Customer Satisfaction adalah Rahasia Sukses Bisnismu

3 November 2022 Customer Satisfaction adalah Rahasia Sukses Bisnismu

Jika kamu memiliki sebuah bisnis atau usaha, customer satisfaction adalah salah satu hal yang tidak boleh luput dari perhatianmu. Customer satisfaction adalah kunci penting bisnismu karena berkaitan langsung kepuasan pelanggan terhadap produk atau jasa yang kamu tawarkan. Dengan memantau customer satisfaction atau kepuasan pelanggan, kamu bisa melakukan evaluasi agar bisa memberikan yang terbaik bagi pelanggan bisnismu.

Secara sederhana, customer satisfaction adalah kunci penting dalam mempertahankan pelanggan, baik pelanggan baru maupun pelanggan setia. Semakin baik atau meningkatnya customer satisfaction pada sebuah bisnis, maka loyalitas pelanggan dari bisnis tersebut pun akan turut meningkat. Jika kamu bisa mempertahankan loyalitas pelanggan, maka kinerja bisnismu setidaknya bisa lebih aman jika belum meningkat. Untuk itu, yuk pahami lebih jauh mengapa customer satisfaction adalah kunci penting dalam mempertahankan dan meningkatkan kinerja bisnismu!

Pengertian Customer Satisfaction

Seperti disebutkan sebelumnya, customer satisfaction adalah salah satu kunci atau pegangan penting sebuah bisnis atau usaha. Sebelum kita bahas lebih lanjut, kamu harus paham dulu apa itu customer satisfaction. Secara simpel, customer satisfaction adalah respon atau perasaan pelanggan ketika mereka menggunakan atau memanfaatkan produk atau layanan yang bisnis atau usaha milikmu tawarkan.

Perasaan dan respon pelanggan tersebut berhubungan dengan perbandingan antara ekspektasi yang mereka harapkan terhadap produk atau jasa dari bisnismu dengan bagaimana hasil atau keadaan sesungguhnya yang mereka dapatkan atau rasakan. Jadi, semakin baik perbandingan antara ekspektasi dan realita yang didapatkan pelanggan ketika menggunakan produk atau jasa, semakin tinggi pula customer satisfaction atau kepuasan pelanggan terhadap produk dan bisnis tersebut.

Karena customer satisfaction adalah hal yang penting bagi sebuah bisnis atau perusahaan, kamu juga perlu memperhatikan berbagai faktor yang bisa mempengaruhi seberapa tinggi atau rendahnya kepuasan pelanggan terhadap produk atau bisnismu. Biar lebih paham, kita bahas yuk faktor-faktor apa saja yang ternyata bisa mempengaruhi customer satisfaction pada sebuah bisnis atau usaha!

Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan?

Sudah paham kalau customer satisfaction adalah respon atau perasaan pelanggan terhadap produk atau bisnismu? Sekarang kamu harus pahami juga bahwa customer satisfaction atau kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Kepuasan pelanggan atau customer satisfaction bisa dipengaruhi banyak hal, terutama kualitas produk bisnismu, seberapa baik pelayanan bisnismu, perbandingan antara harga dan realita yang didapatkan, hingga seberapa mudah pelanggan hingga bisa melakukan pembelian produk bisnismu. Berikut penjelasan singkat dari masing-masing faktor kepuasan pelanggan atau customer satisfaction:

1. Kualitas Produk dari Bisnismu

Pernah nggak sih, kamu sudah bayar dengan harga cukup mahal tapi ternyata produk atau jasa yang diberikan tidak sesuai ekspektasimu dari harga tersebut? Nah, kualitas produk dari sebuah bisnis atau usaha sangat berpengaruh terhadap tingkat customer satisfaction terhadap produk atau bisnismu. Semakin baik kualitas produk atau jasa yang bisa kamu pertahankan dan berikan untuk pelanggan, semakin baik dan puas juga respon pelanggan terhadap bisnismu.

2. Seberapa Baik Pelayanan Bisnismu

Tidak hanya barang, tetapi faktor lainnya yang bisa memengaruhi customer satisfaction adalah bagaimana pelanggan mendapatkan pelayanan dari bisnis atau usahamu. Walaupun mungkin kualitas produk yang ditawarkan lebih baik dan kompetitif, tapi jika pelayanan yang diberikan tidak baik maka sangat berisiko mempengaruhi customer satisfaction pada usahamu. Nggak mau kan, datang ke sebuah toko tapi kamu malah dicuekin atau diberi tatapan sinis? Sama halnya dengan perasaan pelanggan ketika mendapatkan pelayanan dari bisnis atau usahamu.

3. Harga VS Realita Produkmu

Faktor lain yang bisa mempengaruhi customer satisfaction adalah seberapa baik dan kompetitif harga yang harus dibayarkan pelanggan hanya untuk produk atau jasa bisnismu. Jangan sampai produk yang kamu tawarkan overprice atau terlalu mahal, atau bahkan terlalu murah sehingga memunculkan keraguan pelanggan untuk membeli. Biasanya, harga berkaitan dengan ekspektasi yang diharapkan. Jadi, faktor ini juga berkaitan dengan faktor pertama di atas yaitu kualitas produk bisnismu.

4. Kemudahan Pelanggan Mendapatkan Produk Kamu

Bayangkan jika produk yang kamu tawarkan sudah berkualitas baik, dengan harga yang sesuai, dilayani dengan baik, tapi untuk mencari tahu informasi seputar produk atau bisnismu sangat sulit. Untuk itu, kamu juga perlu memikirkan berbagai cara yang bisa dilakukan agar pelanggan bisa dengan mudah mengakses produkmu.

Pahami juga tentang Marketing Funnel untuk Tingkatkan Penjualanmu

Memberikan Pelayanan yang Baik untuk Pelanggan

Walaupun berbagai faktor bisa mempengaruhi customer satisfaction, kamu bisa mengantisipasi dan mempertahankan kepuasan pelanggan bisnismu dengan memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelangganmu. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa memberikan pelayanan yang baik untuk pelanggan:

1. Dengarkan Pelangganmu

Walaupun kesannya mudah, tapi pelayanan baik yang satu ini seringkali dilupakan oleh pemilik atau pengelola bisnis, loh! Coba deh, kamu cari tahu apa saja yang dicari oleh pelangganmu, apa yang perlu bisnismu perbaiki, atau bahkan hal-hal apa saja yang perlu dipertahankan karena memberikan dampak baik untuk pelanggan. Dengan begitu, tidak hanya menghargai pelanggan, kamu juga bisa memanfaatkan feedback dari pelanggan untuk strategi bisnis selanjutnya.

2. Jangan Tunggu Ditanya

Kamu bisa menerapkan sikap proaktif dalam bisnismu untuk meningkatkan customer satisfaction. Jangan sampai pelangganmu tidak mendapatkan pengalaman maksimal ketika melihat-lihat bisnismu. Berikan penjelasan terkait produkmu, tanyakan kendala mereka, tanyakan apa yang mereka cari, agar pelanggan bisa mendapatkan informasi dan pengalaman bersama bisnismu dengan lebih baik.

3. Jujur itu Penting

Salah satu kunci penting yang harus kamu terapkan untuk mempertahankan atau meningkatkan customer satisfaction adalah kejujuran. Jangan sampai pelangganmu kecewa karena perbedaan informasi atau merasa tertipu karena apa yang bisnismu tawarkan ternyata tidak sesuai ekspektasi.

4. Pahami Pelangganmu

Bukan cuma mendengarkan dan mencari tahu, tapi pelajari juga kebiasaan-kebiasaan serta informasi lainnya seputar pelangganmu. Hal ini bertujuan agar kamu bisa merancang strategi bisnis atau strategi promosi yang sesuai dengan karakteristik pelangganmu.

5. Apresiasi Pelanggan yang Loyal

Jika ada pelanggan yang loyal terhadap produk atau jasa dari bisnismu, jangan dibiarkan atau didiamkan begitu saja! Berikan apresiasi dari bisnismu dengan berbagai bentuk, mulai dari loyalty program, hadiah spesial, voucher spesial, dan cara lainnya.

6. Berikan Rasa Aman dan Percaya

Cara lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mempertahankan atau meningkatkan customer satisfaction adalah memberikan jaminan atau rasa percaya tertentu kepada pelangganmu. Sesimpel mengadakan garansi, gratis penukaran dalam periode tertentu, hingga refund. Dengan begitu, pelanggan akan merasa lebih aman dan percaya terhadap produk dari bisnis atau usahamu.

Pelajari juga Segmentasi Pasar, Manfaat, dan Jenisnya untuk operasional bisnismu!

Setelah mengetahui dan memahami penjelasan di atas, sekarang kamu paham kan mengapa customer satisfaction adalah kunci penting untuk bisnis atau usahamu? Selain beberapa cara di atas untuk meningkatkan customer satisfaction bisnismu, kamu juga bisa memanfaatkan Kokatto, loh! Teknologi komunikasi otomatis yang disediakan Kokatto bisa kamu manfaatkan untuk memaksimalkan kegiatan bisnis atau usahamu untuk mencari tahu dan meningkatkan kepuasan pelanggan bisnismu, mulai dari pengiriman email marketing terpadu, pengelolaan pengiriman pesan ke semua pelanggan, chatbot WhatsApp, dan teknologi lainnya. Yuk, cari tahu fitur dan keunggulan teknologi dari Kokatto lainnya disini!

whatsapp facebook instagram
KokattoLogo Jakarta Metropolitan Tower 10th floor Jl. TB Simatupang No.Kav. 14, DKI Jakarta - 12430 +6221 3972 3972 | sales@kokatto.com
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright 2022 by Kokatto. All Rights Reserved