Mengenal Segmentasi Pasar, Manfaat, dan Jenisnya

Published By: achmad.firdaus,   25 May 2022   whatsapp    103

Segmentasi pasar adalah salah satu strategi untuk mencari tahu target pelanggan yang lebih mendalam hingga bisnis dapat dijalankan dengan baik dan tepat.

Secara sederhana, definisi segmentasi pasar sebagai proses identifikasi dan analisis konsumen terhadap suatu produk serta ketertarikkan antara disparitas dari konsumen yang berada di pasar.

Lantas apa yang dimaksud dengan segmentasi pasar? Tak perlu bingung, karena disini telah terungkap tentang pengertian, tujuan hingga jenis-jenis segmentasi pasar.

Langsung saja, berikut ini dia yang menjadi pembahasan segmentasi pasar adalah salah satu hal yang harus kamu ketahui!


Pengertian Segmentasi Pasar

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pengertian dari segmentasi pasar adalah strategi dari pemetaan target pelanggan yang akan terdiri atas kebutuhan, perilaku, hingga karakteristiknya sehingga perusahaan dapat mengenali pelanggan tersebut.

Adapun pengertian segmentasi pasar menurut para ahli, yaitu segmentasi pasar adalah pembagian suatu pasar pada kelompok yang berbeda untuk ditujukan dalam melakukan pemasaran yang tepat. Mulai dari kebutuhan hingga keinginan dari masing-masingnya.

Dapat kita artikan melalui segmentasi pasar, tiap perusahaan akan mengetahui tentang target konsumen yang tepat buat bisnisnya.


Tujuan Segmentasi Pasar

Tujuan utama dari segmentasi pasar ini adalah meningkatkan efisiensi promosi yang lebih fokus pada segmen tertentu. Selain itu, ada beberapa tujuan segmentasi pasar yang perlu kamu ketahui. Mari simak penjelasan berikut ini

1. Pelayanan lebih baik

Segmentasi pasar dapat dilakukan oleh kamu untuk memberikan pelayanan terbaik pada konsumen. Hal ini juga bisa membantu kamu untuk memahami tentang kebutuhan konsumen.

Dengan begitu, kamu dapat memberikan solusi yang tepat dan sesuai. Pelayanan yang terbaik juga akan menjadi bukti apabila kamu mampu mengkomunikasikan suatu produk dengan baik pada konsumen.

2. Merancang produk & layanan yang sesuai

Segmentasi pasar dapat membantu kamu untuk memahami tentang keinginan pasar. Inilah yang akan membuat kamu mampu merancang suatu produk atau layanan yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan tersebut.

Dengan kata lainnya, segmentasi pasar memiliki tujuan untuk membantu kamu dalam menciptakan solusi terbaik.

3. Pemanfaatan sumber daya secara optimal

Tujuan segmentasi pasar adalah memberikan rincian dari target pasar serta kebutuhan mereka. Di mana ini akan membantu tim produksi untuk menciptakan produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen. Jadi, ini tidak akan menimbulkan pemborosan dari sumber daya.


Manfaat Segmentasi Pasar

Ada juga beberapa manfaat dari segmentasi pasar yang perlu kamu ketahui, seperti berikut ini.

1. Pemasaran lebih kuat

Kenapa? Karena dapat berkomunikasi langsung dengan konsumen sesuai karakteristik maupun kebutuhan dari mereka. Maka dari itu, segmentasi pasar adalah salah satu hal yang penting dalam membantu pesan pemasaran lebih kuat.

2. Menarik pelanggan dengan tepat

Salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan adanya segmentasi pasar adalah menarik pelanggan dengan tepat.

Karena sebetulnya strategi marketing yang telah digunakan sudah sesuai, kamu dapat menarik perhatian langsung dari konsumen yang ada di sekitar. Dengan tujuan agar bisa membeli produk yang kamu punya

3. Strategi marketing lebih tepat

Perlu kamu tahu kalau segmentasi pasar ini dapat membantu kamu untuk menentukan dan juga memahami tentang karakteristik dari konsumen. Jadi, kamu dapat mengontrol upaya dari marketing yang sesuai dengan target pasar yang ada.

4. Meningkatkan branding bisnis

Pembagian dari kelompok terhadap segmentasi pasar bisa membuat konsumen merasa lebih dilayani dan dipahami dengan cara yang baik. Mulai dari sini tiap konsumen yang ada akan menggunakan merk atau brand yang kamu punya secara terus-menerus.

5. Mengembangkan produk jadi lebih baik

Manfaat yang paling terakhir, di mana kamu bisa mendapatkan pengembangan produk yang lebih baik. Kamu akan tahu dan lebih pahami tentang kebutuhan konsumen sehingga dapat mengembangkan produk buat memenuhi setiap keinginan atau permintaan konsumen.


Jenis-jenis Segmentasi Pasar

Jenis-jenis segmentasi pasar adalah segmentasi perilaku, psikografis, demografis, geografis dan firmografis. Nah, untuk pembahasan lebih lanjut, kamu dapat simak pembahasan yang berikut ini.

1. Segmentasi perilaku

Segmentasi perilaku lebih berfokus pada mencari tahu lebih dalam tentang kebiasaan konsumen dalam membeli suatu produk. Jenis segmentasi pasar perilaku ini terdiri atas loyalitas, gaya hidup, konsumsi dan lainnya.

Segmentasi pasar yang satu ini memungkinkan kalau kamu dapat mengembangkan produk marketing dengan baik dan lebih bertarget.

Tentunya, ini karena kamu memiliki fokus terhadap apa yang telah diketahui mengenai konsumen. Selain itu, kamu juga harus fokus tentang apa yang dapat membuat konsumen tertarik buat membeli produk dari kamu.

2. Segmentasi psikografis

Selanjutnya, segmentasi psikografis merupakan salah satu jenis segmentasi pasar yang akan berfokus pada kepribadian atau sifat pelanggan. Inilah yang membuat kamu membutuhkan analisis mendalam apabila ingin menggunakan jenis segmentasi ini.

Ada juga indikator yang ada di dalam segmentasi psikografis berupa hobi, minat, kebiasaan, kepribadian, status sosial, opini dan gaya hidup. Dengan mendefinisikan personal konsumen, kamu dapat menyesuaikan strategi dari pemasaran di sekitar yang bisa menarik perhatian konsumen.

3. Segmentasi demografis

Segmentasi demografis merupakan rincian personal konsumen di pasar. Pada umumnya, jenis segmentasi pasar yang satu ini dibagi dengan berdasarkan status pernikahan, jenis kelamin, pendidikan, usia, dan pendapatan.

Segmentasi pasar yang berjenis demografis menjadi salah satu segmentasi yang mendasar. Segmentasi demografis ini akan digabungkan dengan beberapa jenis lainnya agar dapat memperkecil lingkup pasar. Yang pastinya kamu bisa mendapatkan kemudahan dalam mengakses maupun mencari informasi mengenai target pasar.

4. Segmentasi geografis

Segmentasi geografis merupakan pengelompokkan dari target pasar yang berdasarkan lokasi konsumen.

Tak hanya itu saja, segmentasi geografis ini juga dapat mencakup wilayah-wilayah yang tak ditentukan secara teknis, misalnya lingkungan. Lokasi konsumen juga bisa membantu kamu untuk memahami tentang kebutuhan konsumen itu sendiri.

Nantinya pelanggan di area sama dan mempunyai preferensi sama dapat dikelompokan. Adapun indikator yang berasal dari segmentasi ini berupa kota, kepadatan penduduk, negara dan iklim daerah.

Segmentasi geografis dapat membagikan target pasar dengan berdasarkan lokasi, dan ini menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Apalagi bagi kamu yang mempunyai bisnis lokal dengan skala kecil. Karena kamu dapat menyesuaikan keinginan iklan serta strategi pemasaran yang dapat dilakukan dengan cara yang lebih spesifik.

5. Segmentasi firmografis

Segmentasi firmografis adalah salah satu jenis segmentasi pasar dalam membantu suatu perusahaan untuk memposisikan layanan dan produknya. Caranya, mengumpulkan data-data buat mengidentifikasi keadaan suatu perusahaan. Contohnya adalah kinerja keuangan, deskripsi bisnis, dan wawasan industri.

Dari data-data tersebut, sebuah perusahaan dapat menargetkan klien hingga membuat produk menjadi sesuai dengan pasar ideal. Secara umum, segmentasi firmografis ini seringkali dipakai langsung oleh perusahaan B2B.

Segmentasi pasar adalah salah satu kegiatan penting bagi suatu perusahaan. Sebab, perusahaan dapat mendalami tentang karakteristik, sifat atau perilaku dari konsumen dengan cara yang baik, yang pastinya ini dapat mengevaluasi kekurangan-kekurangan yang belum dipenuhi.

Umumnya, segmentasi adalah strategi buat membantu perusahaan agar dapat menjangkau target pelanggan yang tepat dan sesuai berdasarkan pengelompokkan tertentu.

Jika kamu ingin pesan atau komunikasi bisnis kamu berjalan sesuai rencana dan memenuhi target market, mungkin kamu dapat mengunjungi situs Kokatto yang dapat membantu bisnis kamu!.