Mengenal Manajemen Data dan Penggunaannya dalam Bisnis

1 Januari 2023 Manajemen Data

 Manajemen data adalah hal yang juga berkaitan dalam berjalannya suatu proses usaha. Keduanya tidak bisa dipisahkan karena manajemen pada data usaha dapat memberikan manfaat yang baik untuk kelancaran usaha. Tidak hanya itu saja, mengetahui manajemen data yang baik dan tepat dapat mempermudah proses pengelolaan usaha untuk setiap proses bisnismu.

 

Mengetahui dengan lebih jelas tentang proses manajemen pada data bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas bisnismu. Proses manajemen untuk data dalam bisnis juga cukup sederhana untuk dilakukan. Kamu hanya perlu memperhatikan apa jenis usahamu dan bagaimana proses bisnis yang kamu jalankan agar bisa menerapkan manajemen data yang tepat.

 

Baca Juga: Pengertian Customer Journey Map dan Apa Pentingnya

 

Pengertian Manajemen Data

Manajemen data adalah serangkaian proses yang dilakukan oleh suatu bisnis untuk mengumpulkan, menyimpan, mengakses, dan mengamankan setiap data yang telah tersimpan di dalam perangkat lunak suatu usaha. Dengan menerapkan manajemen data yang tepat, setiap bisnis akan lebih mudah untuk menjalankan dan mengakses analisis data. Proses analisis tersebut bertujuan untuk memberikan wawasan yang diperlukan oleh suatu bisnis untuk berkembang.

 

Proses analisis data tersebut juga berguna untuk membantu pemilik usaha mengambil keputusan agar bisnis bisa tetap berjalan di tahun-tahun ke depan. Tidak hanya itu saja, agar setiap bisnis dapat menjalankan program serta visi dan misi yang sesuai dengan perencanaan, analisis data yang ada pada bisnis juga diperlukan agar perusahaan tetap pada langkah yang tepat untuk mencapai tujuan.

 

Dengan menggunakan proses manajemen data yang tepat, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat untuk mempelajari kondisi usahamu. Selain itu, proses manajemen dari data yang pas juga akan memberikan lebih banyak wawasan yang diperlukan untuk meningkatkan proses bisnis dan pelayanan kepada pelanggan. Jadi kamu perlu mempertimbangkan proses yang tepat untuk manajemen tersebut agar usahamu bisa berjalan lebih lancar.

 

Ada banyak langkah yang bisa dilakukan untuk menjalankan proses manajemen tersebut. Kamu bisa menjalankan secara manual sesuai dengan kebutuhan usahamu atau menyewa jasa profesional yang bisa dipercaya untuk melakukan proses tersebut. Saat ini juga sudah banyak tersedia aplikasi manajemen data yang bisa membantu bisnis untuk mengelola data usaha mereka dan memberikan analisis yang sesuai dengan proses usaha. Jadi kamu bisa secara praktis menggunakan aplikasi tersebut tanpa harus menghabiskan biaya untuk menggunakan jasa profesional. Ini akan sangat menguntungkan bagi kamu yang menjalankan usaha dalam skala kecil.

 

Bagaimana Cara Kerja Manajemen Data

Proses manajemen data tergantung dari bagaimana konsep bisnis dalam suatu usaha dijalankan. Meskipun konsep suatu bisnis bisa berbeda-beda, tapi langkah manajemen data secara garis besar tetap sama antara satu dan yang lainnya. Biasanya prosesnya dimulai dari satu area yang sudah mulai dikerjakan lalu merambah ke area lain yang berhubungan. Selanjutnya, proses manajemen yang dilakukan akan melebar sesuai dengan keperluan bisnis.

 

Proses manajemen tersebut juga menggunakan teknologi cloud based yang dapat mempermudah akses pemilik usaha di mana pun dan kapan pun data tersebut diperlukan. Meskipun setiap bisnis memiliki konsep data yang berbeda, cara kerja manajemen data menggunakan standard yang disepakati oleh ilmu bisnis. Jadi prosesnya akan lebih mudah dimengerti oleh siapa pun baik orang dalam usaha maupun investor yang akan masuk ke dalam usaha. Standard yang ada tersebut juga sudah mengikuti kaidah bisnis yang sesuai jadi setiap usaha tidak bisa asal membuat istilah mereka sendiri dalam suatu proses manajemen.

 

Selanjutnya, data akan dikumpulkan dan dikategorikan sesuai dengan kebutuhan usaha. Proses pengumpulan ini tentunya bisa menggunakan berbagai macam cara. Misalnya dari data penjualan, minat pelanggan, hingga kekurangan produk di mata pelanggan. Data kemudian diolah untuk memberikan wawasan tentang apa langkah perusahaan selanjutnya agar bisa memberikan pelayanan pelanggan terbaik kepada pelanggan.

