Kata Kata Auto Reply WhatsApp: Contoh dan Cara Buat

29 April 2023 Kata Kata Auto Reply WhatsApp

Majunya teknologi semakin mempermudah kegiatan bisnis, terutama yang berkecimpung di usaha online. Sebab, kini kamu tidak perlu lagi kerepotan menjalin komunikasi dengan konsumen, karena sudah ada fitur kata-kata auto reply WhatsApp. Dengan fitur kata-kata auto reply WhatsApp, produktivitas perusahaan milikmu semakin efektif dan efisien.

Selain praktis dan juga gampang dioperasikan, kata-kata auto reply WhatsApp ini bisa memudahkan kamu dalam menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan dari calon konsumen. 

Misalnya, kata-kata auto reply WhatsApp yang sering ditanyakan ialah terkait dengan harga produk atau jasa, memberikan informasi, membantu transaksi, hingga memberikan katalog produk. Akan tetapi, kata-kata auto reply WhatsApp ini hanya bisa dipakai pada WhatsApp Business.

Apa Itu WhatsApp Business

Seperti diketahui, kata-kata auto reply WhatsApp hanya bisa digunakan bagi kamu yang memiliki WhatsApp Business. Apa itu WhatsApp Business? Menurut WhatsApp, akun WhatsApp Business ini memang didesain untuk memenuhi kebutuhan para pemilik bisnis kecil. Aplikasi ini akan membantu kamu berinteraksi dengan muda kepada pelanggan.

Tak hanya itu, WhatsApp Business juga menyediakan beragam fitur yang membantu kamu dalam berinteraksi kepada pelanggan, seperti membalas dengan cepat, menyortir, hingga mengotomasi.

Meski begitu, WhatsApp Business juga memiliki fungsi yang sama dengan WhatsApp Messenger pada umumnya, yakni bisa mengirim pesan secara manual hingga mengirim foto.

Keunggulan Fitur Otomatis Reply pada WhatsApp

Seperti diketahui, kata-kata auto reply WhatsApp sangat memudahkan kamu dalam berinteraksi dengan pelanggan. Tapi, tak hanya itu saja, ada beberapa keunggulan lain dari fitur otomatis reply pada WhatsApp. Yuk, simak informasinya berikut ini.

  1. Aman!
    Bagi kamu yang khawatir terkait keamanan, tenang saja. Sebab, semua pesan yang dikirim melalui WhatsApp Business dilengkapi keamanan yang memungkinkan pihak ketiga tidak bisa membaca percakapan kamu dengan konsumen.

  2. Solusi Layanan 24/7
    Menggunakan kata-kata auto reply WhatsApp mendukung bisnis yang kamu miliki dalam membalas percakapan kepada pelanggan, khususnya menjawab pertanyaan yang umum ditanyakan. Terlebih, pada fitur ini, pelanggan akan diberikan tombol obrolan yang bisa diklik. Nantinya, tombol yang diklik itu akan langsung dibalas otomatis.

  3. Tingkatkan Kenyamanan Konsumen
    Seperti diketahui, pelanggan bisa saja sebal ketika pesannya tak kunjung dibalas. Jadi, dengan kata-kata auto reply WhatsApp akan membuat percakapan lebih responsif kepada calon konsumen. Apalagi, kamu bisa membangun alur percakapan yang mampu menciptakan hubungan dengan pelanggan menjadi lebih baik.

  4. Pelanggan Dapat Informasi yang Dibutuhkan
    Tak hanya mampu meningkatkan kenyamanan konsumen, dengan menggunakan kata-kata auto reply WhatsApp nantinya pelanggan bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan tanpa harus menunggu. Dengan begitu, percakapan lebih cepat terselesaikan, pelanggan pun puas dengan sistem pelayanan yang diberikan. 

  5. Hemat Biaya
    Lantaran kata-kata auto reply WhatsApp bisa membalas dengan cepat kepada pelanggan secara responsif, kamu jadi tidak perlu kerepotan untuk terus mengecek ponsel. Bahkan, dapat meminimalisir biaya agar tidak mengeluarkan biaya operasional customer service.

  6. Penjualan Semakin Meningkat
    Pada fitur kata-kata auto reply WhatsApp, pelanggan dapat solusi dari semua pertanyaan yang diajukan tanpa melalui customer service. Tentu saja, dengan jawaban yang responsif, akan membuat pelanggan nyaman dan mampu meningkatkan reputasi perusahaan. Jadi, bisa dipastikan, hal ini mampu meningkatkan penjualan.

Baca Juga: Aktifkan Auto Reply WhatsApp untuk Bisnismu dan Nikmati Manfaatnya!

