Alasan Pentingnya Social Media Management untuk Bisnis

4 Desember 2022 Social Media Management

Dalam menggunakan sosial media sebagai sarana media promosi maka sangat penting untuk menerapkan social media management. Hal ini dikarenakan tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Terdapat beberapa hal manajemen yang perlu dilakukan dengan baik dan tepat agar target yang diinginkan dapat tercapai. Salah satunya dengan menerapkan social media management yang sangat penting di era serba digital ini.

 

Social media management adalah proses pengelolaan sosial media yang menggunakan berbagai tools, software, dan layanan agar memudahkan saat membuat konten di sisal media. Beberapa kegiatan yang termasuk ke dalam social media management, seperti meriset konten, membuat desain konten, menetapkan jadwal postingan konten di sosial media, mengelola sosial media, berinteraksi dengan audiens, sampai merespon permintaan audiens.

 

 

Social media management sangat penting untuk diterapkan agar bisa mengoptimalkan semua kegiatan tersebut. Selain itu, social media management juga harus memperhatikan dan mengerti algoritma dari sosial media yang digunakan. Apabila penerapan social media management dilakukan dengan tepat dan efektif maka bisnis kamu akan mendapatkan keuntungannya. Untuk tahu lebih lengkapnya lagi, di bawah ini terdapat alasan social media management sangat penting untuk bisnis!

 

Alasan Social media management Penting

 

1. Media Promosi

Salah satu gunanya sosial media dalam bisnis adalah sebagai media promosi produk. Hampir semua bisnis menggunakan sosial media untuk memperkenalkan produk atau jasa. Hal ini dikarenakan hampir setiap orang memiliki sosial media sehingga bisa mendapatkan target audiens yang luas. Untuk itu, sosial media menjadi tempat yang paling tepat untuk mempromosikan produk.

 

Selain itu, sosial media juga bisa dimanfaatkan untuk membangun relasi dengan konsumen ataupun calon konsumen. Salah satu caranya untuk membangun relasi, yaitu dengan membagikan informasi ataupun promosi. Informasi yang dibagian tidak harus mengenai produk atau bisnis melulu kok. Kamu bisa memberikan informasi yang sedang hits atau tip dan trik yang menarik. Apabila social media management dilakukan dengan baik maka kesempatan untuk menarik perhatian dari konsumen juga akan semakin besar. 

 

2. Meningkatkan Brand Awareness

Selain sebagai media promosi, social media management juga penting untuk meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek. Brand awareness adalah istilah untuk menggambarkan seberapa jauh sebuah brand dikenal oleh calon konsumen. Singkatnya, brand awareness adalah kemampuan calon konsumen untuk mengenali suatu brand, produk, atau jasa yang ditawarkan. 

 

Brand awareness sangat penting untuk ditingkatkan karena dapat menumbuhkan rasa kepercayaan konsumen dan menciptakan jaringan yang semakin meluas. Nah, salah satu cara untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan menerapkan social media management yang baik dan tepat dalam menciptakan konten berkualitas. Dengan ini, bisnis yang kamu bangun akan mengalami peningkatan dan tumbuh jadi lebih besar.

 

3. Memperluas Jangkauan Target Pasar

Alasan lain kenapa social media management penting dalam bisnis adalah untuk memperluas jangkauan target pasar. Sosial media adalah platform yang paling tepat untuk membuat konten dan strategi promosi yang sesuai. Apabila social media management dikelola dengan baik maka tingkat kepercayaan konsumen dan calon konsumen akan semakin meningkat. Dengan itu, target pasar akan semakin meluas.

 

4. Meningkatkan Penjualan

Apabila brand awareness meningkat, target pasar meluas, serta kepercayaan konsumen meningkat maka secara otomatis penjualan juga akan meningkat. Hal ini akan membuktikan bahwa social media management yang dilakukan telah berhasil untuk menarik minat dan daya beli konsumen.

Baca juga: Pahami Integrated Marketing Communication dalam Bisnis

 

Tips Strategi Sosial Media untuk Marketing

 

 

1. Membuat Konten yang Menarik

Tips agar sosial media kamu menarik perhatian dari audiens adalah membuat konten yang menarik. Konten adalah salah satu faktor utama yang langsung dilihat oleh audiens. Untuk itu, konten harus dibuat semenarik mungkin dan yang relevan. Ada banyak isi konten yang bisa kamu buat, seperti berisi informasi produk, tips dan trik, ataupun informasi menarik lainnya yang bermanfaat. Sebisa mungkin untuk membuat konten yang sedang tren agar dapat menarik perhatian audiens. Namun, perlu diingat juga untuk menghindari membuat konten yang akan memicu kontroversi, mengandung SARA, dan ujaran kebencian lainnya, ya!

 

2. Gunakan Foto dan Video

Konten yang dibuat tidak melulu harus berisi tulisan saja kok, tapi juga bisa berisi foto dan video. Hal ini agar lebih menarik dan menggugah minat audiens. Selain itu, sebisa mungkin untuk memberikan penjelasan singkat saja. Pastikan informasi yang diberikan langsung to the point dan tidak bertele-tele.

 

3. Gunakan Hashtag

Pastinya kamu sering melihat akun sosial media dari sebuah merek menggunakan hashtag di setiap caption-nya. Nah, hashtag ini digunakan bukan tanpa alasan, lho! Hal ini dikarenakan hashtag digunakan untuk mempermudah audiens menemukan konten kamu. Selain itu, sangat penting untuk menggunakan hashtag yang sesuai dengan isi konten. Hindari untuk menggunakan hashtag yang mengandung pancingan atau yang tidak sesuai dengan isi konten. Hal ini agar tidak menimbulkan kesan tidak profesional dari audiens.

 

4. Hindari untuk Spamming

Dalam posting konten di sosial media, sebisa mungkin untuk menghindari spamming. Hal ini dikarenakan mem-posting terlalu sering akan membuat audiens merasa terganggu dan risih. Dengan begitu, audiens akan meninggalkan akun sosial media bisnis kamu. Agar menghindari spamming, kamu perlu untuk menentukan jadwal postingan yang tepat.

 

Semisalnya, dalam satu hari kamu akan mem-posting dua konten maka usahakan untuk memberikan jeda antara konten yang satu dengan konten lainnya. Sebagai contoh, konten pertama di-posting pada pagi hari sekitar jam 8-10 pagi, kemudian konten kedua di-posting pada sore hari sekitar jam 4-6 sore. 

 

Kamu juga perlu paham mengenai algoritma dari sosial media yang digunakan agar mengetahui jam berapa saja banyak audiens yang sedang aktif. Dengan memahami algoritmanya, kamu ada kesempatan untuk mendapatkan insight yang tinggi, seperti like, comment, dan share.

 

Baca juga: Iklan Penawaran Adalah: Arti, Manfaat, dan Tipsnya

 

Itu dia beberapa alasan pentingnya social media management sekaligus tips strategi sosial media untuk marketing. Biasanya, ada beberapa akun sosial media yang digunakan untuk mempromosikan produk. Pastinya juga setiap harinya akan mendapatkan banyak pesan dari pelanggan. Nah, agar kamu tidak kewalahan, kamu bisa menggunakan Kokatto untuk membantu kamu mengelola pesan pelanggan dari banyak aplikasi, lho!

 

Kokatto memiliki fitur Customer Care yang bisa melayani konsumen kamu selama 24 jam jadinya akan lebih efektif dan efisien. Tidak hanya itu, Kokatto juga ada fitur Data Analyst untuk memberitahukan laporan bulanan serta data pesanan dari pelanggan. Semua fitur ini bisa kamu dapatkan hanya dalam satu aplikasi. Sangat berguna banget, kan? Yuk, optimalkan bisnis kamu dengan menggunakan Kokatto!

whatsapp facebook instagram
KokattoLogo Jakarta Metropolitan Tower 10th floor Jl. TB Simatupang No.Kav. 14, DKI Jakarta - 12430 +6221 3972 3972 | sales@kokatto.com
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2023 by Kokatto. All Rights Reserved