Definisi Marketing dan Fungsinya yang Penting Dipahami

3 Februari 2023 Apa Itu Marketing

Definisi marketing dan fungsinya merupakan bagian penting dalam suatu usaha. Pemilik usaha perlu memahami seputar definisi marketing dan fungsinya dalam bisnis agar tetap bisa menjalankan usahanya dengan mudah. Pemahaman tersebut akan membantu setiap pemilik usaha untuk mengelola sistem marketing dan tujuan adanya marketing tersebut dalam bisnis.

 

Karena tanpa adanya marketing yang sesuai dan tepat untuk usaha, tentunya usaha akan mengalami kemunduran dan tidak bisa menghasilkan pendapatan yang cukup. Marketing usaha juga sangat bermanfaat untuk lancarnya usaha di masa mendatang. Maka dari itu, definisi marketing dan fungsinya yang tepat sangat penting untuk dipahami.

 

Definisi Marketing

Definisi dari marketing adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan untuk mengeksplorasi, menciptakan, dan mengirimkan nilai yang dapat menemui kebutuhan target pasar dalam bentuk produk maupun layanan. Marketing dalam suatu usaha dilakukan sepenuhnya untuk memasarkan produk dan layanan yang akan meningkatkan penjualan dalam usaha.

 

Marketing merupakan bagian penting dalam setiap usaha. Pastinya usaha akan memerlukan marketing untuk memasarkan produk ataupun layanannya. Ada banyak sekali strategi marketing yang bisa dipelajari. Tentunya jika setiap strategi marketing tersebut dijalankan dengan baik, usaha akan mendapatkan lebih banyak keuntungan. Inilah pentingnya memahami definisi marketing dan fungsinya untuk bisnis.

 

Tidak hanya itu saja, marketing untuk suatu usaha juga bisa memberikan dampak secara jangka panjang. Karena marketing tidak hanya sekedar memasarkan produk dan layanan saja. Ada nama usaha dan merk yang juga ikut dipasarkan, sehingga dengan melakukan marketing yang tepat usahamu juga akan mendapatkan manfaat hingga ke depannya.

 

Baca Juga: Seberapa Penting Promosi Online dan Offline pada Bisnis?

 

Fungsi Marketing

Memahami definisi marketing dan fungsinya bisa membantumu untuk lebih fokus menentukan strategi usaha yang paling tepat. Terlebih, pemahaman pada definisi marketing dan fungsinya juga akan membantu usaha memiliki KPI dan ROI yang lebih jelas, sehingga langkah yang diambil pemilik usaha untuk mencapai tujuan usaha juga akan lebih mudah. Berikut ini adalah 7 fungsi dari marketing yang wajib untuk diketahui:

 

Berfungsi sebagai Promosi Usaha

Promosi merupakan salah satu penunjang tingginya penjualan dan pendapatan dalam usaha. Promosi selalu menjadi poin penting yang perlu dipikirkan saat menyusun perencanaan usaha. Dengan adanya promosi, target pasar akan mengetahui nama usahamu dan juga produk atau layanan yang kamu sediakan. Ini akan mempengaruhi rasa ingin tahu mereka untuk mencoba produkmu. 

 

Strategi promosi perlu disusun dengan sangat cermat agar target pasar dapat muncul ketertarikan. Strategi tersebut juga harus disesuaikan dengan siapa target pasar yang dituju. Misalnya jika target pasar yang dituju adalah remaja, maka strategi promosi yang digunakan bisa lewat saluran yang sering digunakan oleh remaja seperti media sosial TikTok. Penyesuaian ini tentunya berdampak besar untuk usahamu.

 

Promosi yang dilakukan juga perlu menyesuaikan dengan kondisi usaha. Perilisan produk baru memiliki strategi promosi yang berbeda dengan promosi untuk cuci gudang. Ini karena keduanya memiliki tujuan yang berbeda. Perilisan produk baru bertujuan untuk mengenalkan produk sedangkan cuci gudang bertujuan untuk menghabiskan stok gudang. Strategi yang digunakan keduanya juga tidak bisa disamakan.

 

Berfungsi untuk Meningkatkan Penjualan 

Tidak bisa dihindari bahwa fungsi utama dari promosi adalah untuk meningkatkan penjualan. Setiap strategi promosi, bagaimanapun variasinya pasti memiliki tujuan untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan. Baik dalam jangka waktu yang pendek maupun untuk jangka waktu yang panjang. Setiap usaha akan selalu memerlukan marketing untuk hal tersebut.

 

Tentunya, perlu dilakukan strategi marketing yang halus dan lebih mudah mendekati calon pembeli agar target pasar tetap percaya dengan usahamu. Pendekatan marketing yang terlalu berlebihan bisa membuat calon pembeli menjadi tidak nyaman dan meninggalkan usahamu. Maka dari itu, penting sekali memahami definisi marketing dan fungsinya agar kamu tidak salah dalam menetapkan strategi yang paling tepat.

 

Berfungsi untuk Mengelola Produk atau Layanan

Salah satu cara untuk mengetahui apakah produk atau layanan usahamu diterima oleh target pasar adalah dengan cara bertanya langsung kepada pembeli. Marketing secara tidak langsung adalah alat yang tepat untuk digunakan mengelola produk dan layanan. Meskipun definisi marketing dan fungsinya kali ini cukup berbeda, tapi marketing dapat membantu prosesnya.

 

Tanpa adanya marketing, pembeli tidak akan mau mencoba produkmu. Jika tidak ada yang mau mencoba produkmu, maka kamu juga akan kesulitan mengelola produk dan layananmu. Kamu tidak akan mengetahui apa kekurangan dari produk dan layananmu dan apa saja yang perlu ditingkatkan lagi untuk produk dan layananmu.

 

Hal ini bisa berdampak kedepannya jika kamu akan merilis produk dan layanan terbaru. Ketika kamu mendapatkan timbal balik dari pelanggan, kamu bisa mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pelanggan. Jadi produk atau layanan terbarumu bisa benar-benar disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan.

 

Berfungsi untuk Data Pemasaran

Fungsi selanjutnya dari marketing adalah untuk data pemasaran yang selanjutnya akan diolah. Setiap data yang diperoleh dari marketing akan diolah selanjutnya untuk menjadi strategi yang digunakan usaha kedepannya. Dengan adanya data tersebut, tentunya akan lebih mudah bagi perusahaan untuk menentukan apa strategi usaha selanjutnya.

 

Data pemasaran tersebut juga berfungsi untuk mengetahui tren yang sedang terjadi di pasar, mengetahui kondisi kompetitor dan perkembangannya, serta mengetahui kekhawatiran apa yang mungkin terjadi pada pelanggan. Definisi marketing dan fungsinya yang satu ini akan sangat membantu setiap usaha agar bisa terus berkembang dan beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.

 

Berfungsi untuk Menentukan Harga

Marketing juga berfungsi untuk menentukan harga produk atau layanan. Ini karena dengan adanya marketing yang tepat, nilai dari produk dan layanan menjadi lebih jelas. Kemudian harga dapat ditentukan berdasarkan nilai yang dilihat oleh target pasar. Inilah pentingnya membuat marketing yang terstruktur untuk setiap produk dan layananmu agar penentuan harga menjadi lebih sesuai dengan target pasar dan nilai usahamu.

 

Baca Juga: Daftar Contoh Percakapan Customer Service Online Shop

 

Berfungsi untuk Pengelolaan Keuangan

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, marketing juga bisa berdampak pada kondisi keuangan usaha. Harga jual yang tepat tentunya akan membantu proses budgeting dan pengelolaan keuangan pada usaha. Usaha tidak akan merugi dalam jumlah yang besar dan tetap mendapatkan keuntungan penjualan.

 

Berfungsi untuk Distribusi

Marketing juga akan membantu proses distribusi produk dan layanan menjadi lebih lancar. Saluran distribusi yang tepat dan luasan area distribusi akan dipengaruhi dengan bagaimana marketing dari usahamu. Jadi dengan adanya marketing yang tepat, distribusi juga menjadi lebih lancar.

 

Definisi marketing dan fungsinya di atas sangat penting untuk diketahui setiap pemilik usaha. Marketing akan membantu berbagai aspek dalam proses usaha agar lebih lancar. Pemilihan saluran untuk marketing juga sangat penting untuk dipertimbangkan. Misalnya dengan memilih saluran komunikasi untuk memperlancar marketing seperti Kokatto. Dilengkapi dengan fitur dashboard untuk layanan pelanggan dan pengaturan pesan broadcast, kamu akan lebih mudah melakukan marketing produk kepada pelanggan dengan Kokatto. Yuk coba saja Kokatto untuk usahamu sekarang!

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved