Pentingnya Fitur Chat Bot dalam Pengelolaan Bisnis

31 Desember 2022 Chat Bot

Apakah kamu tahu tentang fungsi chat bot dan manfaatnya dalam bisnis? Atau kamu masih merasa asing dengan istilah chat bot ini?

Di era digital seperti sekarang ini, memiliki fitur live chat pada platform bisnis baik website maupun aplikasi jadi salah satu cara efektif yang bisa digunakan untuk menjalin komunikasi dengan konsumen. Dalam situasi di mana ada banyak chat masuk dalam satu waktu sekaligus, diperlukan adanya suatu solusi untuk membantu menghadapinya. Salah satunya adalah dengan menggunakan bantuan teknologi berupa chat bot.

Sebenarnya situasi seperti itu bisa saja diatasi dengan merekrut pegawai atau customer service yang banyak. Tapi, opsi ini tentu kurang tepat bagi pebisnis yang masih belum memiliki modal kuat dalam menggaji pegawai yang banyak. 

Karena itulah, walaupun chat bot memang belum bisa menggantikan peran manusia secara sepenuhnya, tapi dengan adanya teknologi ini tentu akan cukup efisien untuk memudahkan kamu para pebisnis dalam merespon konsumen.

Nah, kalau kamu tertarik untuk menggunakan fitur chat bot ini dalam bisnismu, maka kamu bisa mempelajarinya dulu di dalam pembahasan berikut ini. Yuk, simak!

Baca juga: Pengertian & Manfaat Customer Relationship Management

 

Apa Itu Fitur Chat Bot?

Chat bot adalah sebuah program komputer berbasis artificial intelligence atau AI, alias robot virtual yang dapat memberikan simulasi percakapan layaknya manusia. Teknologi ini juga disebut sebagai asisten digital yang dapat memahami sekaligus memproses permintaan konsumen, serta memberikan jawaban yang relevan secara cepat.

Itulah alasan kenapa istilah ini dikenal dengan sebutan “bot”, yang berasal dari singkatan robot internet. Bahkan, bot ini dapat menirukan percakapan manusia dalam bentuk teks atau suara yang sudah banyak diaplikasikan pada website dan aplikasi seperti WhatsApp, Facebook, Twitter, dan lainnya.

Chat bot yang ada sekarang ini sudah cukup pintar untuk menarik konsumen potensial dan memastikan layanan terhadap konsumen serta penjualan dapat berjalan dengan lebih praktis tanpa perlu membuang waktu maupun sumber daya, dan juga menghemat biaya.

Bisa dibilang, secara tidak langsung teknologi ini dapat menunjang value bisnis kamu, khususnya dari segi kepuasan konsumen. 

 

Pentingnya Memiliki Fitur Chat Bot dalam Bisnis

Dengan adanya fitur chat bot maka akan memudahkan operasional bisnis dan juga menghemat biaya customer service. Teknologi ini memungkinkan kamu untuk bisa menjawab berbagai pertanyaan maupun masalah yang dialami konsumen secara cepat dan tepat.

Menambahkan fitur chat bot pada platform bisnis juga dapat meningkatkan kenyamanan konsumen, sehingga mereka akan merasa kalau kamu benar-benar peduli dengan kebutuhan mereka.

Lalu, manfaat apa saja yang bisa diberikan dari fitur ini untuk perkembangan bisnis? Berikut beberapa di antaranya:

1. Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Salah satu kunci keberhasilan dalam sebuah bisnis adalah konsumen yang puas. Kalau layanan konsumen dalam bisnismu dinilai buruk, para konsumen tersebut tentu akan pergi ke bisnis milik kompetitor karena merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan tokomu.

Nah, dengan menggunakan fitur chat bot, konsumen akan mendapat pelayanan yang cepat karena selalu tersedia tanpa batas waktu tertentu alias tersedia selama 24 jam. Konsumen dapat bertanya kapan saja dan mendapatkan jawaban dengan segera.

Saat konsumen memiliki pertanyaan seputar produk, mereka bisa mendapatkan jawaban yang dibutuhkan sehingga dapat melakukan transaksi untuk produk yang diinginkannya tersebut. Hal ini tentu juga dapat meningkatkan keuntungan bisnis.

2. Menghemat Waktu Konsumen

Sejumlah konsumen biasanya melihat fitur chat bot sebagai cara termudah untuk menghubungi toko atau pihak pebisnis. Karena tersedia setiap saat, konsumen tidak perlu memakan banyak waktu atau menunggu antrian untuk mendapatkan tanggapan dari pihak pebisnis.

