Seberapa Penting Promosi Online Offline pada Bisnis?

1 Januari 2023 Seberapa Penting Promosi Online Offline pada Bisnis?

Kegiatan promosi online dan offline sudah menjadi bagian dari kegiatan bisnis. Baik bisnis kecil maupun besar, kegiatan promosi penting dilakukan untuk membantu para calon pelanggan mengetahui dan mengenal lebih lanjut tentang brand dan produk yang dijual. Apa saja contoh kegiatan promosi online dan offline yang biasa dilakukan?

 

Banyak orang yang mulai merambah ke dunia bisnis, baik itu sebagai pekerjaan sampingan maupun sebagai pekerjaan utama. Hal tersebut terjadi utamanya karena tuntutan ekonomi. Namun tak sedikit yang ternyata menjadi pebisnis dilatarbelakangi oleh beberapa hal yang bukan mengenai materi.

 

Baca Juga: Beberapa Cara Mempromosikan Produk yang Bisa Digunakan

 

Ada seseorang yang memilih membuka usahanya sendiri karena ia merasa tidak puas selalu statis sebagai karyawan. Ada juga yang merasa dirinya tidak cocok di dunia kerja sebagai karyawan dan segala sesuatunya. Bahkan ada yang merasa berjualan sudah menjadi sebagian dari gairah hidup dan memilih jalan hidup untuk berjualan.

 

Apa pun latar belakangnya, memulai dan menjalankan bisnis tetap bukanlah hal yang mudah. Kamu harus mempunyai komitmen dan tanggung jawab yang tinggi agar bisnis tersebut dapat berkembang dan berjalan dengan lancar. Jika setengah-setengah, tentu saja modal, waktu dan energi yang dikeluarkan bisa terbuang begitu saja.

 

Oleh karena itu, perlu persiapan yang matang dalam memulai sebuah bisnis. Kamu harus mempelajari apa yang dibutuhkan oleh pasar dan apa yang bisa kamu tawarkan dengan kemampuan yang kamu miliki. Setelah itu, kamu bisa menentukan apa yang ingin kamu jual pada bisnis kamu.

 

Setelah itu, tentu kamu harus menentukan siapa yang menjadi target penjualan kamu. Meskipun kamu tidak harus menjual produk ke pelanggan dengan spesifikasi tertentu, tapi mempunyai target pelanggan akan memudahkanmu dalam menentukan produk, serta melakukan kegiatan pemasaran seperti promosi nantinya.

 

Pengertian Promosi

Promosi sendiri adalah kegiatan dari aktivitas pemasaran di mana seseorang atau sebuah perusahaan menawarkan produk dan jasa yang dijual dengan harapan agar penjualan atau informasi mengenai perusahaan atau produk tersebut meningkat. Hal ini dilakukan tidak hanya perusahaan kecil tapi juga perusahaan besar.

 

Agar konsumen bisa membeli sebuah produk atau jasa, konsumen harus terlebih dahulu mengetahui informasi tentang produk tersebut. Dari mana informasi tersebut didapatkan? Informasi tersebut didapatkan dari promosi yang dilakukan oleh mereka yang bertanggung jawab menjual produk tersebut.

 

Tanpa promosi, sebuah produk atau brand tidak akan mendapatkan pengenalan dari calon pelanggan. Itu sebabnya kamu bisa melihat bagaimana sebuah brand kecil atau besar terus mengiklankan produk dan brand agar semakin dikenali oleh banyak orang. Hal itu sedikit banyak merupakan dampak dari promosi.

 

Promosi sendiri bisa digunakan melalui bermacam-macam media. Saat ini, teknologi semakin canggih yang membuat media promosi pun semakin beragam. media promosi yang dulu hanya konvensional kini juga bisa dilakukan secara digital. Berikut adalah macam macam media promosi online dan offline

 

Media Promosi Online

 

  • Media Sosial

Seperti yang kita ketahui bersama, media sosial merupakan hal yang sangat besar. Media sosial sendiri sudah bisa dibilang merupakan bagian dari keseharian sebagian besar umat manusia. Bahkan, semakin banyak pekerjaan yang mengharuskan karyawan tersebut untuk fokus kepada media sosial tertentu.

 

Oleh karena itu, wajar saja jika media sosial dapat dijadikan media promosi online, apalagi jangkauan yang dapat diberikan media sosial terlampau luas. Jangkauan yang diberikan media sosial tidak hanya dalam level nasional, bahkan hingga global. Penggunaan media sosial juga gratis. Tak heran apabila media sosial dimanfaatkan untuk dijadikan promosi online.

 

Pada media sosial, promosi yang dilakukan juga beragam. Promosi yang paling umum dilakukan adalah membuat akun media sosial lalu kemudian memperkenalkan brand serta produk-produk yang ditawarkan. Namun hal tersebut tidak mudah. Diperlukan strategi dan pendekatan khusus agar perlahan akun dan produk dikenal oleh masyarakat.

 

Saat ini yang paling sering terlihat adalah bagaimana banyak publik figur yang mengiklankan sesuatu di media sosialnya. Hal tersebut adalah endorsement. Saat ini, hal tersebut sudah lazim dilakukan. Ini mirip dengan iklan-iklan yang ada di tv. Kegiatan ini juga memunculkan banyak penggiat media sosial yang ingin bekerja sebagai influencer agar dibayar oleh brand untuk memasarkan produk.

 

  • Iklan Berbayar

Ternyata, promosi iklan berbayar juga bisa dilakukan di media online. Saat ini, kegiatan pekerjaan ataupun kegiatan sehari-hari manusia tidak luput dari yang namanya internet. Agar terhubung ke satu sama lain, manusia membutuhkan internet. Aplikasi yang digunakan oleh manusia pun berbeda dan beragam jumlahnya.

 

Baca Juga: Alasan Media Promosi adalah Hal Penting untuk Bisnis

 

Beberapa aplikasi tersebut menerapkan iklan berbayar sebagai bentuk promosi online. Baik aplikasi game atau media sosial mempunyai iklan berbayar yang bisa digunakan oleh para pelaku usaha. Hal ini dapat berguna bagi para pelaku usaha yang ingin mempromosikan produknya. Iklan berbayar juga bisa dibilang cukup efektif karena biasanya target yang dituju tepat sasaran.

 

  • Email Marketing

Email Marketing juga bisa jadi salah satu cara promosi online bagi para pelaku usaha, apalagi saat ini hampir semua masyarakat dalam usia produktif mempunyai email, baik untuk pekerjaan ataupun kegiatan lainnya. Pada email marketing, biasanya kamu melakukan broadcast email kepada alamat email yang kamu miliki. Biasanya email tersebut kamu dapatkan ketika para pelanggan melakukan pembelian.

 

Media Promosi Offline

  • Koran

Sebelum ramai media promosi offline, ada juga promosi offline seperti koran. Sebelum memasuki era digital, koran menjadi salah satu hal yang tak luput dari keseharian masyarakat. Semua kejadian dalam berbagai bidang, biasanya dimasukkan dalam koran. Maka dari itu, para brand juga berlomba memasukkan produknya ke dalam koran, terlebih media ini sering dibaca dan bisa dilihat berulang kali.

 

  • Televisi

Sebelum orang menggunakan media sosial, salah satu hiburan yang paling dinikmati masyarakat adalah tv. Jadi wajar jika banyak brand menggunakan TV sebagai media promosi offline. TV masih sering digunakan masyarakat, namun tentu berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Eksposur yang didapatkan juga bisa hingga tingkat nasional. Namun memasang iklan di televisi cenderung mahal dengan waktu yang relatif singkat. 

 

  • Radio

Meskipun radio sudah jarang digunakan, tetapi radio menjadi salah satu hiburan bagi beberapa lapisan masyarakat. Biasanya masyarakat mendengarkan radio di sela-sela kesibukan. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan radio sebagai bentuk media promosi offline, apalagi biaya promosi di radio juga relatif lebih murah dibandingkan TV. 

 

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai pengertian promosi serta contoh promosi online. Setiap media promosi mempunyai kelebihan dan kelemahannya sendiri. Kamu sebagai pelaku usaha harus pintar menyesuaikan media mana yang cocok untuk mempromosikan produk yang ingin kamu jual.

 

Selain promosi, kamu harus mampu melayani konsumen dengan baik. Pelayanan yang baik tentu akan memberikan pelanggan pengalaman yang baik dalam berbelanja di tokomu. Bukan tidak mungkin hal tersebut akan membuat para pelanggan merasa nyaman. Hal itu bisa diwujudkan dengan Kokatto! Produk seperti customer care dan data analytics dapat membantu tokomu berkembang. Yuk, langsung saja cek Kokatto untuk informasi lebih lanjut!

whatsapp facebook instagram
KokattoLogo Jakarta Metropolitan Tower 10th floor Jl. TB Simatupang No.Kav. 14, DKI Jakarta - 12430 +6221 3972 3972 | sales@kokatto.com
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2023 by Kokatto. All Rights Reserved