Niche Market Adalah: Pengertian, Langkah, Manfaat beserta Contohnya

Published By: achmad.firdaus,   15 June 2022   whatsapp    27

Tahukah kamu bahwa niche market adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari sebuah strategi pemasaran?

Setiap bisnis atau usaha, baik itu yang berskala kecil atau pun besar, harus menentukan niche market-nya terlebih dahulu sebelum melakukan pemasaran atau bahkan untuk menentukan produk yang akan dijual.

Selain itu, bisa dikatakan juga bahwa niche market adalah langkah pertama yang harus ditentukan dalam sebuah usaha. Mengapa demikian?

Nah, untuk mengetahui lebih dalam mengapa niche market adalah aspek yang penting bagi sebuah usaha, berikut Kokatto berikan informasi mengenai niche market, mulai dari pengertian, langkah-langkah dalam menentukannya, manfaat, hingga contohnya.

Mengenal Niche Market dalam Sebuah Usaha

mengenal niche market
mengenal niche market

Niche market adalah istilah bahasa Inggris yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti “pasar terbatas” atau “ceruk pasar”. Apa maksud dari istilah ini?

Kalau kita definisikan lebih lanjut, niche market adalah target atau segmen pasar yang lebih spesifik dengan jumlah pelanggan atau peminat yang lebih sedikit. Lalu, niche market adalah juga termasuk bagian dari target atau segmen pasar yang lebih besar atau disebut juga dengan mass market.

Target atau segmen pasar yang spesifik ini dapat ditentukan sebelum pelaku usaha memutuskan mengenai produk atau layanan yang akan dijual.

Di sisi lain, niche market adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memahami pesaing sehingga kita sebagai pelaku usaha dapat melihat peluang usaha yang berbeda dari pesaing-pesaing lainnya.

Pasalnya, sebuah produk yang umum tidak mungkin mampu untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan semua kalangan, tetapi produk atau layanan yang spesifik untuk target pasar tertentulah yang mampu terjual dengan lebih baik.

Mengetahui niche market adalah langkah yang cermat pula bagi pelaku usaha untuk dapat bertahan di persaingan industri yang ketat dan menjadi global.

Hal lain yang juga dapat diharapkan oleh pelaku usaha jika pelaku usaha telah menentukan niche market adalah mereka dapat meraup keuntungan yang lebih besari karena produk yang dijual lebih tertarget sehingga lebih mampu untuk terjual cepat, jika dibandingkan untuk produk yang dijual ke pasar yang lebih umum.

Selain itu, bagi para marketer, niche market adalah aspek yang dapat digunakan untuk membuat rencana atau strategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien.

Oleh karena itu, menentukan niche market adalah langkah yang diperlukan baik bagi pelaku usaha atau marketer.

Lalu, bagaimana sih langkah-langkah dalam menentukan niche market usahamu?

Langkah-langkah untuk Menentukan Niche Market

menentukan niche market
menentukan niche market

Mungkin bagi beberapa pebisnis baru atau orang awam, menentukan niche market adalah hal yang susah. Namun, jangan khawatir, kamu pasti bisa kok untuk melakukannya! Berikut adalah langkah-langkahnya!

1. Mengenali Minat Bisnismu

Penentuan niche market dapat dimulai dari pengenalan minat bisnis yang kamu punya. Entah itu kuliner, fashion atau lainnya, kamu harus mampu mengidentifikasi dan kalau perlu membuat daftar untuk hal tersebut.

Hal ini karena kecenderungan orang yang menjalankan bisnis sesuai dengan hal yang dia sukai akan lebih bersemangat ketika melakukannya. Nah, tentu ini akan meminimalisir kecendurungan untuk mundur atau berhenti dalam menjalankan bisnis.

2. Mengidentifikasi Masalah/Kebutuhan Pasar

Salah satu faktor mengapa suatu produk atau layanan mampu laris terjual adalah karena produk atau layanan tersebut menjawab atau menjadi solusi dari masalah yang ada di masyarakat. Lantas, bagaimana caranya kita tahu kebutuhan pasar?

Riset pasar adalah jawabannya. Kamu bisa melakukan penelitianatau riset dengan cara apa pun seperti membaca hasil temuan penelitian, mencari tren di internet, wawancara, hingga mengadakan survei.

3. Melakukan Riset terhadap Kompetitor

Kalau minat bisnismu dan juga berdasarkan hasil riset pasar rencana produk atau layananmu cukup untuk menjadi solusi atas masalah atau kebutuhan yang ada di pasar, jangan lupa untuk melakukan riset terhadap pesaing yang ada.

Kamu boleh saja merasa percaya diri bahwa produk atau layananmu mampu terjual, namun juga harus diingat bahwa persaingan industri semakin kesini semakin ketat, sehingga kamu perlu melakukan riset terhadap kompetitor yang punya produk serupa.

4. Melakukan Riset Ketertarikan Calon Target/Segmen Pasar

Sebelum mengeksekusi ide yang sudah dibuat, pelaksanaan uji coba terhadap niche market adalah langkah yang selanjutnya. Kamu perlu mengetahui keberlanjutan bisnis berdasarkan niche market yang sudah kamu tentukan.

Jika hasil uji niche market adalah tidak mampu menunjukkan bahwa ada potensi besar di masa mendatang, maka kamu bisa mengubah atau memodifikasi niche tersebut agar lebih tepat.

Jangan mundur ketika hasil risetmu tidak sesuai dengan harapan karena hal ini maklum dan wajar terjadi jika niche market adalah niche yang baru dan unik. Penenutan niche market adalah sebuah journey, jadi nikmatilah dan terus gali potensi niche yang ada di masyarkat.

Manfaat Niche Market dalam Suatu Usaha

manfaat niche market
manfaat niche market

Kenapa sih menentukan niche market adalah hal yang penting? Hal ini karena membangun dan menjalankan bisnis bukanlah hal yang gambling. Niche market dapat membantu pelaku usaha untuk menentukan produk yang akan dijual sesuai dengan kebutuhan pasar. Selain itu, manfaat lain dari niche market adalah sebagai berikut ini.

1. Mampu Memberikan Persaingan Rendah

Kompetitor akan selalu ada, apa pun itu niche market yang kamu punya untuk usahamu. Namun, niche market adalah target atau segmen yang spesifik sehingga kompetitor yang akan kamu temui juga adalah kompetitor yang punya niche market serupa.

2. Brand-mu Lebih Diingat

Karena produk atau layananmu dibuat khusus hanya untuk segmen pasar yang spesifik, brand-mu tentu akan lebih menonjol bahkan untuk segmen pasar yang bukan target. Hal ini akan berguna untuk menarik pelanggan baru lho.

3. Pelanggan yang Loyal

Jika produk atau layananmu mampu menjawab permasalahan untuk pasar yang sudah kamu targetkan, maka akan berdampak positif bagi loyalitas pelanggan, bahkan jika terjadi kenaikan harga pada produk/layananmu.


Contoh Niche Market dalam Suatu Usaha

Niche market dapat ditentukan dari banyak aspek masyarakat seperti hobi, preferensi, kebiasaan sehari-hari, profesi, hingga kesukaan masyarakat lho.

Sebagai contoh, kalau kamu adalah seseorang dengan hobi memasak, kamu bisa menggunakan hobi tersebut sebagai ide dasar dari niche market usahamu.

Memasak adalah hal yang mampu dilakukan oleh berbagai kalangan umur. Nah, kamu bisa mengerucutkan ke satu segmen, misalnya segmen mahasiswa yang sedang merantau untuk kuliah.

Dari situ, identifikasilah permasalahan terkait memasak yang dirasakan oleh anak kuliah ketika merantau, contohnya seperti alat memasak yang cenderung mahal dan tidak praktis, atau bahan makanan yang ribet untuk disimpan.

Ada beberapa peluang yang dapat kamu jadikan sebagai bisnis. Contoh produk dari segmen ini antara lain seperti, alat masak praktis harga ekonomis dan bahan makanan yang instan.

Pada intinya, dalam menentukan niche market juga perlu dilakukan riset mendalam mengenai pasar dan juga kompetitor yang ada.

Itulah sedikit penjelasan mengenai niche market. Niche market adalah bagian dari segmen pasar besar yang lebih spesifik. Dengan menentukannya, usahamu juga akan lebih terfokus kepada satu segmen pasar tertentu, sehingga effort yang kamu alokasikan juga lebih efisien dan efektif.

Selain menentukan niche market, ada hal lain yang bisa membuat jalannya usahamu menjadi jauh lebih efisien lho, seperti Kokatto. Kokatto menyediakan berbagai jenis layanan teknologi komunikasi otomatis yang mampu membantu usahamu. Untuk informasi lengkapnya, cari tahu disini!