Pangsa Pasar adalah: Penjelasan dan Cara Menentukannya

5 Februari 2023 Pangsa Pasar Adalah

Buat kamu para pelaku bisnis, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah pangsa pasar. Pangsa pasar adalah salah satu istilah dalam bisnis yang sudah umum untuk digunakan. Dalam menjalankan sebuah bisnis, kamu pasti tahu bahwa bisnismu akan bersaing dengan bisnis sejenis lainnya agar bisa menguasai pasar atau target market yang dituju. 

 

Sederhananya, pangsa pasar adalah persentase penjualan bisnis yang kamu jalankan, dibandingkan dengan kompetitor sejenis dalam suatu pasar tertentu. Jika suatu bisnis di pasar atau target market semakin banyak, maka semakin tinggi juga persaingannya. Misal, bisnismu menguasai 25% pasar, sementara 75% lainnya dikuasai oleh kompetitor bisnis yang lain. Pembagian tersebut merupakan contoh kecil dari perhitungan pangsa pasar.

 

Para pelaku bisnis pasti ingin bisnis yang mereka jalankan semakin maju dan berkembang kedepannya. Nah, meningkatkan pangsa pasar adalah salah satu cara yang dapat dilakukan. Di artikel ini, akan dijelaskan lengkap mengenai pangsa pasar adalah seperti apa dan bagaimana cara menentukan atau menghitung persentasenya. Yuk, baca sampai habis agar kamu lebih paham!

 

Penjelasan Mengenai Pangsa Pasar adalah sebagai berikut

Market share, yang merupakan istilah lain dari pangsa pasar adalah persentase dari total penjualan suatu perusahaan atau bisnis terhadap suatu pasar atau target market tertentu. Dalam penjelasan lain, pangsa pasar adalah data penjualan dari sebuah bisnis terhadap suatu produk oleh calon pelanggan tertentu yang telah menjadi target market. Dalam penentuan calon pelanggan, biasanya pelaku bisnis melihat dari beberapa kategori, seperti jenis kelamin, usia, kelas ekonomi, dan lain sebagainya. 

 

Terdapat penjelasan mengenai pangsa pasar berdasarkan para ahli. Menurut Philip Kotler, yang merupakan seorang konsultan pemasaran, pangsa pasar adalah besar penjualan yang dimiliki oleh pesaing bisnis dalam suatu market. Sedangkan menurut Rachel Griffith dan John Van Reenen yang merupakan penulis buku Product Market Competition, Creative Destruction and innovation, pangsa pasar adalah total perbandingan dari penjualan suatu bisnis terhadap total penjualan dari bisnis lain dengan industri bisnis yang sama. 

 

Selain itu, jika sebuah bisnis atau perusahaan menjadi yang paling unggul persentasenya dalam total penjualan di suatu pasar, mereka akan dianggap sebagai pemimpin market. Misalnya, menurut pernyataan yang dikutip dari Indonesia Data, pada tahun 2022 (berdasarkan data yang dikumpulkan dari tahun 2019-2021), sosis merk So Nice, Champ, dan So Good adalah tiga sosis yang menguasai pangsa pasar di Indonesia saat ini. 

 

Baca juga: Strategi Jualan yang Laku Setiap Hari

 

Manfaat dari Pangsa Pasar adalah 

Data yang dihasilkan dari pangsa pasar adalah hal penting bagi sebuah bisnis untuk menentukan strategi kedepannya demi kemajuan bisnis. Oleh karena itu, pangsa pasar memiliki beberapa manfaat yang harus kamu ketahui. Berikut beberapa manfaat dari pangsa pasar.

 

1. Dapat Meningkatkan Performa Bisnis

Data yang dihasilkan dari pangsa pasar adalah persentase yang menunjukan performa bisnis dalam suatu pasar. Dengan adanya informasi ini, market leader atau pelaku bisnis itu sendiri dapat menggunakan data tersebut sebagai acuan untuk meningkatkan performa bisnis, baik dari segi produksi maupun pelayanan. 

 

2. Dapat Mengembangkan Segmentasi Pelanggan

Manfaat selanjutnya dari data yang dihasilkan oleh pangsa pasar adalah dapat memperluas pangsa pasar itu sendiri. Mendapatkan persentase tinggi dari target penjualan yang telah terpenuhi merupakan tanda bahwa segmentasi sudah dilakukan dengan baik. Dengan target yang berhasil terpenuhi, bisa menjadi langkah awal untuk melebarkan pangsa pasar dan membentuk basis pelanggan yang baru. 

 

3. Dapat Mengidentifikasi Kapasitas Bisnis

Pangsa pasar adalah salah satu cara bagi pelaku bisnis untuk mengetahui posisi mereka dari segi penjualan jika dibandingkan dengan kompetitor bisnis lainnya. Keberhasilan yang didapatkan dari segi penjualan merupakan hal positif untuk pertumbuhan bisnis. Dari hal ini, manfaat selanjutnya dari pangsa pasar adalah untuk menilai sejauh mana perkembangan sebuah bisnis dengan kompetitor lainnya. Semakin tinggi persentase pangsa pasar yang didapat, semakin besar pula keuntungannya. 

 

4. Dapat Menambah Reputasi Bisnis

Manfaat terakhir dari pangsa pasar adalah dapat meningkatkan reputasi bisnis. Misalnya, sebuah bisnis selama beberapa periode berturut-turut berhasil menjadi pemimpin market dalam industri pasar mereka. Hal ini menunjukan bahwa kualitas produk yang mereka hasilkan baik dan digemari oleh pelanggan. Dari sini, secara tidak langsung akan menarik minat pelanggan lain untuk ikut menggunakan produk tersebut. Jadi, selain memberikan data pada penjualan, pangsa pasar dapat menjadi sarana untuk meningkatkan reputasi bisnis. 

 

Baca juga: 5 Media Promosi Masa Kini untuk Tingkatkan Penjualan

 

Cara untuk Menghitung Pangsa Pasar

Sebelum membahas tentang bagaimana cara menghitung pangsa pasar, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya.

 

1. Tentukan Pasar Terlebih Dahulu

Tahap pertama sebelum menghitung pangsa pasar adalah menentukan pasar terlebih dahulu, seperti lokasi calon pelanggan, jenis produk, dan demografi calon pelanggan yang hendak dituju. Semakin spesifik pasar yang dituju, semakin tinggi juga hasil yang didapat dari daya saing pasar.

 

2. Tentukan Berapa Lama Waktu Penjualan

Sebelum melakukan perhitungan pangsa pasar, sebaiknya pelaku bisnis menentukan kira-kira mau berapa lama waktu penjualan produknya agar perhitungan perbandingan yang akan dilakukan menjadi lebih valid nantinya.

 

3. Tentukan Metode Pengukurannya

Terdapat dua cara dalam menghitung pangsa pasar, yaitu menghitung berdasarkan jumlah produk yang dijual oleh suatu bisnis (total sales) sebagai tolak ukur dari total produk yang dijual oleh kompetitor bisnis lain dalam bidang yang sama, dan dengan membandingkan pendapatan dari suatu bisnis (total revenue) dengan total pendapatan pada bidang bisnis tersebut. 

 

4. Menghitung Pangsa Pasar

Rumus untuk menghitung pangsa pasar adalah:

 

Pangsa pasar = (nilai penjualan bisnis / total nilai penjualan pada pasar sejenis) x 100%

 

Contohnya yaitu sebagai berikut: 

 

Pendapatan bisnis camilan keripik tempe A pada tahun 2022 sebesar Rp. 30.000.000. Namun, total pendapatan industri keripik tempe secara keseluruhan di waktu yang sama adalah Rp. 250.000.000. Jadi, cara menghitung pangsa pasarnya yaitu:

 

Pangsa pasar = (30.000.000/250.000.000) x 100%

Pangsa pasar = 0.12 x 100%

Pangsa pasar = 12%

 

Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, bisnis camilan keripik tempe A telah menguasai pangsa pasarnya sebesar 12%. 

 

Dengan perhitungan pangsa pasar yang benar berdasarkan cara yang telah dijelaskan di atas, dianggap mampu menentukan peluang sebuah bisnis di masa yang akan datang. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, market leader atau pelaku bisnis dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan dari pangsa pasar. Hal ini juga dapat menjadi acuan tentang seberapa baiknya kinerja sebuah bisnis jika dibandingkan dengan kompetitor lainnya. 

 

Nah, itu tadi penjelasan mengenai pangsa pasar, manfaat, serta cara menghitungnya. Pangsa pasar merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis untuk kemajuan sebuah bisnis. Sebelum kamu menggeluti lebih jauh mengenai bisnis yang nantinya akan kamu jalankan, alangkah baiknya untuk mempelajari tentang pangsa pasar secara mendalam, ya!

 

Salah satu cara yang telah dijelaskan mengenai manfaat dari pangsa pasar adalah dapat meningkatkan performa bisnis. Dalam meningkatkan performa bisnis, kamu bisa mulai dengan memaksimalkan layanan customer care pada bisnis yang kamu jalankan. Dengan layanan customer care yang baik, detail, dan fast respon, pelanggan pasti akan merasakan kenyamanan saat ingin mendapatkan informasi tentang produk. 

 

Selain itu, insight juga merupakan hal penting dalam kemajuan bisnis. Kamu bisa melihat insight melalui laporan data agar dapat menentukan langkah selanjutnya, sehingga bisnis akan terus berkembang kedepannya. Nah, dengan Kokatto, kamu bisa mendapatkan pengalaman mudah ini, lho! sehingga tidak perlu repot-repot untuk mendata insight secara manual. Yuk, pakai Kokatto sekarang! 

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved