selamat datang, pemberitahuan saat sedang jauh dari WhatsApp dan jawaban cepat.

Tidak ada kemudahan ekstensi, seperti CRM atau ERP yang tidak dapat terhubung.

Tidak dapat mengajukan account WhatsApp verified (mendapat masking dan centang hijau)

2. WhatsApp Business API:

Untuk membuat akun harus mendapat persetujuan lebih dahulu.

Selain itu, pesan template membutuhkan pra-persetujuan dari WhatsApp.

Kelebihan WhatsApp Business

3. WhatsApp Business App:

Sangat mudah digunakan, cukup dengan mengaktifkan kartu SIM dan mengunduh aplikasinya.

Pengguna bisa mengirimkan pesan ke semua kontak kapan saja tanpa ada batasan.

Selain itu, pengguna dapat mengirim pesan siaran ke 256 kontak dengan konten bebas tanpa ada ketentuan.

4. WhatsApp Business API:

Bisa terhubung dengan official WhatsApp API untuk pengembangan fitur yang fleksibel sesuai kebutuhan pengguna.

Dapat diakses oleh banyak pengguna dan perangkat secara bersamaan.

Dapat mengajukan verified account untuk mendapat masking dan official account dengan centang hijau.

Bisa melakukan blast pesan tanpa harus menyimpan list nomor ke kontak dan perpesanan dapat dilakukan secara otomatis. Dapat terhubung ke sistem CRM atau sistem pihak ketiga lainnya.

Rangkuman Informasi Fitur Vendor WhatsApp Indonesia


Menggunakan Vendor WhatsApp Indonesia Terbaik Kokatto

Untuk fitur dan layanan terlengkap, kamu bisa menggunakan WhatsApp for Business dari Kokatto. Sebagai Pioneer of Automated Voice Notification di Indonesia, Kokatto siap memberikan layanan pelengkap terbaik untuk bisnismu.