Contoh Penggunaan Auto Reply WhatsApp

Setelah mengetahui keunggulan dari menggunakan kata-kata auto reply WhatsApp, tentu kamu merasa langsung tertarik bukan untuk meringankan pekerjaanmu? 

Agar kamu tak salah dalam memilih kata yang akan digunakan, sebaiknya pahami beberapa contoh penggunaan auto reply WhatsApp untuk bisnis milikmu agar menjadi tepat sasaran. 

Apa saja itu? Yuk, simak contoh penggunaannya berikut ini.

  1. Penggunaan kata-kata auto reply WhatsApp yang pertama biasanya memberi tahu bahwa bisnis yang kamu jalankan mulai beroperasi. Jadi, pelanggan tahu jam operasional, atau jam buka tutup bisnis milikmu.
  2. Tak hanya jam operasional, salah satu contoh penggunaan dari fitur ini lainnya ialah sebagai pelayanan komplain. Kamu bisa menggunakan template yang berisi nama, kode barang, kode pembelian, alamat, hingga keluhan, untuk fitur ini. Nantinya, dengan template tersebut akan memudahkan kamu dalam melakukan proses berikutnya.
  3. Selanjutnya, kamu perlu menggunakan template ketika pelanggan membeli produk bisnis milikmu. Kamu bisa menyiapkan template berisi nama konsumen, nama pesanan, jenis barang, kode barang, nomor telepon, hingga alamat pengiriman. Hal ini penting agar kamu bisa otomatis mendatanya.

Cara Aktifkan Kata Auto Reply

Jika kamu merasa bisnis mulai berkembang, WhatsApp jadi alat komunikasi dengan pelanggan, mulai kerepotan dalam membalas pesan WhatsApp, dan pesanan mulai meningkat drastis, ada baiknya mulai mencari tau bagaimana cara mengaktifkan kata-kata auto reply WhatsApp. 

Lantaran, hal tersebut akan membantumu dalam menjaga kualitas pelayanan pada pelanggan. Untuk itu, simak cara-caranya berikut ini. 

  1. Tinjau Pengaturan
    Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah kunjungi pengaturan atau setting di aplikasi WhatsApp Business, lalu pilih ‘business setting’, kemudian ‘away message’. Jika sudah, klik ikon toggle yang berada di sebelah ‘send away message’.

  2. Sesuaikan Pesan
    Selanjutnya, kamu bisa mengedit pesan agar sesuai dengan informasi yang ingin diberikan kepada pelanggan. Bagi kamu yang gunakan template, juga bisa mengubah berdasarkan kebutuhannya. Setelah itu, klik ‘Ok’ agar pesanmu tersimpan. 

  3. Jadwalkan Pengiriman
    Kamu bisa menjadwalkan kata-kata auto reply WhatsApp yang ingin dikirimkan. Umumnya, ada tiga pilihan waktu, yakni ‘Always send’ , ‘Custom schedule’, dan ‘Outside of business hours’.

  4. Tentukan Penerima
    Jangan khawatir, WhatsApp Business API ini memiliki keunggulan berupa dapat mengatur siapa saja yang akan memperoleh auto reply. Ada empat pilihan pengaturan terkait siapa saja yang akan menerima kata-kata auto reply WhatsApp, di antaranya everyone yang berarti pesan otomatis akan dikirim ke semua orang, lalu everyone not in address book bermaksud pesan otomatis ini dapat dikirimkan pada nomor ponsel yang tidak disimpan atau tersimpan pada kontak. 

Baca Juga: Bagaimana Caranya Membuat Chatbot? Ini Manfaat bagi Bisnis

Dua pengaturan lainnya, everyone except yang mengirim pesan otomatis pada beberapa nomor. Terakhir, fitur only send to ini memungkinkan kamu dalam upaya mengirim pesan pada kontak yang dipilih atau terpilih. Setelah itu, kamu bisa dengan aman dan nyaman mengirim pesan pada banyak kontak. 

Itulah sederet informasi tentang kata-kata auto reply WhatsApp yang tentu membuatmu semakin tergiur untuk kembangkan bisnis. Kamu bisa coba menggunakan fitur Chatbot dari Kokatto. Selain itu, platform ini juga lengkap menyediakan berbagai fitur guna membantumu dalam kepakan sayap usahamu. Misalnya, fitur Omnichat Integration yang menggabungkan akun Facebook dan Telegram. Kokatto sendiri telah dipercaya lebih dari 50 perusahaan terkemuka. Siap kembangkan bisnis? Cek di sini, yuk!

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved