Digitalisasi adalah: Pengertian dan Manfaatnya bagi Bisnis

3 November 2022 Digitalisasi adalah: Pengertian dan Manfaatnya bagi Bisnis

Membangun bisnis di era moden seperti saat ini, digitalisasi adalah salah satu upaya yang sudah sering dilakukan oleh pengusaha untuk mempermudah proses-proses di dalam bisnis agar mampu berjalan lebih efektif dan mencegah hambatan bisnis yang terjadi pada saat ini dan juga di masa depan.

Pasalnya, setelah pandemi COVID-19 menyebar di seluruh dunia, dampak negatif sangat dirasakan oleh setiap pemilik bisnis. Efek dari pandemi begitu mempengaruhi keberlangsungan bisnis, mulai dari penurunan perolehan omzet hingga untuk memutuskan hubungan kerja karyawan-karyawannya. Kejadian yang merebak secara tiba-tiba seperti ini jadi momok pemilik bisnis.

Oleh karena itu, untuk mencegah kejadian yang tidak disangka seperti pandemi ini, digitalisasi adalah langkah yang perlu dicoba oleh pemilik bisnis, terlepas dari besar atau kecilnya skala bisnis yang dipunya. Melalui artikel ini, yuk ketahui mengapa digitalisasi adalah langkah krusial bagi bisnis, pengertian, dan juga manfaat digitalisasi bagi bisnis di era modern!

Pengertian dari Digitalisasi adalah Sebagai Berikut ini

Sebelum masuk ke pembahasan digitalisasi dalam bisnis, ada baiknya kamu ketahui pengertian digitalisasi secara umum terlebih dahulu. Nah, pengertian umum dari digitalisasi adalah sebagai berikut ini.

Digitalisasi adalah kata yang merepresentasikan transformasi atau proses pengalihan bentuk dari konvensional ke format digital yang komprehensif. Apa saja yang dapat diubah ke format digital? Beberapa ahli menyatakan bahwa lingkup digitalisasi adalah hal-hal mencakup berbagai elemen dalam kehidupan sosial, seperti interaksi antar manusia terutama yang memasuki ke dalam ranah digital.

Seperti apa contoh dari digitalisasi dalam konteks ini? Contoh mudah dari digitalisasi adalah teknologi komunikasi yang kita gunakan sehari-hari, yaitu transformasi dari telepon dan surat-menyurat. Dahulu, telepon dan surat-menyurat merupakan sarana komunikasi jarak jauh dan hingga saat ini masih tetap digunakan. Dengan bantuan perkembangan teknologi, kini sarana komunikasi tersebut berubah ke format digital, seperti aplikasi chatting atau E-mail.

Namun, ini bukan berarti digitalisasi adalah suatu maksud yang digunakan untuk menghilangkan cara konvensional sepenuhnya, melainkan untuk meningkatkan dan membuat lebih efisien cara konvensional tersebut ke format digital yang lebih efektif dan cepat.

Bagaimana dengan digitalisasi dalam lingkup bisnis? Dalam ruang lingkup bisnis, digitalisasi adalah proses transformasi cara analog atau konvensional ke cara digital yang dimaksudkan untuk meningkatkan fungsi di dalam setiap bisnis sehingga dapat mendukung perusahaan agar mampu berkembang dan bertahan di tengah persaingan global dengan cara optimal.

Digitalisasi adalah langkah ekonomi yang banyak diadopsi oleh banyak perusahaan saat ini, terutama di Indonesia, karena dipicu oleh pertumbuhan data dengan angka yang tinggi. Sehingga, digitalisasi adalah aspek yang masuk ke dalam strategi bisnis yang diimplementasikan oleh berbagai perusahaan, baik itu skala kecil maupun skala besar.

Pada intinya, dengan mengubah cara konvensional menjadi cara digital dalam fungsi bisnis, seperti komunikasi dan interaksi, sebuah bisnis mampu meningkatkan daya guna baik perusahaan dan pekerja demi kelangsungan bisnis pada saat ini serta di masa mendatang.

Selain paparan fakta bahwa digitalisasi adalah transformasi fungsi bisnis dari konvensional ke digital, apa saja hal lain yang bisa jadi pertimbangan sebuah bisnis untuk melakukan digitalisasi? Simak lanjutannya di bawah ini!

Manfaat Digitalisasi Bisnis di Era Modern

Setiap perubahan belum tentu berdampak buruk, di balik perubahan terdapat maksud baik untuk menjadi solusi atas sebuah permasalahan.

Sama halnya dengan digitalisasi, meski beberapa kalangan menolak ide “digital” karena anggapan hilangnya cara tradisional yang akan berdampak ada bisnisnya, tentu di sisi lain terdapat manfaat-manfaat yang perlu dipertimbangkan agar bisnis juga mampu bertahan di era modern saat ini. Nah, agar kamu bisa menilai sendiri, manfat dari digitalisasi adalah sebagai berikut ini!

1. Menekan anggaran biaya

Terdapat banyak aktivitas di dalam bisnis yang memerlukan anggaran biaya tersendiri karena tingginya tingkat kompleksitas pekerjaan tersebut. Digitalisasi adalah langkah yang dapat dilakukan untuk menekan atau memangkas anggaran biaya untuk pekerjaan di dalam fungsi bisnis tersebut.

Sebagai contoh sederhana dari digitalisasi adalah transformasi pencatatan transaksi yang tadinya menggunakan kwitansi kertas menjadi kwitansi online. Kwitansi kertas memiliki jumlah halaman yang terbatas, sehingga pemilik bisnis perlu melakukan penyetokan kwitansi kertas dalam jumlah yang banyak untuk mengantisipasi jika habis. Namun, lain halnya jika menggunakan kwitansi online yang tidak membatasi penggunaannya. Tentu, bisa menghemat anggaran biaya dalam bisnis bukan?

2. Mempermudah jalannya transaksi oleh pelanggan

Berbelanja apa saja saat ini, misalnya di toko swalayan, pasti menyediakan beberapa opsi pembayaran non-tunai di samping pembayaran tunai. Hal ini menjadi tren yang berawal dari tren online shop yang mengubah bagaimana cara konsumen bertransaksi dengan lebih cepat dan aman. Sehingga, penerapan transaksi non-tunai ke dalam bisnismu juga otomatis akan memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk masalah pembayaran.

Dari segi fungsi di dalam bisnis, manfaat dari digitalisasi adalah pemangkasan alur pembayaran transaksi kepada pelanggan yang tadinya rumit menjadi lebih mudah. Penerapan pembayaran digitalisasi adalah upaya lain yang mampu memudahkan karyawan untuk menuntaskan pekerjaannya.

Baca Juga: Customer Satisfaction adalah Rahasia Sukses Bisnismu

3. Menambah dan memperluas pemasaran

Digitalisasi juga mampu mengubah lingkup pemasaran suatu bisnis yang tadinya terbatas pada lingkup kecil menjadi lingkup yang lebih luas. Sebelum adanya digitalisasi, upaya pemasaran secara konvensional mungkin hanya dilakukan melalui mulut ke mulut atau lewa produksi flyer yang disebarkan dari rumah ke rumah.

Dengan adanya digitalisasi, pemasaran pun bisa dilakukan dalam skala besar dengan adanya bantuan internet dan platform-platform seperti media sosial. Sehingga, tidak hanya lingkungan di sekitar bisnis saja yang mengetahui bisnis kita, melainkan target pasar luas bahkan pasar global yang berada di lokasi lain juga akan mengetahuinya.

4. Tidak dibatasi oleh ruang dan waktu

Pengimplementasian digitalisasi juga mampu mengoptimalkan kinerja fungsi bisnis, seperti meningkatkan kepuasan pelanggan melalui pemberian pelayanan yang maksimal. Sebagai contoh, penggunaan sistem otomatisasi oleh mesin untuk menanggapi pertanyaan dan keluhan pelanggan. Jika dahulu fungsi ini dilakukan secara manual oleh manusia, dengan adanya digitalisasi, fungsi bisnis ini mampu bekerja lebih optimal karena dapat diatur untuk menjawab pertanyaan di luar jam operasional kantor, sehingga dapat memperkecil ketidakpuasan pelanggan.

5. Membuat pekerjaan lebih sistematis

Digitalisasi juga mampu mempermudah fungsi pekerjaan jauh lebih teratur. Untuk beberapa fungsi pekerjaan yang berhubungan dengan dokumen atau data misalnya, memerlukan upaya, waktu, dan ketelitian dalam mengarsip, menyortir, atau pun mencari data yang diinginkan.

Dengan adanya transformasi digitalisasi dalam hal ini, tentu akan mempersingkat waktu fungsi pekerjaan tersebut, mencegah adanya human error, hingga meningkatkan keamanan atas dokumen-dokumen tersebut.

Itulah beberapa manfaat dari digitalisasi dalam bisnis. Pada intinya, digitalisasi adalah upaya agar bisnis yang kita rintis mampu berjalan secara efektif sekaligus mampu mendapatkan omset yang maksimal. Oleh karena itu, digitalisasi adalah langkah penting yang harus dilakukan oleh setiap pemilik bisnis.

Apakah kamu tertarik untuk melakukan digitalisasi dalam bisnismu? Tenang, manfaatkan saja platform Kokatto yang menawarkan berbagai fitur komunikasi otomatis untuk bisnis seperti Whatsapp chatbot yang mampu menjawab pertanyaan pelanggan secara otomatis!

whatsapp facebook instagram
KokattoLogo Jakarta Metropolitan Tower 10th floor Jl. TB Simatupang No.Kav. 14, DKI Jakarta - 12430 +6221 3972 3972 | sales@kokatto.com
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2023 by Kokatto. All Rights Reserved