Bisnis Digital adalah: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

5 Desember 2022 Bisnis Digital Adalah

Di era modern yang serba canggih ini, bisnis digital adalah sudah menjadi hal wajib dan sangat penting untuk semua pelaku usaha. Hal ini dikarenakan para pelaku usaha harus mengikuti pergerakan dunia yang sudah menjadi serba berteknologi dan digital. Soalnya, sebuah bisnis tidak akan bertahan melawan arus teknologi apabila tidak berpindah menjadi bisnis digital. Terlebih, semakin ketat dan banyaknya persaingan usaha lain yang bermunculan.

Tidak jarang, banyak perusahaan dan usaha yang harus tutup karena terlambat mengikuti perkembangan teknologi. Tidak dapat dipungkiri kalau bisnis konvensional akan kalah dengan bisnis digital. Hal ini disebabkan bisnis digital lebih mendapatkan keuntungan berkat adanya teknologi yang canggih.

 

Apa itu Bisnis Digital?

Sesuai dengan namanya, bisnis digital adalah jenis bisnis yang memanfaatkan perkembangan teknologi atau digital untuk menciptakan dan memasarkan suatu produk atau jasa. Jadinya, bisnis digital adalah para pelaku usaha menggunakan media digital, seperti internet untuk melakukan penjualan secara online untuk mendapatkan keuntungan. Selain itu, pengaplikasian teknologi ke dalam bisnis juga digunakan untuk menciptakan inovasi dan meningkatkan pengalaman konsumen.

 

Produk yang dijual dengan bisnis digital tidak hanya berkaitan dengan produk tanpa wujud saja, seperti software. Melainkan bisnis digital juga bisa digunakan untuk menjual produk fisik yang dibuat dalam bentuk digital, seperti ebook. Dengan itu, bisnis digital adalah semua jenis usaha yang penjualan produk atau jasanya bisa dilakukan secara online, mulai dari website ataupun aplikasi. Bisnis yang dijual dalam bisnis digital juga tidak ada batasan produk atau jasa. Intinya, apapun bisnis tersebut yang memanfaatkan kecanggihan alat teknologi, maka bisnis tersebut disebut dengan bisnis digital.

Baca juga: Pahami Integrated Marketing Communication dalam Bisnis

 

Jenis-jenis Bisnis digital

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya kalau bisnis digital terdapat beberapa jenis. Dari deretan jenis-jenis bisnis digital ini bisa dikembangkan lagi menjadi sebuah bisnis yang spesifik. Jenis-jenis dari bisnis digital adalah sebagai berikut.

 

1. Marketplace

Jenis pertama dari bisnis digital adalah bisnis digital dalam jenis marketplace yang sudah banyak dipakai di berbagai kalangan masyarakat. Marketplace adalah sebuah platform yang pemilik usahanya menyediakan wadah agar orang lain bisa berjualan di platform tersebut. Jenis bisnis digital marketplace menggunakan pendekatan secara peer to peer atau two sided yang berarti terdapat dua pihak. Biasanya, marketplace memiliki lebih banyak fitur daripada jenis e-commerce.

 

2. E-commerce

Berbeda dengan marketplace, e-commerce adalah bisnis digital yang cuma menyiapkan platform untuk menjual produk yang dijual saja. Contohnya, sebuah perusahaan perawatan kulit memiliki website tersendiri supaya konsumen dapat membeli produk mereka di website tersebut. Jadinya, perusahaan hanya menjual produk mereka sendiri di website tersebut. Oleh karena itu, e-commerce hanya memiliki pendekatan satu sisi yang berarti tidak ada pihak ketiga atau pihak lain di platform tersebut.

 

3. Bisnis Subscription

Jenis selanjutnya dari bisnis digital adalah bisnis subscription atau berlangganan. Jenis satu ini memanfaatkan platform yang sudah banyak dikenal, seperti Netflix, Disney+, Amazon Prime, dan masih banyak lagi. Selain platform streaming, model bisnis digital lainnya yang termasuk jenis subscription adalah platform bacaan, hiburan, bahkan platform lifestyle lainnya. Umumnya, platform streaming tersebut bisa diakses apabila sudah melakukan subscription. Jadinya, terdapat biaya berlangganan yang harus dibayarkan sesuai dengan pilihan berlangganan yang dipilih.

 

4. Ad-supported

Mau tahu bagaimana caranya Instagram dan Facebook mendapatkan keuntungan? Yap, sosial media, seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, Twitter, dan lainnya mendapatkan keuntungan dari ads atau iklan. Rata-rata perusahaan sosial media merupakan bisnis digital yang beroperasi secara ad-supported atau ad based. Dengan ini, perusahaan sosial media tersebut bisa mendapatkan keuntungan dari iklan, sponsor, maupun promosi yang masuk ke dalam sosial media tersebut. Makanya, tidak heran kalau kamu sering mendapatkan iklan setiap kali membuka sosial media.

Baca juga: Iklan Penawaran Adalah: Arti, Manfaat, dan Tipsnya

 

Contoh dari Bisnis Digital

Setelah mengetahui definisi dari bisnis digital beserta dengan jenis-jenisnya, selanjutnya terdapat contoh dari bisnis digital yang mesti kamu ketahui. Di bawah ini terdapat contoh-contoh dari bisnis digital yang bisa mendapatkan keuntungan!

 

1. Online Shop di E-Commerce dan Marketplace

Contoh pertama dari bisnis digital adalah membuka usaha online shop di e-commerce atau marketplace. Sekarang ini, online shop sudah menjamur dan sangat gampang ditemukan karena sangat mempermudah dalam transaksi jual beli. Selain itu, berjualan secara online juga lebih mudah untuk menjangkau target pasar yang luas. Makanya, tidak heran kalau peluang terbaik untuk melakukan bisnis digital adalah membuka usaha online shop

 

2. Influencer dan Content Creator

Selain online shop, contoh lainnya dari bisnis digital adalah influencer dan content creator. Di setiap sosial media pastinya terdapat influencer atau content creator yang memiliki jumlah pengikut yang banyak. Influencer dan content creator ini memanfaatkan teknologi sosial media untuk membaangun bisnis digital dengan cara membuat video atau konten yang menarik. Keduanya mendapatkan penghasilan dari jumlah viewers dan tingginya engagement yang didapatkan.

 

3. Content Writer

Menulis konten yang bisa menarik minat pembaca juga termasuk salah satu contoh bisnis digital, lho! Content writer bertugas untuk membuat sebuah konten dalam bentuk tulisan yang bisa menarik perhatian pembaca. Isi dari konten tersebut dapat berupa informasi menarik, informasi produk, ataupun promosi sebuah layanan tertentu. Jadi, keahlian menulis ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan lebih dengan menulis konten digital. Apalagi, sekarang ini ada banyak website yang bersedia untuk membayar hasil karya tulisan kamu.

 

Dari penjelasan artikel di atas, dapat disimpulkan kalau bisnis digital adalah suatu jenis usaha yang menggunakan teknologi untuk melakukan penjualan dan mendapatkan keuntungan. Dengan menerapkan digital ke dalam bisnis, maka dapat meningkatkan penjualan, pengembangan bisnis, menciptakan inovasi, dan memberikan pengalaman kepada konsumen. Salah satu kunci agar sukses di bisnis digital adalah dengan menggunakan sebuah platform yang bisa membantu menangani bisnis digital kamu.

 

Sekarang ini, kamu tidak perlu khawatir lagi karena Kokatto hadir untuk menjadi solusi bisnis digital kamu! Kokatto memiliki fitur Broadcast untuk membantu kamu mempromosikan produk dengan cara mengirimkan pesan ke konsumen. Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa lebih banyak menjangkau konsumen dan juga dapat meningkatkan penjualan. Tidak hanya itu, Kokatto juga ada fitur Chatbot untuk membantu melayani konsumen kamu apabila kamu sedang sibuk. Chatbot akan merespon pesan dari konsumen secara otomatis dan cepat. Canggih banget, kan? Yuk, segera terapkan bisnis digital ke dalam usaha kamu dengan menggunakan Kokatto sekarang juga!

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved