Ini 7 Manfaat Analisis SWOT untuk Pengembangan Usahamu

Published By: achmad.firdaus,   15 June 2022   whatsapp    29

Mengetahui manfaat analisis SWOT akan sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin menjalankan suatu proyek atau bisnis. Kenapa? Karena sebelum memulai bisnis, pastinya kamu butuh suatu perencanaan agar proyek bisnis kamu jadi lebih terarah dan berjalan secara lebih efisien. Nah, mengetahui manfaat analisis SWOT ini akan membantu perencanaan tersebut.

Apa aja sih manfaat analisis SWOT tersebut? Sebelum mengetahui manfaat analisis SWOT, ada baiknya cari tahu dulu tentang pengertian SWOT. Yuk, simak dalam pembahasan berikut!

Pengertian SWOT

Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat analisis SWOT, kita bahas terlebih dulu tentang pengertian dari istilah SWOT. Secara umum, SWOT adalah singkatan dari strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (peluang), dan threat (ancaman).

Keempat faktor tersebut membentuk singkatan SWOT yang kemudian sering digunakan dalam proses penyusunan atau pembuatan rencana sebuah usaha atau bisnis agar manajemen bisnis tersebut bisa berjalan dengan lebih baik.

Dalam operasional suatu bisnis atau usaha, pasti perlu berhati-hati dan punya perencanaan yang matang, ‘kan? Bahkan bukan cuma dalam ranah bisnis, metode dan manfaat analisis SWOT ini juga bisa kamu terapkan dalam menjalankan organisasi atau proyek individu.

Sebelum mulai ke pembahasan utama seputar manfaat analisis SWOT, kita pahami dulu penjelasan tentang analisis SWOT berikut ini, yuk!

Pengertian Analisis SWOT

Analisis SWOT merupakan perencanaan strategis yang digunakan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi faktor internal serta faktor eksternal yang dapat berdampak terhadap berjalannya suatu proyek, bisnis, produk, organisasi, atau individu.

Pencetus pertama metode ini adalah Albert S. Humphrey, seorang ahli teori bisnis yang berasal dari Inggris dengan spesialisasi manajemen organisasi dan perubahan budaya. Ia mengembangkan metode ini ketika sedang memimpin proyek riset di Stanford Research Institute (RSI) pada sekitar tahun 1960-an.

Metode ini banyak digunakan untuk membantu pemetaan pikiran dalam suatu kegiatan bisnis, agar pikiran dapat menangkap banyak informasi dalam ruang yang padat.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, analisis SWOT terdiri dari empat unsur utama, yaitu strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (peluang), dan threat (ancaman).

pengertian analisis swot
pengertian analisis swot

Berikut adalah penjelasan tentang keempat unsur tersebut:

1. Strength (Kekuatan)

Unsur pertama yang dari metode ini adalah strength atau kekuatan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Aspek yang dianalisis adalah apa saja yang menjadi keunggulan, kelebihan, serta keunikan yang menjadi pembeda perusahaan dengan perusahaan lainnya. Dalam analisis ini, biasanya hal-hal positif yang menonjolkan kekuatan dan keunikan dari sebuap>Weakness (Kelemahan)

2. Weakness (Kelemahan)

Unsur kedua dalam analisis SWOT adalah kebalikan dari kekuatan, yaitu kelemahan. Selain memetakan kekuatan yang dimiliki perusahaan, analisis SWOT ini juga memetakan apa saja kelemahan yang dimiliki perusahaan.

Pada dasarnya, setiap perusahaan pasti memiliki kelemahannya masing-masing yang dapat memberikan dampak negatif terhadap keberlangsungan perusahaan itu sendiri. Oleh karena itu, mengetahui apa saja yang menjadi titik lemah perusahaan itu sangat penting untuk melakukan perbaikan. Nah, cara mudah untuk bisa menemukan titik kelemahan perusahaan adalah menempatkan diri sebagai konsumen.

Cara mudah untuk bisa menemukan titik kelemahan pada perusahaan adalah menempatkan diri sebagai konsumen.

3. Opportunity (Peluang)

Peluang menjadi salah satu unsur penting yang perlu dianalisis dalam metode ini karenad dapat menentukan potensi perkembangan perusahaan di masa mendatang.

Dengan begitu, saat melakukan analisis SWOT ini, perusahaan harus bisa memetakan secara rinci tentang peluang apa saja yang dimilikinya. Dalam peluang itulah, perusahaan dituntut untuk peka terkait perkembangan tren yang sejalan dengan perusahaan itu sendiri.

Selain itu, peluang juga bisa membantu perusahaan untuk bertahan dan diterima oleh masyarakat.

4. Threat (Ancaman)

Kebalikannya dari peluang, perusahaan perlu memetakan apa saja ancaman yang mungkin dihadapi dan menghambat perkembangan perusahaan di waktu yang akan datang. Dengna melakukan pemetaan ancaman tersebut, perusahaan akan lebih memahami apakah bisnis yang dijalankan mampu bertahan atau tidak.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemetaan ini adalah ketersediaan sumber daya, jumlah kompetitor, langkah-langkah kompetitor, minat konsumen, dan kekuatan finansial.

Nah, berdasarkan empat faktor dasar yang telah dijelaskan, maka analisis SWOT dapat dibagi menjadi dua faktor, yaitu faktor internal perusahaan dan faktor eksternal perusahaan.

Faktor internal meliputi strength (kekuatan) dan weakness (kelemahan), seperti sumber daya yang dimiliki atau keadaan finansial perusahaan. Sedangkan faktor eksternal meliputi opportunity (peluang) dan threat (ancaman), seperti lingkungan, budaya, keadaan sosial politik, sumber modal, keadaan ekonomi, ideologi, tren, pemerintah, perkembangan teknologi dan peristiwa-peristiwa yang terjadi.

Karena itulah biasanya analisis SWOT juga biasa disebut sebagai analisis internal–eksternal atau analisis internal–eksternal.

Jadi, sebenarnya tujuan dari analisis SWOT ini apa, sih? Sebelum memasuki ke pembahasan manfaat analisis SWOT, kita ketahui dulu yuk tujuannya!

Tujuan Analisis SWOT

Tujuan utama dilakukannya analisis SWOT adalah tentu untuk menemukan apa saja kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman terhadap perusahaan. Empat faktor tersebut dapat menjadi tameng dan senjata bagi perusahaan agar bisa terus eksis di masa depan.

Namun, perlu dipahami bahwa analisis SWOT dibuat bukan untuk memberikan solusi bagi masalah-masalah yang dialami. Analisis ini dibuat agar perusahaan dapat memprediksi bagaimana gambaran situasi yang akan dihadapi dan apa yang akan terjadi dengan perusahaan di waktu yang akan datang.

tujuan analisis swot
tujuan analisis swot

Setelah mengetahui tujuannya, inilah saatnya kita masuk ke pembahasan tentang manfaat analisis SWOT.

Manfaat Analisis SWOT

Perkembangan dan kemajuan bisnis yang dijalankan biasanya mustahil terwujud tanpa adanya perencanaan dan penerapan strategi yang efektif dan efisien. Nah, dari pembahasan di bawah inilah kita dapat mengetahui manfaat dari perencanaan tersebut alias manfaat analisis SWOT.

Berikut 8 manfaat analisis SWOT yang perlu kamu ketahui:

1. Mengatasi Setiap Masalah Internal Perusahaan

Manfaat analisis SWOT yang pertama adalah untuk mengatasi masalah internal perusahaan. Setiap perusahaan pasti memiliki masalah internal. Dengan menerapkan analisis SWOT, perusahaan dapat menemukan apa saja yang selama ini menjadi hambatan internal dan dapat segera menemukan solusi untuk menyelesaikannya secepat mungkin.

2. Memperluas Jaringan Pemasaran

Manfaat analisis SWOT yang kedua adalah dapat memperluas jaringan pemasaran perusahaan. Perusahaan yang menggunakan analisis SWOT dapat memperluas jaringan pemasaran. Hal ini telah terbukti dari banyaknya perusahaan yang mampu mengembangkan diri dan dapat menjaring para pelanggan sesuai target pasar masing-masing.

Baca Juga: Mengenal Segmentasi Pasar, Manfaat, dan Jenisnya

3. Mengembangkan Perusahaan

Manfaat analisis SWOT yang ketiga adalah untuk mengembangkan perusahaan. Sebuah perusahaan harus mampu mengembangkan diri. Caranya tentu bermacam-macam tergantung dari strategi dan kebijakannya. Namun, strategi serta penentuan kebijakan tersebut berasal dari serangkaian analisis dan evaluasi yang tepat nan cermat.

Perusahaan harus bisa menetapkan target selama periode tertentu yang nantinya akan dilihat apakah selama proses dapat berhasil mencapai target atau tidak. Perusahaan juga sangat mungkin tidak hanya bergerak dalam lingkup regional atau lokal, tetapi juga bersaing dalam lingkup global.

Oleh karena itu, analisis SWOT perlu diterapkan dalam tiap periode tertentu, agar dapat memberikan hasil yang nantinya dapat digunakan untuk bahan perbandingan dan acuan untuk menentukan kebijakan perusahaan.

4. Menciptakan Inovasi Baru

Manfaat analisis SWOT yang keempat adalah perusahaan dapat mengembangkan bisnisnya melalui serangkaian inovasi, khususnya pada produk yang ditawarkan. Hampir setiap tahun selalu muncul perusahaan yang menawarkan opsi yang berbeda dan baru bagi target pasar. Penciptaan inovasi baru itulah yang berasal dari hasil riset berdasarkan faktor eksternal yang menjadi bagian dari analisis SWOT.

5. Dapat Menyesuaikan Perkembangan Zaman dan Teknologi

Analisis SWOT yang kelima adalah agar perusahaan dapat menyesuaikan bisnis dengan perkembangan zaman dan teknologi. Tuntutan perubahan zaman terus muncul dan jika suatu perusahaan tidak membekali diri dengan kemampuan adaptasi, maka akan sulit untuk mempertahankan bisnis, apalagi berkembang. Di sinilah analisis SWOT dapat membantu untuk mengindikasikan masalah-masalah terkait teknologi informasi yang harus diikuti oleh sebuah perusahaan.

6. Memudahkan Analisis Keuangan

Manfaat analisis SWOT yang keenam adalah dapat memudahkan analisis keuangan perusahaan. Analisis keuangan yang menggunakan bahan-bahan dari SWOT umumnya lebih detail, karena menekankan pada beberapa target khusus yang telah ditentukan dan diamati selama periode tertentu. Inilah salah satu manfaat analisis SWOT dalam soal keuangan, karena konsep keuangan akan menjadi lebih efisien, tidak boros, memudahkan pemetaan, serta meningkatkan angka produksi secara signifikan.

7. Menghindari Kerugian Besar

Manfaat analisis SWOT yang ketujuh dan terakhir adalah untuk menghindari kerugian bagi perusahaan. Perusahaan harus waspada terhadap segala risiko yang dapat memicu angka kerugian, seberapapun kecil nilainya. Di sinilah analisis SWOT dapat melihat apa saja yang menjadi potensi perusahaan, mengenali kelemahan, membaca peluang, mewaspadai setiap ancaman, dan merumuskan konsep serta strategi yang lebih relevan dari semua hasil analisis tersebut.

Manfaat analisis SWOT memang banyak, namun yang paling penting untuk kamu ingat adalah analisis ini dapat membantu untuk mencegah perusahaan dari kata bangkrut. Analisis SWOT dalam menjalankan bisnis juga menjadi tameng dan senjata suatu perusahaan agar dapat terus berkembang dan eksis di masa kini hingga masa yang akan datang. Dengan memahami pengertian, faktor, tujuan, serta manfaat analisis SWOT, tentunya akan membantu kamu dalam menjalankan bisnis yang diimpikan.

Nah, setelah memahami penjelasan manfaat analisis SWOT tadi, kamu jadi bisa mengembangkan bisnis atau usahamu sesuai dengan analisis yang ada, bukan berdasarkan asumsi atau perkiraan.

Tidak hanya itu, untuk membantu kamu mengembangkan usahamu khususnya dengan kecanggihan teknologi, sekarang sudah ada layanan yang bisa kamu manfaatkan lho, yaitu Kokatto. Dengan Kokatto, kamu bisa memanfaatkan teknologi komunikasi otomatis untuk membantu operasional bisnismu, mulai dari fitur pengiriman email marketing terpadu, chatbot WhatsApp dan pengelolaan pengiriman pesan ke seluruh pelanggan, dan lainnya. Yuk, cari tahu informasi lengkap tentang layanan Kokatto di sini!