Ini Kata-kata Promosi Makanan Agar Jualan Laris Manis!

27 Desember 2022 Kata Kata Promosi Makanan

      Apakah kamu adalah seorang pemilik bisnis kuliner yang ingin tahu contoh kata-kata promosi makanan dan bagaimana cara promosi makanan di WA (WhatsApp) yang dapat membuat siapa saja yang membacanya ngiler dan ingin membeli jualanmu? Kalau iya, berarti kamu berada di dalam artikel yang tepat!

 

Pentingnya Kata-kata dalam Strategi Promosi Bisnis

Coba posisikan diri kamu dalam sudut pandang seorang pembeli. Tentu, sebagai pembeli, kamu pernah kan membaca iklan promosional lalu setelah membacanya muncul rasa ingin tahu dan keinginan untuk membeli barang yang dipromosikan tersebut? 

 

Mungkin pada iklan tersebut, kamu bisa tersihir karena terpincut kata-kata ‘diskon 50%’ atau ‘promo’ yang membuatmu ingin check out produk tersebut. Nah, itu merupakan secuil contoh sederhana dari dampak besar yang mampu diberikan oleh kata-kata dalam promosi.

 

Kata-kata adalah salah satu komponen utama dalam promosi yang dapat mempengaruhi pembaca untuk melakukan sebuah aksi yang kita inginkan. Hal ini yang membuat bahwa faktor keberhasilan sebuah upaya promosi itu juga dapat dilihat dari kata-kata yang ditulis. 

 

Makanya, kata-kata yang kamu tulis dalam materi promosi perlu diperhatikan dan dibuat sesuai apa yang dijual begitu pula dengan karakteristik target pasar. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan media promosi yang akan dipakai. Misalnya, kamu akan menggunakan WhatsApp untuk melakukan promosi tersebut.

 

Lantas, bagaimana strategi menulis kata-kata promosi untuk kita yang mempunyai bisnis kuliner?

 

Beberapa Ide Kata-kata Promosi Makanan

 

1. Memakai Kalimat/Kata-kata yang Sedang Trending

Sekarang ini, sangat mudah buat semua orang menjadi viral. Dengan adanya media sosial, seseorang dapat melejit hanya dalam hitungan waktu yang singkat. Media sosial bagaikan sumber informasi dari berbagai hal yang sedang banyak dibicarakan oleh netizen pada saat ini.

 

Nah, hal tersebut tentu dapat kita manfaatkan sebagai inspirasi untuk membuat konten promosional bisnis kita. Kamu bisa menggunakan kata-kata atau kalimat yang sedang viral untuk menggaet perhatian pembaca. Selain menarik perhatian, pembaca juga akan mendapatkan kesan bahwa bisnis kita mampu mengikuti tren. 

 

Akan tetap, ini juga berarti kamu perlu jeli dalam melihat hal-hal yang viral dan siap menyediakan ide baru setiap pergantian tren. 

 

Salah satu contoh hal viral beberapa waktu belakangan ini yang dijadikan bahan promosi banyak bisnis dalah kalimat dari creator TikTok, Alif, yang viral dengan istilah “cepmek”-nya, yang berbunyi “Kamu nanyeaa?”. Berikut contoh kalau diolah menjadi kata-kata promosi makanan:

 

Kamu nanyeaa ada promo gratisan atau nggak? Biar aku kasih tau ya, setiap pembelian Croissant Milk Cheese kamu dapat bonus satu Croissant, khusus pembelian di jam 10.00-11.00 hari ini!”

 

2. Memasukkan Unsur Potongan Harga

Yap, tidak heran lagi kalau kata-kata promosi makanan yang mengandung unsur harga khusus dapat menyihir pembaca untuk membeli produk yang kita jual. Strategi ini sudah dari dulu dipakai oleh bisnis-bisnis dalam mendongkrak angka penjualan pada periode tertentu. 

 

Dalam hal ini, kamu perlu menyiapkan strategi penawaran harga khusus dalam bisnis kulinermu. Selanjutnya, sematkan kata-kata sihir, seperti “promo”, “cashback”, “bonus”, atau “diskon”. Contoh sederhana dari penggunaannya adalah sebagai berikut:

 

Paket #NobarPilDun, pilih 5 varian pizza favorit geng nobarmu cuma bayar Rp250.000 aja! Khusus pembelian selama Piala Dunia berlangsung.”

 

Baca Juga: Ini Alasan Flash Sale Artinya Penting bagi Toko Online!

 

3. Memasukan Unsur Urgensi

Nah, kamu sebenarnya bisa mengkombinasikan unsur urgensi dengan unsur potongan harga untuk menulis kata-kata promosi makanan lho. Biasanya kedua unsur ini juga ditulis berbarengan untuk membentuk kalimat yang dapat menyihir pembaca untuk melakukan aksi yang kita mau.

