Apa itu Affiliate Marketing, Manfaat, dan Strateginya

Published By: achmad.firdaus,   12 July 2022   whatsapp    43

Selain strategi marketing biasa, pemilik bisnis atau usaha juga perlu memahami apa itu affiliate marketing. Dengan memahami apa itu affiliate marketing, kamu bisa menggunakan program atau strategi tersebut untuk memaksimalkan penjualan melalui internet dengan waktu yang tergolong tidak lama. Biar kamu lebih paham dan bisa memanfaatkan strategi ini, kita bahas lebih jauh yuk tentang apa itu affiliate marketing!

Affiliate Marketing itu Apa Sih?

Sebagian orang mungkin sudah mengetahui tentang apa itu affiliate marketing. Tapi, buat kamu yang belum tahu, kita bahas lebih dulu pengertian dari affiliate marketing, yuk! Simpelnya, affiliate marketing merupakan sistem atau strategi penjualan yang berbasis komisi. Jadi, ketika seseorang berhasil menjual produk atau jasa dari bisnismu, maka orang tersebut akan mendapatkan sejumlah komisi dari berhasilnya penjualan produk atau jasa bisnismu.

Agar lebih paham tentang apa itu affiliate marketing, kamu juga perlu pahami bahwa sistem atau strategi ini juga termasuk ke dalam internet marketing karena umumnya memanfaatkan internet dalam menjalankannya. Saat ini program affiliate marketing sangat populer dan bisa kamu temukan di beberapa e-commerce. Prinsipnya, ketika suatu produk atau jasa yang diakses melalui tautan khusus berhasil terjual, maka orang yang menjadi affiliate marketer tersebut akan mendapatkan sejumlah komisi.

Namun, kamu perlu pahami juga bahwa sistem affiliate marketing berbeda dengan sistem reseller. Biasanya, sistem affiliate marketing bisa diikuti oleh siapapun dan tanpa syarat khusus, namun dengan komisi yang tidak begitu besar. Sedangkan sistem reseller mengharuskan orang yang ingin menjual produk milik bisnismu untuk membeli atau memiliki produk tersebut dalam jumlah tertentu. Walau harus mengeluarkan modal dan tidak semudah affiliate marketing, komisi yang didapatkan reseller biasanya lebih besar dibandingkan program affiliate marketing.

Manfaat dari Affiliate Marketing

Setelah kamu memahami apa itu affiliate marketing, kamu juga perlu tahu keunggulannya. Jika dibandingkan dengan strategi internet marketing atau strategi pemasaran umumnya, program affiliate marketing punya beberapa manfaat tersendiri, mulai dari bisa menjangkau pasar yang lebih luas, terbuka untuk banyak produk, meminimalisir pekerja, hingga efisiensi biaya pemasaran. Untuk lebih jelas, yuk simak penjelasannya berikut ini:

1. Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Karena sistemnya yang mudah dipahami serta umumnya tidak ada syarat khusus, maka banyak orang akan tertarik untuk menjadi affiliate marketer bisnismu. Tidak hanya itu, penggunaan internet untuk menyebarkan pemasaran dari setiap affiliate marketer juga semakin memperluas jangkauan potensi pasar untuk produkmu. Semakin banyak dan semakin luas orang-orang yang mendaftar jadi affiliate marketer untuk bisnismu, maka semakin besar dan luas pula jangkauan pemasaran produkmu.

2. Terbuka untuk Banyak Produk

Dengan mengadakan program affiliate marketing pada bisnis atau usahamu, produk yang bisa dijual tidak terbatas hanya pada kategori atau jenis produk tertentu. Bahkan, jika bisnis atau usahamu menjual berbagai macam produk, semua produk tersebut bisa saja dijual dengan sistem affiliate marketing. Namun perlu diingat, biasanya komisi yang diberikan untuk masing-masing produk berbeda sesuai dengan perhitungan yang diterapkan bisnis atau usahamu sendiri.

3. Meminimalisir Pekerja

Semakin banyaknya pekerja yang dibutuhkan hanya untuk menjalankan strategi promosi atau pemasaran bisnis atau usahamu tentu akan membuat pengeluaran membengkak. Dengan menerapkan program atau sistem affiliate marketing, bisnis atau usahamu dapat meminimalisir hal tersebut. Kamu bisa memanfaatkan lebih sedikit pekerja yang bisa ditugaskan untuk mengatur dan memonitor kesuksesan program affiliate marketing. Sehingga untuk di luar perusahaan, para pendaftar affiliate marketer akan membantumu menjual produk-produk bisnismu agar mendapatkan jumlah komisi yang menarik.

4. Efisiensi Biaya

Bayangkan, berapa pekerja yang perlu kamu rekrut untuk menjalankan program pemasaran secara masif dan besar? Belum lagi, berapa perkiraan biaya yang perlu dikeluarkan jika kamu hanya mengandalkan strategi marketing biasa? Dengan mengadakan program atau sistem affiliate marketing, kamu bisa melakukan efisiensi anggaran biaya tersebut dan memanfaatkannya untuk keperluan lainnya.

Kamu juga bisa pelajari Cara Broadcast WhatsApp: Solusi Kirim Pesan Efisien

Strategi Affiliate Marketing untuk Bisnismu

Jika sudah tahu apa itu affiliate marketing serta manfaatnya, sekarang kita akan membahas strategi yang bisa dijalankan pada program ini. Ada dua bagian strategi dalam affiliate marketing, yaitu strategi untuk sisi bisnis dan strategi untuk sisi affiliate marketer. Jika kamu adalah pemilik bisnis atau usaha yang ingin mengadakan program affiliate marketing, berikut strategi sistem pembayaran yang bisa dipertimbangkan:

1. Pay per Sale

Menjadi sistem affiliate marketing yang paling standar, dengan sistem ini kamu hanya perlu memberikan atau membayar komisi kepada affiliate marketer sejumlah penjualan produk yang berhasil dilakukan. Dengan kata lain, semakin banyak produk yang berhasil terjual, maka semakin banyak pula komisi yang didapatkan oleh affiliate marketer tersebut.

2. Pay per Click

Jika sistem pertama berfokus pada jumlah produk yang berhasil dijual, maka sistem pay per click hanya berfokus pada banyaknya orang yang berhasil klik tautan khusus dan mengunjungi situs bisnismu. Artinya, affiliate marketer tidak perlu harus memastikan pelanggan membeli produk tertentu. Semakin banyak orang yang mengunjungi tautan tersebut, semakin besar komisi yang kamu berikan untuk affiliate marketer tersebut.

3. Pay per Lead

Sistem pay per lead ini lebih kompleks dibandingkan dengan sistem lainnya. Jika sistem pertama hanya berfokus pada jumlah penjualan dan sistem kedua berfokus pada jumlah pengunjung situs, sistem ini menggabungkan keduanya. Secara sederhananya, komisi baru bisa diklaim oleh affiliate marketer untuk setiap orang yang berhasil mengunjungi tautan khusus tersebut hingga berhasil menjadi conversion tertentu seperti mendaftar akun, atau bahkan membeli produk. Jadi, jika konsumen hanya mengunjungi tautan yang diberikan tanpa melakukan action apa-apa, affiliate marketer belum bisa mendapatkan komisinya.

Strategi Affiliate Marketing untuk Affiliate Marketer

Selain strategi program affiliate marketing untuk pemilik bisnis atau usaha, berikut terdapat juga beberapa strategi dalam memaksimalkan affiliate marketing bagi affiliate marketer:

1. Review Produk

Strategi pertama yang paling populer dalam affiliate marketing adalah mengulas produk yang dijual. Dengan strategi ini, affiliate marketer bisa lebih leluasa menjelaskan dan menampilkan berbagai keunggulan produk yang dijualnya. Hal ini tentunya lebih menarik bagi calon pelanggan karena produk yang “direkomendasikan” oleh affiliate marketer tersebut lebih bisa dipercaya dibandingkan hanya mempromosikan dengan gambar atau video biasa.

2. Membuat Konten Blog

Jika kamu senang menulis, strategi kedua ini cocok untuk dicoba. Tidak hanya mengulas atau review produk melalui video, affiliate marketer juga bisa mengulas produk yang dijualnya di dalam artikel blog. Jika dimaksimalkan dengan penggunaan keyword SEO yang sering dicari, maka artikel blog tentang produk tersebut akan sangat tinggi pengunjung dan pembacanya. Sehingga otomatis akan meningkatkan potensi penjualan dari affiliate marketer tersebut.

3. Memanfaatkan Media Sosial

Selain review dan membuat artikel khusus di blog, affiliate marketer juga umumnya menggunakan akun media sosial mereka sebagai channel pemasaran. Dengan mengirimkan rekomendasi atau tautan khusus melalui media sosialnya, affiliate marketer bisa mendapatkan calon pelanggan yang lebih luas. Apalagi jika produk yang ditawarkan berkaitan dengan komunitas atau kalangan tertentu, seperti menjual alat-alat kebutuhan bersepeda di dalam forum komunitas pesepeda sekitar misalnya.

Yuk, pahami juga Pengertian, Manfaat, Cara Menghitung, dan Tips Market Share untuk bisnismu!

Setelah berbagai penjelasan di atas, sekarang kamu jadi paham kan apa itu affiliate marketing? Selain strategi affiliate marketing, kamu juga bisa memanfaatkan Kokatto untuk kegiatan penjualan bisnismu, loh! Kokatto merupakan layanan yang bisa membantumu memudahkan dan memaksimalkan kegiatan promosi bisnismu. Dengan teknologi komunikasi otomatis yang dimiliki Kokatto, kamu bisa memanfaatkannya untuk memaksimalkan kegiatan marketing bisnis atau usaha milikmu. Layanan yang ditawarkan Kokatto beragam, mulai dari chatbot WhatsApp, pengiriman email marketing terpadu, pengelolaan pengiriman pesan ke semua pelanggan, dan lainnya. Yuk, cari tahu fitur dan keunggulan Kokatto selengkapnya disini!