 

Baca Juga: Cara Mempromosikan Produk yang Bisa Kamu Lakukan

 

Tipe Sistem Manajemen Data yang Wajib Kamu Ketahui

Sistem manajemen untuk data yang masuk pada setiap usaha berbeda karena menyesuaikan dengan jenis usaha serta kebutuhan usahanya. Kamu juga perlu menentukan mana sistem yang paling sesuai dengan usahamu agar tidak terjadi kesalahan dalam proses manajemen pada data usaha. Setiap sistem manajemen tersebut memiliki proses analisis tersendiri jadi kamu dapat menggunakan mana yang lebih efektif untuk usahamu.

 

Beberapa sistem manajemen bahkan memberikan rekomendasi untuk pengambilan keputusan yang cepat dan sesuai dengan kebutuhan dari usaha. Jadi kamu bisa langsung menggunakannya dengan praktis dan mudah tanpa adanya kesalahan. Berikut ini adalah beberapa tipe sistem manajemen untuk data usaha yang wajib kamu ketahui:

1. Data Governance

Data governance bisa diartikan sebagai tata kelola data. Sistem ini fokus pada melacak setiap data yang diperlukan dan mengaitkan metadata tersebut untuk proses pengambilan nantinya. Metadata akan membantu proses penyusunan data serta mengelola struktur data yang akan membantu analisis data nantinya.

Sistem tata kelola data merupakan setiap proses pengelolaan ketersediaan, kegunaan, integritas, dan keamanan setiap data yang ada di dalam suatu sistem perusahaan. Proses dari sistem tersebut juga sudah disesuaikan dengan standar dan juga kebijakan data internal yang mengontrol penggunaan dari data tersebut. Tata kelola data singkatnya adalah tentang tata pengelolaan data, penyimpanan dan juga keamanan. Jadi ini merupakan sistem yang paling sederhana dan paling tidak harus diketahui oleh setiap bisnis yang berjalan.
 

2. Business Intelligence

Business Intelligence atau BI adalah istilah yang tidak asing dalam dunia bisnis. BI menggunakan sistem yang lebih tinggi dibandingkan tata kelola data karena BI juga memberikan proses analisis bisnis yang lebih tajam untuk setiap usaha. Pada dasarnya, BI meningkatkan proses penyimpanan data dan juga keamanan data dalam perusahaan yang juga digunakan untuk membuat keputusan dengan cara yang terstruktur dan kontekstual.

BI sangat diperlukan oleh bisnis untuk mengambil keputusan yang cepat terutama oleh perusahaan yang sudah berskala besar. BI juga bisa memberikan pilihan wawasan yang lebih luas sehingga proses pengambilan keputusan bisa memiliki lebih banyak pertimbangan. Menggunakan BI untuk pengelolaan bisnis akan membantu proses pengambilan keputusan dengan cepat dan juga memperluas data yang dimiliki usaha.
 

3. Data Integration

Integrasi data memungkinkan setiap usaha untuk mengakses setiap data yang ada dalam perusahaan dengan mudah. Selain itu sistem integrasi data juga akan mempermudah proses pengambilan keputusan yang tepat dengan cara mengubah dan menggabungkan data perusahaan yang tepat secara akurat.

Sistem integrasi data diperlukan untuk usaha mengambil keputusan tepat terhadap situasi usaha. Aplikasi atau tools yang digunakan untuk integrasi data saat ini juga semakin bervariasi. Sebagian besar bahkan memiliki tampilan pengguna yang ramah dan mudah digunakan. Jadi setiap usaha yang berjalan bisa menggunakan aplikasi tersebut dengan mudah.

 

Pemahaman terhadap manajemen data tidak bisa diabaikan karena hal tersebut sangatlah penting untuk proses usaha. Jadi kamu perlu mengetahui sistem yang pas dan sesuai untuk digunakan dalam bisnismu agar proses bisnis menjadi lebih lancar. Misalnya dengan menggunakan Kokatto untuk pengelolaan usahamu. Dengan fitur lengkap, Kokatto bisa meningkatkan pelayanan pelanggan usahamu. Yuk langsung coba Kokatto sekarang juga! 

whatsapp facebook instagram
KokattoLogo Jakarta Metropolitan Tower 10th floor Jl. TB Simatupang No.Kav. 14, DKI Jakarta - 12430 +6221 3972 3972 | sales@kokatto.com
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2023 by Kokatto. All Rights Reserved