 

Hal ini karena unsur urgensi dapat meyakinkan pembaca untuk pembeli untuk melakukan pembelian produk meski belum pernah membelinya. Selain itu, pembaca juga akan terdesak untuk melakukan pembelian karena penawaran tersebut hanya ada dalam waktu yang terbatas dan tidak datang dua kali. 

 

Contoh dari kata-kata promosi makanan dengan unsur urgensi adalah sebagai berikut:

 

“Dapatkan harga promo Rp48.000 untuk Quadruple Ayam Burger di setiap outlet MakDidi, di jam 08.00-10.00 hari ini aja!.”

 

4. Menawarkan Solusi

Ide lainnya dalam merangkai kata-kata promosi makanan adalah dengan menunjukkan kepada target pasar seperti bahwa kamu memahami permasalahan yang mereka alami. Setelah kamu menunjukkan hal tersebut, berikan seperti apa solusi yang kamu tawarkan melalui produk makanan atau minuman yang kamu jual melalui kemasan kalimat yang solutif.

 

Kalimat solutif dalam materi promosimu dapat memberikan kesan bahwa kita sebagai penjual peduli dengan mereka. Hal ini tentu mampu menumbuhkan rasa kepercayaan pembaca karena sekaligus menambah citra nama brand-mu sendiri. Nah, contohnya adalah sebagai berikut:

 

Lagi ngerjain tugas malem-malem, tiba-tiba perut keroncongan? Dillema antara nahan lapar, jaga kesehatan atau mager? Tenang aja gaes, tinggal seduh Oatzy pakai air panas, tunggu 3 menit, camilan sehat pun jadi! Tersedia dalam rasa cokelat, taro, dan matcha.”

 

Baca Juga: Iklan Penawaran Adalah: Arti, Manfaat, dan Tipsnya

 

Mudah, bukan? Kamu bisa menggunakan ide kata-kata promosi makanan di atas ke berbagai media yang akan digunakan untuk promosi, di media sosial, iklan, media cetak atau pun aplikasi pesan singkat, WhatsApp. Nah, bagaimana sih cara promosi makanan di WA?

 

Ini Dia Cara Promosi Makanan di WA yang Bisa Buat Pelanggan Terpikat!

Meski WhatsApp adalah pada dasarnya aplikasi yang digunakan untuk bertukar pesan singkat kepada orang lain, saat ini WhatsApp adalah channel pemasaran yang banyak digunakan oleh pebisnis untuk meningkatkan penjualan.

Nah, kalau kamu juga salah satunya atau tertarik buat promosi melalui WhatsApp, yuk ikuti langkah-langkah dalam cara promosi makanan di WA berikut ini!

 

  1. Menggunakan fitur broadcast message WhatsApp. Fitur ini memungkinkanmu untuk mengirim pesan ke banyak kontak pelanggan.
  2. Memasukkan gambar atau desain utama ke dalam pesan promosi agar menarik. Cara promosi makanan di WA yang efektif adalah dengan menarik perhatian pembaca dengan cepat. Melalui gambar atau desain merupakan salah satu caranya.
  3. Pesan promosi ditulis singkat, padat, dan tidak bertele-tele. Kamu bisa memadukan contoh-contoh ide kata promosi di atas ke dalam paragraf. Nah, sebaiknya dalam satu paragraf tidak melebihi 2 atau 3 baris. Hal ini untuk mendapatkan keterbacaan yang bagus di mata pembaca. Selain itu, pembaca juga akan lebih mampu memahami pesan promosi tersebut.
  4. Jangan lupa letakkan tombol call-to-action (CTA). Cara promosi makanan di WA agar dapat optimal adalah dengan mengarahkan pembaca untuk melakukan aksi yang kita inginkan. Misalnya, kamu bisa menyematkan link pembelian produk kulinermu di dalamnya.
  5. Memanfaatkan fitur story WhasApp. Yap, fitur ini juga dapat membuat pelanggan aware dengan promosi yang kamu lakukan.

 

Itulah beberapa cara promosi makanan di WA yang bisa kamu lakukan! Dengan memadukan kata-kata promosi dan WhatsApp sebagai media penyebaran promosi adalah salah satu cara mudah dan murah yang bisa pebisnis kuliner lakukan.

 

Selain WhatsApp, ada plarform lain yang bisa kamu gunakan lho, seperti Kokatto! Kokatto punya fitur broadcast yang mudah digunakan buat menyebarkan pesan promosi ke banyak kontak pelanggan! Yuk, pakai Kokatto sekarang!

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved