8 Manfaat Database Pelanggan untuk Bisnis, Cek di Sini

1 Januari 2023 Database Pelanggan

    Setiap bisnis membutuhkan informasi tentang pelanggan untuk lebih memahami kebutuhan maupun cara terbaik untuk melayani pelanggan mereka, salah satunya dengan menggunakan database pelanggan. Lantas, apa itu database pelanggan, apa manfaatnya bagi bisnis, dan tips dalam mengelolanya? Intip artikel Kokatto di bawah ini!

 

Apa itu Database Pelanggan?

Database pelanggan adalah kumpulan informasi tentang pelanggan seperti nama depan dan nama belakang, alamat email, pekerjaan, dan lain-lain. Database juga bisa mencakup data berikut.

  • Karakteristik demografi: jenis kelamin, usia, atau status perkawinan.
  • Katakteristik profesi: posisi pekerjaan, tempat bekerja.
  • Perilaku pembelian: preferensi belanja, pembelian sebelumnya, jumlah rata-rata tagihan atau faktur, pembatalan sebelumnya.
  • Firmografi: jenis industri, jumlah karyawan, status kepemilikan, dan lain-lain.

 

Seberapa lengkap database bisnis bergantung pada tujuan bisnis, jenis data yang bisnis kumpulkan, prospek yang dimiliki, dan bagaimana bisnis kamu akan menggunakan informasi tersebut.

 

Manfaat Database Pelanggan bagi Bisnis

Jadi, apa sebenarnya manfaat mengumpulkan informasi pelanggan dan kenapa bisnis harus melakukannya? Baca penjelasan di bawah ini.

 

1. Memberi Pemahaman Lebih Dalam tentang Pasar Bisnis

Alasan terbesar kenapa begitu banyak bisnis memiliki database pelanggan adalah karena database membantu bisnis untuk mendapatkan pemahaman yang jauh lebih baik tentang perilaku pelanggan, menentukan demografi secara keseluruhan, dan mengidentifikasi cara-cara saat bisnis bisa meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

 

Data mempermudah bisnis untuk memahami apa yang diinginkan pelanggan dari bisnis kamu, produk atau layanan spesifik yang pelanggan cari, dan bagaimana pelanggan lebih suka berinteraksi dengan bisnis kamu.

 

Ketika kamu tahu lebih banyak tentang pelanggan kamu, kamu bisa mengubah segalanya tentang bisnis kamu agar lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

 

2. Meningkatkan Strategi Pemasaran Bisnis

Strategi pemasaran digital bisnis menjadi penting daripada sebelumnya teruma di dunia yang serba digital seperti saat ini.

 

Jika kamu ingin mengungguli pesaing kamu, meningkatkan konversi, maupun membangun rasa kepercayaan dan transparansi antara bisnis dengan pasar kamu, kamu perlu melakukan yang kamu bisa untuk mengoptimalkan kampanye pemasaran kamu.

 

Kenyataannya, kamu tidak bisa melakukan hal tersebut tanpa mengumpulkan data dan menggunakannya untuk menginformasikan segalanya tentang cara kamu memasarkan produk atau layanan kepada pelanggan. 

 

Database bisa memberi tahu kamu kampanye dan taktik pemasaran mana yang paling ditanggapi dan disukai target pelanggan sehingga bisnis bisa membuat iklan yang lebih efektif dan bertarget di masa mendatang.

 

Baca juga: Customer Segmentation adalah: Definisi serta Jenisnya!

 

3. Membuat Personalisasi Pelanggan

Tahukah kamu bahwa 63% pelanggan mengatakan bahwa mereka mengharapkan personalisasi dalam hal pemasaran dan produk, konfirmasi pesanan, komunikasi apa pun antara pelanggan dan bisnis kamu.

 

Dengan memiliki database pelanggan, kamu bisa memenuhi ekspetasi pelanggan terkait komunikasi dan saran yang dipersonalisasi. 

 

Selain itu, semakin banyak kamu mengetahui jenis produk atau layanan yang diminati pelanggan, semakin besar kemungkinan kamu menawarkan produk yang kemungkinan besar akan pelanggan beli.

 

4. Mengelola Data Bisnis​​​​​​​

Manfaat memiliki database tentu saja untuk membantu bisnis untuk mengelola data-data bisnis kamu, termasuk data pelanggan. Sesuai dengan fungsi database untuk menyimpan dan mengelola data, fungsi ini tentu akan sangat berguna dalam proses pengelolaan data bisnis kamu.

 

Dengan database, kamu bisa menyimpan data baru yang disusun dalam format yang diinginkan. Data yang tersimpan rapi bisa memudahkan kamu saat mencari data yang kamu butuhkan. 

 

5. Meningkatkan Produk atau Layanan Bisnis

Melalui database pelanggan, bisnis bisa dengan mudah mengidentifikasi produk mana yang paling disukai pelanggan dan berapa harga yang bersedia pelanggan bayar untuk itu. Kamu juga bisa mendapatkan feedback dari pelanggan mengenai produk atau layanan bisnis saat ini. 

 

Dengan menggunakan feedback atau ulasan, bisnis bisa meningkatkan pengalaman pelanggan dengan meningkatkan produk atau layanan bisnis.

 

6. Membangun Kesetiaan Pelanggan 

Setiap bisnis ingin meningkatkan keuntungan dengan meningkatkan jumlah pesanan dari masing-masing pelanggan. Namun, mencapai hal tersebut bukan hal yang mudah terutama hika bisnis kamu memiliki sedikit atau tidak ada informasi pelanggan. Faktanya, sebagian bisnis menemukan bahwa 50-80% pelanggan hanya membeli sekali.

 

Dengan database, kini kamu bisa merumuskan startegi untuk mengubah pelanggan yang hanya membeli satu kali menjadi pelanggan setia yang membeli produk atau layanan secara berulang.

 

Dengan menggali data bisnis, kamu bisa mengidentifikasi produk yang kemungkinan akan dibeli oleh pelanggan dan waktu yang memungkinkan mereka untuk melakukan pembelian kedua. Bisnis juga bisa mengetahui saluran terbaik yang digunakan untuk menargetkan pelanggan-pelanggan tersebut.

 

7. Menghemat Biaya

Setiap bisnis pasti pernah memiliki keharusan untuk mengurangi biaya agar bisa meningkatkan margin dan laba bersih. Pengurangan biaya adalah salah satu cara efektif untuk meningkatkan pendapatan dan pertumbuhan bisnis kamu secara keseluruhan.

 

Kenyataannya, database pelanggan bisa membantu bisnis menghemat biaya. Dengan memahami area dan segmen pelanggan, kamu bisa tahu mana area dan segmen yang memerlukan perhatian bisnis dan mana yang tidak.

 

Alih-alih menghabiskan pengeluaran bisnis untuk aktivitas pemasaran yang tidak membuahkan hasil, database membantu kamu untuk mengetahui aktivitas yang sebenarnya bisa berhasil dan bisa meningkatkan dampak dari aktivitas tersebut.

 

8. Meningkatkan Profit Bisnis

Pada akhirnya, database pelanggan bisa meningkatkan profit bisnis kamu.  Sudah ada banyak penyedia layanan database pelanggan yang menyediakan fitur untuk menganalisis setiap data yang masuk ke dalam sistem, salah satunya Kokatto.

 

Hasil analisis data pada aplikasi Kokatto bisa kamu gunakan untuk merumuskan strategi bisnis yang efektif dan tepat sasaran sehingga bisa meningkatkan keuntungan bagi bisnis. 

 

Tips Membangun Database Pelanggan

Mungkin sulit untuk membangun database pelanggan yang akurat dan terkini karena informasi kontak pelanggan bisa sering berubah. Pelanggan bisa saja pindah ke alamat baru atau mengganti nomor telepon mereka, mereka juga bisa berhenti belangganan komunikasi pemasaran bisnis atau memilih untuk tidak membagikan informasi mereka kepada kamu.

 

Untuk itu, sangat penting untuk menjaga database tetap bersih dan diperbarui sehingga kamu tidak membuang waktu dan uang untuk memasarkan kepada orang-orang yang tidak lagi tertarik mendengar bisnis kamu.

 

Ada beberapa cara agar database pelanggan bisa bersih, misalnya dengan menghapus pelanggan yang tidak aktif saat pelanggan tersebut sudah lama tidak berinteraksi dengan bisnis kamu atau menggunakan layanan database pelanggan seperti Koktatto

 

Kokatto memberimu pengalaman baru dan kemudahan mengelola pelanggan dalam satu waktu. Kamu juga bisa secara otomatis mendapatkan pelaporan data bulanan tentang data pelanggan sehingga bisnis kamu bisa mengambil keputusan yang lebih baik.

 

Baca juga: Manfaat Menggunakan Bot WhatsApp dalam Bisnis Online

 

Selain itu, Kokatto juga menyediakan balas otomatis dengan Chatbot, pengiriman promosi atau diskon dengan menyiarkannya melalui Whatsapp, sms, atau email, serta masih banyak lagi! 

 

Bagaimanapun, membangun database dan mengelola pelanggan adalah bagian penting dari setiap strategi pemasaran yang sukses. Yuk, dapatkan uji coba dan demo gratis dari Kokatto sekarang.    

whatsapp facebook instagram
KokattoLogo Jakarta Metropolitan Tower 10th floor Jl. TB Simatupang No.Kav. 14, DKI Jakarta - 12430 +6221 3972 3972 | sales@kokatto.com
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2023 by Kokatto. All Rights Reserved