3. Meminimalisir Kesalahan

Kesalahan bisa saja terjadi saat pegawai atau admin customer service sedang menangani konsumen. Tapi, hal ini bisa dihindari dan diminimalisir dengan menggunakan fitur bot. Fitur ini dapat dengan konsisten memberikan jawaban yang sesuai atas pertanyaan yang diajukan oleh konsumen.

4. Menghemat Biaya

Seperti yang sudah disebutkan di atas, fitur chat bot akan sangat efektif untuk menghemat biaya bagi suatu bisnis. Sebagai pemilik bisnis, kamu jadi tidak perlu mempekerjakan pegawai atau agen pendukung dari luar untuk memberikan layanan kepada konsumen. 

Menurut hasil riset dari Forrester Consulting, sebuah perusahaan yang menyediakan layanan teknologi fitur bot ini dalam proses bisnisnya akan dapat menekan biaya customer service hingga sebesar 30 persen.

5. Meningkatkan Penjualan

Teknologi fitur bot tidak hanya dapat meningkatkan kepuasan konsumen terhadap layanan bisnis yang kamu miliki, tapi juga memberi pengaruh pada reputasi bisnismu. Dengan memiliki reputasi bisnis yang baik, maka kesempatan kamu untuk menambah jumlah penjualan pun juga jadi lebih besar.

Dari hasil riset Forrester Consulting, dikatakan bahwa selain dapat menghemat biaya customer service, layanan chat bot juga bisa berpotensi untuk mendapatkan hasil investasi dalam bisnis hingga sebesar 305 persen. Alasannya adalah karena efektivitas yang dihasilkan dari teknologi fitur bot itu sendiri, yang kemudian akan menghasilkan peningkatan pada customer experience dalam bisnis.

6. Menghasilkan Lead Generation untuk Mendapatkan Konsumen

Lead generation adalah suatu langkah bisnis yang digunakan untuk menghasilkan konversi dari tiap pengunjung yang datang ke suatu website.

Nah, kamu bisa memanfaatkan bantuan teknologi fitur bot untuk mengumpulkan data penting dari setiap pengunjung yang mendatangi website kamu. Datanya bisa seperti nomor telepon, alamat email, hingga memetakan audiens berdasarkan produk yang mereka suka dan tidak suka.

Dari situ kamu bisa mengetahui pengunjung mana yang memiliki potensi untuk menjadi konsumen atau real buyer dalam bisnismu. Kemudian kamu bisa mulai merancang strategi pendekatan seperti apa yang bisa digunakan untuk menarik calon konsumen tersebut. Bisa dengan menawarkan diskon, mengirimkan newsletter, memberikan voucher, atau memberikan rekomendasi produk terbaru.

Baca juga: Apa Itu Branding? Ketahui Arti dan Strategi untuk Bisnismu

7. Meningkatkan Engagement di Media Sosial

Fitur chat bot ini juga dapat kamu modifikasi untuk beradaptasi dengan bahasa tertentu dari berbagai negara atau beradaptasi dengan tren yang sedang berlangsung di internet, yang disesuaikan dengan saluran media sosial yang kamu gunakan dalam bisnismu.

Artinya, fitur ini tidak hanya dapat digunakan pada sebuah website saja, tapi kamu juga bisa menggunakannya di beberapa media sosial. Misalnya, fitur bot di halaman Facebook brand makanan yang memungkinkan konsumennya untuk melakukan pemesanan produk secara langsung di halaman tersebut.

Kamu dapat menggunakan fitur bot ini di saluran media sosial untuk meningkatkan kesadaran akan brand bisnismu serta cakupan produk yang kamu tawarkan.

Dari pembahasan di atas maka dapat dilihat bahwa menggunakan fitur chatbot adalah salah satu cara yang bisa diterapkan untuk membantu memudahkan komunikasi dalam bisnis sekaligus meningkatkan keuntungan bisnismu. Kalau kamu tertarik untuk menggunakan fitur ini, kamu bisa coba gunakan Kokatto. Kokatto adalah platform komunikasi yang dapat mengirimkan pesan teks maupun pesan suara ke seluruh konsumen secara efisien, kapan pun dan di mana pun.

whatsapp facebook instagram
KokattoLogo Jakarta Metropolitan Tower 10th floor Jl. TB Simatupang No.Kav. 14, DKI Jakarta - 12430 +6221 3972 3972 | sales@kokatto.com
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2023 by Kokatto. All Rights Reserved